PERSIAPAN ULANGAN FISIKA KELAS XI SEMESTER 4 TAHUN 2022

Berikut soal latihan kepada Kelas XI MIPA 2 sampai dengan kelas XI MIPA 6 sampai pekan depan :

  1. Prisma memiliki sudut pembias 600 dengan indeks bias 1,4. Tentukan deviasi minimum yang dapat terjadi jika prisma diletakkan di udara dan di dalam air. Indeks bias udara 1 dan indeks bias air 1,33.
  2. Kaca berlian memiliki indeks bias sebagai berikut : a) 1,72 b) 1,86 c) 2,93 d) 4,78 -> berdasarkan data tersebut tentukan sudut kritis masing-masing berlian menurut urutannya
  3. Lensa cembung memiliki kekuatan lensa sebesar 50 dioptri. Jika benda diletakkan masing-masing setengah jarak fokus dari depan lensa, seperempat jarak fokus di belakang titik fokus lensa dan tiga perempat jarak fokus di belakang jari-jari lensa cembung. Tentukan perbesaran anguler setiap jarak dimaksud.
  4. Lensa konvergen memiliki kuat lensa 10 dioptri saat berada di dalam air yang indeks biasnya 1,33. Tentukan kuat lensa tersebut jika berada di udara (indeks bias udara = 1)
  5. Kacamata baca memiliki kekuatan 100 dioptri, jika seseorang tua menggunakan kacamata tipe ini maka jarak baca normal tanpa kacamata akan berada pada jarak ….
  6. Kemampuan magnitudo anguler kaca pembesar dapat mencapai 10x perbesaran biasa saat pengamatan dilakukan dengan mata berakomodasi maksimum pada titik dekat mata normal 25 cm. Tentukan perbesaran kaca tersebut jika pengamatan dilakukan dengan mata pengamat tidak berakomodasi.

Silakan disematkan pada buku catatan masing-masing dengan lembaran penulisan yang terpisah. Berikutnya perhatingan posting-posting yang berkaitan dengan Evaluasi Akhir Semester 4 yang telah diterbitkan pada bulan April dan Mei 2022 di blog ini.

Selamat berselancar.

Photo by Mikhail Nilov on Pexels.com

Bagi yang merasa berkenan berkomentar, sudilah mendaftarkan diri dahulu sebagai pengguna wordpress.com

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.