Tautan Masalah


Silakan mendownload Latihan Soal Fisika dari Surya Institute melalui blog rekan saya Pak AR di bawah ini :

Download soal dan pembahasan UN Fisika

Kalo Anda tidak suka mampir-mampir dan ngopi-ngopi tempat Pak AR silakan diunduh langsung (mudahan pak AR tidak keberatan untuk saya sebar luasken)

SMA : Soal dan Pembahasannya

SMP : Soal dan Pembahasannya

Setelah dihitung-hitung : ada beberapa goal yang diharapkan dapat dimanifestasikan sebagai manifesto pada semester ini : Goal untuk Pizza, gexida, axiaga, el vosfor, dan Gammachan di tahun 2009 semester kedua …

  • Keinginan kelompok ini memiliki timbangan digital (untuk batas 320 gram seharga 1,68 juta dan batas ukur 680 gram seharga 1,98 juta) – dengan berharap kepada para anggota rombongan @ 33 orang dengan setiap minggu pertemuan (2 x Rp 1000) dari kelima rombongan ditambah sang guru fisika mengumpulkan Rp 20 ribu per minggu, mudah-mudahan selama 3 minggu ini akan terkumpul = 3 minggu x 2 tatap muka x 33 peserta x 1000 + 20000 x 1 guru x 3 minggu x 2 tatap muka = Rp 990.000 + Rp 120.000 sehingga baru terkumpul Rp 1.110.000 (masih ada kekurangan sebesar 570 ribu atau sekitar 900 ribuan untuk batas 680 gram).

Rencananya timbangan digital ini pun dapat dipergunakan dalam praktek kimia maupun biologi – maka perlu kesediaan rekan-rekan muda untuk memohon bantuan kepada pengajar kimia, biologi lainnya untuk menyukseskan rencana ini.

  • Dari sayembara penjualan bumerang = akan ada 8 x 3 bumerang setiap regu (terutama yang bersayap tiga dan empat) maka ada 24 bumerang yang dapat dijual per kelas karena ada 5 regu berarti 24 bumerang x 5 = 120 bumerang siap dilepas ke pasaran dengan harga jual berkisar antara Rp 5 000 sampai Rp 10.000 yang berarti akan ada penghasilan kotor sebesar Rp 1,2 juta … mudah-mudahan ada regu yang jauh lebih kreatif dibandingkan dengan goal ini.
  • Penjualan lampu teplok yang dihasilkan dari kelompok beranggota tiga orang yang berarti setiap rombongan memiliki 11 kelompok dengan jumlah lampu yang dihasilkan masing-masing 3 buah berbahan bakar alkohol atau spiritus – berarti dari 5 rombongan suku besar akan ada 5 rombongan x 33 unit lampu = 165 unit yang siap dilemparkan saat liburan try out dan ujian nasional yang diperkirakan dilepas dengan harga Rp 5000 – Rp 10.000 = diharapkan keuntungan kotor sebesar Rp 1.650.000 (penjualan dapat dilakukan kepada semua warga smada atau warga lain) – berarti dengan memproduksi barang sisa dari limbah botol dapat menjadi usaha sampingan kepada para siswa rombongan pizza, gexida, axiaga, el vosfor dan gammabunta 5.
  • Muncul pertanyaan dikemanakan uang-uang tersebut ? pertama-tama mungkin digoalkan untuk mendapatkan timbangan digital lagi atau peralatan-peralatan penunjang yang akan disumbangkan kepada Laboratorium secara swadaya. Yang harus kita inventarisir dan dibuatkan MoU penyerahan uang dan pengadaan alat tersebut serta diketahui wakasek sarana sekolah !
  • Proyek berikutnya adalah membuat kincir angin (bisa dari bahan limbah yang tidak berbahaya atau dari kertas koran bahkan kertas karton bekas paket minuman ringan) – silakan diproduksi ! Dengan kelompok baru beranggotakan 3 orang = 11 kelompok per suku besar karena ada 5 suku besar berarti akan ada 55 unit kincir angin (jika satu kelompok membentuk satu kincir, nah jika ada tiga kincir berarti akan ada 165 unit kincir angin) yang dapat dijual dengan semarak dengan HET sebesar Rp 4.000 πŸ˜€

78 comments

  1. Sempurna…

    atas bantuan yunior dan kawan-kawan nanti akan semakin disempurnakan, karena saya masih belum puas dengan keadaan dan tautan ini, masih sedikit informasi maksudnya
    ayo kunjungi dengan memberi masukan selain mendonlot bahan yang kalian perlukan!

    Suka

  2. bapak blognya memang bener22 teramad sangad ajibb….

    sangat berguna buat semuaaa anak IA eh bukan semua anak SMADA.

    GO FISIKA GO FISIKA

    Suka

  3. Pak kata run7 tak ada yang bisa di katakan..

    Tapi saya katakan BLOGnya bapak akan kami dukung..

    jangan pernah bosan ya pak dengan komen kami yg tak bosan2nya mengatakan SEMANGAT pak rudy..

    Suka

  4. tak ada yang tak mungkin
    selamanya sesuatu itu pasti ada ujungnya

    gak tau deh ujungnya kayak apa

    Suka

  5. wah, berguna bgt ni pak bwt pembelajaran….

    klo bs lbh bnyk lg datanya pak….n_n…

    ntar klo banyak jd mudah belajarnya pak….*_*…

    Suka

  6. semoga apa yang bapak lakukan untuk kami berguna untuk kami di masa yang akan datang!!!!
    amien

    Suka

  7. Perhatian

    akhir-akhir ini saya memperhatikan keleluasaan dan kebebasan, namun mengingat ada sesuatu yang harus diamati dengan serius, komentar yang cuma sepenggal kalimat akan dihapus secara menyedihkan apalagi dengan hanya beberapa patah kata …. untuk yang memberi komen sejak sabtu, 9-8-2008 mulai pukul 12.00 yang memberi komen sebelum itu masih bisa bernafas lega, hendaknya isian komentar berupa analis dan opini bukan sekedar say hallo atau pertamax, keduax, ketigax, keempax, kelimax …..
    karenanya hati-hati memberikan komen karena itu adalah skor verbalistik dan afektif anda …
    admin tak menolerir adanya chit chat sebagaimana sebelumnya, mengingat jumlah komen anda sudah mencapai kuota 1600 paket.
    Kiranya bisa diindahkan ! Indah Permata Rahayu

    Suka

  8. BAHAN belajar d BLOG bapak ini sangat membantu kami semua PAK…

    informasi yang BAPAK berikan sangat mebantu wawasan kami pak…. MUDAH2n dengan adanya informasi bapak ini kami menjadi siswa dan siswi YANG sangt berguna bagi masa depan dan negeri ini…

    kami tunggu informasi” terbaru dari PAK RUDY

    Suka

  9. bapak saya minta maap banged benged pak.

    saya akan berusaha untuk lebih baik lagi dalam berkomentar..

    Suka

  10. makasi pak ni soal2nya! semoga bermanfaat buat saya yang bodo ini πŸ™‚

    untuk Rizka Metya

    Suka

  11. latihan soal UN fisika membuat kita akan mencari bahan ajar utk menjawab soal tersebut… unduh aja ah…

    Suka

  12. saya mempunyai pendapat tentang fisika:
    Fikiran jadi pusing
    Ingatan harus kuat
    Soal-soal harus dikerjakan apabila mau mahir fisika
    Indah suasana hati bila berhasil mengerjakan soal fisika
    Kayaknya itu ga jadi masalah dengan adanya blog Pak Rudy

    Suka

  13. pakk…

    makasih atas soal dan pembahasan nya….

    bpak sgaattt kreaaatiff…….

    dan saya pun ingin lbih kreatif lge….hheeheee

    blogs bpak..sgat lengkapp..???saya yakin itu…

    Suka

  14. Makasih Pak bahan ajarnya dan monon bantuannya memahami soal-soalnya……..

    Semoga saya bisa. Amin

    Suka

  15. Semoga blog bapak menang….

    (hiks…hiks….hiks….
    mungkin hanya ini ucapan yang dapat kami semua berikan kepada bapak atas konttribusu yang bapak berikan kepada kami……

    Suka

  16. Dukungan seluruh anak binaan bapak

    akan terus mengalir hingga

    air berhenti mengalir.

    Suka

  17. Masalah selalu mewarnai hidup kita….

    Rasanya seperti permen kenamaan saya…

    Ya…NANO NANO

    Ada asin, manis, asam bahkan pahit…

    Namun itu semua menjadi cambuk untuk terus maju dan maju…………

    Suka

  18. Sesuatu yang harus ditemukan solusinya itulah yang dinamakan masalah….

    KIta semua punya masalah yang terus bergantian.

    JUga masalah belajar Fisika….

    Untuk permasalahan yang satu ini kita punya solusinya yaitu….

    Blog ini

    Suka

  19. Pak, pertanyaan bapak untuk pa/pi kemerdekaan sungguh berkapasitas tentunya…………..

    Wah…..besok pagi di hari minggu ada DEWI FORTUNA yg siap menyertai kita………….

    Suka

  20. trima kasih pak bwt bhannya.. smoga dgn semangat 63 tahun Indonesia merdeka Bapak bisa lbh maju dan tidak brhenti untuk brkrya bagi kmi murid2 Bapak

    Suka

  21. ~~~~~~~~terima kasih bapak sangat membantu dengan adanya blog bapak ini
    jadi kalau mau ngambil bahan fisika
    buka aza blog bapak~~~~~~~~~

    Suka

  22. sip pak……..
    kalo kya bgne…..lulusan smada pzti jempol2 smua….
    blog bpak sllu mensupport qmi….
    trim`s yaa pak…
    dan bwt rekan bpak saya ucapkan bnyk terima kasih..
    yang sebesar-besarnya…………

    Suka

  23. kalau kita mau berjuang
    pastti akan tercapai
    smada yang merdeka!!!!!!!!!!!!!!!!!

    Suka

  24. Mungkin blog ini menjadi solusi bapak kepada para siswa/i untuk mendapatkan materi fisika yang sesuai dengan kurikulum karena adanya larangan menjual buku dari guru kepada murid2nya……

    Mudah2an klu ada informasi terbaru dr bahan2 fisika bisa langsung km dapatkan disini ya pak….

    Smoga Smada Menjadi Sekolah Unggulan dari masa ke masa….

    Saya jg minta maaf klu ada koment saya yang salah….

    Karena saya bukan manusia yang sempurna!!!

    makanya saya gerah meliat teman-teman saya dengan tenang jualan buku di sekolahan πŸ‘Ώ

    Suka

  25. pak trimakasih atas info yg bpk berikan..mskipun saya belum kelas 3,tpi info ini dapat mmberikan msukan kpda sya,dn spya mnmbah pengetahuan sya ttg gambaran UAN..
    sukses trus utk bapak..
    trimakasih banya pak.

    Suka

  26. ia pak,,,nanti kalo mau latihan ke blog bapak az kan semua tentang materi,tugas dan latihan ada semua,,,,

    Suka

  27. soal dan pembahasan yg bagus utk di unduh…

    kenapa sedikit aja pak???
    klo bisa dibanyakin ya pak…(bukan maksa lho pak)
    πŸ™‚ πŸ˜‰

    Suka

  28. klo bisa soal yg Mister link-kan nanti…
    bisa berupa soal PG, biar saat mencari nanti kita bisa tw ada jwban nya atw nggk… πŸ˜‰

    Suka

  29. mungkin si Pak AR akan lebih senang jika materi tersebut disebarluaskan…

    demi keberhasilan generasi muda di Indonesia juga πŸ˜‰

    Suka

  30. Assalammuaikum pak,saya dwiyan(IA2) ada keluhan mengenai penyelesian akhir pada perhitungan kinematika padahal bentar lagi kami IA2 akan menghadapi ujian tentang kinematika,saya bingung!!!pak, kemungkinan soal soal ulangn bsk hampir mendekati soal yang bapa instruksikan kemaren yang menjadi permaslahnya adalah;gimana siswa yang tidak menpunyai kalkulator scienstific(kalkulator ilmiah)untuk menyederhanakan bilangan akar sampai pada bilangan desimal terakhir. Apa boleh pada hasil akhirnya nanti saya(kita)tidak memasukkan nilai sampai desimal terakhir melainkan memasukkan nilai yang menggunakan akar tanpa pembulatan?maaf pak saya nanya kayak begini.terima kasih

    masalahnya sederhana, dwiyan mesti menyiapkan kalkulator walaupun kalkulator itu hasil pinjaman dari teman, sekaligus menjaga hubungan baik dengan teman, teratur, murah hati, adanya efek kolaborasi, kerja sama yang baik, hubungan yang harmonis dengan rekan sekerja, saling membantu, bisa menerima keadaan sekalipun keadaannya darurat dan lain sebagainya. Jangan risau tentang angka dan pembulatan, karena saya yakin kamu akan mengerti DENGAN SENDIRINYA ….
    tanpa perlu harus diceramahi atau d-khotbahi oleh guru fisikamu yang cerewet ini

    Suka

  31. pak,saya mendapatkan soal dari buku cetak dan soalnya seperti ini; A berlari sejauh 60m ke arah selatan, kemudian berbelok ke timur sejauh 25m dan akhirnya ke tenggara sejauh 10m.hitung besar dan arah perpindahan si A? permasalahannya adalah gmana cara yang tepat untuk menentukan sudut(elevasi 1,2,3)nya.jika tdak terdapat di soal.thanks

    Perpindahan itu berarti jalan pintas dari titik selatan sejauh 60 m, kemudian ke timur sejauh 25 m dan ke tenggara sejauh 10 m. Selatan berarti arah ke 180o, kemudian ke timur yang berarti menuju arah 90o kemudian menuju tenggara yang berarti berada di antara 90o dan 180 o yaitu 135o. Cara tercepat dan termudah adalah menggambarkannya dalam kertas berpetak, kemudian mengukur sudut asal dari titik selatan terhadap titik akhir di tenggara. Sebab bila dihitung … saya mungkin salah perhitungan, kecuali jika ada cara lain menurut pedoman Olimpiade Fisika …. Yohanes Surya rasanya saya pernah membaca soal ini.

    Suka

  32. setelah saya liat liat ternyata semua yang berkaitan tentang kehidupan SMA2 Pahandut ada semua sperti pelajaran fisika,dan laen laen tapi ada yang mendapat nilai plus untuk menambah semangat belajar saya yaitu; selain materi fisika yang lengkap ada di blog bapa disini juga terdapat ”Percikan hati” kata katanya dapat mengubah saya menjadi pelajar yang berhikmat seperti yang pa rudy katakan Kepada kami smua agar kelak bisa menjadi apa yang diharapkan selanjutnya.makasih ya dengan adanya blog pa rudy ini mudah mudahan banyak menbantu siswa agar lebih mengenal teknologi dunia dan tidak ada kata menyerah maju truz pa, IA2 dan kawan kawan mendukung slalu(BY DWIYAN IA2)

    Suka

  33. terima kasih buat bapak telah mengenalkan kepada kami tentang blog….karena dengan bapak memperkenalkan blog kpd kami,,, oleh karnanyakami mendapat pelajaran pluss-pluss yaitu bisa belajar fisika + belajar teknologi informasi……..terima kasih dan selamat kepada pak rudy telah mendapat award……….ayo kita dukung pa rudy supaya menang …………………

    Suka

  34. terima kasih untuk pak AR…………latihan UN fisika mungkin dapat membantu kita untuk mengerti pelajaran fisika + melatih otak kita

    Suka

  35. komentator sekalian .,… sepertinya sudah mulai ada denyut dalam dunia ini jadi sekali lagi tetaplah memelihara irama seperti di atas walaupun hanya sekali dalam seminggu,

    Suka

  36. demikianlah nasib anak waktu
    yang terus berjalan merenung uang saku
    apakah cukup atau perlu mengeluarkan empat ribu
    demi blog guru yang datangnya seminggu

    Suka

  37. Hehehehehe……
    semakin terasa panas saja pak saat saya memberi komentar ini….

    Bukan karena semakin ketat saja persaingan ini tetapi AC di warnet ini mati.

    Suka

  38. Syair pa rudy di atas boleh juga tuk menyemangati kami blajar d blog bpk

    Suka

  39. Kegiatan pencapaian poin Fisika harus menggunakan percepatan tetap nih…

    Suka

  40. unduh soal ‘n pembahasan utk belajar…

    tak terasa nanti ulangan semester 1, ulangan kenaikan kelas…
    waktu cuma sebentar,, πŸ˜‰

    Suka

  41. mumpung dikasih materi…
    lebih baik di unduh (jgn cuma diunduh ya, ttpi jg dipelajarin) πŸ˜‰

    Suka

  42. smoga dngan blog bpak ini dpat meningkatkn pngetahuan dan pemahaman sya tntang pmbelajaran FISIKA,,,yg smakin hari smakin bkin penasaran dan mnyenangkn…

    apa lagi bnyak ide2 yg dikeluarkn bpak untuk membuat pra siswa bnar2 mengerti tntang ilmu FISIKA ini….
    termaksih pak……

    Suka

  43. sementara ini ide saya biar diendapkan dulu, karena memang banyak tautan berguna yang sudah tersedia pada blog ini yang malahan bisa anda gali untuk mempelajari fisika lebih kompleks lagi.

    Suka

  44. sementara ini ide-ide yang tak berguna mohon dibuang saja karena kalau semua ide dituangkan ke sini nanti penuh komen bapak
    ya kan pak ar???????

    Suka

  45. baru kali ini saya bertemu dengan guru fisika seperti bapak yang sangat hitec,,dan sangat berwawasan!!!

    perjuangkan ya pak!!

    bapak ya bapak,,!!!!

    Suka

  46. Pak, kalo biza bnykin simulasi java aplikasi buat ha-pe?biar biza di donlot ke hape?
    Tuk m’nnjang blajar smua sswa? khususny saya pak?kishi..shi..shi…

    Suka

  47. paa…
    iiaa..
    trima ksiih untuk inpoo nya…

    o“
    iaa..
    sya hrp satt kmii klas 3 nnti kmi msh bsaa less dgn bpa..
    πŸ™‚

    Suka

  48. semoga sangat berguna bagi kami untuk membangkitkan ‘monster’ fisika kami yang masih tertidur !!!

    hahaha…

    Suka

  49. terima kasih banyak lah pak …
    saya yakin Pak AR tidak akan keberatan untuk disebarluaskan …

    *sok tau banget sih ??*

    hehe..

    Suka

  50. tapi berkat blog pak rudy,,,

    saya sdh mulai bs mnyesuaikan diri dgn plajaran fsika kls XI ini,,,

    trima kasih y pak,,,

    success always 4 u,,,,

    Suka

  51. waduh pak..
    saya masih belum ngerti banyak soal fisika ini pa’..

    ulangan ni pasti hancur beraskolah..
    aaaaaaaaaaaaaaa…
    stres pa..

    Suka

  52. pak, saya mw nanya tentang praktikum Gravitasi batu kemarin. kami sudah menghitung waktu jatuh nya tapi ada sedikit perbedaan pada waktu yang mengukur di atas dan di bawah.jadi kelompok kami sdikit bingung menentukannya dan hasil dari galat kesalahan kami lebih dari 5% lalu kami ragu ragu menentukan tinggi gedung tersebut, wah kayaknya kami harus mengulang praktikum lagi agar kami bisa mengambil kesimpulan yang tepat tentang gaya percobaan tersebut.maaf pa kami akan berusaha lebih keras lagi baik dalam praktikum dan memahami materi sebelum praktikum.

    Suka

  53. sebelum kami yang beragama islam berpuasa saya selaku anggota IA2 mohon maaf sebesar besarnya atas kelakuan dan omongan kami baik di sekolah maupun di blog bapa ini yang tidak menceminkan seorang pelajar. kami tau bahwa bapa berusaha menjadikan kami sebagai siswa yang kelak melanjutkan visi dan misi sma 2 pahandut ke jenjang yang lebih tinggi.terima kasih pa saya dan teman teman akan berusaha semampunya agar membuat bapa bangga akan hasil yang kami capai sekarang dan selanjutnya.

    Suka

  54. iya nieh pa’, kebetulan saya satu kelompok dengan 177d,, galat kesalahannya lebih dari 5%. pasti karena kami kurang teliti saat menghidupkan Stopwatchnya, tidak berbarengan sehingga waktu yg di dapat jauh berbeda……
    semoga untuk praktikum selanjutnya, kami bisa lebih teliti dan galat kesalahannya di bawah 5%.

    Amin…

    Suka

  55. seep lah…
    terlalu lengkap blog guru fisika ini, jadi iri deh…
    iri utk hal positif, iri utk penyemangat jiwa

    Suka

  56. blognya mkin lngkap,mdh lge di unduh,he,brjuang lge Pak bwt bkin blog yg mkin bagus dan lngkap..

    Suka

Komentar ditutup.