AKU PUNYA TEMAN SEPERMAINAN

Hampir empat minggu lalu di sekitar awal bulan Maret 2022, dengan penuh keraguan kami menjalankan kegiatan edukasi publik setiap hari Jumat pukul 19.00 membicarakan tentang pasar modal dan berinvestasi di dalamnya. Sejak harga minyak goreng yang meroket, urusan bisnis macet dan membuat uang bekerja tanpa bersusah payah akhirnya membuahkan hasil. Kehadiran Ibu Riak dan Pak Masari Hulu sebagai tokoh pemantik kegiatan ini menjadikan kami bersemangat dan bertekad menuntaskannya sebagai contoh baik atau praktik baik berinvestasi di pasar modal, membeli saham, membeli reksadana sampai memanfaatkan aplikasi yang resmi dan berlisensi OJK untuk menerapkannya.

flyer kegiatan 18 maret 2022

Jujur saja, saya bosan dengan kata-kata jargon teacherpreuner, entrepreneur, edupreneur. Di mana ya semua preneur itu kecuali, maaf nursery anggrek, jualan kue dan konsumsi, jualan makanan kuliner, menjadi pedagang online shop, apa ya tindakan konkritnya?

Akhirnya cara yang paling mudah, efektif efisien dan gampang, mengapa tidak menjadi investor saja? Bisa dimulai dari 10 ribu, untuk membeli saham gocap misalnya SRSN atau DEWA atau BUMI asal tau cara menggelarnya dan mengeksekusikannya tidak dengan sebarang tetapi menggunakan auto buy dan auto sell dari aplikasi perdagangan saham online yang didaftarkannya segera. Ajaib Sekuritas namanya.

Photo by Aleksandr Burzinskij on Pexels.com

Hal ini sudah dicoba dan berhasil oleh Guru Agama Katolik handal kami, Masari Hulu, asal Bukit Bondang, Murung Raya yang sekarang menjadi teman sepermainan di galeri edukasi Smada Palangka Raya. Yang lebih ekspresif dan ekspansif adalah ibu guru Kimia kami, ibu Riak, namanya. Dari yang biasa-biasa saja sejuta dua juta disimpan dalam Rekening Dana Investor kemudian Beliau membeli reksadana. Setiap Jumat sejak tiga minggu yang lalu, pundi-pundi reksadananya terus bertambah naik dan naik. Bahkan gerakan ekspansinya berinvestasi semakin getol setelah mengenal Koin Shopee dan Shopee Pay. Bahkan Beliau sudah membuka akun di Bank Jago dan SeaBank yang menjadi perpanjangan tangan kegiatannya berinvestasi. Saya meyakini tidak sampai setahun lagi, bu guru Riak ini akan memiliki ratusan juta rupiah dari kegiatan investasinya yang sangat didukung oleh suami dan anak-anaknya. Apabila itu belum tercapai, saya yakin 100%, pundi-pundi Bu Riak ini akan mencapai puluhan juta rupiah dengan cara santuy, Mengajar, istirahat melihat reksadana dan berita ekonomi, main game Shopee, sorenya menunggu kios dan berjual pulsa token listrik hingga sembako.

Yang tidak kalah bersemangat adalah dua rekan saya dari Badan Strategis Ikatan Guru Indonesia Kalimantan Tengah yakni Pak Aston Pakpahan yang akademisi dari FEB Universitas Palangka Raya dan San Petro, praktisi dan penggiat ekonomi Palangka Raya yang sudah terjun tidak bebas dalam dunia perdagangan pasar modal. Dari Beliau berdua saya sering mendapat wawasan dan pencerahan mengenai membaca pasar dan kemungkinan-kemungkinan di dalam berinvestasi.

Juga dari rekan-rekan saya di Kantor Perwakilan Bursa Efek Indonesia, seperti Bapak Stefanus Cahyo Adiraja, Kepala Kantornya. Trainer eksekutif yang alumni Smada Randy Perdana, dan admin KP BEI Kalteng, Riana Sari. Yang terus mendukung dan membantu terselenggara kegiatan-kegiatan edukasi di SMAN 2 Palangka Raya juga sampai terbentuknya Galeri Edukasi dan Investasi di SMAN 2 Palangka Raya tidak lepas dari tangan dingin mereka.

Photo by Andrea Piacquadio on Pexels.com

Yang saya senang dengan tekad Beliau, nanti pensiun tidak akan cape-cape berkebun dan berkeringat peluh deras dengan hasil yang tidak seberapa. Cukup dengan menggunakan gadget dan memantau perkembangan bursa efek, harga saham dunia, investasi yang berimbal hasil akan menghasilkan cuan yang maksimal. Menurut Beliau.

Sekalipun masih minim pengalaman, tetapi tekad dan semangat berinvestasi dari Bapak dan Ibu Guru ini patut diacungi jempol dan keberanian dengan penuh perhitungan sebab rajin mengikuti edukasi publik setiap hari jumat bersama Galeri Investasi dan Edukasi SMAN 2 Palangka Raya.

Bagi yang merasa berkenan berkomentar, sudilah mendaftarkan diri dahulu sebagai pengguna wordpress.com

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.