MIYAMOTO MUSASHI

Saya tidak langsung menceritakan Miyamoto Musashi yang terkenal sebagai seorang samurai handal dan selama 60 tahun tidak terkalahkan dalam setiap pertarungan. Yang ingin saya tuliskan disini adalah filosofi dalam film High Kick Girl, tentang seorang cewek SMA yang hobinya menantang orang lain berkelahi karena ia menyukai karate.

Banyak perguruan yang ditantangnya dan semua kena tendang di kepala, sampai akhirnya ia bertemu dengan Geng Perusak yang jago-jago dan dirinya sampai tidak sanggup menghadapi hingga akhirnya sang Guru datang untuk menyelesaikan masalah yang dimulai oleh cewek ini. Panggilan cewek karateka ini Suchiya, hobinya menghajar kepala.

Photo by RODNAE Productions on Pexels.com

Setiap kali pelatihan kepada Suchiya, si Sensei selalu menekankan terlalu lemah, terlalu lambat, tidak bertenaga, kurang lebar, dan macam-macamlah. Kira-kira kalau anda yang ikut latihan apalagi latihannya one by one, mungkin sudah menyerah bin baper. Apalagi ini cewek ya, namanya juga sesuai film, Suchiya dengan sabar mengikuti arahan Sensei sekalipun gayanya yakni Kata yang digunakan Suchiya begitu-begitu saja.

Photo by RODNAE Productions on Pexels.com

Sampai di klimaks yang sering diulang setelah sang Sensei bisa menaklukkan seluruh isi geng perusak sampai ketuanya yang tidak bisa karate tapi mengandalkan revolver dan Suchiya diturunkan sabuknya kembali ke sabuk putih, setelah sebelumnya mengandalkan kehebatan warna sabuk cokelat. Pesan gurunya, Kamu harus berlatih selama 1000 hari untuk memulainya dan 10 ribu hari untuk menyempurnakannya. Kira-kira 1000 hari itu setara dengan mendekati 3 tahun dan 10 ribu sekitar 30 tahun lah begitu. Jadi 33 tahun untuk menyempurnakan karate sebagaimana yang dipesankan oleh Miyamoto Musashi.

Mukojima Miyamoto Musashi by Utagawa Kuniyoshi (1753-1806), a traditional Japanese ukiyo-e style portrait illustration of an actor Minamoto Musashi. Original from Library of Congress. Digitally enhanced by rawpixel. by Library of Congress is licensed under CC-CC0 1.0

Bagi yang merasa berkenan berkomentar, sudilah mendaftarkan diri dahulu sebagai pengguna wordpress.com

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.