Ruang Ajar


Salah satu topik yang saya pelajari kali ini adalah membuat animasi Flash salah satunya menggunakan Flash MX 2004. Untuk mempelajari secara khusus silakan klik tautan ini

Untuk Bapak/Ibu Guru yang kepingin membuat soal-soal interaktif ala Flash silakan mengunduh program berikut… silakan klik ini untuk melanjutkan atau untuk membaca softwarenya yang free

Alamat lain untuk mengunduh penulisan soal ala Flash :
freeware download
soft32.com

Yang bebas untuk diunduh dalam menuliskan soal ala Flash

Silakan bagi yang mau mendaftarkan diri untuk mengikuti pelajaran Fisika baik secara manual atau online melalui ruang ajar yang saya bentuk ini :

komentar dan pendapat serta request lain dinantikan !! πŸ˜† :mrgreen:

πŸ˜€

Yang Mengikuti Les Fisika Masuk Ke Sini

MASUK RUANG BELAJAR PAK RUDY

Pengalaman Soal Ulangan Kelas 12 Tahun 2008

106 comments

  1. gila bingung bgt msh ttg blog ni pak..
    lma ga nginternetan gra2 nginep di tpt tnte nih..T_T
    mn tgs2 numpuk lg…huaaaaaaaaaahhhhh

    Suka

  2. Sir… saya yakin sir jadi pemenang…
    blog punya sir sangat edukatif dan inovatif…
    ternyata bikin blog itu menyenangkan ya sir…
    Chayo sir…
    hwaiting sir…
    Fighting sir…
    Berjuanglah sir…

    Suka

  3. berawal dari apa bapak menyukai dunia maya ini?
    karena menurut sia masih banyak orang yg kurang memahami tentang dunia maya ini,..

    Suka

  4. waahhhh….

    ternyata bpak hi-tech bgt…..

    saya jdi pgen sperti bpak….

    jangan berhenti berbuat demi kemajuan diri sendiri dan orang lain, juga menularkan sesuatu yang mungkin berguna untuk orang lain serta membahagiakan keluarga dan teman-teman serta saudara-saudara lah …. itu awal dari hikmat

    Suka

  5. pakkk….

    apa yang hrus saya lakukuan,spaya saya sperti bpak..????

    blajar..??mencoba..???berusahaaa..???berdoa..???apa lgi pak..????

    ya terus lakukan seperti itu, kamu sudah berada di jalan yang bener …. sama kalo nggak bisa bertanya dengan yang bisa, tetapi terlalu sering bertanya nanti dianggap cerewet ! πŸ˜†

    Suka

  6. pakkk….

    apakah guru dan siswa hrus menjalin kerja sama yang baik..???

    kenapa ewo bertanya begitu, memangnya guru dan siswa tak boleh menjalin kerja sama yang baik ?

    Suka

  7. Trimakasih alamat buat soal ala flash yang di beri semoga berguna untuk kami.

    FLASH MX 2004?//////

    Suka

  8. pakk…

    ma’af kalau saya byak tanya..

    saya nanya begitu,karena saya ingin tau saja pakk..

    skali lagi ma’af pak…

    Suka

  9. blog bapa oke punya….
    bpa ngajarin kami hal yang baru…
    aP yg nggak kami tw, jd tw…
    thx bnyk pak…………

    Suka

  10. TOP CEER..deh pak blog,inilah blog pelajaran yg sgt bagus..memberikan info2 yg sgt penting utk kemajuan siswa..

    smngat trus pak rudy,kmi slalu menunggu karya bpk yg selanjutx..

    ini bru blog yg sgt pantas utk mnjadi pemenang..saya sllu mndukung bpk..
    cayo..

    Suka

  11. pak,,,,,
    blognya makin keren az,,,,
    di tambah lagi ada ruang ajarnya,,,,

    pokonya acungan 10 jari buat bapak!!!

    Suka

  12. karena ini ruang ajar jd gak pa2 kan ksh koment panjang2
    Sejarah fisika sepanjang yang telah diketahui telah dimulai pada tahun sekitar 2400 SM, ketika kebudayaan Harappan menggunakan suatu benda untuk memperkirakan dan menghitung sudut bintang di angkasa. Sejak saat itu fisika terus berkembang sampai ke level sekarang. Perkembangan ini tidak hanya membawa perubahan di dalam bidang dunia benda, matematika dan filosofi namun juga, melalui teknologi, membawa perubahan ke dunia sosial masyarakat. Revolusi ilmu yang berlangsung terjadi pada sekitar tahun 1600 dapat dikatakan menjadi batas antara pemikiran purba dan lahirnya fisika klasik. Dan akhirnya berlanjut ke tahun 1900 yang menandakan mulai berlangsungnya era baru yaitu era fisika modern. Di era ini ilmuwan tidak melihat adanya penyempurnaan di bidang ilmu pengetahuan, pertanyaan demi pertanyaan terus bermunculan tanpa henti, dari luasnya galaksi, sifat alami dari kondisi vakum sampai lingkungan subatomik. Daftar persoalan dimana fisikawan harus pecahkan terus bertambah dari waktu ke waktu.

    [sunting] Fisika Awal

    Sejak jaman dulu, manusia terus memperhatikan bagaimana benda-benda di sekitarnya berinteraksi, kenapa benda yang tanpa disangga jatuh keb bawah, kenapa benda yang berlainan memiliki sifat yang berlainan juga, dan sebagainya. Mereka juga mengira-ira tentang misteri alam semesta, bagaimana bentuk dan posisi bumi di tengah alam yang luas ini dan bagaima sifat-sifat dari matahari dan bulan, dua benda yang memiliki posisi penting dalam kehidupan manusia purba. Secara umum, untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan ini mereka secara mudah langsung mengaitkannya dengan pekerjaan dewa. Akhirnya, jawaban yang mulai ilmiah namun tentu saja masih terlalu berspekulasi, mulai berkembang. Tentu saja jawaban ini kebanyakan masih salah karena tidak didasarkan pada eksperimen, bagaimanapun juga dengan begini ilmu pengetahuan mulai mendapat tempatnya. Fisika pada masa awal ini kebanyakan berkembang dari dunia filosofi, dan bukan dari eksperimen yang sistematis.

    sepertinya saduran copas dari wikipedia indonesia ya …. btw nice work … but keep it simple OK ?

    Suka

  13. wuihhh….
    blog bapa makin lama makin panjang…..
    kerennnnn………
    icha aja sekarang masih bingung ttg blog….
    hahahhhaha kapan pahamnya y pa…….
    o iya,bapa tau aja kan klo blog ini punya icha,
    hidayatunnisa pa,kali aja bapa bingung karena banyak yg panggilannya icha. icha pake nama panggilan,soalnya bapa lebih kenal icha dengan nama icha.hehehe berbelit belit ya pa….

    Suka

  14. bila kita org sains, apa yg dijawab gunakanlah pikiran sains kita, jgn berkata ‘takdir’…
    utk itulah kita berlatih fisika, kita belajar ilmu sains…
    kita memahami soal2 dan berusaha menjawabnya

    Suka

  15. jgn hanya cuma bisa mendukung blog guru fisika, tetapi juga memahami isi blog tersebut…
    itulah tujuan dari pembelajaran fisika di smada pahandut

    Suka

  16. huhuhuhu .

    betul pak peluang itu menurt saya selalu muncul setiap harinya,,, kita saja lagi pintar-pintar untuk mendapatkan peluang tersebut.

    Suka

  17. animasi flash saia nggak ngerti.
    tapi kalo film animasi saia ngeti banget…

    seru. semoga fisika juga bisa seseru film animasi

    Suka

  18. pak coba sekali2…
    kita belajar secara langsung keluar….
    kaya natural gitu pak….
    hehehehe…
    pzti seru…pa lagi mengenai fisika yang berkaitan terus ma hidup kita sehari2 dan setiap hari…

    Ada waktunya nanti kalian belajar secara natural tunggu saja loh

    Suka

  19. wah belajar memang asyik!! bisa dapet ilmu pengetahuan yg byk. n bikin seneng lg.apalg pas les sama pak rudy bisa makin ngerti

    ada saatnya nanti kita belajar di luar ruangan .

    Suka

  20. mungkin kalo belajar di luar asyik pak,,,,,,,
    jadinya kita bisa tw secara langsung apa yang ada gak hanya liat dibuku kadang bisa bingung

    tapi nge-net belajar di luar juga yyyyyy…………….

    Suka

  21. saya ada lihat animasi flash yang ada di edukasi net. ttg fisika yang GLBB juga ada animasinya di edukasi net. baik itu animasi grafiknya maupun contoh penerapannya seperti di kehidupan sehari – hari, contohnya di edukasi net tersebut terdapat animasi grafik dan gerak mobil yang berhubungan dengan percepatan, kecepatan,dan perlambatan. dengan adanya animasi tersebut di tambah dengan penjelasannya, materi mudah di pahami. Diedukasi net juga animasi – animasinya bisa di download tetapi dengan syarat harus menjadi anggota dari web itu sendiri, tetapi kalau sudah menjadi anggota tinggal memasukkan User ID dan password kemudian materi bisa di download dalam bentuk animasi flash.

    menggunakan mesin pencari dengan kata kunci physics animation, flash animation physics, physics clips animation, physics flash, de el el juga berguna koq tidak hanya di e-dukasi.net

    Suka

  22. Tetap belajar walupun banyak hal yang harus dilakukan. Wah, saya perlu menyusun jadwal harian baru nih buat mensinkronisai aktiviatas dan akademis.

    GUNAKAN PC Suite Nokia terbaru untuk sinkronisasi dan siapkan hape dengan fasilitas HSDPA yang sudah mendukung aplikasi perkantoran biar nggak ketinggalan zaman, yang 6120 harganya 2.200.000 .. sebab saya juga mau beli πŸ˜€

    Suka

  23. wah, belajar memang sip……karena dengan belajar bayak pengetahuan yg kita dapat…………..jadi kita harus sering2 buka blog pak Rudy biar kita mendapat pengetahuan dari bapaknya…………..ya khan…….!!!!

    Semoga berguna dan bermanfaat bagi David dan rekan-rekan, serta tidak bosen mendengar saya ngoceh melulu

    Suka

  24. Belajar ga ada matinya.
    Dari lahir ampe tua.
    Sejak bayi pun kita dah buaaanyak belajar, Belajar bicara, belajar jalan dan lain-lain.
    Jadi, belajar kenapa ga….

    Suka

  25. Tentu dong.

    Belajar dapat dari mana saja.
    Dari lingkungan sekitar, dari pengalaman dan lain sebagainya.

    Semuanya dapat kita jadikan pelajaran tuk menjadi lebih baik tentunya.

    Suka

  26. Selamat belajar…
    Terus cicipi hal-hal bari dari fisika yang semuanya ada di sekeliling kita.

    Suka

  27. Belajar bisa kita buat variannya. Misalnya saat belajar kita mendengar instrumen musik dan lain sebagainya.

    Suka

  28. Teringat akan seminar dari SSC tahun kemaren yang mengatakan bahwa cara belajar kita itu berbeda-beda. Ada orang kinetik, audio dan visual.

    Suka

  29. Semakin semangat belajar jika gurunya terus memotivasi kami tuk menjadi siswa yang memiliki kemampuan.

    Suka

  30. Hahaha!

    Bener tuh Pak!

    Sambil belajar kita denger instrumen musik/ belajar kita pake gambar-gambar + belajarnya sambil menggunakan gerakan badan?

    Suka

  31. pkoknya kereeen buanged pa’. .

    saya az msiech ga ngerti ttg blog. .

    mhon bantuannya y pa’. .

    Suka

  32. Blog bapa semakin lengkap nich…wah..wah…saya jadi iri nich…
    Semua lengkap..pelajaran..olahraga..percikan hati,makanan,,,…teknologi…………. Semoga makin sukses ya Pak…………..

    Suka

  33. Saya pernah banyak artikel yang menyatakan bahwa materi pelajaran akan semakin kita mengerti…jika kita belajar ambil dengerin musik..katanya bisa merangsang perkembangan otak………………
    Boleh dicoba tuch…………….

    Suka

  34. Semoga hari2 bisa kita lalui dengan semangat belajar yg membara…
    Susah melewati hari ke hari..detik ke detik aja susaah……….IT’S MARVEOLUS………….

    Suka

  35. Bpaa…

    kamiii nagh smadaa..
    khususs ny klass11..

    sllu mndkung bpa….
    mdh2han bpa mnjdi pmnang kmpetsi ini….
    aminn…

    Suka

  36. nahhh,brhbung sodara Ridho brtanya,saya jg ingin tanya Pak,Blog Bapak ni apakah hnya untuk sswa smada?? apakah sswa dri sekolah laen bs jg meliat n bri komntar?? mngkin Qmi jg bs mmpromosikan blog Bapak buat sswa lain.. Thx Pak!!

    Suka

  37. @ridho : saya yakin juga ada koq bapak or ibu guru yang berkunjung ke tempat saya, cuma karena beliau mungkin malas berkomentar jadi tidak pernah keliatan πŸ˜€

    @ronny : silakan siswa dari sekolah mana saja se-Nusantara atau se-Dunia berkunjung dan memberi komentar serta (sudah kewajiban) Ronny untuk mengkampanyekan Blog Guru Fisika ini πŸ˜€

    Terima kasih untuk Kampanyenya
    Kampanye tidak hanya dengan mengisi komentar dan testi
    Namun juga dengan menceritakan, mengajak, dan menghimbau orang lain untuk berkunjung dan menautkan blog-nya kemari

    Many Thanks Are-Are

    Suka

  38. tambah asiik aja pak blog bpak ini….!!!

    heheheheheee…..

    tp pak saya masih tak mengerti gmna caranya supaya blog saya jd lebih bagus dan ada isinya….

    heheheeheheheee……

    mhon bantuannya donk pak…!!!!!!

    ^^v

    Suka

  39. waduwhhh Pak,ternyata nilai ulngan sya jlek skali Pak,trnyata usaha saya msh belum ckup.. huh,tnggu ulngan slanjutnya,pasti saya yg terbaik

    Suka

  40. TSD-HUS adalah tidak memuaskan, sebab hanya kurang satu soal saja yg belum saya kerjakan, mungkin jika ada waktu utk mengerjakan sewaktu ulang itu saya bisa lulus pada ulangan 1 ini…..

    hufff….. 😦

    Suka

  41. TSD-HUS, saya merasa kurang maksimal. Kebanyakan karena ga tau rumus mana yang dipake. Nilainya seperempat az ga nyampe. Mudahan remidialnya bisa lebih baek lagi. Amieeenn..

    Suka

  42. TSD-HUS,masih kurang puas pa,tinggal 1 soal lagi yg saya blm kerjain,mslhx soal itu saya g tau bgt pa caranya.stlh dijelasin bapa,baru ngerti.hehehe.tapi td sdh remedi pa,alhamdulillah bs jawab semua,mdh2an bener ya pa.hehehehe

    Suka

  43. TSD-HUS

    sy puas dg hasil ulangan sy.. bhkan sy gak nyangka bkl dpt segitu.. mksh ya pak atas bimbingnnya..

    Suka

  44. uuuu iya pak…

    blog bpk keren bgt ya.. sy smpe gagu nekan mousenya… moga menang ya pak……

    Suka

  45. aduh…
    pusing deh mikirin sesuatu yg tdk ingin dipikirkan tetapi juga tetap ingin dipikirkan…
    hrus belajar fisika biar 50% ke fisika 50% ke yg lain itu…

    Suka

  46. waaaaa..

    saya tag mau pak,kaya yang di bilang arrum..

    hohoho..

    blajar bikin turun berat badan??

    wach..kl sisa tulang aja gimana,kan gak enak dan tag sehat..

    hehe..

    Suka

  47. klo kita belajar melulu, ntar gak ada maennya sedikitpun… kita bisa2 gila belajar
    hrus ada refresh nya juga…
    kyak di komputer kan juga hrus di refresh klo terlalu sering menggunakan aplikasi yg berat2

    Suka

  48. halo pak saya ethelbet
    anak XI IPA 2 sma kristen

    teman bayu catur anak XI IA 5
    di sma 2

    terima kasih atas kunjungan Ethelbert dan terima kasih sudah mendukung Bayu dalam program Teman Imbasan, semoga kunjungan ini bermanfaat dan memberi berkat bagi Anda .. GBU Syaloom

    Suka

  49. Pak ternyata benar…
    akhir-akhir kemarin kita dah belajar di luar ruangan…
    ternyata lebih menyenangkan dan lebih gampang menangkap kesimpulan langsung, tanpa harus membuka buku, karena logika yang bermain….
    sip…

    Suka

  50. pak saya minta maaf klo saya jarang buka blog bapak karna komputer saya ngehang terus saya mohon maaf bapa yang sebesar besarnya. pak tugas yang bapak kasih itu (buat yang kristen) itu kpn ngumpulnya pak dan semua kelas harus masuk ke titik koordinat nya dng sempurna kah pak

    yang penting dikerjakan dengan baik …. masalah membuka atau belum, itu cuma masalah waktu

    Suka

  51. Wah pembelajaran makin seru lagi dengan adanya sistem ‘Flas’ dari guru, terima kasih pak tautan & link referensi nya sangat membantu… πŸ™‚ lalu media pembelajarannya juga bisa dengan online itu yg tambah seru..seperti kata pepaya (pepatah) “banyak jalan menuju roma” πŸ™‚

    Suka

Bagi yang merasa berkenan berkomentar, sudilah mendaftarkan diri dahulu sebagai pengguna wordpress.com

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.