LIBUR BERSAMA 2022

Pengumuman dari pemerintah menetapkan libur bersama mulai tanggal 29 April 2022 yang jatuh pada hari Kamis sampai dengan hari Jumat tanggal 5 Mei 2022, merupakan berkah bagi kita semua. Para warga yang bekerja di bawah instansi atau lembaga pemberi kerja mungkin sudah atau akan mendapat THR dan tunjangan lain yang mendukung daya beli. Apalagi ASN atau anggota TNI/Polri juga pejabat negara memiliki kewajiban meningkatkan ekonomi masyarakat melalui pembelanjaan selama kurun libur resmi ini dengan bersilaturahmi ke daerah asalnya. Penerbangan dan transportasi, juga jalan tol pasti kecipratan rezeki, pasar tumpah, parkir parkir kendaraan, tempat tamasya, lokasi wisata, UMKM semua bergerak. Yang pasti adalah lahan kulineri atau wisata makan memakan yang tiada kunjung berinovasi juga meraih rezeki yang tiada terkira. Tempat penyeberangan, Fery pelayaran, kapal pengangkut penumpang mungkin juga barang akan ramai berseliweran.

Potensi berkumpul bersama keluarga besar tahun ini lebih nyata dan lebih lengkap, mungkin jamuan makan hanya untuk kalangan tersendiri bukan untuk umum. Sebab ada larangan untuk menyajikan hidangan bagi para tamu open house. Kita lihat saja nanti kepatuhan tokoh-tokoh panutan. Yang pasti kita mendapat jatah liburan yang menurut saya cukuplah panjang dan lama, cukup untuk healing-healing. Foto foto tamasya di IG atau FB akan banyak berseliweran dengan berbagai caption..Ekonomi rakyat pun meningkat. Netflix iflix bertambah dashyat.

Tapi ada yang bikin kena mental nih buat ASN

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo menerbitkan surat edaran yang berisi perintah kepada Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK), untuk memastikan Aparatur Sipil Negara (ASN) selama bulan Ramadhan untuk tidak melaksanakan kegiatan buka puasa bersama dan juga melaksanakan open house pada Hari Raya Idul Fitri 1443 H.

“PPK pada instansi pemerintah agar memerintahkan seluruh pegawai ASN di lingkungan instansinya untuk selalu menerapkan protokol kesehatan,” jelas surat yang ditandatangani Menteri Tjahjo Kumolo pada 19 April 2022.

Pemerintah telah memberikan kesempatan bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) yang akan melaksanakan kegiatan mudik pada Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah. Selain itu ASN juga diperbolehkan mengajukan cuti pada saat sebelum atau sesudah periode hari libur nasional dan cuti bersama pada hari raya tersebut.

Ini ditegaskan kembali oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) yang dimaksudkan agar mengurangi dan membagi kepadatan arus mudik dan arus balik.

Kemudian PPK juga diminta memastikan ASN sudah mendapatkan vaksinasi Corona Virus Disease 2019 secara lengkap, termasuk vaksinasi booster.

Penegasan tersebut tertuang dalam Surat Menteri PANRB No. B/123/M.KT.02/2022 yang ditujukan untuk Menteri Kabinet Indonesia Maju, Sekretaris Kabinet, Panglima TNI, Kapolri, Jaksa Agung, dan Kepala Badan/Lembaga.

Selain itu juga untuk seluruh gubernur, wali kota, dan bupati yang tercantum dalam surat Menteri PANRB No. B/124/M.KT.02/2022.

Surat tersebut merupakan penegasan kembali arahan Presiden Joko Widodo dan tindak lanjut SE Menteri PANRB Nomor 13/2022 tentang Cuti Pegawai Negeri Sipil Negara Selama Periode Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah.
#ASN #PNS #lebaran

LIBUR TLAH TIBA
HATIKU GEMBIRA
HARIKU BAHAGIA

Photo by Karolina Grabowska on Pexels.com

Bagi yang merasa berkenan berkomentar, sudilah mendaftarkan diri dahulu sebagai pengguna wordpress.com

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.