ALAT-ALAT OPTIK (MENULIS JAWABAN ARTISTIK) ALA SISWA 2022

Gunakan soal berikut beserta jawaban yang disajikan oleh guru pengampu di kelas masing-masing kemudian salin dengan artistik di kertas buku anda dan jadikan Short WA Story yang kemudian dikumpulkan ke grup kelas masing-masing saat pelajaran tersebut berakhir pada masing-masing sesi :

  1. Seseorang memiliki titik dekat mata dalam keadaan normal 60 cm dan hanya dapat melihat paling jauh 100 cm saat mata tidak berakomodasi. Agar mengobati kelemahan ini perlu digunakan dua macam lensa sebagai kacamatanya. Tentukan kekuatan masing-masing lensa tersebut.
  2. Lensa konvergen berdiameter 300 mm digunakan sebagai kaca pembesar. Tentukan letak benda dan perbesaran bayangan jika diamati dengan mata berakomodasi maksimum.
  3. Mikroskop masing-masing memiliki lensa obyektif 1,5 mm dan lensa okuler 5 cm. Jika diamati dengan mata tidak berakomodasi (pada titik dekat mata normal 25 cm) tentukan letak benda dari lensa obyektif agar dihasilkan perbesaran optimal serta panjang tabung mikroskop saat pengamatan.
  4. Teleskop memiliki diameter lensa obyektif sebesar 100 cm dan diameter lensa okuler 10 cm. Saat diamati dengan mata berakomodasi maksimum dengan titik dekat mata normal. Tentukan perbesaran total teleskop serta panjang teleskop yang didapat saat pengamatan.
  5. Mikroskop menggunakan lensa obyektif dengan kekuatan 400 dioptri dan kekuatan lensa okuler 40 dioptri. Apabila pengamatan dilakukan dengan mata berakomodasi maksimum dan tidak berakomodasi ketika obyek diletakkan sejauh 0,26 mm dari depan lensa obyektif. Tentukan perbesaran total mikroskop dan panjang tabung mikroskop saat masing-masing pengamatan.
  6. Teleskop bumi memiliki panjang 30 cm dengan lensa obyektif memiliki kekuatan 10 dioptri. Jika lensa pembaliknya menggunakan lensa cembung dengan kekuatan 5 dioptri, tentukan panjang tabung dan perbesaran total teleskop saat diamati dengan mata tidak berakomodasi dan mata berakomodasi maksimum.

Sesuai urutan kelas besok maka kelas terakhir mengerjakan soal nomor 5 dan 6, berturut-turut 1 dan 2 untuk kelas pertama dan nomor 3 serta 4 untuk kelas sesi ke-2. Mulai pukul 07.00 sampai pukul 11.15 WIB jadwal hari Kamis, 19 Mei 2022.

Setiap soal disalin ke lembaran yang berbeda-beda.

Contoh-contoh pekerjaan artistik teman-teman kelas sebelumnya :

One comment

Bagi yang merasa berkenan berkomentar, sudilah mendaftarkan diri dahulu sebagai pengguna wordpress.com

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.