MEMAKNAI HAL BERINVESTASI

Kesejahteraan manusia tidak hanya ditentukan oleh kebahagiaan dan kesehatan. Tetapi juga melalui pendidikan dan memanusiakan manusia. Salah satunya dengan keberadaan galeri investasi dan edukasi SMAN 2 Palangka Raya.

Photo by David McBee on Pexels.com

Mengenai keberadaan Galeri Investasi dan Edukasi yang diadakan di sekolah kita ini, harus kami jelaskan keberadaannya seiring dengan semakin banyaknya investasi ilegal, investasi tidak  resmi yang tidak berijin dari Otoritas Jasa Keuangan Republik Indonesia atau biasa dikenal dengan investasi curang merugikan masyarakat hingga miliaran rupiah. Kepala SMAN 2 Palangka Raya bersepakat dengan Kantor Perwakilan Bursa Efek Indonesia (BEI) Kalimantan Tengah dengan Direktur Kelompok Riset Pasar Modal Universitas Palangka Raya untuk mendirikan galeri investasi dan edukasi SMAN 2 Palangka Raya dengan papan reklame nama yang dipajang di depan ruang guru 1 Smada Palangka Raya. Kegiatan yang dilakukan oleh GIE SMAN 2 Palangka Raya merupakan edukasi kepada masyarakat sekolah, mengenai  sekolah pasar modal, pemberian informasi kegiatan investasi dan cara berinvestasi di pasar modal Indonesia. GIE SMAN 2 Palangka Raya dipilih untuk sebagai SMA pertama di Kalimantan Tengah yang dibentuk galeri invetasi dan edukasi di tingkat pelajar, selain karena lokasinya dan potensi penyebaran informasi yang lebih cepat dan lebih komprehensif tentang investasi yang tepat dan benar bagi siswa, guru, dan siswa, juga para styaf sekolah, juga kepada orang tua  dan masyarakat sekitar.

Dikarenakan kurangnya pengetahuan tentang investasi dan cara berinvestasi dengan benar serta dilindungi oleh undang-undang investasi dan pasar modal, banyak orang yang tidak menyadari dan tidak memahami pengetahuan ini telah terjebak dan bermasalah dengan investasi mereka, investasi ilegal, investasi alien. Alangkah bijaknya jika kita sebagai warga SMAN 2 Palangka Raya dapat mendukung program pemerintah melalui Otoritas Jasa Keuangan, Bursa Efek Indonesia, untuk mensosialisasikan ilmu investasi dan bisnis di pasar modal kepada para target sasaran di atas.

Harapan kami, para siswa dan lulusan SMA 2 Palangka Raya, serta guru-guru, staf-staf sekolah, orang tua siswa dan masyarakat sekitar SMAN 2 Palangka Raya mampu mengelola keuangannya secara efektif, efektif dan  tepat guna serta akan menjadi tumpuan keuangan keluarga sebagai cadangan untuk kehidupan masa depan yang semakin bahagia dan  sejahtera.

GIE SMAN 2 Palangka Raya Kegiatan selanjutnya adalah menyelenggarakan game edukasi dan  Stocklab untuk meningkatkan pemahaman  pasar modal dan investasi bagi siswa, guru dan staf SMAN 2 Palangka Raya.

Kegiatan rutin yang dijalankan dilaksanakan setiap hari Jumat dengan jadwal pukul 13.00 – 15.00 kegiatan edukasi dan latihan permainan Stocklab bekerja sama dengan Kelompok Studi dan Riset Pasar Modal Universitas Palangka Raya dan galeri investasi lainnya. Pada pukul 19.00 – 21.00 kegiatan edukasi webinar daring kepada peserta didik, guru-guru, staf dan masyarakat tentang investasi di pasar modal. Narasumber kami adalah pelaku pasar modal Mitra Bursa Phintraco Sekuritas atau dari sekuritas lainnya serta Trainer dari Kantor Perwakilan Bursa Efek Indonesia Kalimantan Tengah.

Bersama Kepala OJK Kalimantan Tengah, Otto Fitriandy dan Kepala KP BEI Kalimantan Tengah, Stefanus Cahyo Adiraja

Direktur Kelompok Studi Pasar Modal Universitas Palangka Raya, Dr. Fitria Hustarina, SE, M.Si
latihan dan edukasi tentang permainan Stocklab dari KSPM Universitas Palangka Raya yang juga ada alumni dari SMAN 2 Palangka Raya

Semoga rekan-rekan mengetahui keberadaan kelompok ekstrakurikuler ini dan mendukung kegiatan-kegiatannya dengan menjadi peserta dan pengurus Galeri Investasi dan Edukasi sekolah.

Salam Sejahtera

Banteng Wulung – Bullish Sign

Bagi yang merasa berkenan berkomentar, sudilah mendaftarkan diri dahulu sebagai pengguna wordpress.com

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.