SADURAN : STRUKTUR KURIKULUM MERDEKA

Struktur kurikulum Merdeka yang menjadi bahan pembicaraan insan pendidikan tahun-tahun ini harus disosialisasikan dan diimplementasikan dengan berbagai sudut pandang sinergetik

Struktur Kurikulum Merdeka SMA atau MA sama seperti PAUD, SD/MI, dan SMP,/MTs telah diatur oleh SK Mendikbudristek No. 56 Tahun 2022 tentang pedoman penerapan kurikulum dalam rangka pemulihan pembelajaran.

Jenjang SMA terbagi menjadi 2 fase yaitu fase E (kelas X) dan Fase F (XI dan XII. Begitupun struktur kurikulum SMA terbagi dua juga, yaitu:

  • Alokasi beban Kelas X
  • Alokasi beban kelas XI dan XII

Sumber Bahan :

berdasar surat keputusan Mendikbudristek No. 56 Tahun 2022

Keterangan: 

*    Diikuti oleh peserta didik sesuai dengan agama masing-masing. ** Pembelajaran reguler tidak penuh 36 (tiga puluh enam) minggu  untuk memenuhi alokasi projek 27 (dua puluh tujuh) minggu  untuk Pendidikan Pancasila, Bahasa Inggris, serta Seni dan Prakarya. 

*** Satuan pendidikan menyediakan minimal 1 (satu) jenis seni atau  prakarya (Seni Musik, Seni Rupa, Seni Teater, Seni Tari, dan/atau  Prakarya dan Kewirausahaan). Peserta didik memilih 1 (satu) jenis  seni atau prakarya (Seni Musik, Seni Rupa, Seni Teater, Seni Tari,  atau Prakarya dan Kewirausahaan). 

**** Paling banyak 2 (dua) JP per minggu atau 72 (tujuh puluh dua)  JP per tahun. 

***** Total JP tidak termasuk mata pelajaran Muatan Lokal dan/atau  mata pelajaran tambahan yang diselenggarakan oleh satuan  pendidikan. 

Mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Ilmu Pengetahuan  Sosial di kelas X SMA/MA tidak dipisahkan menjadi mata  pelajaran yang lebih spesifik. Namun demikian, satuan  pendidikan dapat menentukan bagaimana muatan pelajaran  diorganisasi. Pengorganisasian pembelajaran Ilmu Pengetahuan  Alam dan Ilmu Pengetahuan Sosial dapat dilakukan melalui  beberapa pendekatan sebagai berikut: 

a. mengajarkan muatan Ilmu Pengetahuan Alam atau Ilmu  Pengetahuan Sosial secara terintegrasi; 

b. mengajarkan muatan Ilmu Pengetahuan Alam atau Ilmu  Pengetahuan Sosial secara bergantian dalam blok waktu  yang terpisah; atau 

c. mengajarkan muatan Ilmu Pengetahuan Alam atau Ilmu  Pengetahuan Sosial secara paralel, dengan JP terpisah  seperti mata pelajaran yang berbeda-beda, diikuti dengan  unit pembelajaran inkuiri yang mengintegrasikan muatan-muatan pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam atau Ilmu  Pengetahuan Sosial tersebut.  

Fase F untuk kelas XI dan kelas XII, struktur mata pelajaran  dibagi menjadi 5 (lima) kelompok utama, yaitu:  

a. kelompok mata pelajaran umum  

Setiap SMA/MA wajib membuka atau mengajarkan seluruh  mata pelajaran dalam kelompok ini dan wajib diikuti oleh  semua peserta didik SMA/MA. 

b. kelompok mata pelajaran Matematika dan Ilmu Pengetahuan  Alam (MIPA) 

Setiap SMA/MA wajib menyediakan paling sedikit 3 (tiga)  mata pelajaran dalam kelompok ini.  

c. kelompok mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Setiap SMA/MA wajib menyediakan paling sedikit 3 (tiga)  mata pelajaran dalam kelompok ini. 

d. kelompok mata pelajaran Bahasa dan Budaya Kelompok mata pelajaran ini dibuka sesuai dengan sumber  daya yang tersedia di SMA/MA. 

e. kelompok mata pelajaran Vokasi dan Prakarya Kelompok mata pelajaran Vokasi dan Prakarya dibuka sesuai  dengan sumber daya yang tersedia di SMA/MA. 

Struktur Kelas XI SMA/MA

Keterangan: 
* Diikuti oleh peserta didik sesuai dengan agama masing-masing. 
** Pembelajaran reguler kelas XI tidak penuh 36 (tiga puluh enam)  minggu untuk memenuhi alokasi projek 27 (dua puluh tujuh)   minggu untuk Pendidikan Pancasila, Bahasa Inggris, Seni, dan  Sejarah
*** Satuan pendidikan menyediakan minimal 1 (satu) jenis seni  (Seni Musik, Seni Rupa, Seni Teater, dan/atau Seni Tari).   Peserta didik memilih 1 (satu) jenis seni (Seni Musik, Seni   Rupa, Seni Teater, atau Seni Tari). 
**** Alokasi masing-masing mata pelajaran pilihan (selain mata  pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan) yaitu 5 (lima) JP per  minggu atau 180 (seratus delapan puluh) JP per tahun.   ***** Paling banyak 2 (dua) JP per minggu atau 72 (tujuh puluh dua)  JP per tahun. 
****** Total Jam Pelajaran tidak termasuk mata pelajaran Muatan Lokal  dan/atau mata pelajaran tambahan yang diselenggarakan oleh   satuan pendidikan. 

Keterangan: 
* Diikuti oleh peserta didik sesuai dengan agama masing-masing.
** Pembelajaran reguler kelas XII tidak penuh 32 (tiga puluh dua)  minggu, untuk memenuhi alokasi projek (24 (dua puluh empat)  minggu untuk Pendidikan Pancasila, Bahasa Inggris, Seni, dan  Sejarah). 
*** Satuan pendidikan menyediakan minimal 1 (satu) jenis seni  dan budaya (Seni Musik, Seni Rupa, Seni Teater, dan/atau Seni  Tari). Peserta didik memilih 1 (satu) jenis seni dan budaya (Seni  Musik, Seni Rupa, Seni Teater, atau Seni Tari). 
**** Alokasi masing-masing mata pelajaran pilihan (selain mata  pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan) yaitu 5 (lima) JP per minggu atau 180 (seratus delapan puluh) JP per tahun.   ***** Paling banyak 2 (dua) JP per minggu atau 64 (enam puluh  empat) JP per tahun. 
****** Total JP tidak termasuk mata pelajaran Muatan Lokal  dan/atau mata pelajaran tambahan yang diselenggarakan oleh  satuan pendidikan. 

Satuan pendidikan wajib membuka kelompok mata pelajaran  umum serta sekurang-kurangnya 3 (tiga) kelompok mata  pelajaran pilihan. Setiap peserta didik wajib mengikuti
a. seluruh mata pelajaran dalam kelompok mata pelajaran  umum; dan 
b. memilih 4 (empat) sampai dengan 5 (lima) mata pelajaran  dari minimal dua kelompok mata pelajaran pilihan  (maksimal mata pelajaran pilihan yang diambil dari 1 (satu) kelompok mata pelajaran pilihan adalah 3 (tiga) mata  pelajaran),  disesuaikan dengan minat, bakat, dan aspirasi peserta didik. 
Muatan pelajaran kepercayaan untuk penghayat kepercayaan  terhadap Tuhan Yang Maha Esa dilaksanakan sesuai dengan  ketentuan peraturan perundang-undangan yang mengatur  mengenai layanan pendidikan kepercayaan terhadap Tuhan Yang  Maha Esa.
Satuan pendidikan penyelenggara pendidikan inklusif di SMA/MA  menyediakan layanan program kebutuhan khusus sesuai kondisi  peserta didik. 

Terima kasih kepada https://kurikulummerdeka.com/struktur-kurikulum-merdeka-sma-tanpa-ada-jurusan-dan-peminatan/ yang telah memberikan bahan-bahan diskusi dan wawasan seperti ini.

Bagi yang merasa berkenan berkomentar, sudilah mendaftarkan diri dahulu sebagai pengguna wordpress.com

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.