Rombongan XI IA-2


Tuliskan data pada kotak komentar berikut berisi nama, alamat blog anda, termasuk pandangan anda tentang kelanjutan pelajaran fisika anda di masa mendatang sebagai buku kenang-kenangan digital.

Saya sengaja memasukkan kemungkinan ini ke dalam rombongan IA-2 dan saya perhatikan rombongan ini memiliki keberanian yang luar biasa dalam mengungkapkan pendapatnya namun kadang-kadang itu hanya pendapat sepihak dan tidak dipikir sebenar-benarnya serta masih memiliki bentuk traumatik masa lalu yang juga saya tidak bisa lupakan. Jika dibandingkan dengan pendapat dari rombongan lain, sepertinya sebagian besar opini dari rombongan ini perlu mendapat kecerdasan mental yang sepenuhnya adalah (perasaan terbuka bukan berarti perasaan yang ditulis apa adanya) πŸ˜€ …Β 

Jadi sebelum anda mengirimkan tautan maupun tulisan ke sini sebab tidak bisa dihapus apalagi dihapus dalam kalbu orang lain, mohon dipertimbangkan matang-matang apakah akan merugikan anda atau menguntungkan kepentingan anda ? semacam itu yang namanya ETIKA 😦

64 comments

  1. Nama saya Meri Anggraini. Alamat blog saya http://www.merianggraini.blogspot.com. Dengan pengalaman yang telah saya dapatkan, menghapal rumus-rumus saja tentu tidak cukup. Harus dibarengi dengan pemahaman materi yang mendalam dan contoh-contoh soal yang mendukung. Tak lupa juga melakukan latihan-latihan soal yang benar-benar “tepat” berikut pembahasannya.

    Dalam belajar fisika, lebih baik fokus, Terlalu banyak bersenang-senang dengan hal yang tidak tepat hanya akan membuyarkan apa yang telah didapat. Metode pembelajaran yang tidak konstan juga tidak efektif. Karena hanya dapat membingungkan dan mengakibatkan melesetnya target. Semoga esok lebih baik.

    Meri urutan pertama

    Suka

  2. saya Nazwa Aulia Putri dengan alamat blog http://nazwaclikz.wordpress.com/ ingin menyampaikan pandangan saya tentang pelajaran FISIKA.. πŸ™‚ di masa mendatang. ternyata belajar fisika bersama Mr. Rudy menyenangkan. kita tidak hanya bisa mengenal berbagai rumus-rumus, tapi kita juga dapat ilmu baru, seperti cara membuat bumerang dan roket air yang menyenangkan :). belajar fisika juga bisa diterapkan di kehidupan sehari-hari. bahkan dari konsep fisika lebih banyak diterapkan di kehidupan sehari-hari.
    tidak selamanya fisika membosankan dan berbelit-belit. ada waktunya. kita bisa belajar fisika sambil bermain untuk menghilangkan stress yang ada. mungkin ini saja pendapat saya tentang fisika dan penerapannya. saya harap teman-teman tidak melupakan pelajaran fisika begitu saja πŸ™‚ . semoga kita semua sukses di kelas yang baru nanti dan see you :).

    Nazwa berada di urutan ke-2 setelah Meri

    Suka

  3. Nama : Dewi Kartini
    Kelas : XI – IPA 2
    Alamat blog : http://dewii09.wordpress.com/
    Pandangan saya : harapan saya tentang pelajaran fisika dimasa yang akan datang yaitu bisa lebih berkembang lagi dan bisa lebih baik dari dari tahun-tahun sebelumnya.saya juga berharap dikelas XII nanti, siswa lebih banyak menerima latihan soal-soal fisika supaya memiliki persiapan untuk menghadapi ujian nasional tahun depan dan semua siswa jurusan IPA di smada lulus dengan nilai sempurna. Amiin ..

    Dewi berada di urutan ke-3 setelah Meri dan Nazwa

    Suka

  4. M.Radhi Fadlillah
    http://www.r4dh1.wordpress.com

    Fisika akan terus saya pelajari, sebab walaupun jurusan kuliah yang saya ambil nanti tidak ada hubungannya dengan fisika, fisika akan tetap berguna dalam kehidupan saya.

    Dalam belajar fisika, menurut saya lebih baik lebih banyak menjawab soal daripada menghafal rumus-rumusnya, sebab dengan banyak menjawab soal, otomatis rumus-rumus itu bisa kita ingat dengan mudah. Selain itu dalam belajar juga harus konsisten, misalnya satu jam sehari.

    Terima kasih atas tanggapan Radhi yang Juara Olimpiade Matematika se-Kota Palangka Raya, saya tidak mengharuskan menghapalkan rumus atau tingkatan tertentu, tetapi untuk memudahkan pemahaman terhadap suatu konsep fisika harus memiliki adequacy terhadap konsep fisika dasar yang matang … mau tidak mau tentunya perlu “sedikit” dihapal

    Suka

  5. Nama saya novia fajarwati. Alamat blog saya http://noviaismamake.blogspot.com/ . Menurut saya pembelajaran fisika pada semester lalu sudah efektif namun akan lebih baik jika ditingkatkan. Proses pembelajaran disertai dengan pembahasan soal-soal akan mempermudah kita untuk mengerjakannya ketika ada ulangan harian atau ulangan umum. Pada saat kelas 3 nanti akan lebih baik jika kita membahas soal-soal ujian tahun lalu atau beberapa tahun yang lalu serta adanya simulasi ujian sehingga pada saat ujian nanti kita sudah siap secara mental dan materi pembelajaran sudah dikuasai dengan baik.

    di kelas XII nanti lebih banyak latihan soal dan pembahasan dibandingkan kegiatan proyek. Di kelas XI titik beratnya adalah pemahaman konsep tidak hanya melalui latihan soal karena anda harus memiliki konten yang lengkap tentang Fisika agar di kelas XII tidak tersesat !

    Suka

  6. Nama saya Maria Adelina. Zodiak gemini . Awal-awal bulan juni kemaren saya baru saja ulang tahun yang ke -17 (hehehe). Alamat blog saya http://mariadeline36.wordpress.com/. Bagi yang berminat visit ya.

    Bicara tentang fisika pasti awalnya bilang itu sulit untuk dimengerti. Tapi, apabila dipelajari lebih lanjut lagi, fisika itu sebenarnya katanya ‘gampang’. Segala sesuatu apabila dipelajari dengan serius dan hati riang pasti akan jadi mudah. Begitu juga dengan fisika bila benar-benar dihayati pasti bisa. Tapi, semua tergantung dari diri masing-masing.

    Untuk ke depanya, saya pikir pelajaran fisika tidak akan pergi begitu saja dari saya. Karena untuk kuliah nanti sepertinya pelajaran fisika dasarnya masih ada. Lagipula, fisika itu penting karena sering berhubungan dengan kehidupan di jagad raya dari dulu, sekarang, dan sampai selamanya. Saya berharap pada diri saya sendiri dan teman-teman agar lebih semangat lagi belajarnya tidak hanya fisika tapi juga pelajaran lainnya. Sekian dan terimakasih, semoga kita semua sukses.

    Belajar fisika dengan hati yang riang membuat gampang itu kesulitannya … πŸ˜€ karena umumnya guru Fisika buka Sule atau bukan pelawak πŸ˜†

    Suka

  7. Nama : KHAIRUNNISA
    Alamat Blog : http://nisafisika.blogspot.com/
    banyak sekali pengalaman yang sudah saya dapatkan dikelas XI_IA2 bersama pak Rudy,bukan hanya belajar fisika yang diajarkan pak Rudy tapi teknologi internet juga diajarkan oleh pak rudy.
    saya berharap pelajaran fisika yang akan datang lebih banyak lagi pengalaman yang bisa saya dapatkan.
    seperti bisa lebih banyak latihan soal-soal fisika agar memiliki persiapan untuk menghadapi ujian nasional,dan bisa mempelajari dunia internet yang lebih baru lagi.

    Dua cabang pelajaran yang sama-sama menyenangkan bisa juga menyebalkan dan memabukkan : menggabungkan fisika sambil berinternet πŸ˜€

    Suka

  8. Nama : Vitrosa Yosepta
    Kelas : XI IA 2
    Alamat blog : http://vitrosa.wordpress.com/

    Pandangan saya :
    Harapan saya tentang pelajaran fisika kedepannya adalah agar latihan dan contoh – contoh soal lebih banyak diberikan lagi,agar contoh-contoh soal ini dapat menjadi acuan untuk soal-soal ulangan semester dan ujian nasional. Metode “belajar dan bermain” yang telah diterapkan sangat menyenangkan,banyak pengalaman yang didapat. hendaknya dapat diteruskan,namun tentu “bermain” (praktek fisika) harus diimbangi dengan “belajar” (teori fisika) pula.

    Teori fisika itu tidak akan mudah atau dapat dikuasai jika tidak dilewati melalui pengalaman sehari-hari dan mencari pengalaman yang mudah dengan bermain-main. Kalo tipe siswanya serius semua bolehlah, tapi kalo sebagian besar siswa lebih mudah memahami melalui permainan atau pengalaman bukankah itu lebih menyenangkan dan manusiawi ? Saya percaya tidak ada manusia super yang menghabiskan waktunya secara serius semata πŸ˜€

    Suka

  9. Saya Yessi Chrisdiana Putri. Alamat blog saya http://superkidsyessi.blogspot.com. Selama ini dengan bekal yang didapat dari belajar fisika melalui penjelasan dari bapak, buku pelajaran dan juga buku elektronik serta internet cukup menunjang dalam belajar disekolah. Belajar fisika tidak cukup hanya dengan mengerti materi yang diajarkan tetapi juga memahami betul setiap materi yang kita terima. Tapi lebih bagus lagi kalo bisa menerapkan konsepnya dalam kehidupan sehari-hari πŸ˜€

    Belajar fisika sambil bermain bisa membuat para siswa tertarik untuk memahami materi yang diajarkan. Belajarnya juga jadi ga ngebosenin dibandingkan dengan belajar yang monoton hanya diberi penjelasan tanpa adanya praktek turun kelapangan πŸ˜€ Semoga kedepannya semua murid bisa menyukai pelajaran fisika yang keliatannya rumit dan dibanjiri dengan rumus yang beragam ini sehingga semua beranggapan FISIKA ITU ASYIK πŸ™‚

    Mengajar sambil bermain ? koq sepertinya menjadi guru pendidikan usia dini πŸ˜†

    Suka

  10. Nama saya Domigo Bokit. Saya lahir di Palangka Raya pada tanggal 1 juni 1995. Saya tinggal di jalan Galaxi. Alamat blog sya adalahhttp://domigo09.wordpress.com/. Silahkan di visit.
    Adapun tentang pembelajaran fisika sebenarnya dapat kita temui dalam kehidupan sehari – hari. Seperti dalam pembuatan bangunan, jembatan, serta alat – alat transportasi. Oleh sebab itu, kita perlu lebih mendalami tentang materi yang ada pada pelajaran fisika. Ada banyak yang dapat dilakukan untuk mempelajarinya seperti dengan belajar sungguh – sunguh, mengerjakan latihan – latihan soal serta mohon petunjuk Tuhan Yang Maha Esa.
    Untuk kedepannya saya berpikir bahwa mata pelajaran Fisika akan selalu dapat digunakan untuk keperluan dan bekal kita pada saat duduk dibangku kuliah. Untuk itu usaha dan kerja keras harus kita lakukan untuk mendapat hasil yang lebih baik. Dan juga saya berharap semoga kita dapa sukes mencapai cita – citanya masing – masing. TUHAN MEMBERKATI.

    Semakin sulit menemukan siswa yang berpandangan seperti Domigo, kebanyakan yang keliatan encer padahal belum tentu seperti itu pula πŸ˜€ … Domigo, semoga selalu menjadi siswa yang beruntung

    Suka

  11. Nama: Amalia Dwi Andini
    Alamat Blog: http://amaliandini.wordpress.com/

    Fisika merupakan pelajaran kompleks dalam kehidupan. Pribadi saya sendiri mengatakan bahwa mempelajari fisika tidak mudah, bukan hanya rumus yang menjadi acuan tetapi juga kekreatifan mengaplikasikan rumus dan pemahaman konsep. Percuma jika hanya mengetahui rumus, karena untuk mampu menjawab soal tanpa tahu konsep rumus tersebut hanya memiliki kemungkinan kecil untuk bisa menjawab. Selain itu, fisika juga erat hubungannya dengan matematika. Teori fisika banyak dinyatakan dalam notasi matematis, dan matematika yang digunakan biasanya lebih rumit daripada matematika yang digunakan dalam bidang sains lainnya.

    Bayang-bayang kerumitan yang ada dalam fisika mampu mempengaruhi sulitnya belajar fisika. Pengaruh rumitnya fisika tidak bisa dihindari tetapi dihadapi. Untuk menghadapinya yang harus dilakukan adalah membuka pikiran untuk menerimanya. Sesuatu yang terpenting dalam mempelajari fisika adalah memperkuat konsep, mampu mengaplikasikan rumus secara kreatif, lebih belajar memecahkan suatu masalah dalam konsep. Fokus dalam belajar juga perlukan untuk lebih baik.

    Jika fisika digambarkan dengan notasi matematika, maka musik digambarkan dengan notasi balok dan notasi angka. sama kan ?

    Suka

  12. saya masrika aida dan ini alamat blog saya http://ayisajja.blogspot.com/ .
    menurut saya pengalaman belajar fisika selama kelas XI rame tapi kadang juga bikin gugup. πŸ˜€
    terus menurut saya untuk belajar fisika mendatang, mungkin lebih diramaikan dengan latihan-latihan soal, agar lebih memahami materi yang sedang dipelajari, selain itu belajar fisika sesekalil sambil bermain juga dapat menghilangkan stress jadi ga selalu di pusingkan dengan rumus-rumus yang ada. selain itu pemberian contoh penerapan ilmu fisika dapat diambil dari kegiatan sehari-sehari sehingga dapat dengan mudah mengaplikasikan teori dengan kehidupan nyata.

    Tahun depan anda pasti akan diramaikan dengan latihan soal, contoh soal, dan tes terus-menerus setiap akhir pekan πŸ˜€ seperti rekan-rekan yang sedang mengikuti pelatihan di SI Serpong Karawaci Tangerang.

    Suka

  13. nama saya Asrie Dewayani. alamat blog saya http://asridewa.wordpress.com/ .
    menurut pendapat dan pengalaman saya tentang pembelajaran fiska yg telah saya dapatkan selama 2 tahun ini bersama Mr. Rudy adalah belajar melalui peta konsep memudahkan saya mengerti tentang materi-materi tersebut, peta konsep yg unik dan beragam dan juga berwarna dapat membantu membuka memori saya tentang materi tersebut. selain itu , tidak hanya melalui pembelajaran peta konsep. praktek dilapangan yg telah saya lakukan bersama-sama teman-teman sparta membuat belajar fisika tidak menjadi bosan dan jenuh, justru membuat pikiran-pikiran menjadi tebuka dan menyatu dengan alam sekitar.. serta, latihan-latihan yg diberikan oleh Mr. Rudy membantu kami untuk bisa memecahkan masalah dengan cepat dan tepat.
    untuk pembelajaran selanjutnya. harus lebih banyak lagi mengerjakan latihan-latihan agar membantu kita untuk lebih memahami materi tersebut.
    sekian pendapat menurut saya. terimakasih πŸ™‚

    Anda akan dilatih oleh guru hebat yang lebih profesional daripada saya di kelas XII, karena saya tidak diberi slot kesempatan untuk membuktikan harapan tersebut hehehe πŸ˜† dan tentu saja akan diperhadapkan dengan contoh-contoh soal, latihan soal, hingga tes setiap pekannya dan kadang-kadang nikmati pula kekosongan pelajaran dalam jangka yang panjang πŸ˜€

    Suka

  14. Nama saya : Fransisca Chatarina
    alamat blog saya : http://fransischatarina.wordpress.com/

    Selama hampir 1 tahun belajar fisika sama pak Rudy banyak sekali asam manisnya belajar fisika. Tapi tetap menyenangkan dan ga terlupakan πŸ˜€
    Untuk pembelajaran fisika kedepan sepertinya akan didominasi latihan-latihan soal dibanding dengan praktek dilapangan. Dan yang pastinya harus belajar lebih lebih lebih dan lebih giat lagi supaya semua siswa siswi jurusan ilmu alam bisa mencapai tujuan akhir di bangku SMA dengan nilai yg memuaskan, dan sebagai bekal untuk masa yg akan datang πŸ˜€

    Suka

  15. nama saya Fernika. Alamat blog saya http://fernika00.wordpress.com/. Dalam pandangan saya pelajaran fisika memang salah satu pelajaran yang mempunyai tingkat kesulitan yang tinggi. Sehingga untuk mempelelajari, mengerti, dan memahaminya diperlukan niat belajar yang sungguh-sungguh dan fokus. Menyediakan waktu extra untuk belajar dan mengurangi waktu akan hal-hal yang tidak terlalu penting itulah yang harus dilakukan.
    Saya berharap agar dihari-hari kedepan saya benar-benar bisa menguasai pelajaran fisika. Mengingat betapa banyak manfaat dari belajar fisika. Selain mempelajarinya sebagai materi disekolah, saya ingin fisika benar-benar dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Karena itulah tujuan kita belajar disekolah agar bisa membawanya menjadi bagian dalam kehidupan sehari-hari. Semoga semuanya bisa menjadi lebih baik bahkan menjadi yang terbaik dihari-hari kedepan, amin.

    Suka

  16. Nma saya Efarisca Wahyunita
    Alamat blog saya http://evhatwivva.wordpress.com

    Ngomong-ngomong tentang fisika aku paling suka kalo ada tugas diluar contohnya kelulusan kemaren jadi wartawan dadakan. Yha walaupun tugas itu ga ada hubungannya dengan fisika, tapi menurut aku itu asik buat ngilangin sedikit rasa lelah setelah bergulat dengan rumus-rumus.
    Namun selain itu, penting juga untuk lebih serius belajar fisika dengan mendalami materi-materi yang ada dan perlu juga untuk latihan soal-soal fisika beserta pembahasannya, agar siap menghadapi ujian akhir nasional.
    Semoga dengan begitu anak-anak smada khususnya IA lulus dengan nilai yang memuaskan. Amin

    Suka

  17. Nama saya Pamela Dewi Widuri dari kelas XI IA-2 atau biasa disebut Sparta Classipada dan alamat blog saya http://pameladewi.wordpress.com/
    Selama saya belajar fisika bersama dengan Mr. Rudy ini ada banyak sekali kenangan yang bermacam-macam yang mungkin tidak akan terlupakan selama saya bersekolah di SMADA yang tentu saja ada pengalaman asam manisnya, hehe πŸ˜€ selama kelas XI ini kami belajar fisika bisa dibilang mengasyikan dan rame, tetapi kadang juga kalau sudah ada saatnya bisa berubah 180 derajat menjadi seperti menakutkan sekali dan selalu membuat kami gugup.
    Asyiknya di pelajaran fisika ini kami tidak hanya belajar seperti biasa yang biasanya hanya duduk manis mendengarkan penjelasan sang guru, kami juga biasanya melakukan games/praktek fisika yang tentu saja tidak lepas hubungannya dengan materi yang sedang kami pelajari, selain itu juga kami diajarkan untuk menggunakan TI seperti blog, berintranet, skype, dll. Kadang saat jam pelajaran fisika mau masuk kami gugup dan menerka-nerka apa yang kami lakukan hari ini? dan yang paling kami takutkan biasanya bila sudah mau “test” karena seperti biasanya hanya beberapa dari kami yang bisa lulus dan mendapatkan nilai yang memuaskan. Mungkin karena metode-metode pembelajaran yang kurang konsisten sehingga apa yang dipelajari kadang menjadi buyar. Harapan saya semoga nanti kedepannya dipelajaran fisika bisa lebih dilatih lagi dengan cara yang lebih mudah dipahami lagi oleh pelajar seperti kami ini dan tidak lupa juga agar dapat kami manfaatkan dikehidupan sehari-hari πŸ™‚

    komentarnya akan saya pertimbangkan lagi dan tentu saja sebagai gantinya anda akan diajar oleh guru yang lebih profesional dan lebih handal dibandingkan saya πŸ˜€

    Suka

  18. Nama : Hendra Mandala .
    Alamat Blog : http://hendramandala.wordpress.com/.

    setahun bersama fisika rudy . membuat saya berpikir mengenai sesuatu yang jarang dipikirkan siswa lainya seperti halnya memulai sesuatu yang tidak mungkin menjadi mungkin
    dunia maya?
    salah satunya dahulu saya jarang sekali mengunjungi dunia maya(lemot) ketika memulai karir fisika bersama fisikarudy saya mulai berpikir keritis (mau mati) tentang dunia maya , menambah wawasan dan sebagainya .
    ahaha .

    mungkin saya tidak terlalu menguasai sebagian daripada materi yang di berikan bapak rudy .
    akan tetapi jika di asah lebih sering seperti mengerjakan soal soal mungkin kedepan bisa PASTI BISA menguasai sebagian daripada materi tersebut .

    ahaha sekian terima kasih .

    Tahun depan batu asah yang Hendra hadapi lebih kasar dan lebih keras dripada batu asah yang sudah saya pergunakan ini πŸ˜†

    Suka

  19. Nama saya Triastuti Prabasari.
    Alamat blog saya http://www.triastuti29.wordpress.com

    Pelajaran Fisika perlu dipelajari karena Fisika itu berhubungan dengan hal-hal yang ada pada kehidupan kita, misalnya seperti usaha dll. Namun banyak siswa yang beranggapan bahwa Pelajaran Fisika itu “sulit”. Menurut saya hal tersebut disebabkan karena kurangnya pemahaman siswa mengenai materi-materi yang diberikan dan kurangnya metode pembelajaran yang diterapkan oleh sang guru.
    Tentunya Fisika tidak jauh dari hafalan rumus-rumus, materi yang begitu banyak, sehingga mengbingungkan siswanya. Bahkan banyak siswa yang tidak dapat mengerjakan soal-soal Ulangan karena bingung harus menggunakan rumus yang mana karena terlalu banyaknya rumus yang dihafal, dan kurangnya latihan soal-soal…

    Ke depannya: dalam mempelajari FISIKA sebaiknya tidak hanya rumus-rumus yang harus dihafal dan penyampaian materi begitu saja, tapi juga harus dibarengi dengan latihan soal-soal atau membahas soal-soal, agar pada saat diberikan soal-soal nantinya tidak bingung untuk mengerjakannya. Namun, siswa jangan terus-terusan diberi soal-soal, nantinya malah membuat para siswa stress. Misalnya sebulan sekali melakukan kegiatan yang dapat merefresh otak para siswa…
    Semoga untuk ke depannya semua siswa-siswi sukses dalam pelajaran Fisika… πŸ™‚

    Suka

  20. Nama saya Rizal Aminullah, kelas XI IPA 2, lahir di Palangkaraya 6 April 1994
    Pandangan saya terhadap pelajaran fisika ini :
    fisika merupakan salah satu dari pelajaran yang saya sukai, karena didalamnya terdapat ilmu hitung menghitung. Dalam mempelajari fisika harus memahami konsep dan setidaknya tahu rumus dasarnya. Kalau kita memahami konsepnya, maka kita tidak akan mendapatkan kendala ketika kita mempelajari rumus dasarnya.
    Sama seperti ilmu-ilmu yang berkembang, Fisika berkembang karena adanya bantuan dari ilmu yang lain. contohnya matematika dan kimia, matematika merupakan ilmu yang banyak membantu Fisika dalam penyelesaian masalah dan perhitungan. Dan juga, istilah kimia kuantum yang membahas aspek-aspek atom dalam kimia yang lebih ditekankan dari sifat-sifat energi dari atom.

    Suka

  21. Nama saya Danar Ariangga Windra Gautama. Alamat blog saya http://tangga0125.wordpress.com/.

    Pandangan saya tentang apa yang sudah saya dapat dari pelajaran fisika yang telah diajarkan oleh Pak Rudy ada dua sisi. Semua sisinya memiliki jebakan yang tidak bisa dibaca. Sisi pertama penuh dengan ketegangan aturan, tata tertib, alur yang ada sehingga membuat adrenaline sering berpacu membuat kepala panas karena takut tapi dengan ketegangan ini kadang-kadang ada maksud yang di selipkan buat para murid. Entah pelajaran moral tentang kehidupan atau falsafat hidup lainnya. Disisi satunya adalah keceriaan, canda tawa, kekeluargaan yang membuat semua orang merasa nyaman dengan keadaan ini namun tidak selamanya hal ini membuat semua orang tersenyum. Terkadang bapak menyelipkan sebuah ujian yang tidak pernah terduga sehingga raut wajah ceria berubah dengan raut wajah derita, namun tujuan dari ini adalah bahwa kehidupan tidak selamanya diatas, pasti ada batu kerikil yang menguji kita dan siap untuk menjungkalkan dimana saja dan kapan saja untuk siapa saja. “Kepintaran bukan hal utama dalam kehidupan, namun moral yang baik dan ketekunan dalam segala hal adalah kunci sukses dalam hidup ini. Kita tidak bisa hanya berpatok kepada text book untuk menghadapi kehidupan. Bukan orang yang pintar yang bisa melawan kerasnya hidup, namun orang yang memiliki ketekunan dan moral yang baik yang bisa melawan” kira-kira begitulah pesan Pak Rudy waktu saya kelas X. Metode ini bisa dibilang jarang bahkan tidak ada dalam mengajar, materi yang diberikan bukan hanya “rumus-rumus” di dalam buku, tapi juga “rumus-rumus” kehidupan karena belajar bisa diambil dari berbagai hal.

    Namun, seringkali saya kena apesnya oleh Pak Rudy. Bapak sering menegur saya dengan cara yang hanya bisa saya artikan ketika saya sedang merenung. Cara yang belum pernah saya temukan.
    Namun kalau sudah keluar Mr.Killer dalam membuat soal, semua orang akan berteriak minta tolong karena soalnya “out of the box” dari yang pernah diliat. HAHAHAHAHAHAHAHAHAH. Tetep aja setiap senin malam masih keringet dingin mikirin apa yang bapak lakuin besok. Wah ternyata MR.Killer tetep ada.! AHHAHAHAHAHAHA

    Dalam hati saya ” Wah sialan, kena kerjain Mr.NiceGuy lagi” Ketika saya berpikir saya tersadar oleh senyum jahil dan sorotan mata tajam bapak dengan sedikit mengejek.

    Itulah pelajaran “FISIKA” dari Pak Rudy. Tidak selamanya bisa dipahami.

    MAAF Pak Ya…… Peace

    Hahahahahaha πŸ˜† :mrgreen: … Danar terlalu sensitif terus, apalagi ngomongnya selalu your eyes segala πŸ˜†

    Suka

    • Tapi sorotan tajam mata bapak dengan ketawa lepas bapak yang nanti bikin saya merasa kehilangan guru fisika yang paling penyabar menghadapi semua orang.

      Kilas balik saya dari kelas X sampe kelas XI, sekedar pengingat aja pak soalnya nanti kelas XII kami bakalan kehilangan suasana yang menarik seperti biasa.

      Semoga semua menjadi lebih baik Pak. Terimakasih Pak Rudy πŸ™‚

      heheheheheheh πŸ˜† :mrgreen: (sampai mau kentut)……. mumpung belum perpisahan ketawa dulu πŸ˜€ …. :mrgreen: πŸ˜†

      Suka

  22. Nama Saya : Satria Surya Wijaya
    Alamat Blog : http://satria67.wordpress.com/
    Kelas : XI IA 2 (Sparta Classipada)

    pandangan saya tentang fisika,fisika mrupakan salah satu pelajaran yang berhubungan dengan kehidupan kita sehari-hari,banyak peristiwa ataupun kejadian yang berkaitan dengan pelajaran fisika yang kita pelajari,seperti kejadian alam contohnya : banjir,Hujan,bahkan bencana alam seperti tsunami dapat kita perhitungkan dengan menggunakan metode perhitungan Fisika walaupun kita tidak akan tahu kapan bencaba alam itu datang πŸ˜€
    penerapan konsep-konsep ataupun rumus-rumus fisika sesungguhnya sangat membantu dalam kehidupan manusia.
    aadapun kita dalam mempelajari Fisika tidak hanya berdasarkan teori semata,tetapi jika tidak di aplikasikan mungkin berbeda dengan teori-teori tersebut.
    dalam perjalanan saya,Pak Rudy,sekaligus guru fisika kami telah membuktikan bahwa fisika itu mengasyikan,dan mudah di pahami,asalkan kita mempunyai tekat dan serius untuk menekuninya πŸ˜€
    berlatih mengerjakan soal dan memahami rumus-rumus akan mempermudah kita dalam menjawab soal-soal fisika.
    semoga kedepannya apa yang telah di dapat,bisa menjadi bekal untuk menjadi yang lebih baik lagi,dan bermanfaat tidak hanya untuk diri sendiri juga untuk orang banyak .AMIN πŸ˜€ GBU

    GBU juga Satria, mohon maaf jika kami tidak dapat mengantarkan anda hingga kelas XII ..:D semoga Satria sukses mencapai yang dicita-citakan. Untuk membanggakan kedua orang tuamu juga

    Suka

  23. Nama saya Putri Rahmadani (http://babyskuter.wordpress.com/) . Selama dalam belajar fisika saya mendapatkan pelajaran banyak tentang fisika, dari sesuatu pelajaran yang kecil skalipun yang tak terduga ada hubungannya dengan fisika. Benar pelajaran fisika susah (sedikit) bagi saya, tapi tidak bila dijalankan bersama dan santai seperti yang telah saya rasakan, saya harap kedepannya saya bisa memahami lagi fisika bukan karena tekanan dan bukan karena santai belajar, tapi saya harap dengan benar-benar memahaminya.

    Suka

  24. Nama saya Siti Dian Anugrah. Alamat Blog saya http://quendiibie.wordpress.com/ . Tentang Fisika menurut saya selama 1 tahun ini.

    Pertama : Menyenangkan
    Selain mengenal rumus -rumus baru dan soal – soal baru, saya juga menemukan pemahaman baru tentang Fisika yang menyenangkan. “Fisika” kadang terdengar menyeramkan, tapi untuk kali ini tidak. Metode belajar serius yang disertai dengan belajar dengan cara bermain. ( Yang paling menyenangkan adalah roket air). Pendapat pribadi , saya senang dengan metode belajar seperti itu. Saya rasa untuk waktu yang akan datang memang harus lebih konsen pada latihan – latihan soal dan pembahasannya. Tapi tidak ada salahnya jika “sesekali” belajar sambil bermain,itu salah satu cara untuk menghilangkan beban fikiran dan tidak monoton dalam pembelajarannya.

    Kedua : Menambah pengetahuan TI
    Fisika juga bisa mengasyikan seperti TI yang bisa bermain game komputer atau online atau yang sejenisnya. Tapi yang ini berbeda, saya punya kesenangan dan kepuasan tersendiri dalam mengelola blog yang saya miliki. Dari postingan – postingan yang saya buat , saya bisa mengeluarkan isi “otak” saya. Meskipun kadang berisi keluhan. Ketika saya mengedit tampilan blog, itu juga merupakan salah satu yang paling menyenangkan, memilih background yang sesuai theme blog yang digunakan atau menambah widget – widget imut ke blog. Sebelumnya saya yang gagap teknologi, apalagi dengan yang namanya “Blog” , sekarang menjadi lebih tau.

    Semoga untuk hal – hal yang berikutnya dapat di jadikann lebih baik daripada yang sekarang πŸ™‚

    Suka

  25. nama saya Dara rianada. lamat blog saya http://maniacantik.wordpress.com. pandangan saya sebagai siswa untuk pelajaran fisika mendatang supaya lebih mudah untuk di pahami dan lebih mudah untuk di cerna otak dan pastinya lebih baik lagi dari sekarang. meskipun begitu pelajaran fisika pak rudy tetap menjadi pelajaran yang menyenangkan dan asik untuk di simak.

    Suka

  26. Nama saya : Episcia Puspita Lautt
    Alamat blog saya : http://episcia.wordpress.com/

    Berdasarkan apa yang telah alami dan apa yang telah saya pelajari mengenai pelajaran fisika baik dikelas X maupun kelas XI, saya merasa bahwa apa yang telah P’Rudy berikan kepada kami lebih dari cukup karena bapa selalu memberikan berbagai rumus juga pengalaman baru mengenai praktek fisika dalam 1 tahun belakangan ini. Bapa juga selalu memberikan kami kejutan-kejutan spesial berupa soal test dadakan ataupun yang sudah diberitahukan.

    Hanya saja saya rasa pada saat ini seharusnya kita lebih fokus ke pembahasan mengenai bab-bab yang ada di pelajaran fisika, sehingga pemahaman dan aplikasi mengenai soal-soal ulangan ataupun test harian akan tidak membuat bingung dan juga akan membuat nilai mata pelajaran fisika membaik.

    Harapan saya kedepannya semoga kita bisa berubah lebih baik dari sebelumnya dan semangaaaat ..

    Suka

  27. Nama saya Cynyia Nurkarrisa Idris.alamat blog saya http://cyntiaidris.wordpress.com/.selama asay belajar diSMA ini,baru kelas 2 saya memeng benar-benar merasakan bagaimana belajar fisika itu.biasanya belajar fisika disekolah hanya masuk,buka buku,belajar dan diterangkan guru,lalu ulanagan. hanya seperti itu saja.tetapi sekarang lain saat kelas 2 ini saya mempunyai banyak pengalaman di pelajaran fisika.bukan hanya belajar rumus saja,tetati juga belajar tentang kehidupan sehari-hari.seperti komputer dan internet,lalu juga tentang mengolah berbagai macam penemuan baru (y).

    gak itu aj tapi juga latihan-latihan soalnya,lalu tentang lks-lks yang dibagikan itu adalah pembahasan yang bisa membuat banayak pengetahuan.selama ini belajar fisika banyak bersenang-senang dan serius juga,tetapi semua itu adalah hiburan agar belajar tidak stres.jadi gak nyesel belajar fisika selama ini.dan pasti ketagihan untuk menambah dan menambah terus ilmu tentang fisika ini.semoga usaha kami selama ini gak sia-sia.amin O:) πŸ™‚

    Suka

  28. Rahmat nurhadi
    http://www.rahmatnurhadi.wordpress.com

    Dalam belajar fisika dengan pak Rudy, saya lebih menyukai dengan praktek- praktek lapangan karena hal tersebut dapat membuat kita menjadi kreatif. Sebab dengan lebih banyak praktek yang menarik dari pak rudy kreativitas dan kerajinan kita semakin bertambah sehingga belajar fisika sangat menyenangkan. Semoga untuk tahun depan perlombaan fisika tentang apapun itu dapat menjuarainya.
    terutama roket air yang tahun ini belum berhasil menjadi juara. semoga kedepanya menjadi lebih baik.
    belajar dari kesalahan πŸ˜€

    Suka

  29. saya Arisa Dieni alamat blog saya http://www.arisa07.wordprees.com
    pandangan saya untuk fisika d masa mendatang adalah, saya dapat lebih memahami tentang pelajaran fisika sehingga suatu saat saya dapat berbagi pengalaman seperti yang sudah d lakukan d IA-2 bersama pak rudy yaitu kami bukan hanya mendapatkan teori tetapi juga pengalaman-pengalaman menarik seperti membuat roket air dan boomerang. selain itu kami juga d ajararkan untuk belajar komputer dan internet. Dari situ kami bisa merasakan kebersamaan yang baik antara teman-teman satu kelas. sehingga fisika itu terlihat lebih menyenangkan karena banyak hal-hal yang dapat di lakukan dalam kehidupan yang menyangkut masalah fisika. πŸ™‚ sehingga itu dapat di jadikan pelajaran.
    selain itu untuk dapat lebih memahami dan mengerti apa yang ada di dalam pelajaran fisika mungkin akan lebih baik lagi apabila lebih di perbanyak latihan soal-soal karena semakin banyak soal-soal yang kita kerjakan maka akan semakin banyak juga pengetahuan yang kita dapatkan.

    Terlalu banyak persoalan yang dibuat-buat membuat pusing kepala dan bikin masalah terus … kapan sih masalahnya selesai ?

    Suka

  30. Saya Nory Junov Paramana, alamat blog saya http://noryjpsch.wordpress.com/. Selama saya belajar fisika di kelas XI, yang juga merupakan pertama kalinya saya belajar di bawah naungan Pak Rudy Hilkya, saya merasa bahwa apa yang telah Pak Rudy berikan kepada kami selaku murid sudah sangat banyak dan bermanfaat bagi kami. Saya benar-benar berterima kasih karena Bapak telah mengajarkan saya untuk “mencari dulu apa yang saya senangi”, selain mengajarkan saya tentang Fisika. Bahkan Pak Rudy mengajarkan kami untuk peka terhadap hal-hal sekitar bahkan sampai hal yang terkecil sekalipun.

    Saya sadar selama duduk di bangku kelas XI, dengan penuh kesadaran saya merasa diri saya termasuk ke dalam kelompok siswa yang gagal dalam pelajaran Fisika, namun Pak Rudy selalu memberi saya dan kawan-kawan kesempatan, kesempatan, dan kesempatan. Dari sinilah saya mendapat pelajaran yang benar-benar berharga, yaitu mengerjakan persoalan Fisika itu tidak bisa “sekali coba langsung bisa”, melainkan mesti menggunakan “pengalaman” dibarengi dengan “pengetahuan” yang mumpuni.

    Saya haturkan terima kasih kepada Pak Rudy yang selalu memberi saya kesempatan untuk berubah bahkan berkarya, juga teman-teman di sekitar saya yang selalu ce-esan dengan saya. Semoga masa-masa yang akan datang lebih baik dan pelajaran berharga selama iniy ang hanya terlihat oleh kepekaan diri kita dapat kita sadari dan amalkan dalam kehidupan kita.

    Suka

  31. Nama : Bahtiar Gumilar
    Kelas : XI-IA2
    Alamat Blog : http://bahtiargumilar.wordpress.com/
    Menurut pandangan saya, menjalani pelajaran fisika bersama pak rudy sangat menarik. Sebab saya bukan hanya mendapat rumus-rumus yang begitu ribet,hee:D tetapi saya bisa mendapat banyak pengalaman baik dari cerita yang diberikan pak rudy maupun dari tugas-tugas praktek yang diberikan.

    Yaa, tugas praktek merupakan tugas yang paling saya gemari, karena dari tugas tersebut saya dapat mengembangkan kretivitas dalam mengembangkan suatu keahlian yang dimiliki. Tugas praktek juga dapat menumbuhkan keakraban dan kekompakan diantara saya dan teman-teman. Sehingga kami bisa mengetahui kelemahan dan kelebihan dari masing-masing individu yang ada di kelas.

    Jadi saya berharap semoga mendatang tugas-tugas praktek fisika dapat hadir kembali seperti yang ada dan kalau bisa tugasnya lebih inovatif dan beragam yang lebih bisa memompa kreatifitas diantara kami. πŸ˜€

    Suka

  32. Nama : Yusni Rasman
    Kelas : XI-IA2
    Alamat Blog : http://rasman10.wordpress.com/
    Fisika adalah pelajaran yang asik dan sangat bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari. Karena rumus-rumus serta teori-teori yang ada di dalamnya dapat dijadikan pedoman hidup.
    Selama belajar dengan pak rudy banyak hal yang saya dapatkan temasuk nilai kehidupan tersebut. Dan saya berharap fisika kedepannya bisa lebih menarik lagi agar bisa ditangkap oleh semua kalangan, contohnya melakukan proses belajar-mengajar diluar, seperti praktek bikin roket dan boomerang yang dapat membius semua murid kelas XI untuk bisa mendalami fisika tersebut. πŸ˜€

    asalkan masih sadarlah ! πŸ˜€

    Suka

  33. Harry Zentino
    http://harrynation.blogspot.com/
    Pandangan saya mungkin sedikit berbeda. Setelah hampir 4 semester bersama bapak telah banyak sekali pengalaman yang tidak pernah saya temukan disekolah sebelumnya. Dari cara mendapatkan materi, belajar, hingga pendalaman materi yang membuat saya berpikir lebih jauh bahkan bukan hanya untuk belajar. Menghargai waktu, pendewasaan diri hingga kesiapan untuk mengarungi hidup nan jauh diluar sana merupakan pelajaran lain yang dapat saya petik di pelajaran ini.

    Nilai-nilai hidup manusia dewasa perlahan juga tumbuh dengan cara-cara bapak mengajarkan itu semua kepada kami. Meskipun dahulu saya sempat frustasi karena situasi yang serba terkaget kini saya juga mulai merasakan apa yang sebenarnya maksud lain dari semua tugas itu (meskipun masih terlalu dini). Terima kasih pak, belajar fisika mungkin hanya dilihat sebagian kecilnya namun saya rasa itu semua adalah pelajaran yang membentuk kepribadian.

    Suka

  34. Nama: Stella Dea Gracia
    Kelas: XI IA-2
    Alamat Blog: http;//stelladea.wordpress.com/

    Fisika bagi saya sangat susah dalam memahami konsep-konsep teorinya serta rumus-rumusnya yang menurut saya agak bikin ribet. Apalagi jika diajar oleh guru yang metode pengajarannya membosankan wah langsung males banget rasanya buat ngikutin pelajaran fisika. Namun, belajar fisika dengan Pak Rudy membuat pandangan saya terhadap pelajaran fisika berubah. Cara mengajar Pak Rudy tidak membosankan, rame, selalu diselingi candaan konyol serta tawa murid-murid didalam kelas πŸ˜€
    apalagi tugas-tugas dr bapak yang berhubungan dgn IT seperti membuat blog di awal kls XI, membuat akun skype, dll sangat membantu saya utk lebih mengetahui serta memanfaatkan kecanggihan teknologi sekarang πŸ™‚ dr yang awalnya agak sulit dlm mengelola blog, kini saya sudah dpt mengelola blog saya dgn cukup baik, hehe..
    yang paling seru tugas dr bpk yaitu saat disuruh main My Empire, awalnya saya agak bermalasan-malasan main game ini namun setelah saya coba eh ternyata seru juga jadilah saya ketagihan buat ningkatin levelnya.. πŸ™‚

    untuk ke depannya saya berharap belajar fisika ini bisa seimbang antara kapan saatnya serius belajar dan kapan saatnya kita boleh bergurau. karena belajar fisika itu tidak bisa hanya membahas soal-soal melulu atau terlalu banyak bermain/ bercandanya, tapi harus saling diimbangi oleh kedua hal tadi.
    So, SIAPA BILANG FISIKA ITU MEMBOSANKAN?? πŸ™‚ malah rame lagi kalo diajarin oleh Pak Rudy.
    Sekian dan terimakasih..

    Suka

  35. Nama : Nadia Pretty Excesia
    Kelas : XI-IA 2, VoLd (Vriendschap of La Dossci)
    Alamat blog : http://nadiamiura.wordpress.com/

    Awalnya saya mengira pelajaran fisika itu susah, tetapi setelah pak Rudy mengajari banyak hal tentang fisika, akhirnya saya menyadari fisika itu sangat menyenangkan πŸ˜€
    Memang terkadang, saya sering kewalahan memahami rumus-rumus fisika yang berbelit-belit, namun saya berusaha yang terbaik, terus mencoba, dan berusaha mencapai target nilai yang memuaskan.
    Saat, pelajaran fisika suasana di kelas pun tidak kalah asyik nya, kami dikelas bisa belajar dengan santai dan serius (Learn and Play). Di kelas XI IA-2, pak Rudy juga mengajarkan kami bagaimana membuat roket angin, casting, membuat peta konsep, bermain game Electrocity dan membuat model konservasi energi.

    Fisika itu sebenarnya tidak susah, hanya saja terkadang rumit. Kita hanya perlu banyak berlatih dari soal-soal latihan, dan menguasai materi yang diberikan.
    Kita hanya perlu fokus, rajin dan tekun, jangan takut untuk gagal, karena kegagalan itulah yang akan menjadi awal dari kesuksesan kita.

    Saya juga senang bisa menjadi anggota keluarga XI IA-2, karena warga kelasnya baik, bersahabat, ramah dan memiliki rasa kekeluargaan yang tinggi.
    Banyak pengalaman yang menyenangkan saat belajar fisika dg Pak Rudy dan warga kelas XI-IA 2, dan pengalaman itu akan menjadi hal yang tidak terlupakan untukku πŸ˜€
    Thank you, pak Rudy πŸ™‚

    Suka

  36. Nama saya : Leonardus Sandy A.P
    Alamat Blog saya : http://leonardussandy.wordpress.com/

    Fisika adalah pelajaran yang sangat mengasikkan, hal-hal yang kita alami sehari-hari, selalu ada hubungannya dengan pelajaran Fisika. Mangkanya saya terus ingin belajar Fisika, karena sangat mengasikkan. Apalagi belajar bersama Pak Rudy yang selalu membuat saya semangat, karena penyampaian yang selalu berubah-ubah disetiap materi. Walaupun saya sering keliru dalam penggunaan rumus dan mengakibatkan jawaban yang kurang benar , itu membuat saya menjadi tidak semangat. Tetapi bapak selalu memberikan motifasi yang bagus untuk lebih semangat dalam belajar Fisika… πŸ™‚ πŸ™‚

    Jadi saya bangga dengan bapak, guru yang selalu dapat memberikan saya dorongan untuk dapat lebih giat belajar. Semoga bapak bisa selalu semangat dan memberikan warna yang cerah disetiap pertemuan kita… πŸ™‚

    Suka

  37. nama : RIZKI DEWANTARA
    alamat blog saya : http://rizki2812.wordpress.com/

    selama saya belajar fisika dengan bapak bnyak canda tawa diantara kami, bapak memberi tugas dengan diselingi kegiatan-kegiatan yg seru sperti membuat roket pvc, bermain electrocity, dan membuat proyek
    fisika bersama pak RUDY tdk akan pernah bosan

    Suka

  38. Nama : Dino Adisaputra
    Kelas : XI IA 2
    Alamat Blog : http://dinoadi1994.wordpress.com

    Selamat malam pak. Saya senang belajar fisika dengan bapak, banyak hal yang dapat saya pelajari dari bapak yang tidak hanya berwujud rumus dan teori namun juga hal-hal penting lainnya yang berkaitan dengan hidup.
    Harapan saya adalah Bapak dapat terus maju dan semakin berkualitas dari tahun ke tahun. Amin.

    Fisikarudy tetap jaya ! πŸ™‚

    Suka

  39. Nama : Yanti Anggrenie
    Kelas : XI IA 2
    Alamat Blog : http://yantianggrenie.wordpress.com/

    Pertama kali pak rudy masuk kelas , raut wajah teman-teman di kelas terlihat tegang, maklum baru pertama kali . tapi seiring dengan waktu raut wajah yang tegang itu hilang dengan sendirinya sedikit demi sedikit setelah pak rudy mengajarkan kami pelajaran FISIKA dengan penuh kejutan apalagi sudah hampir 1 semester Pak rudy mengajar .Sudah banyak banget kejutan soal-soal pak Rudy yang membuat kami berpikir sampai-sampai keringat dingin karena saking gugupnya,, haaa.. Suka bercanda ,asyik, aktif, serius , tegas , disiplin , tepat waktu itu adalah sebagian karakter dari Pak Rudy . Belajar FISIKA dengan pak Rudy sangat-sangat beruntung , karena selain cara mengajar pak Rudy yang berbeda dengan guru-guru lain, pak Rudy adalah salah satu guru yang selalu memotivasi dan memberikan nasehat-nasehat yang sangat-sangat menyentuh dan nasehat itu bisa di jadikan pedoman untuk bisa lebih baik lagi. Pokoknya , pak Rudy adalah guru yang kreatif, baik, murah senyum,jenius,seriuss, tegas, disiplin dll dan yang pasti bakal selalu di kenang dalam hati siswa-siswi SMADA . hahaha
    Semoga Pak Rudy Hilkya terus sukses , selalu berkarya, dan selalu jadi guru yang terbaik .

    Suka

  40. Nama: Febe Batubara
    Kelas: XI IA 2
    Alamat:http://febefebe.wordpress.com

    1 semester belajar fisika bersama Pak Rudy rasanya nano-nano. Banyak hal yang kami terima sebagai bentuk pengalaman yang memotivasi kami untuk dapat lebih baik lagi, sesuai dengan doa belajar yang kita panjatkan setiap sebelum dan sesudah belajar. Bapak banyak mengajarkan kami banyak hal, tidak hanya sekedar ilmu fisika tetapi juga mengajarkan kami untuk selalu berusaha, tidak mengsepelekan sesuatu, tidak cepat puas, dan mengajarkan kami untuk berpikir kritis. Terima kasih buat motivasi-motivasi yang Bapak berikan untuk kami. Motivasi-motivasi tersebut adalah dorongan bagi kami untuk lebih berusaha untuk mencapai hasil yang maksimal πŸ™‚
    Maaf bila selama ini saya menyusahkan Bapak. Terima kasih, pak.

    Suka

  41. Nama : Windhy Oktifani
    Kelas : XI IPA 2
    Alamat Blog : http://windhyoktifani.wordpress.com/

    Pak, ini kesan selama satu semester belajar dengan Bapak. Belajar fisika memang tidak mudah jika tidak ditekuni dengan serius. Cara mengajar Bapak menurut saya bagus, Bapak mengajarkan kami untuk disiplin, bahkan Bapak datang sebelum kami semua datang, itu memacu saya untuk datang lebih pagi. Bapak juga memotivasi saya untuk lebih belajar dengan giat dan sungguh-sungguh. Setiap sebelum dan sesudah belajar kami memanjatkan doa. Bapak juga mengajarkan kami untuk lebih mencari tau tentang fisika, tidak mudah menyerah, tetap berusaha, tidak cepat puas atas hasil bagus yang telah dicapai. Proyek-proyek yang telah dijalani sangat menarik misalnya saja roket angin dan terakhir proyek tentang usaha dan energi, serta ada permainan elektrocity yang membuat saya tidak bosan untuk mencoba mendapat nilai diatas 90, meskipun susah tapi akhirnya saya berhasil. Maaf Pak, kalau selama ini saya pernah menyusahkan Bapak. Dan maaf jika saya pernah salah kata-kata.
    Terima kasih banyak atas ilmu yang telah Bapak berikan selama satu semester ini.

    Suka

  42. Nama : Gabriella Stivani
    Kelas : XI IA 2
    Alamat Blog : http://gabriellastivani.wordpress.com/

    Satu semester hampir berlalu di kelas XI IA , persiapan mental yang kuat untuk mengahadapi ulangan di akhir semester ganjil ini tentulah sangat di perlukan.
    Fisika khususnya pelajaran yang cukup sulit untuk dipahami ini membutuhkan banyak persiapan…. Demikian salah satu wejangan yang Bapak beri untuk kami, kita harus memiliki contekan yang lebih canggih pula untuk mulai menghadapi beribu tantangan yang akan di hadapi tanggal 5 Desember nanti hehehe πŸ˜€

    Tidak terasa pula sudah hampir satu semester belajar fisika bersama Pak Rudy, banyak sekali pengalaman, ilmu tentunya yang telah Bapak beri, wejangan-wejangan untuk menempuh masa depan yang baik benar-benar menjadi motivasi untuk dapat menjadi generasi penerus yang lebih baik, lebih bertanggung jawab, dan lebih mampu mengisi dan membina kemerdekaan bangsa πŸ˜€ hehehe *nyasar ke ikrar pelajar*

    Salah satu perkataan yang saya ingat dari Bapak adalah “Tetap Diam dan Fokus” membuat saya selalu teringat ketika di ajarkan oleh Bapak. Begitu juga candaan Bapak ketika sedang mengajar memberi ciri khas sendiri di banding cara mengajar guru-guru lain. Selain banyak wawasan yang kami terima, Bapak juga telah memberi kesan yang menyenangkan selama belajar di semester ini.

    Sukses terus buat Pak Rudy πŸ™‚

    Suka

  43. Nama : Joan Norris A.M.Teweng
    Kelas : XI IA 2
    Alamat Blog : http://joannorris.wordpress.com

    Belajar fisika bersama Bapak sangatlah menyenangkan karena dalam pelajaran bapak tidak hanya melulu memberikan teori saja tetapi juga diimbangi dengan kegiatan praktek. Di kelaspun selain menyampaikan materi pelajaran Bapak juga memberikan motivasi agar kami semua bisa mendapatkan hasil yang memuaskan, walaupun saya sering kurang teliti dalam mengerjakan soal-soal yang di berikan Bapak kepada kami,sehingga mendapatkan nilai yang kurang memuaskan,tapi itu semua saya jadikan pengalaman berharga yang bisa memotivasi, agar belajar lebih giat lagi sehingga mendapatkan hasil yang memuaskan.

    Semoga pada semester berikutnya Bapak bisa memberikan inovasi baru dalam mengajar fisika, sehingga belajar fisika akan lebih menyenangkan lagi.

    Suka

  44. Nama : Akses Hindry K. F
    Kelas : XI – IA 2 ( VoLD )
    Alamat Blog : http://akseshindry.wordpress.com/

    Saat masuk ke kelas XI, pelajaran fisika menurut saya adalah pelajaran yang susah. tetapi setelah bertemu dengan Pak Rudy, ternyata fisika terasa lebih menyenangkan. karena metode belajarnya di selingi canda gurau yg menyehatkan :). apalagi kadang – kadang diselingi praktikum yang mengasyikkan, seperti membuat roket PVC, bermain elektrocity, dan praktikum yang lainnya.

    jadi intinya belajar dengan Pak Rudy itu sangat mengasyikkan. Terimakasih Pak Rudy πŸ™‚

    Suka

  45. Nama : Siti Norjanah
    Kelas : XI IA 2
    Alamat Blog : http://sitinorjanah.wordpress.com/

    Fisika… bagi saya pelajaran ilmu alam yang satu ini cukup sulit, namun setelah bertemu dengan Pak Rudy fisika menjadi pelajaran yang menyenangkan, penuh dengan kejutan yang tak terduga dan tidak membuat bosan. Cara mengajar Pak Rudy yang khas dan unik karena diselingi dengan canda tawa yang dapat menghilangkan semua ketegangan dikelas. Juga kegiatan seperti membuat roket, proyek usaha dan energi dan bermain game electrocity yang memerlukan strategi. Tidak hanya pelajaran fisika yang saya dapatkan tapi juga tik yaitu membuat blog. Bapak juga selalu memberikan motivasi-motivasi yang membangun dan nasehat, untuk menjadi pedoman bagi kami semua agar selalu berusaha (karena kita harus yakin hari esok lebih baik dari hari sebelumnya).
    Tak terasa sudah satu semester saya belajar bersama Pak Rudy. Terimakasih atas ilmu-ilmu, pesan serta nasihat yang sudah bapak berikan kepada saya. Saya juga minta maaf jika ada salah kata.

    Suka

  46. Maaf, Pak. Sepertinya tulisan saya yang pertama yg ada mrjuk ke sebuah alamt, itu virus. Soalnya sya jga ga tau, wktu saya mngrimkan tulisan itu keblog bapak lngsung mncul almt trsbut. Saya jg bngung knpa bsa bgtu. Jdi tlisan itu dihpus saja, Pak.

    Suka

  47. Nama : Dwi Murning Asih
    Alamat Blog : http://dwimori.wordpress.com/

    Enggak terasa udah hampir 1 semester saya yang termasuk rombongan siswa XI IA-2 (VOLD) belajar fisika dengan Pak Rudy. πŸ˜€
    Belajar fisika dengan Bapak rasanya campur aduk, hee
    Ada seriusnya, ada deg-deg an nya, ada serunya tapi ada juga lucunya itu dikarenakan Bapak merupakan guru yang mempunyai sisi humor tapi tetap tegas dan disiplin.
    Selama satu semester belajar dengan Bapak banyak hal yang telah saya dapat, selain memperoleh ilmu, kami juga diajarkan hal-hal mengenai kehidupan. Bapak juga merupakan seorang motivator. Bapak selalu memotivasi kami. β€œJika orang lain bisa, kenapa kalian tidak bisa”.
    Yang pasti Bapak merupakan guru yang menyenangkan bagi siswa-siswanya. 
    Semoga bapak selalu sukses dan diberkati dalam Tuhan..
    GBU & Thanks buat bimbingan Bapak selama satu semester ini. 

    Suka

  48. Nama : Bangun Saputra
    Kelas : XI IA 2
    Alamat Blog : http://bangunsaputra.wordpress.com

    Saat hari pertama bapak masuk kelas, saya merasa takut, karena saya mendengar dari kakak kelas hal-hal tentang bapak yang membuat saya tegang saat melihat wajah bapak.
    Setelah bapak memperkenalkan diri bapak, disitu saya mulai merasa hal-hal yang dikatakan kakak-kakak kelas itu tidak benar. Saya mulai menikmati dengan baik hal-hal yang disampaikan oleh bapak. Seiring berjalannya waktu, saya merasa bahwa Pak Rudy ialah guru yang sangat “friendly”. Pak Rudy sering memberikan masukan-masukan yang membuat saya dan teman-teman merasa bersemangat untuk belajar FISIKA.
    Meskipun kadang-kadang ada tugas yang membuat kami memutar mutar otak dan menarik-narik ujung rambut kami, kami tetap bersemangat mengerjakannya. Karena Bapak telah mengajarkan terlebih dahulu pelajaran-pelajaran tersebut sehingga kami bisa mendapatkan jalan keluarnya.
    Pokoknya semuanya top banget pak, dari tugas-tugasnya, motvasi-motivasinya, hingga joke-joke yang membuat kami semua tertawa.
    Kami sangat bangga sekali memiliki guru seperti bapak, semoga bapak selalu sukses dan berjaya ! Hidup fisikarudy !! πŸ˜€

    Suka

  49. Nama : Abel Manuah
    Kelas : XI-IA 2
    Alamat Blog : http://manuah.wordpress.com

    Fisika adalah ilmu yang unik, segala sesuatu yang terjadi di alam selalu ada hubungannya dengan fisika.. Harapan saya ke depannya adalah semoga bermunculan ilmuwan-ilmuwan baru agar fisika terus maju dan saya menjadi salah satunya πŸ˜€

    Suka

  50. Nama : Erisa Yunisari Kamaraderie
    Kelas : XI-IA-2
    Alamat blog : http://kamaraderisa.wordpress.com/

    Diajarin fisika sama Pak Rudi lebih menyenangkan. Beliau pintar mencairkan suasana dan membuat belajar fisika jadi mengasyikan.Tak dapat dipungkiri sudah hampir satu semester ini saya jadi lebih semangat dan lebih rajin belajar. Ya semenjak diajar beliau.

    Tak lupa wejangan-wejangan dan perkataannya yang membukakan mata kami akan pentingnya memikirkan masa depan dan menjadi cambuk agar kami berusaha untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Pak Rudy juga sangat memotivasi siswa-siswinya agar tak pantang menyerah dan tetap semangat belajar fisika.

    Fisikarudy.com juga sangat membantu dalam hal mencari materi maupun soal-soal, jadi bisa buat persiapan sebelum menempuh ulangan maupun dalam kegiatan belajar fisika di sekolah. Pak Rudy Hilkya menurut saya adalah guru fisika terbaik yang pernah saya temui dari segi apapun itu, pokonya TOP bgt! (y)

    Sukses terus buat Pak Rudy Hilkya dan fisikarudy.com dan mohon bimbingannya selama menempuh satu semester lagi. πŸ™‚

    Suka

  51. Nama : Khairunisa Qomariyanti
    Kelas : XI IA 2
    Alamat blog : http://khairunisaa.wordpress.com/

    Awalnya, saya selalu menganggap bahwa belajar fisika itu rumit. Tapi, setelah belajar fisika bersama bapak selama 1 semester, saya mulai merasa bahwa belajar fisika itu sangat menyenangkan.
    Kami bisa membuat roket, belajar casting, membuat mind map, main electrocity…
    Saat belajar di kelas pun bapak selalu mencairkan suasana dengan joke bapak yang gokil dan up to date πŸ˜€
    Tapi tidak hanya itu, bapak telah mengajarkan kami untuk selalu disiplin, tidak cepat puas atas hasil yang telah dicapai, dan tidak menyepelekan sesuatu.
    Nasihat-nasihat bapak akan selalu kami ingat dan semoga bisa memacu kami agar lebih baik lagi di masa mendatang.
    Sukses selalu untuk bapak. Maafkan apabila ada kesalahan kata, pak.

    Suka

  52. Nama : Asih Triandini
    Kelas : XI IA-2
    alamat blog http://asihtriandini.wordpress.com/

    Tidak terasa 1 semester sudah saya dan teman-teman VoLd diajar oleh Pak Rudy. Awalnya pelajaran fisika menurut saya sangat sulit, apalagi ada banyak rumus yang harus di hafal dan di pahami. Namun, setelah di ajar oleh Pak Rudy, pemikiran saya tentang fisika sedikit berubah, ternyata pelajaran fisika sangat menyenangkan. Saat mengajar Pak Rudy tidak lupa menghibur murid-muridnya dengan candaan yang membuat kami semua tertawa terbahak-bahak. Pak Rudy juga tidak lupa memberi motivasi kepada muridnya untuk belajar lebih giat agar dapat hasil yang memuaskan. Dan satu hal yang saya kagumi dari Pak Rudy adlah Pak Rudy selalu datang pagi(tepat waktu) dan itu membuat saya bersemangat untuk datang lebih pagi. Itulah kesan saya selama diajar pak Rudy 1 semester ini, sukses buat pak Rudy dan fisikarudy.com
    Mohon bimbingan Bapak untuk semester ke-2 nanti.

    Suka

  53. Nama : Dewita Fitri
    Alamat Blog : http://achienkchan34.wordpress.com/

    Konbanwa.
    Gak terasa udah 1 semester bersama VoLDian, dan Pak Rudy.
    Fisika, salah satu mata pelajaran yg β€˜bertaring’ dapat terlihat β€˜tersenyum’ saat Bapak ajarkan, dengan pembawaan yg SerSan.
    Belajar Fisika tidak terasa membosankan, Bapak sering memberikan tugas dalam bentuk percobaan-percobaan Fisika yg menyenangkan. Disaat tegang, Bapak selalu dpt mencairkan suasana dgn joke yg up-2-date. πŸ˜€

    Arigatou gozaimasu Sensei, saya akan selalu ingat dan tidak akan melupakan Bapak. πŸ™‚
    Maju terus FisikaRudy. ^^

    Suka

  54. Nama : Siska Yulianita
    Kelas : XI-IA 2, VoLd (Vriendschap of La Dossci)
    Alamat blog : http://siskauche.wordpress.com/

    Fisika memang termasuk mata pelajaran yang mumet. Akan tetapi belajar fisika dengan pak rudy merubah pandangan banyak siswa. Banyak siswa/i yang dulunya enggan terlalu berkutat dengan fisika, sekarang habis-habisan belajar dan mengejar target mendapat nilai indah.
    Menjadi siswa bapak adalah keuntungan dan pengalaman bagi saya karena bisa mengenal dan diajar oleh bapak. Tidak semua guru seperti bapak. You are so special, sir.
    Siswa banyak yang terpacu setelah mendengar motivasi, kata-kata, dan nasihat bapak.
    Dalam ketegangan bapak bisa menyelipkan humor untuk mencairkan suasana.
    Bahkan fisika lebih menyenangkan jika bapak yang mengajar. Anda berbaur dengan kami para siswa. Pak Rudy adalah motivator bagi kami. Saya sangat menyenangi sifat bapak yang santai dan tegas.
    Bapak seorang leader, tentu saja anda panutan kami semua pak.
    Pak Rudy kreatif dalam pemberian tugas, tugas yang kami kerjakan juga tidak membosankan dan membuat kami paham akan materi yang sedang kami geluti.
    terima kasih pak πŸ™‚

    Suka

  55. Nama : Sulasmi Atlindawati
    Kelas : XI-IA 2 (VoLD)
    Alamat blog saya : http://sulasmii.wordpress.com/

    Fisika…wah ilmu yang unik yah bagi saya susah juga. Tetapi pak Rudy membuat belajarnya tidak bosan, selalu ada kejutan2 dan siraman motivasinya *saya pun termotivasi pak πŸ˜€ di setiap pertemuannya. Semoga fisika kedepannya meluncurkan ilmuan-ilmuan hebat dan yang pasti digemari pelajar :D. Motivasi-motivasi dari bapak mendorong kami agar tidak cepat puas dengan hasil yang sudah didapat. Tidak terasa 1 semester terlewatkan, semoga di semester 2 nanti tidak kalah berwarna , terimasih pak Rudy πŸ˜€

    Suka

  56. Nama : Trithalia Utami Anditia
    Alamat Blog : tiautamianditia.wordpress.com

    Kesan pertama saat pertama kali masuk, tegang . Tapi setelah seiring berjalannya waktu ternyata pelajaran Fisika untuk kelas XI ini sering diselingi dengan humor dan tentunya humor yang terselip pesan – pesan moral dan motivasi. Sehingga, tumbuh semangat untuk bisa melakukan sesuatu yang terbaik untuk memperbaiki kesalahan – kesalahan di beberapa hari yang lalu. Motivasi terbesar adalah mampu masuk ke perguruan tinggi negeri dengan ditunjang beasiswa. Walaupun tidak dapat dipungkiri rasa malas kembali menggelitik mencoba mengusik semangat tersebut.
    Banyak sekali formula – formula yang bisa diirit / dihemat untuk diingat karena banyak cara – cara praktis dalam mengerjakan soal – soal yang diberikan. Saat ada tugas untuk membuat roket angin, rasanya tidak menyangka bahwa kami bisa membuat sebuah roket yang mampu terbang membahana di udara. Walaupun belum bisa terbang secara maksimal.
    Dan ada tes bermain game yang berhubungan dengan materi Usaha dan Energi. Sedikit kecil hati pada awalnya, saat mengetahui kali itu tes dalam bermain game. Khusus pribadi saya, saya kurang mahir dalam bermain game. Apalagi game yang mengutamakan tak –tik untuk membangun sebuah kota dengan 150 langkah yang termasuk di dalamnya mengatur kota agar daya tetap cukup namun tak mengesampingkan lingkungan ( environment ). Yah, mungkin mottonya β€œ langkah sedikit, daya dan lingkungan terjaga,populasi nambah β€œ. Akhirnya bisa juga nimbus angka Β± 90 / A. Padahal awalnya nyampe populasi 1 jt aja sudah kaya mimpi. Puji Tuhan. Pokoknya banyak informasi dan hal2 baru yg bisa diketahui.

    Suka

  57. Nama : Debrila Chriswatina
    Kelas : XI IA 2 (Vriendschap Of La Dossci)
    Blog : http://satoichihara.wordpress.com/

    Sebenarnya saya suka dengan pelajaran fisika. Waktu smp juga nilai saya lumayan bagus lah untuk pelajaran ini (tp, ga tahu juga fisika kelas 11, hehe:P). Yaah…kesukaan seseorang tergantung siapa yang mengajar juga. Kalau gurunya tegang terus, setiap masuk tugas seabrek tanpa istirahat, penjelasan kurang…jaahh…boro-boro suka, malah jadi benci. Lain halnya jika guru tersebut dapat mengarahkan murisnya dengan baik. Walaupun banyak tugas dan ulangan yang menunggu, tapi tetap santai dan tenang, menjelaskan lengkap tapi tdk berbelit-belit. Kalo dengan guru seperti ini ‘kan jadi fresh gitu belajarnya. Untungnya, Pak Rudy mengajar di kelas 11, jadi lebih mudah mepelajari fisika yang sebenarnya sulit tapi gampang πŸ˜€ Cara mengajar yang tegang tapi santai dengan sedikit bumbu-bumbu banyolan gayus (tambunan(?)) itu yang dicari siswa kebanyakan. Tetap mengajar dan berkarya Pak Rudy πŸ˜€

    Suka

  58. Nama : Ahmad Luthfi
    Kelas : XI-IA 2, VoLd (Vriendschap of La Dossci)
    Alamat blog : http://ahmadluthfi65.wordpress.com/

    Mungkin ketika saya masih kelas X, saya kurang terlalu pntar dalam pelajaran fisika, karena apa, saya juga tidak tahu itu, mungkin banyak murid yang menjelaskan daripada gurunya waktu kelas X, emh.. waktu saya melhat pak Rudy, di benak saya terpikirkan, guru galak dan keras terhadap muridnya. tetapi ternyata setelah saya memasuki kelas XI ini, perasaan ini berubah, ketika Pak Rudy masuk ke kelas saya dengan pembawaan yang lucu dan rame. Saat belajar juga terasa enak, nyaman dan serius tapi santai. Mungkin yang membuat saya pertama kali takut adalah ketika pak Rudy marah ada kursi di depan papan tulis yang belum di rapikan, mungkin dalam benak saya ingin meletakkan , tetapi melhat bapak yang sedang marah itu, saya mengundurkan niat saya. Mungkin itu salah kami yang kurang memerhatikan kerapian. namun setelah itu, bapak senyum lagi karena kami mengerjakan soal yang ada di blog dan kami juga senang. kemampuan saya dalam mengerjakan soal fisika juga bertmbah karena penjelasan bapak yang sangat jelas ketika sedang mengajar, dan saya juga senang ketika bapak suka menguji kemampuan muridnya berulang – ulang hingga sampai bisa, itu yang paling saya suka dari bapak Rudy, terimaksih Pak atas ilmu yang telah bapak berikan kepada saya dan teman -teman saya. Karena bapak banyak memberikan ilmu yang bermanfaat kepada kami semua :-). Terimakasih Pak Rudy atas semuanya πŸ™‚

    Suka

Bagi yang merasa berkenan berkomentar, sudilah mendaftarkan diri dahulu sebagai pengguna wordpress.com

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.