OPTIK PADA KELAS XI

Untuk kelas XI MIPA 7 dan seterusnya mulai pekan ini, silakan disimak soal-soal latihan sebagai berikut sebagai pengayaan dan persiapan menghadapi Penilaian Akhir Tahunan yang akan dilakukan pekan mendatang. Kita mulai dari optik geometri.

  1. Lensa konvergen memiliki kekuatan 500 dioptri, tentukan perbesaran anguler dari masing-masing benda berikut yang diletakkan sejauh setengah jarak fokus, tiga perempat jarak di belakang titik fokus lensa, dan seperempat jarak fokus di belakang jari-jari kelengkungan lensa.
  2. Prisma memiliki sudut pembias 60 derajat dan dikenai sinar datang pada salah satu permukaannya dengan sudut datang sebesar 25 derajat. Apabila indeks bias prisma senilai 1,5. Tentukan sudut deviasi saat dikenai sinar serta deviasi minimum prisma dimaksud.
  3. Kaca planparalel memiliki indeks bias 1,5 dan ketebalan 5 cm. Tentukan besar sudut kritis yang dapat dicapai kaca jika dikenai sinar.
  4. Lensa positif memiliki kekuatan lensa 40 dioptri jika berada di dalam air yang indeks biasnya 1,33. Berapakah jarak fokus lensa tersebut jika berada di udara?

Bagi yang merasa berkenan berkomentar, sudilah mendaftarkan diri dahulu sebagai pengguna wordpress.com

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.