JIWA BIJAKSANA

saduran bebas dari Jessica Arabella

Photo by Vivien on Pexels.com – See no Evil, Hear No Evil, Talk No Evil

Sikap bijaksana membawa keberuntungan bagi pemiliknya. Kebijaksanaan perlu dimiliki sebagai modal disukai orang lain. Karena sikap bijaknya ada yang dijadikan panutan atau idola. Sikap bijak dapat ditingkatkan melalui latihan sebagai berikut :

  1. Mengendalikan amarah
    Seorang pemenang adalah seseorang yang dapat mengendalikan amarahnya. Siapa yang dapat menaklukan seorang penguasa? hanyalah dirinya sendiri. Demikian ungkapan yang tertulis dalam kitab-kitab kebijaksanaan masa lalu dan kitab-kitab suci agama yang kita anut masing-masing. Sulit sekali seseorang yang temperamental dan otoriter seperti Hitler atau Jenghis Khan menjadi bijaksana selain menggunakan kekuatan militeris yang otoritarian. Sama seperti pimpinan yang bengis tidak dapat ditaklukan karena amarahnya. Amarah merupakan energi yang paling tinggi dan sulit dikendalikan. Energi ini jika dapat diredam dan dialihkan menjadi bentuk lain akan membuat sebuah usaha kegigihan dalam mencapai tujuan dan energi itu tidak akan pernah habis bendungannya. Jadilah diam dan bijaksanalah dengan menahan amarahmu. Keep your anger low.
  2. Jangan Egois
    Egois bermuara pada keakuan, egosentris, aku yang utama orang lain hanyalah mainan atau pengikut biasa. Ingatlah perlakuan Kevin kepada SpongeBob saat mencari sebutan titel Raja Ubur-Ubur. Orang egois tidak dapat bekerja sama karena keakuannya yang lebih mendominasi. Agar bisa bekerja sama buanglah jauh sifat ego tersebut dan jadilah orang yang mau mendengar dan beradaptasi dengan kelompok.
  3. Menerima Nasehat
    Teman terbaik ego adalah sulit menerima perubahan dari orang lain, apalagi menerima nasehat kecuali karena kepepet. Banyak orang sangat alergi terhadap kritik atau koreksi, memang benar itu. Tak seorang pun bisa menolaknya dan mudah menerimanya. Bagi seorang yang ingin mencapai kebijaksanaan seperti Sidharta Gautama atau Lao Tse serta Kong Fu Tse, maka mendengar pendapat orang lain atau nasehat orang lain akan membuat kebijaksanaan bertambah-tambah. Anggap sebagai rasa sayang untuk memperbaiki diri anda melalui suara orang lain. Cara mendapat masukan yang paling bagus dari calon loyalis adalah mau menerima nasehat.
  4. Mengasihi Sesama
    Manusia yang bijak akan menyayangi sesamanya. Seperti Sidharta Gautama, Kong Fu Tze, Lao Tze, Yesus yang mengasihi sesamanya dengan memberikan harta atau kemampuannya. Yesus dengan mujizatnya yang dimiliki mampu memberi makan 5000 orang pria dewasa beserta perempuan dan anak-anak saat khotbah di bukit, juga mujizat berikutnya memberi makan 4000 orang. Bahkan di awal pengelanaan Yesus, Ia memberikan tanda mujizat mengubah air menjadi anggur pada peristiwa pernikahan di Kana. Walau akhirnya Ia pernah disiksa dan didera akhirnya Yesus diyakini umatNYA telah naik ke Sorga sebagaimana janji Tuhan pada kitab-kitab para nabi.
  5. Selalu berupaya berkembang
    Improvement atau berkembang adalah tujuan akhir dari setiap kebijaksanaan. Orang-orang bijak selalu menatap jauh ke depan, mungkin melampaui masanya. Elon Musk tahun 1999 memiliki kekayaan 22 milyar dollar US dan pada tahun 2022 memiliki kekayaan 280 milyar dollar dalam kurun waktu hampir dasawarsa saja. Kebijaksanaan membangkitkan semangat orang lemah untuk berkembang dan menerangi situasi yang kelam dan gelap tidak dimengerti menjadi secerah mentari. Orang bijaksana menginginkan dirinya berguna dan bermanfaat bagi semua orang. Karena kebijaksanaan inilah mendatangkan teman dan persahabatan.

Pelajarilah Buku karangan Dr. Dale Carnegie, Cara Berteman dan Mempengaruhi Orang Lain. Kunjungi situsnya https://www.dalecarnegie.id/category/sumberdaya/unduh/ untuk mendapatkan referensi dan keterangan lain bahwa ini diperlukan di dunia kerja dan dunia industri, tempat anda berkarir kelak.

Bagi yang merasa berkenan berkomentar, sudilah mendaftarkan diri dahulu sebagai pengguna wordpress.com

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.