MORE PRACTICE MAKE IMPROVEMENT

Selama ini kita mendengar motto practice practice practice to make perfect, kurang lebihnya latihan demi latihan biar lihay. Sesungguhnya lihay disini sebenarnya adalah adanya perkembangan atau adanya perubahan. Benar, kita belajar dan berlatih tujuan untuk berubah menjadi semakin baik atau bahkan bisa saja semakin rusak jika salah protokolnya atau salah jurus yang dilatih sama seperti Auyang Hong si Racun Barat saat melatih cakar tulang putih dalam film Pendekar Pemanah Rajawali.

Kali ini pelajaran yang pernah saya berikan saat di Kelas XI MIPA 7 terutama pertemuan kedua hari ini, mengajarkan bahwa kita harus terlihat palsu seperti pura-pura paham tapi sebenarnya tidak tahu. Atau malu menyatakan diri kita masih belum mengerti sehingga kita melakukan tindakan palsu. Padahal sebenarnya kepalsuan yang ada ini selain untuk membuang-buang waktu yang ada juga sebenarnya time killer sambil menunggu jam pulang itu tiba, mumpung kelas ini masih menggunakan keadaan darurat masa pandemi.

Ada juga kejujuran diperlukan untuk meningkatkan kredibilitas tentang hal-hal yang belum kita ketahui atau tidak dikuasai. Hal ini juga memancing ketidaktahuan kita untuk menggali pengetahuan baru sebab bisa saja pendapat ahli itu tidak benar sepenuhnya sebelum kita melakukan riset dari berbagai jurnal penelitian atau buku-buku ilmiah. Ingin melihat bagaimana orang-orang mempertahankan status intelenjensinya dengan seru simaklah ILC di youtube. Sengaja ini tidak saya tampilkan agar anda penasaran.

Jadilah seperti anak kecil yang melaksanakan pekerjaan dengan senang atau gembira, betapa mereka sangat ingin tahu tentang sebuah kondisi atau keadaan. Mencari explanesyen terhadap suatu keadaan. Berpikir yang unik sama seperti dilakukan oleh Billy maupun Strive di tiap pertemuan di kelas masing-masing. Cuma yang saya takutkan orang-orang seperti ini akan berakhir overthinking dan akhirnya pening sendirian. Kadang menjadi Freak jika membuat kita cepat sakit tapi bisa juga sebaliknya.

Flipped mind memang diperlukan agar kita bisa melihat berbagai keadaan dari sisi yang berbeda-beda. Membuat kita bisa berpikir orisinal walaupun mungkin juga itu pernah orisinal tapi dilakukan orang yang berbeda bukan diri kita sendiri, kita tahu itu karena membaca atau pernah menonton atau pernah sekilas memikirnya dan selintas sekelebat petir Einstein atau Pascal menyambar sebagian nerve yang ada di benak kita dan oalah Eureka dalam benak kalian.

Photo by JESHOOTS.com on Pexels.com

Di dunia yang putarannya ini makin lama makin cepat rotasinya, kita mesti pandai-pandai mengelola berpikir dan rajin-rajin membaca. Semakin banyak yang anda baca maka anda akan semakin lincah dan semakin lancar dalam berbicara juga semakin lihay dalam menulis. Menulis blog salah satu latihan untuk mengembangkan cara berpikir anda yang berbeda dari yang lain. Memang kita susah untuk berbeda dari teman lainnya sebab kita akan disebut Freak.

Bagi yang merasa berkenan berkomentar, sudilah mendaftarkan diri dahulu sebagai pengguna wordpress.com

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.