Soal-Soal Fisika akhir Semester Ganjil 2007/2008


  1. Sebuah benda berada dalam posisi yang dinyatakan dengan fungsi

{r} = (4t^2)i + (12t + 4)j

Tentukan :
a. perpindahan dan nilai perpindahan benda dalam selang t = 1 s hingga t = 4 s
b. kecepatan saat t = 4 s
c. kecepatan rata-rata dari t = 1 s hingga t = 4 s

2. Sebuah peti ditarik dengan gaya sebesar 100 N yang membentuk sudut 37^o . Jika permukaan lantai memiliki kekasaran yang dinyatakan dengan koefisien gesek statik \mu=0,6 dan koefisien gesek kinetik \mu=0,4. Tentukan besar usaha yang dikeluarkan.

3. Dua buah kelereng masing-masing A dan B bermassa sama keduanya bergerak berlawanan arah dengan kecepatan 10 m/s dan 12 m/s. Jika keduanya mengalami tumbukan lenting sebagian (e = 0,8). Berapakah kecepatan masing-masing kelereng setelah tumbukan ?

4. Hitunglah kuat medan gravitasi yang dialami benda berdiameter 10.000 km yang memiliki percepatan gravitasi di permukaannya sebesar 10 m/s2. Hitunglah massa jenis rata-rata benda tersebut.

5. Sebuah pegas dipasang vertikal setelah digantung beban 10 N pegas bertambah panjang 2 cm dari ukuran semula. Jika beban dinaikkan 2 kali dari beban sebelumnya, hitunglah besar energi potensial yang dialami pegas tersebut.

6. Seorang pelari bermassa 60 kilogram melakukan kegiatan menaiki puncak paz setinggi 20 meter dalam waktu 60 detik. Tentukan besar daya yang dikeluarkan oleh pelari.

7. Bulan memiliki massa 7 x 1022 kilogram dan jari-jarinya 1,7 x 106 meter. Hitunglah laju minimum suatu benda agar dapat terlepas dari orbit bulan.

8. Sebuah bola bermassa 100 gram menumbuk dinding dengan kecepatan 50 m/s, setelah beberapa saat bola terpantul kembali dengan arah yang berlawanan dan kecepatan bola menjadi 20 m/s. Hitunglah impuls yang dialami bola dimaksud.

9. Sebuah peluru bermassa 50 gram ditembakkan dari senapan hingga memiliki kecepatan 100 m/s. Peluru menumbuk balok kayu yang bermassa 450 gram yang tergeletak di atas lantai licin dalam keadaan diam. Tumbukan yang terjadi adalah tumbuk tidak lenting, mengakibatkan peluru bersarang di dalam balok dan bergerak bersama-sama balok tertumbuk. Hitung energi kinetik peluru sebelum dan sesudah tumbukan. Jelaskan mengapa energinya tidak sama !

10. Balok bermassa 10 kilogram bergerak dengan kecepatan 5 m/s di atas lantai kasar sejauh 10 meter. Jika koefisien gesekan statik \mu=0,5 dan koefisien gesekan kinetik \mu=0,3. Hitunglah besar usaha yang terjadi dalam kasus ini.

mundur sejenak

Petunjuk mengerjakan sudah tersedia scribd.com (semoga berhasil)

46 comments

  1. wah…seperti ini ya soal ujiam semesternya
    sulit deh kayanya
    eitss tapi jgn putus asa dulu kn pak??
    belajar,belajr,belajar mhn bimbingan nya ya pak

    Suka

  2. wadow soalnya suse amir pa??

    amir aja ga suse2 amat pa..

    heghegheg

    gmn klo dah ulangan ya pa??

    bsa KO ne pa, ank2..

    Suka

  3. jadi kayak gini nanti soal yang bapak berikan…
    jgn bilang bingung… tapi bilang saja harus bisa tanpa ada kata BINGUNG.. 😉 🙂

    Suka

  4. maaf broo” gw mau minta bantuan ni..?
    bro..? tolong buat web tentang penjelasan semua arti yang ada di fisika broo.. soalnya gw kagak ngerti setiap di terangin ma dosen di kampus, dan gw orangnya kagak cepet nangkap gitu bila di terangkan ma guru.. bro bantuin gw ya broo…?

    silakan tuliskan pertanyaan boby karena masalahnya apa saya nggak bisa menebak 😀

    Suka

  5. mohon aku kirimi soalsoal fisika dari kelas X, xi, xii ke alamat email, kalau ada sekalian pembahasannya ku terima kasih

    yang paling enak adalah anda mengunduh apa yang anda perlukan saja ya, karena kalo lewat email agak susah diattach 😀 mohon permaklumannya

    Suka

  6. malam pak guru, saya cagur fisika, lagi skripsi. ini lagi cari-cari tentang soal penalaran fisika..itu untuk instrument saya tapi saya kesulitan buatnya??. menurut saya siswa yang mengerjakan soal fisika, mau nggak mau harus punya nalar untuk memecahkan persoalan…. mohon bantuannya pak.trims….

    Bung Nono, bisa mencoba dengan memulai menggunakan pohon masalah atau sistematika pengetahuan prasyarat tertentu untuk dapat memecahkan masalah tersebut, ada juga yang bilang penerapan peta konsep … mudah-mudahan ini bisa menjadi inspirasi, saya rasa cocok untuk anda 😀 .. semoga bermanfaat ..

    Suka

  7. payah niy bang..
    q bingung memahami soal2 fisika..
    raza.na meu pecah niy kepala..
    lug dterangin guru ntu dumzz..
    tp paz dgnti soal.na blong..
    gmn bang..

    aku juga bingung kalo gitu, masalah sebenarnya mungkin masalah hati kali ya … jadi hati harus fokus dulu untuk bisa menerima yang diajar … 😀

    Suka

  8. wah solnya susah banget ikh pa di pusat susah amir tolong dong ujian kali ini jangan susah yuupzZ,saya akan belajar sungguh2 denk g2h duch yakin denXx……….

    Pa kepala pendidikan yupz

    Suka

  9. woow tau gak soal-soal fisika tho susah banget tau gax she but low kite belajar gax bakalan susah denxx cuman kite2 aza yg pada bodo

    tolong tingkatin yupzz,soalnya agar ga x susah y bapak guru. . . . . .

    Suka

  10. ya memastikan bahwa itu susah maupun sulit, tergantung dirix sendiri ya … dan juga sering berkonsultasi kepada guru ‘
    silakan berkonsultasi kepada

    http://www.gurumuda.com
    atau kirim komentar ke sini saja asalkan pertanyaan dan permasalahannya jelas akan kita bantu bersama-sama 😀

    Suka

  11. wah susuah banget yah…!!!!!!!!
    tapi mudah2an bisa di kerjain dgn benar dan bisa dapat nilai yang bagus…. Ok.. !!
    jangan pada nyontek yah… !!!!!!!!!!!!!! bye…..
    😉

    kalo nggak susah bukan fisika namanya 😀

    Suka

  12. pak ga ada yang lebih susah dari ini soalnya.
    susah banget soalnya…………kepala aku bisa puyeng ni……..

    Suka

  13. AduuuHhh…kCian Istriq Klw uJian Nnti…aq saja yang liat soalX dah puCing,,,ap lG istriq yG entar mW ujian…pZti puCing BGT…kLw biZ Qrimin soal2 UANX doNk biar istriq lulus…^_^

    Suka

  14. wah! plajaran fisika yg sangat d sukai banyak orang ……..
    yaa ! walaupun bikin pusing kepala , tapi menurut q sich nggak juga susah plajaran fisika . kalo kita blajar dan ngapalin rumus-rumus nya

    Suka

Bagi yang merasa berkenan berkomentar, sudilah mendaftarkan diri dahulu sebagai pengguna wordpress.com

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.