RUTINITAS PESERTA DIDIK

Kegiatan hari-hari merupakan bahagian dari pembiasaan dan pembudayaan kegiatan persekolahan, sekalipun sudah SMA atau tingkatan sekolah bagian atas. Kebiasaan berangkat pagi atau rutinitas pagi merupakan suatu budaya yang harus dibiasakan kepada setiap peserta didik SMAN 2 Palangka Raya. Ketiadaan rutinitas ini membawa dampak yang sangat signifikan pada kehidupan pribadi peserta didik.

Ada persiapan-persiapan yang dibangun dalam diri peserta didik untuk disiplin, rajin, tekun, tidak mudah menyerah, semangat berjuang, menetapkan arah prioritas dan kebersamaan. Siswa-siswa yang hadir tidak rutin ke sekolah membawa dampak buruk bagi dirinya dan juga bagi teman-temannya. Maka tidak heran jika ada siswa yang membolos atau melakukan hal-hal yang tidak terpuji, itu terjadi karena mereka atau kelompoknya tidak memahami rutinitas ini. Suatu kegiatan yang nanti akan mendera dan ia lakukan setelah lulus sekolah bahkan lulus kuliah apalagi melaksanakan aktivitas sehari-harinya.

Kebiasaan-kebiasaan baik bangun pagi, melaksanakan pekerjaan dengan tertib akan membawa etos kerja yang baik dan prestasi yang meningkat.

Sebenarnya tidak hanya peserta didik saja tekad dan semangat ini, tetapi juga bagi Bapak Ibu Guru apalagi Bapak Ibu yang mendapatkan tugas tambahan bahkan sampai menjadi Pemimpin Komunitas Belajar. Merupakan hal yang tabu atau kurang elegan apabila Pemimpinnya tidak rutin mengadakan hal-hal praktik baik yang menjadi panutan dan tauladan kepada semua anggota yang dipimpinnya dalam institusi dimana dirinya menjadi Kepala Lembaga. Hal-hal yang rutin baik dilakukan sesuai tingkatan pekerjaan yakni mengawasi, merencanakan, mengevaluasi, dan melakukan pertama sebagai contoh. Jika gagal tindakan maka secara rutin melakukan perbaikan, ajak kerjasama yang membangun semua pihak.

Sama halnya dengan peserta didik, mereka tidak akan dapat berkolaborasi dengan baik jika dari pemimpinnya saja belum menunjukkan kolaborasi yang efektif efisien dan terukur dengan baik. Kerjasama mengurangi rasa kecemasan.

Bagi yang merasa berkenan berkomentar, sudilah mendaftarkan diri dahulu sebagai pengguna wordpress.com

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.