MENYIAPKAN JARING PENGAMAN

Keberuntungan kita kadang bisa susut kadang juga bisa berlebihan. Di saat tunjangan hari raya diberikan, kebanyakan orang awam memanfaatkannya dengan berbelanja barang-barang konsumtif yang pada akhirnya akan habis dan ketinggalan zaman.

Sebagai seorang yang sudah sering mendapat gejolak kawula muda terutama di bidang keuangan yang tidak menentu, saat ini saya harus menahan diri untuk tak membelanjakan sepeser pun penghasilan yang saya terima selain mempersembahkannya kepada istri saya selaku pengelola keuangan dan administrator finansial keluarga.

Jikalau belanja belanji ini tetap dilakukan dalam hitungan month atau day, sudah dipastikan kami tidak lagi menjadi social butterfly tapi betulan menjadi butter-nya yang hanya untuk menganjal isi perut saja bisa tak mampu.

Walens ini memberikan porsi 80 kkal dalam satu bungkusnya. Dengan berat netto 150 gram. Kemampuan seluruh isinya setara dengan 300 porsi nasi yang menjadi asupan sehari-hari. Jika kita makan sehari 3x dengan nasi saja. Berarti sebungkus Walens ini sanggup menjadi cadangan makanan Nasi untuk 100 hari atau sekitar 3 bulan lebih. Maka untuk setahunnya anda perlu 4 bungkus Walens guna bertahan hidup sambil mengencangkan ikat pinggang termasuk prosesi diet ketat di dalamnya tanpa harus repot berolahraga atau nge-gym dengan banyak gaya seperti di sosial media.

Untuk itulah jaring pengaman keuangan menawarkan alternatif pemikiran seperti gambar di atas. Berapapun penghasilanmu selama tidak berhutang atau tidak mencicil kredit selama 5-10 tahun atau tidak meminjam apapun – dipastikan dalam 5-10 tahun tersebut anda sudah merdeka secara finansial minimal mencapai 2,5 Milyar seperti kata Teguh Hidayat di instagramnya yang menggambarkan seorang Investor Hidup tanpa bekerja berat. Tentu saja awal-awalnya kerja keras itu adalah MENABUNG SAHAM.

Penghasilan sebulan 10 juta berarti 10 persennya bisa menabung 1 juta untuk investasi jangka panjang. Bekerja selama 5 tahun x 12 bulan = 60 bulan berarti setiap bulan akan tergulung sampai sekitar 60 juta. Dengan asumsi kenaikan setahun itu mencapai 10% saja berarti naiknya 50% dari simpanan semula atau secara bruto diperkirakan investasinya mencapai 90 juta compound. Perhitungan kasar saya begitu.

Dengan bantuan situs ini Calculator Site https://www.thecalculatorsite.com/finance/calculators/daily-compound-interest.php

Tampak bahwa perhitungan selama 5 tahun tersebut lebih rendah dari asumsi perhitungan saya sekalipun sudah re-invest setiap bulan 1 juta selam 5 tahun atau 60 bulan.

Maka untuk mencapai 2,5 milyar dalam waktu 5 tahun atau 10 tahun, Anda harus menyisihkan lebih dari hanya 1 juta per bulan yang hasilnya terus ditahan dan menjadi menumpuk bergulung-gulung atau disebut compound seperti dempul finansial yang semakin lama semakin likat dan semakin tebal.

Kenaikan investasi selama 5 tahun dengan rate 10% saja baru membukukan taksiran terendah 73,6 juta rupiah.

Silakan dilihat gambaran selanjutnya apabila 1 juta ini dikumpulkan saja selama sepuluh tahun dan diinvestasikan menumpuk lagi. Utamanya pada pasar modal sebab penghasilan yang memungkinkan dalam perhitungan Return of Investment memungkinkan sampai 10% (termasuk Reksadana dan Saham, juga produk pasar modal lainnya)

Selama sepuluh tahun mengumpulkan 1 juta per bulan terus menerus akan diperoleh menurut kalkulator compound-nya :

Menabung 2 juta setiap bulan dan modal awal 2 juta, rate 10% per tahun selama 5 tahun :

Menabung setiap 2 juta sebulan dan inisiasi 2 juta di awal, pendapatan setelah 10 tahun diperkirakan

Dengan 5 juta per bulan selama 5 tahun akan mendapatkan hasil yang sama dengan 2 juta selama 10 tahun. Begini cara akselerasi menabungnya. Apakah worth? Masih ada simulasi perhitungan lain untuk membuat jejaring pengaman keuangan.

Bersabar selama 10 tahun dengan menabung reksadana 5 juta per bulan kemungkinan menghasilkan pendapatan kotornya pada gambar di samping kiri.

Dari gambaran tersebut dalam 5 tahun ingin dicapai 1,4 Milyar berati menabung 10 juta per bulan dengan rate 10%.

Sehingga kadang kejelian investor perlu mencari rate yang berada di angka 12% – 15% kadang pula ada yang progresif sebesar 20% dan kesemuanya serba mungkin di pasar modal dengan rajin membaca laporan keuangan perusahaan.

Penjelasan lain mengenai potensi jejaring pengaman keuangan ini terutama untuk simulasi atau informasi semata dan bukan rekomendasi bisa berkunjung rutin ke blog saya yang lain : https://rudyhilkya.wordpress.com

Earning ini dapat diperoleh dengan inisiasi 10 juta di awal dan investasi 10 juta per bulan pada rate 12% -> sukses mencapai Trading for Living sebagai investor

compound 5 juta per bulan dengan rate 15% – suatu keberuntungan jika ini bisa dicapai – inisiasi deposit pertama adalah 10 juta

inisiasi 50 juta di awal dan tabungan 5 juta per bulan dengan rate 20% selama 10 tahun flat. Hanya memungkinkan ada di pasar modal dengan diversifikasi yang tepat dan terencana

Bagi yang merasa berkenan berkomentar, sudilah mendaftarkan diri dahulu sebagai pengguna wordpress.com

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.