About



A bene placito. Ab imo pectore. Ab ovo usque ad mala. Ab esse ad posse. Absit (malum) omen. Abusus non tollit usum. Acta est fabula. Ad astra per aspera. Adde parvum parvo, manus acervus erit. Ad impossibilia nemo tenetur. Ad Majorem Dei Gloriam. Aegroto dum anima est, spes est. Age quod agis. Amicus certus in re incerta cernitur. Amor vincit omnia. A posse ad esse non valet consequentia. A pedibus usque ad caput. Aquila non capit muscas. Audaces fortuna iuvat. Beati pauperes spiritu. Beatus, qui prodest, quibus potest. Bene diagnoscitur, bene curatur. Bene qui latuit bene vixit. Bis dat, qui cito dat. Bona diagnosis, bona curatio. Bona valetudo melior est quam maximae divitiae. Cibi condimentum est fames. Concordia civium murus urbium. Consuetudinis vis magna est. Contra vim mortis non est medicamen in hortis. Credo quia absurdum. Cuiusvis hominis est errare. Cura, ut valeas! Damnant quod non intellegunt. Docendo discimus . Dum spiro, spero. Duo cum faciunt idem, non est idem. E fructu arbor cognoscitur. Errare humanum est. Perseverare diabolicum. Et ipsa scientia potestas est.

Humouro La Concerto est. De LaPazTu (Pizza), LaPazDa (Gexida) , LaPazGa (axiaga), LaPazPat(el vosfor), LaPazMa(gammabunta), Elevasi, Radiazi, DeLamdha, Galaxiiga, Fosfaterz … ex Bonifaciodat de contra non idem. Duo circumtatum est curatio et Taulo magna visito. bene officiade por Spidero et


Di antara banyak tulisan dalam Bahasa Latin yang saya sendiri pun sudah lupa, pada tahun 2012 ini saya beserta istri (Defina, SPd, MPd) telah menyelesaikan pendidikan Magister Manajemen Pendidikan di Universitas Lambung Mangkurat dan berharap bisa membawa sekolah-sekolah di Kalimantan Tengah yang memerlukan bantuan pengelolaan manajemen dan kepemimpinan semakin meningkat dan berkembang sebagai kontribusi pengelolaan lembaga persekolahan yang bermutu dan transparantif akuntabel.
Yang penting kami lakukan adalah peningkatan mutu pengelolaan dan manajerial di sekolah tempat kami bekerja saat ini.

Peminatan pada eLearning System, Pembuatan Bahan Ajar dan Bahan Uji berbasis TIK, Manajemen, Manajerial, Kepemimpinan Sekolah, Manajemen Mutu Terpadu (TQM), pemberdayaan masyarakat sekolah, penyusunan KTSP dan perencanaan strategis serta evaluasi diri sekolah

Karir sebagai pembicara publik dimulai dari ajakan rekan sekerja di SMA Negeri-2 Palangka Raya  dan sekolah lainnya sebagai :

  1. Fasilitator lokal untuk eLearning memanfaat Learning Management System (Moodle) 
  2. Fasilitator untuk Pelatihan Dasar-dasar Manajemen menuju ISO 9001 SMAN-2 Palangka Raya
  3. Fasilitator 3 SMA pelatihan gabungan Learning Management System menggunakan Lectora (SMAN-1 Palangka Raya, SMAN-2 Palangka Raya, dan SMAN-5 Palangka Raya)
  4. Fasilitator pelatihan pembuatan Bahan Ajar berbasis presentasi di SMAN-2 Palangka Raya 
  5. Fasilitator IGI Kalimantan Tengah di bidang Penulisan Blog bagi Guru SD/SMP/SMA/SMK/MA tahun 2010-2011
  6. Fasilitator OSIS dalam bidang Kepemimpinan dan Citra Diri Pemimpin tahun 2008-2012
  7. Konsultan tidak tetap untuk Manajemen Kurikulum dan Pengembangan Strategis SMA
  8. Fasilitator pendataan sekolah melalui Paket Aplikasi Sekolah di PAS Center SMA Kota Palangka Raya
  9. Kepala Laboratorium Multimedia SMAN-2 Palangka Raya sejak tahun 2009 – sekarang
  10. Koordinator Bagian Evaluasi Pendidikan dan Supervisi SMAN-2 Palangka Raya tahun 2013
  11. CEO Klub Fisikarudy at facebook
  12. Twitter mania
bagi yang berminat untuk mengajak saya sebagai pembimbing dan mentor bidang di atas dapat menghubungi @fisikarudy (twitter) atau email rudy.hilkya@gmail.com atau hp 0811-5204-209 (line/whatsapp)

Teman Saya yang Suka Menulis

276 comments

  1. Mas, nanya donk. Aplikasi gas ideal sama aplikasi rotasi benda tegar itu buat apa? Sodara saya lagi punya tugas nih.

    Suka

  2. pak guru, saia bantuin nge-hits sejumlah satu hits saja…
    semoga lapaknya rame…
    laris…laris…lariss…!
    [tapi keknya saia akan sering bkunjung kesini, karna orang fisika juga].
    thx.

    silakan nge-hits ama nyetak gol …. 😀

    Suka

  3. salam kenal pak guru

    sukses selalu untuk bapak dan para guru Indonesia..

    btw, yang diatas itu apa artinya? 🙂 🙂

    Suka

  4. pak knpa klu sktr jam 5 ampe jam 6.30 p.m. srg offline?

    karena saya berdoa jam-jam itu di kamar mandi 😀

    Suka

  5. pak biasanya onnline jm brp?

    biasanya kalo rajin aja … dan tidak tentu tergantung koneksi internet dan koneksi ke PLN 😀

    Suka

  6. Cara ngajar pak Rudy emang beda…
    Gimana kao ditambahin bahasa latinnya…Hahahaha! Peace:/

    Suka

  7. WAH betul pak cara ngajarnya bapak berbeda tapi saya nda setuju klw menggunakan bahasa latin.macem2 deh,kita cinta indonesia..hahaha

    Suka

  8. untuk semua komen di atas, saya cuma menyalin aja bahasa latin … dan tidak semua dalam keadaan benar … ingin bisa bahasa latin kunjungi wikipedia … 😀

    Suka

  9. oh jd ya pakk…. wah kirain bapak memang tahu artinya…N_N brcnda pak..
    tp keren tuch pak pake bahasa latin…n_n…

    Suka

  10. wah cara ngajar bapak dapat dijadikan inspirasi seluruh guru di indonesia……………
    semangat pak jangan bosan ngajar kami…

    Suka

  11. Fisika punika ngèlmu ingkang nyinaoni sedaya barang ingkang wonten gandhènganipun kaliyan fénoména ngalam. Anggènipun nyinaoni nganggé pitulung ngèlmu matématika.

    Téori fisika kathah dipunnyataaken ing notasi matématis, lan matématika ingkang kagunaaken biasanipun langkung rumit tinimbang matématika ingkang kagunaaken ing bidhang ngèlmu sanèsipun. Bèntenipun fisika lan matématika inggih punika fisika wonten gandhènganipun kalih jagad matérial, menawi matématika gandhèngapipun kalih pola-pola abstrak ingkang mboten mesthi wonten gandhènganipun kalih jagad matérial. Nanging, bèntenipun punika mboten mesthi cetha. Wonten kathah wilayah penlitén ingkang gandhèngan antawisipun fisika lan matématika, inggih punika fisika matématis, ingkang ngembangaken struktur matématis kanggé téori-téori fisika.

    Istilah fisika punika saking basa Yunani: φυσικός (physikos), “alamiah”, lan φύσις (physis), “alam”. Fisikawan punika ngèlmu ingkang nyinaoni pratingkah lan sifat matéri ing bidhang ingkang kathah macemipun, saking partikel submikroskopis ingkang mbentuk sedaya matéri (fisika partikel) ngantos pratingkah matéri jagad raya ingkang dados setunggal kesatuan kosmos.

    Sapérangan sifat ingkang dipunsinaoni ing fisika punika sifat ingkang wonten ing sedaya sistem matéri ingkang ana, kados hukum kekekalan energi. Sifat kados mekaten asring kasebut hukum fisika. Fisika asring kasebut “ngèlmu wigati dhasar”, amargi sedaya ngèlmu alam sanèsipun (biologi, kimia, geologi, lan sanès-sanèsipun) nyinaoni jenis sistem matéri tartemtu ingkang manut hukum fisika. Contonipun, kimia punika ngèlmu prakawis molekul lan zat kimia ingkang dipunbentuk. Sifat setunggaling zat kimia dipuntemtokaken déning sifat molekul ingkang mbentuk, ingkang saget dipunjelasaken déning ngèlmu fisika kados mekanika kuantum, termodinamika, lan elektromagnetika.

    Suka

  12. Aduh itu BAHASA APA pAK????
    Tapii keren!!!
    Jadi kita bisa belajar bahasa asing!!!
    Keren dech Bangsa Indonesia!!!

    Suka

  13. Sumpah dech……..!
    Isi blog bapa keren abiz!!!
    Saya mau donk diajarin bwt blog yg bermanfaat kaya blog bapa!!!

    Suka

  14. Pak saya harap semoga kelas kita di smada bisa lebih baik lagi,kalo bs kita belajar pake laptop aja!!
    Supaya ga Gaptek!!!
    AMIN…….

    SEmoga sukses ya Pak!!!

    Suka

  15. Gemana caranya jadi orang sukses seperti bapak!!
    Pinter,ga GAPTEK,n yg pasi orangnya bisa serius n bs lucu abizzzzzzzz!!!

    Suka

  16. Duch Pa susah ya kalo ke warnet truz……………
    loadingnya lama banget padahal speedyyyy!!
    GOOD LUCKKK

    Suka

  17. pak…itu isi nya apa artinya ti pak…
    pakai bahasa apaan tu pak..???

    hmmm…saya kasih sejarahnya fisika jugah yach pak..??

    Suka

  18. Fisika (Bahasa Yunani: φυσικός (physikos), “alamiah”, dan φύσις (physis), “Alam”) adalah sains atau ilmu tentang alam dalam makna yang terluas. Fisika mempelajari gejala alam yang tidak hidup atau materi dalam lingkup ruang dan waktu. Fisikawan mempelajari perilaku dan sifat materi dalam bidang yang sangat beragam, mulai dari partikel submikroskopis yang membentuk segala materi (fisika partikel) hingga perilaku materi alam semesta sebagai satu kesatuan kosmos.
    Beberapa sifat yang dipelajari dalam fisika merupakan sifat yang ada dalam semua sistem materi yang ada, seperti hukum kekekalan energi. Sifat semacam ini sering disebut sebagai hukum fisika. Fisika sering disebut sebagai “ilmu paling mendasar”, karena setiap ilmu alam lainnya (biologi, kimia, geologi, dan lain-lain) mempelajari jenis sistem materi tertentu yang mematuhi hukum fisika. Misalnya, kimia adalah ilmu tentang molekul dan zat kimia yang dibentuknya. Sifat suatu zat kimia ditentukan oleh sifat molekul yang membentuknya, yang dapat dijelaskan oleh ilmu fisika seperti mekanika kuantum, termodinamika, dan elektromagnetika.
    Fisika juga berkaitan erat dengan matematika. Teori fisika banyak dinyatakan dalam notasi matematis, dan matematika yang digunakan biasanya lebih rumit daripada matematika yang digunakan dalam bidang sains lainnya. Perbedaan antara fisika dan matematika adalah: fisika berkaitan dengan pemerian dunia material, sedangkan matematika berkaitan dengan pola-pola abstrak yang tak selalu berhubungan dengan dunia material. Namun, perbedaan ini tidak selalu tampak jelas. Ada wilayah luas penelitan yang beririsan antara fisika dan matematika, yakni fisika matematis, yang mengembangkan struktur matematis bagi teori-teori fisika.

    Budaya penelitian fisika berbeda dengan ilmu lainnya karena adanya pemisahan teori dan eksperimen. Sejak abad kedua puluh, kebanyakan fisikawan perseorangan mengkhususkan diri meneliti dalam fisika teoretis atau fisika eksperimental saja, dan pada abad kedua puluh, sedikit saja yang berhasil dalam kedua bidang tersebut. Sebaliknya, hampir semua teoris dalam biologi dan kimia juga merupakan eksperimentalis yang sukses.
    Gampangnya, teoris berusaha mengembangkan teori yang dapat menjelaskan hasil eksperimen yang telah dicoba dan dapat memperkirakan hasil eksperimen yang akan datang. Sementara itu, eksperimentalis menyusun dan melaksanakan eksperimen untuk menguji perkiraan teoretis. Meskipun teori dan eksperimen dikembangkan secara terpisah, mereka saling bergantung. Kemajuan dalam fisika biasanya muncul ketika eksperimentalis membuat penemuan yang tak dapat dijelaska teori yang ada, sehingga mengharuskan dirumuskannya teori-teori baru. Tanpa eksperimen, penelitian teoretis sering berjalan ke arah yang salah; salah satu contohnya adalah teori-M, teori populer dalam fisika energi-tinggi, karena eksperimen untuk mengujinya belum pernah disusun.

    Meskipun fisika membahas beraneka ragam sistem, ada beberapa teori yang digunakan secara keseluruhan dalam fisika, bukan di satu bidang saja. Setiap teori ini diyakini benar adanya, dalam wilayah kesahihan tertentu. Contohnya, teori mekanika klasik dapat menjelaskan pergerakan benda dengan tepat, asalkan benda ini lebih besar daripada atom dan bergerak dengan kecepatan jauh lebih lambat daripada kecepatan cahaya. Teori-teori ini masih terus diteliti; contohnya, aspek mengagumkan dari mekanika klasik yang dikenal sebagai teori chaos ditemukan pada abad kedua puluh, tiga abad setelah dirumuskan oleh Isaac Newton. Namun, hanya sedikit fisikawan yang menganggap teori-teori dasar ini menyimpang. Oleh karena itu, teori-teori tersebut digunakan sebagai dasar penelitian menuju topik yang lebih khusus, dan semua pelaku fisika, apa pun spesialisasinya, diharapkan memahami teori-teori tersebut.

    Suka

  19. Riset dalam fisika dibagi beberapa bidang yang mempelajari aspek yang berbeda dari dunia materi. Fisika benda kondensi, diperkirakan sebagai bidang fisika terbesar, mempelajari properti benda besar, seperti benda padat dan cairan yang kita temui setiap hari, yang berasal dari properti dan interaksi mutual dari atom. Bidang Fisika atomik, molekul, dan optik berhadapan dengan individual atom dan molekul, dan cara mereka menyerap dan mengeluarkan cahaya. Bidang Fisika partikel, juga dikenal sebagai “Fisika energi-tinggi”, mempelajari properti partikel super kecil yang jauh lebih kecil dari atom, termasuk partikel dasar yang membentuk benda lainnya. Terakhir, bidang Astrofisika menerapkan hukum fisika untuk menjelaskan fenomena astronomi, berkisar dari matahari dan objek lainnya dalam tata surya ke jagad raya secara keseluruhan

    Sejak jaman purbakala, orang telah mencoba untuk mengerti sifat dari benda: mengapa objek yang tidak ditopang jatuh ke tanah, mengapa material yang berbeda memiliki properti yang berbeda, dan seterusnya. Lainnya adalah sifat dari jagad raya, seperti bentuk Bumi dan sifat dari objek celestial seperti Matahari dan Bulan.
    Beberapa teori diusulkan dan banyak yang salah. Teori tersebut banyak tergantung dari istilah filosofi, dan tidak pernah dipastikan oleh eksperimen sistematik seperti yang populer sekarang ini. Ada pengecualian dan anakronisme: contohnya, pemikir Yunani Archimedes menurunkan banyak deskripsi kuantitatif yang benar dari mekanik dan hidrostatik.
    Pada awal abad 17, Galileo membuka penggunaan eksperimen untuk memastikan kebenaran teori fisika, yang merupakan kunci dari metode sains. Galileo memformulasikan dan berhasil mengetes beberapa hasil dari dinamika mekanik, terutama Hukum Inert. Pada 1687, Isaac Newton menerbitkan Filosofi Natural Prinsip Matematika, memberikan penjelasan yang jelas dan teori fisika yang sukses: Hukum gerak Newton, yang merupakan sumber dari mekanika klasik; dan Hukum Gravitasi Newton, yang menjelaskan gaya dasar gravitasi. Kedua teori ini cocok dalam eksperimen. Prinsipia juga memasukan beberapa teori dalam dinamika fluid. Mekanika klasik dikembangkan besar-besaran oleh Joseph-Louis de Lagrange, William Rowan Hamilton, dan lainnya, yang menciptakan formula, prinsip, dan hasil baru. Hukum Gravitas memulai bidang astrofisika, yang menggambarkan fenomena astronomi menggunakan teori fisika.
    Dari sejak abad 18 dan seterusnya, termodinamika dikembangkan oleh Robert Boyle, Thomas Young, dan banyak lainnya. Pada 1733, Daniel Bernoulli menggunakan argumen statistika dalam mekanika klasik untuk menurunkan hasil termodinamika, memulai bidang mekanika statistik. Pada 1798, Benjamin Thompson mempertunjukkan konversi kerja mekanika ke dalam panas, dan pada 1847 James Joule menyatakan hukum konservasi energi, dalam bentuk panasa juga dalam energi mekanika.
    Sifat listrik dan magnetisme dipelajari oleh Michael Faraday, George Ohm, dan lainnya. Pada 1855, James Clerk Maxwell menyatukan kedua fenomena menjadi satu teori elektromagnetisme, dijelaskan oleh persamaan Maxwell. Perkiraan dari teori ini adalah cahaya adalah gelombang elektromagnetik.

    Riset fisika mengalami kemajuan konstan dalam banyak bidang, dan masih akan tetap begitu jauh di masa depan.
    Dalam fisika benda kondensi, masalah teoritis tak terpecahkan terbesar adalah penjelasan superkonduktivitas suhu-tinggi. Banyak usaha dilakukan untuk membuat spintronik dan komputer kuantum bekerja.
    Dalam fisika partikel, potongan pertama dari bukti eksperimen untuk fisika di luar Model Standar telah mulai menghasilkan. Yang paling terkenal adalah penunjukan bahwa neutrino memiliki massa bukan-nol. Hasil eksperimen ini nampaknya telah menyelesaikan masalah solar neutrino yang telah berdiri-lama dalam fisika matahari. Fisika neutrino besar merupakan area riset eksperimen dan teori yang aktif. Dalam beberapa tahun ke depan, pemercepat partikel akan mulai meneliti skala energi dalam jangkauan TeV, yang di mana para eksperimentalis berharap untuk menemukan bukti untuk Higgs boson dan partikel supersimetri.
    Para teori juga mencoba untuk menyatikan mekanika kuantum dan relativitas umum menjadi satu teori gravitasi kuantum, sebuah program yang telah berjalan selama setengah abad, dan masih belum menghasilkan buah. Kandidat atas berikutnya adalah Teori-M, teori superstring, dan gravitasi kuantum loop.
    Banyak fenomena astronomikal dan kosmologikal belum dijelaskan secara memuaskan, termasuk keberadaan sinar kosmik energi ultra-tinggi, asimetri baryon, pemercepatan alam semesta dan percepatan putaran anomali galaksi.

    Suka

  20. Die Physik (griechisch φυσική, physike „die Natürliche“) ist die grundlegende Naturwissenschaft in dem Sinne, dass die Gesetze der Physik alle Systeme der Natur beschreiben.

    Die Arbeitsweise der Physik besteht im Allgemeinem in einem Zusammenspiel experimenteller Methoden und theoretischer Modellbildung, welche weitgehend Konzepte der Mathematik verwendet. Physikalische Theorien bewähren sich in der Anwendbarkeit auf Systeme der Natur, indem sie bei Kenntnis von Anfangszuständen derselben möglichst genaue Vorhersagen über resultierende Endzustände erlauben. Physikalische Fortschritte bestehen in der Bereitstellung von Theorien und Hilfsmitteln, die auf zusätzliche Systeme anwendbar sind, genauere Beschreibungen ermöglichen, eine Vereinfachung des theoretischen Apparats erlauben oder praktische Anwendungen ermöglichen und erleichtern.

    Alle naturwissenschaftlich erforschbaren Prozesse beruhen auf physikalischen Prozessen. In unterschiedlichem Maße sind neben den übrigen Naturwissenschaften auch angewandte Wissenschaften wie die Medizin oder Gebiete der Ingenieurswissenschaft bzw. Technik von der Physik abhängig. Die Rekonstruktion der Arbeitsweise der Physik ist ein Gegenstand der Wissenschaftstheorie; Analysen über die Aussagereichweite naturwissenschaftlicher Erkenntnis im Allgemeinen diskutiert die sich mit ersterer überschneidende Epistemologie, die Interpretation physikalischer Theorien hinsichtlich ihrer Einengung möglicher Strukturbeschreibungen der Realität ist Gegenstand der modernen Naturphilosophie als Teilgebiet der Ontologie.

    arti fisika in Deutsch

    Suka

  21. Wowwwwwww……Trnyata itu bhaasa Latin ya……
    Saya kira bahsa apa!!!
    Tapi keren….T.O.P abizz
    Baha Jerman lumayan mudah kok Pak…..
    Coba di blog bapa ada Bahas Jermannya…..
    Lebih keren tuch….

    Suka

  22. Jadilah yg terbail PAK!!!
    Salurkan ilmu bapak ke guru2 lainnya……
    Jika ada usaha pasti bisa……
    Saya bantu dengan doa….
    Mari kita majukan SMADA

    Suka

  23. pakkk…

    mnurut saya,alangkah baiknya ditulis dgan bahsa indonesia..???

    jdi saya bsa paham n mgerti…hhaahaaa

    saya kan cman bsa pke bahasa indonesia,inggris,truz bahasa hewan n tumbuhan…haahaaaa

    Suka

  24. untuk semuanya, please be careful dengan apa yang tidak terlihat, karena yang terlihat itu sementara sementara yang tidak terlihat itu kekal dan … ?
    tau akh kelanjutannya …. about me in Latin

    Suka

  25. bahasa apa kah yg ada diatas???
    ternyata MR.Hilkya emang bisa berbagai bahasa

    (atw minta translet kan ama org lain,, tpi kayaknya nggk mungkin deh)

    Suka

  26. dalam pelajaran fisika terdapat rumus-rumus yang dapat diturunkan, hal itu dapat menginspirasi kita kalau dalam memcahkan masalah terdapat banyak solusi

    Suka

  27. Bahasa Latin ? Bahasa Ilmuan dong…..

    Walaupun bahasa no. 1 adalah bahasa inggris dan no. 2 bahsa Prancis namun tetep bahasa latin eksis menjadi alat komunikasi maupun nama-nama aturan ilmiah internasional.

    Suka

  28. Bisa dong Pak Rudy memperkenalkan kami bahasa Latin sedikti demi sedikit saat prose belajar berlangsung.

    Suka

  29. SELAMAT HUT RI KE 63 semoga saya dapat terus berusaha melepaskan diri dari penjajahan.

    Penjajahan kebodohan yang menipa saya semoga sedikit-demi sedikit namun pasti bisa memudar.

    AMIEEEEN……………………….

    Suka

  30. Bahasa jua merupakan bagian dari Sumpah Pemuda.
    (loh, kok jadi ngomongin masalah bahasa'”wong saya bukan ahli bahasa-weleh-weleh)

    TRIMAKASIH PAK…..

    Suka

  31. bahasa apa ntu pak?….

    oiy, saya uda gnti username niy pa…
    ankatin nilai saya y pak…..:)

    Suka

  32. pa….
    cheya is comink!!!!
    koment pertama saia ne..>.<

    about ny itu pke bhs ap to pa???
    artinya ap pa??
    tag ngerti saia….

    jgn lp mmpir k blog saia yg msih sepi sprti rmh tag berpenghunii y…. hu8x
    http://cheya666.wordpress.com

    kcian dueee gw!!!!!!!!!!!!!

    Suka

  33. Pak, segala pembaharuan belajar ala Herr Rudy Hilkya sangat kami banggakan dan senangi tentunya. Banyak hal baru yang kreatif dan inovatif.

    Suka

  34. pak,gmn klau slah stu hlman blog Bapak ada vrsi bhsa Inggris???? skalian bljar fisika dgn cra baru Pak

    Suka

  35. aduh2 pak,apaan tu pa artinya..tpi mslx dikelas pake bhsa kya gtu asyikjuga ga..pasti suasan akan tmbah seru cz pda nyari artix dikamus..

    just kidding pak..

    Suka

  36. pak bapak bener-bener hitek,
    kalo bapak ngajar dengan teknologi dan bahasa seperti di atas mungkin kami memang perlu bawa kamussss,,,,,

    Suka

  37. Bapak memang hebat sudah menggunakan bahasa yang gak kami ngerti sama sekali tp,
    Bapak benar-benar membuat saya melakukan sesuatu yang sebelumnya tidak pernah saya lakukan.
    Sekarang jadi ada kerjaan bwt nongkrongin Blog bapa dan Ngedesain blokQ!
    Terimakasih pak………..

    Salut…. 4 U

    Suka

  38. bahasa yg bikin bingung nih…
    tapi membuat saya penasaran ap arti sebenarnya, apakah ada hal yg tersembunyi dibalik menggunakan bahasa itu?? 😉

    Suka

  39. saya yakin fisika itu sebenarnya mengasyikkan…
    mungkin karena kita menganggapnya sulit, jadi sulit melulu deh…
    anggap lah bila mengahadapi sesuatu itu secara enteng dulu…

    Suka

  40. bahasa yang membuat GAMMABUNTA kebingungan…

    gammabunta akan mencari apa arti sebenarnya

    Untung tidak Gamma Buta !

    Suka

  41. Saya suka dengan cara mengajar Bapa yang banyak memakai contoh soal dalam menjelaskan. dengan begitu saya menjadi lebih mengerti…
    Sukses terus pa’…
    Tuhan Yesus memberkati…

    Suka

  42. coba di kelas ada yang pake bahasa asing seperti deutsch, italiano, french, atao kalo perlu bahasa tubuh, bahasa bibir, bahasa monyet, bahasa kucing, ayam, de el el

    JK! 🙂

    Suka

  43. Pak saia nggak ngerti bahasa latin. ribet banget.

    bisa dong bapak ngajarin kami jewu2
    Just Kidding lagi!

    Suka

  44. sya ga mengerti tulisan bapak yang ada diatas, mungkin ttg fisika yang pak, bagus juga fisika menggunakan bahasa latin selain pelajaran biologi yang sangat kental bahsa latinnya seperti nama tumbuhan dan hewan, untuk pelajaran fisika ini saya tidak pernah tahu apakah ada istilah – istilah latin dalam pembahsannya, mungkin dari tulisan yang ada di atas merupakan terobosan baru dalam penggunaan variasi bahasa untuk suatu mata pelajran.

    saya sendiri yang menulisi pun sebenarnya belum fahamisme niy sama latino ….

    Suka

  45. wah,,bhasa latin nigh. . . .
    keren. . . .
    saiia ajh gag ngerti bacany gmna,aplgi artiny. . . .
    hheehehehehe:)
    pdhal saia pnasarand apkh artiny kata2 tsb?
    trendsetter bru ala pak Rudy gt loh. ..
    hihihihi:D

    belajar dengan Bapak Rudy adalah belajar trend, bukan kemunduran tapi terlalu maju pada masanya 😀

    Suka

  46. Tak akan pernah bisa jika tak dicoba.
    Wah, perlukah saya mencoba bahasa para Ilmuan sedangkan tak banyak berilmu.

    Suka

  47. wah “about” di atas itu bahasa latin y pak ???

    dimana pak bisa mendapatkan bahasa latin itu…..

    Suka

  48. wah pak abaut diatas saya gak ngerti artinya pak
    bahasa latin ya pak?
    bapak emang hebat bisa pakai bahasa latin segala
    emang bapak yang paling top deh

    Suka

  49. Ada tiga guru yg menurut saya Paling TOP di SMADA…
    Yang pertama Pak Nyoman karen Pak Nyoman Tuch…pinter bahAsa Latin..apAlagi kalo bahasA Latin Flora dan Fauna..jago banget……….
    Yang kedua Bu Raya…Beliau sangat keibuan ..jadi enak dech dekat ibunya..selain itu beliau tegas…
    Dan…yang ketiga Pak Rudy…….karena bapak tuch bisa semua hal..Fisika OKe….TIK oke…..English oke…….

    Suka

  50. Pa saya saranin bapa ambil S2 Pa…saya rasa bapak mampu..
    Jangan sia2kan kesempatan Pak……..
    Saya dukung bapa…
    Saya juga bangga kalo bapa beerhasil……………

    Suka

  51. sEMUA lengkap Pa di blog bapa…
    Saya akan berusaha bwt blog sebagus punya bapak….
    Doakan ya Pak……………

    Suka

  52. wah2 gak salah nie Pak Rudy jadi guru. otaknya emang top cer banget……
    beruntunglah beberapa kelas yg diajar oleh bpk……………

    Suka

  53. Pak!
    Fisika itu mudah ga sih? Pak Rudy kalau ngajar kami sungguh luar biasa”
    mungkin masih ada sebagian guru yang mengajar dengan membaca buku_bapak emang beda:sungguh luar biasa_

    Suka

  54. Kapan ya smada jadi sekolah nasional, la wong ada guru fisika yang uda standar nasional
    ???
    ???

    Suka

  55. Pa’
    sebagai fisikawan muda di smada tolong jangan bosan mengajar saya yang tak bisa ini.

    Suka

  56. Guten tag Herr Fisikawan muda,,,

    belajar sm bapak itu tak membosankan_rame, serius_dan ngerti!

    Walaupun kami tak bs memberi penghargaan pada bapak_tapi apresiasi kami tetap akan berlanjut.

    Suka

  57. Bapak memang patut disejajarkan dengan ilmuan2 fisika….Dapat dilihat pula realitanya di ruang B1

    Suka

  58. Mungkin hanya ada beberapa blog saja yang memiliki bibit, bebet, dan bobot seperti kepunyaan bapak ini.

    Suka

  59. wuizz pak..

    bahasanya sing di mata saya pak..

    hehe,,tapi karena itu jadi saya pengen cari tahu bahasa apaan itu pak..

    makasih pak..

    good Luck..

    Suka

  60. cayoo pa’, gak cuma jago ilmu fisika, bpk juga jago merangkai bahas asing….
    yg hanya orang2 tertentu yg tahu makna dan artinya.

    hahaha kasihan saiia yg atidak tahu..
    boleh dong kasih tau.

    Suka

  61. Fisika memang menyenangkan. Apalagi gurunya juga menyenangkan. Jago latiano mamamia latiano.

    Suka

  62. Semakin buaaaanyak saja apresiasi teman-teman di blog fisikarudy ini. Semoga terus berlanjut guna menjadi referensi belajar fisika kita.

    Suka

  63. latiano is du besto,,’
    hahahahhaaaa,,kerend!!

    smoga para pembaca mngerti akan artix,,
    saiia aj gag ngerti
    hee

    Suka

  64. hmmm..

    kaga ngerti pa’..
    bapak ni hbat bnar..
    bsa banyak bahasa..

    dulu ada jurusan IPA-BAHASA kh pa’?

    Suka

  65. wah…
    bahasa yang bapak gunakan itu top abis…
    teman-teman pada ngga ngerti…
    termasuk saya…
    heheheheheehehe ^^

    Suka

  66. ngomong-ngomong… artinya apa pak ???

    artinya silakan dibaca dan silakan dipelototi … bene placito …

    Suka

  67. ternyata selain pintar dalam mengajar fisika…
    bapak juga hebat dalam berbahasa yah…
    salut buat bapak….

    Suka

  68. semoga saja…
    smada tetap jaya….
    di tambahkan guru seperti bapak…
    wah,,,,,
    jadi tambah jaya dech….

    semoga akan bertambah guru di smada yang bisa melebihi saya 😀 … juga cara mengajarnya nyambung dan menyenangkan semua pihak dan tidak mudah cemberut serta merajuk 😆

    Suka

  69. Resep ROHANI dari diri ku….
    RESEP HIDUP DAMAI SEJAHTERA…..
    1. Satu Mangkok KASIH
    2. Satu Sendok KEBAIKAN
    3. Satu Sendok kelemahlembutan
    4. Satu Gelas kemurahan Hati
    Cara membuat: Masukan semua bahan dalam kuali iman,aduk dengan kesabaran hingga merata,letakkan di ats tungku pengharapan,panaskan dengan api Roh Kudus,kipaslah dengan Doa dan Pujian,lalu sajikan dalam piala SUKACITA…dan yang terakhir hidangkan dengan Cinta Kasih utk setiap orang…….

    Suka

  70. 5 Langkah utk mengawali pagi yang indah…
    1. Turun dari tempat tidur
    2. Buka jendela
    3. Rentangkan kedua tangan
    4. Hirup udara dalam2..
    5. Lalu berkata..”Masih kepagian…Tidur lagi ah…..”

    Suka

  71. Jika kesedihan melanda hatimu….
    Hingga air mata membasahi pipimu…
    Datanglah kepadaku..
    Karena………
    Karena…………
    Aku jual tisu..
    Beli 2 gratis 1

    Suka

  72. Aku mau nanya….
    1. Mengapa uang 100 ribu jika dibawa ke rumah Tuhan begitu besar nilainya…kalo di bawa ke mall nilainya kecil aja….
    2. Kenapa kalo nonton konser pilih temapt duduk paling depan,tapi kalo ke rumah Tuhan pili empat duduk paling belakang…
    3. Kenapa kalo baca Kitab Suci ga semangat,tapi kalo baca novelsemangat Betul……

    Suka

  73. Tuhan itu baik banget..
    Dia tahu kita sedang gelisah..
    Di tau kita lagi menghadapi suatu masalah…
    Dia tau bagaimana menghibur kita..
    Dan Dia paling tahu kalo kita datang pada-Nya kalo kita lagi SEDIH aja…..

    Suka

  74. Lihatlah keluar Mentari menyambut engkau…
    Lihatlah ke langit,awan cerah menatap dirimu..
    Dan lihatlah dengan mata hatimu..Tuhan sedang sedang tersenyum padamu…..

    Suka

  75. Daftar makanan dari Presiden:
    1. Sup Kalla
    2. Mie Gawati
    3. Jus Dur
    4. Jagung Laksono
    5. Bakar Tanjung
    6. Soto Yoso….
    Tapi minumnya tetep ES BEYE…donk….. Ha..ha….

    Suka

  76. bulan puasa ini
    mari lah kita gunakan dengan sebaiknya

    karena bulan puasa adalah bulan yang istimewa dibanding dengan bulan yang lainya

    Suka

  77. Pohon bisa diterpa badai sehingga daun dan buahnya gugur,bila akar yang tak tampak tetap menompang,ia pasti tumbuh lagi.
    Kita juga seperti pohon itu…
    Jika kita jatuh…Bangkitlah lagi…….
    Karna ada Tuhan yang menolong kita………………….
    Tuhan yang tak tampak jadikan andalan……………

    Suka

  78. Orang sombong,yakin dapat hidup karena kemampuannya.
    Orang bijak,yakin dapat hidup karena kearifannya.
    Orang benar,yakin dapat hidup karena Tuhan dan iman percayanya.
    Simpan tiga hal ini di dalam hati kita……………..
    tanpa perjuangan kita tidak akan memenangkan apapun.

    Suka

  79. Kita hidup dari apa yang kita terima,hidup ini akan jadi lebih berarti hanya dari apa yang kita beri.Sebab itu lebih berbahagia memberi dari pada menerima….Apalgi di Bulan yang pEnuh berkah ini…………….

    Suka

  80. Waktu yang tepat sempurna tidak pernah ada.
    Bergeraklah sekarang dan bekerjalah dengan apa yang ada
    Hal-hal lain yang lebih baik akan ditemukan saat sudah menjalaninya

    Suka

  81. Bahagia,sengsara,sukses,gagal tidak tergantung dengan peristiwa-peristiwa yang menimpa kita,tapi tergantung bagaimana kita BEREAKSI terhadap peristiwa itu.Jangan bereaksi salah!!

    Suka

  82. Sering usaha kita tidak mencapai tujuan seperti yang diharapkan.tapi percayalah apapun hasilnya pasti lebih baik dibanding jika saudara menyerah…,jadi tetaplah berusaha.
    Tuhan tidak akan membiarkan hambanya Hidup dalam kesusahan……….
    Yakinlah akan hal itu……………….

    Suka

  83. Orang disebut SUKSES ,tidak harus karena kaya materi ;memiliki kesehatan,Persahabatan,Kebebasan,kestabilan emosi,& Kedamaian jiwa itu juga sebuah Kesuksesan.
    Itu;lah orang sukses…………………

    Suka

  84. Lebaran mau mikir2 pake baju baru yang mana….
    Udah nyiapin ketupat apa belum…..
    Udah ada minuman bersoda belum…….
    Mau bikin makanan apa aja….
    Itulah hal2 yang pada umunya dipikirkan oleh orang2……
    Padahal Lebaran seharusnya lebaran dapat kita rasakan HIkMAHnya jika kita punya suatu Tujuan Yang Tulus……..
    Yang penting ada semangat baru menyambut Hari Kemenangan…
    Bukan baju baru,makanan,dan minuman………….
    Canangkanlah ini di hatimu…………………..

    Suka

  85. kesombogan merupakan hal yang di benci semua orang, kemunafikan mendatangkan penyesalan, tapi kejujuran itulah yang dicari semua orang… karena itu pada lebaran tahun ini semoga kita semua bisa memiliki kejujuran yang sejati..amin…
    selamat lebaran dan mohon maaf lahir dan batin…

    Suka

  86. Kecerdasan IQ seseorang tak menjamin kesuksesan. Maka, kecerdasan emosi dan kecerdasan spiritual lah yang menjaminnya!

    Suka

  87. Hidup itu belajar!
    Belajar itu hidup!

    Jika dapat ku tahan bulan tuk tak berevolusi dan berotasi”

    Hingga datang dariku sebuah prestasi!

    Suka

  88. pak saya nyoba nyari artinya dari google translate dan artinya ini neh
    A bene placito. Ab imo pectore. Ab ovo usque ad mala. Ab esse ad posse. Absit (malum) omen. Abusus non tollit usum. Acta est fabula. Ad astra per aspera. Adde parvum parvo, manus acervus erit. Ad impossibilia nemo tenetur. Ad Majorem Dei Gloriam. Aegroto dum anima est, spes est. Age quod agis. Amicus certus in re incerta cernitur. Amor vincit omnia. A posse ad esse non valet consequentia. A pedibus usque ad caput. Aquila non capit muscas. Audaces fortuna iuvat. Beati pauperes spiritu. Beatus, qui prodest, quibus potest. Bene diagnoscitur, bene curatur. Bene qui latuit bene vixit. Bis dat, qui cito dat. Bona diagnosis, bona curatio. Bona valetudo melior est quam maximae divitiae. Cibi condimentum est fames. Concordia civium murus urbium. Consuetudinis vis magna est. Contra vim mortis non est medicamen in hortis. Credo quia absurdum. Cuiusvis hominis est errare. Cura, ut valeas! Damnant quod non intellegunt. Docendo discimus . Dum spiro, spero. Duo cum faciunt idem, non est idem. E fructu arbor cognoscitur. Errare humanum est. Perseverare diabolicum. Et ipsa scientia potestas est.

    Humouro La Concerto est. De LaPazTu, LaPazDa, LaPazGa, LaPazPat … ex Bonifaciodat de contra non idem. Duo circumtatum est curatio et Taulo magna visito.
    gak lengkap ya

    Suka

  89. sorry salah copy yang bener ini

    Tempat yang baik. Ab IMO pectore. Hal ini ab usque iklan Malaya. Ab mereka untuk pagar betis. Absit (malum) pertanda. Abusus tidak tollit usum. Log Est fabula. Iklan Astra per aspera. Daya parvum parvo, manus acervus erit. Untuk isi tenetur mustahil. Ad Majorem Dei Gloriam. Anima dum Aegroto timur, timur Spes. Umur Agis penjara. Amicus Certus kembali di cernitur belum pasti. Amor vincit omnia. Sebuah pagar betis mereka tidak Consequentia udara. Sebuah bis berjalan usque iklan caput. Aquila non capit Muscas. Audaces iuvat beruntung. Diberkati pauperes spiritu. Beatus, prodest di sini, utama potest. Diagnoscitur Well, baik curatur. Baik di sini latuit baik vixit. Bis dat, saya kutipan dat. Bona diagnosis, niat kuratif. Bona valetudo Melior Est quam maximae divitiae. Makanan condimentum timur Fames. Concordia civium murus urbium. Consuetudinis berhadapan Magna timur. Contra vim mortis non Est medicamen di Hortis. Saya rasa quia absurdum. Cuiusvis hominis Est kesalahan. Cura, ut Valeas! Damnant penjara tidak intellegunt. Docendo discimus. Dum bernafas, saya berharap. Duo cum faciunt idem, non Est idem. Dan fructu cognoscitur Arbor. Untuk sesat humanum est. Diabolicum bersabar. Et ipsa scientia Est potestas.

    Humor yang Concerto timur. De LaPazTu, LaPazDa, LaPazGa, LaPazPat … ex Bonifaciodat tidak kontra de idem. Duo circumtatum timur kuratif et Magna tabel kunjungi.

    Suka

  90. google translate aja gak mempan manteb banget pak

    selamat berkunjung dan berkomentar … semoga bermanfaat … 😆

    Suka

  91. Thx banget nget nget pak atas penilaiannya… ^^

    pak, wordpress nih widgetnya cuma segitu aja to pak???

    gimana cara nambahin widgetnya pak, selain yang disediakan??? ada cara laen gak pak?

    kalo ingin menambah plugin, joshi bisa mencoba blogging dengan http://www.blogsmada.com saja karena disana bisa diisi plugin yang macam-macam dan beraneka ragam, belajar dari fris cyber pasti maknyus loh 😀

    Suka

  92. Terimakasih pak, sarannya..
    ini masih belajar buat wp,
    jadi sedikit sulit unutk mengaturnya.
    dan sedang berusaha untuk ngebaikin blognya galaxiiga. n__n

    Suka

  93. Iya pak, saya udah lama ngamati blogsmada.com. Bahkan udah nyoba sendiri pak…

    ini link saya di blog smada

    http://joshua.blogsmada.com/

    Enak kok pak kalo pindah dari wordpress ke blogsmada, tinggal impor dan expor datanya aja pak, jadi gak usah nulis 2x, lagipula coment beserta kliknya juga ikut kepindah. Tapi ati2 bisa kena bug, abistu di hack orang.

    blogsmada ada kekurangan dan kelabihannya

    Kekurangannya
    1. edit tajuk terbatas
    2. hitsnya masih bisa di bug
    3. gak ada deafult cssnya kaya wordpress, jadi terkadang kalo salah edit css, anda tak akan bisa login selamanya kecuali restart Username. (Contohnya kaya blog saya di blogsmada nih lagi eror berat, gara2 salah edit css)
    4. Layanan pollsnya gak ada

    Kelebihannya
    1. CSS bisa di Upgrade tanpa harus bayar
    2. Plugin, Tema, bisa di upload tanpa harus registrasi. Dan Temanya buanyak sekali melebihi yang di sediakan di wordpress, dan memasukan tema bajakan pun bisa.
    3. CSS bisa di masukan file2 untuk live.
    4. Theme dan Pluginnya juga bisa di Instal langsung tanpa harus bayar setelah upload.
    5. Pokoknya gak terkekang kaya di wordpress deh… yang ini lebih bebas…

    Silahkan di coba….

    Pak ati2 edit css nya… salah sedikit aja susah… bisa langsung error…

    Suka

  94. Belajar (terutama belajar fisika) adalah kegiatan yang membosankan bagi sebagian murid. Cara mengatasinya, ya buatlah gaya mengajar menjadi MIFE (Modern, Interaktif, Fun, Efektif).

    Blog bapak terbukti mengaplikasikan MIFE tersebut ! Mari mendukung pendidikan Indonesia yang MIFE agar belajar semakin FUN !

    Saya link blog bapak ya ! Thx…

    bravo bung Dimas, saya sudah berkunjung ke blog anda. Saya senang akhirnya bermunculan pejuang-pejuang cyber teaching seperti anda. Saya tautkan pula blog anda yang mantap dan berbobot. Cuma saya susah berkomen nih di blog anda?

    Suka

  95. Assalamualaikum wr.wb

    Salam Fisika pak rudy….Ternyata pak rudy sudah berpengalaman dalam bidang web dan fisika….Mohon bantuannya untuk saya yg masih junior…

    Saya link blog bapak ya !

    Thx…

    terima kasih Pak atas compliament-nya, saya bukan apa-apa, kebisaan ini juga karena tidak sengaja … saya tautkan juga link anda di blog saya, kita sama-sama belajar OK

    Suka

  96. wahh… saya bersyukur bisa nyasar ke blog ini dan tertarik untuk bisa sharing dengan si empunya blog langsung. kalau boleh, saya ingin minta id ym nya.. sebelumnya saya ucapkan terima kasih. oh ya ini id ym saya dyanthie_0203.

    jika ada tombol YM silakan klik kanan kemudian klik properties … itu alamat ID YM saya 😀 … salam kenbal untuk dyantie

    Suka

  97. maap..

    ini bpak guru fisika d SMA mana d palangkaraya???

    saya perlu guru privat untuk mata plajaran vska.

    mohon blas ke e-mail saya saja.

    tksh

    Alvina sendiri ada di mana ? apa sma mana pula ?

    Suka

  98. Huh, capek geser-geser krussornya kebanyakan komentarnya, Menarik kali ya ? Salam sukses untuk anda.

    Regards, agnes sekar

    memang capek bu kalo menggeser, yang enak itu merolling 😀 pake tombol scrolling di mouse-nya 😀

    Suka

  99. wah, bagus banget pak blognya,,
    salam kenal dari falah, guru fisika, kudus, jawa tengah

    salam kenal juga pak, semoga blog ini bisa menjadi rujukan dan wadah komunikasi sesama guru fisika se-Indonesia 😀

    Suka

  100. Blog yang bagus dan bernuansa pendidikan.
    Terima kasih sudah berkunjung ke tempat saya, tapi saya kaget kehadiran kehadiran Bapak ke tempat saya malah disinyalir sebagai SPAM. Oleh karena itu saya langsung mengejar tempat Bapak.
    Bapak bisa check kembali dengan memberi komentar di tempat saya atau di tempat manapun dengan menyertakan link blog Bapak sendiri, jika langsung muncul tentunya tidak ada masalah, tetapi jika tidak muncul, sungguh sayang blog sebagus ini jika harus diidentifikasi sebagai SPAM.
    Salam Pendidikan,

    wajar saja pak dianggap SPAM, tokh karena tidak sengaja nge-PAM 😀 … terima kasih atas kunjungannya 😀

    Suka

  101. hehehe salam kenal pa,
    tentang mekanika yohanes surya memang sangat menarik pak,
    kemarin waktu seminar nasional fisika gasing di martapura oleh pak yo
    beliau menyingkap beberapa rahasia memecahkan botol dengan satu kali hantam, mematikan rokok dengan mulut dll kemudian menjelaskan dgn prinsip fisika.

    mantep pisan…

    mudah-mudahan nanti kesampaian juga ikut seminat fisika gasing 😀

    Suka

  102. Waduhhh, blognya pak Rudy yahuuuud bangets dah, lam kenal juga deh dari saya. trims 4 comment nya.
    Maklum pak, masih baru. jadi belum sebanyak karya-karya yang terdapat di blog ini. salam dari selatan Jakarta.

    mari-mari pak, terima kasih atas kunjungannya 😀 walaupun baru, anda punya kans untuk terus berkembang pak

    Suka

  103. Pak Rudy, apa kabar, ijinkan saya konsultasi lagi pak he, setelah lama tidak online.
    Saya lihat ada kelompok-kelompok siswa seperti el vosfor, gamma2, gammabutana, dll. Apakah kelompok dibagi berdasarkan kelas masing-masing?
    dan saya juga melihat blog dari masing-masing kelompok ini. Apakah Bapak yang menginstruksikan mereka untuk menyusun sebuah blog? atau mungkin bapak yang mengajarkannya? Mohon maaf jika pertayaan saya terkesan seperti mengintrogasi, hahaha… 😀

    yang tepat saya mempengaruhi saja .. dan itulah hasilnya 😀 …

    Suka

  104. Salam kenal mas Rudy ..
    Hebat blognya mas Rudy..

    Mohon ma’af mengganggu nih..saya sekalian mau mengundang Mas Rudy untuk partisipasi dalam penelitian saya yang berjudul “PENGARUH BUDAYA BELAJAR, DUKUNGAN MANAJEMEN, DAYA DUKUNG SARANA, DAN KUALITAS PEMANFA’ATAN INTERNET TERHADAP KOMPETENSI GURU” dengan mengisi angket di http://research.asepsuhendar.info/index.php?sid=49316&lang=id . Barangkali ada waktu..
    Terima kasih

    sudah saya isikan data, tapi masih menunggu konfirmasi email dari bapak tuh 😀 … saya tunggu kelanjutannya, karena saya mau berpartisipasi dalam angket ini 😀

    Suka

  105. Wah ternyat aahli fisika.. tapi kok About – bahasa apa ya? bahasa fisika juga ya pak! **sukses selalu!

    terima kasih atas kunjungannya Dear Riva … pujiannya memabukkan 😀

    Suka

  106. Salam Kenal….
    Dari guru Fisika di Jayapura – Papua

    Salam kenal juga untuk Pak Sukarno dari SMANSA Jayapura …

    Suka

  107. Inspiratif!
    Kedekatan Pak Rudy dgn para siswa, sungguh luar biasa.
    Terimakasih telah memberi bekal jika kelak saya menjadi guru fisika,
    soalnya status saya masih jadi mahasiswa jurusan pendidikan fisika.

    Semoga Pak Rudy dapat bertandang di blog saya yg sederhana
    http://ayip7miftah.wordpress.com atau via microblog twitter: @ayip7miftah

    ::Salam kenal

    Salam Kenal Mas Ayip Miftah 😀 semoga kelak menjadi Guru Fisika yang juga digemari 😀

    Suka

  108. Wuih gokil pak foto2nya, dan seperti inilah guru yang berkualitas dengan berbekal pengetahuan dan berkreatif dan selalu inovatif, membuat siswa yang diajarnya menjadi selealu di ‘refresh’ setiap kali bertemu 😉

    Suka

  109. “Hah?!” itu kata pertama yg saya lontarkan saat melihat laman ini, karena yg muncul tulisan yg saya tidak mengerti *bahasa latin* ditambah foto narsis bapak, semakin terkejut. hehehe 🙂 *peace*

    Suka

Bagi yang merasa berkenan berkomentar, sudilah mendaftarkan diri dahulu sebagai pengguna wordpress.com

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.