LAPORAN KEUANGAN KOPERASI

Aku dapat tugas dari teman kesayangan, untuk membaca, menelaah dan meresume bahan bahan laporan keuangan koperasi mereka untuk mengikuti Rapat Anggota Tahunan di hari kemarin. Untungnya cerita kemarin aku pos hari ini saja, selain berasa agak basi tapi juga memenuhi tampilan tugas dan dapat notifikasi dari wordpress bahwa blog aku terisi terus setiap hari. Wkwkwkwk

Duarrr sama persis seperti petir yang menyambar tanah di Mandalika sirkuit, begitu pula petir malam ini yang menggetarkan kalbu karena bercetar-cetar di atas langit berasa dekat seperti di atap rumah. Bunyinya yang menakutkan menggelegar memekakkan telinga sangat mengejutkan kalbu dan para anjing tetangga yang dikerangkeng kawat besi murahan sampai luka luka di sekujur tubuhnya.

Dari halaman pertama konsideran tat tertib rapat anggota hingga rencana kerja kubaca halaman demi halaman satu persatu, menelaah kaitan angka angka rupiah yang akupun merasa tidak berjasa di sana, tapi hatiku dan benakku bergelora sama seperti petir menyambar-nyambar tadi jika ada salah ketik, salah format numerik bahkan ada ketidak sinkronan antar halaman antar paragraf setiap angka-angka yang berkaitan. Kesal ada, bingung ada, pusing ada, selama bertahun-tahun ini rupanya para anggota koperasi tersebut tidak jeli melihat kejanggalan yang sangat memukau mata. Maunya para anggota ini hanya ngotot untuk menerima SHU doang tanpa tau program, rencana usaha koperasi…rencana pendapatan dan pengeluaran koperasi, dan lainnya.

Ngga yang cerdas atau pandai diriku membaca angka angka itu, tapi rasanya menerima fakta yang ratusan juga sampai milyaran yang tertera yang katanya disimpan di Bank, kenapa tidak muncul rekening koran tanda penyimpanan uang tersebut? Kubolak-balik semua laporan itu mencari kesesuaian juga tidak kudapatkan jawaban yang kuharapkan. Aku akhirnya hanya menyimpulkan dan memberikan analisasku kepada teman kesayangan, ya udah besok kalo tanya tanya ke pengelolanya diatur aja mana yang baik, apakah mau berkonflik demi perubahan atau mau adem ayem seperti air kran yang mengalir sampai jauh tanpa henti. Eh rupanya aku salah baca, karena laporan itu belum direvisi dalam rapat anggota tahunan baru sebatas wacana penyampaian kehendak dan melaporkan duit duit yang dikumpulkan rekan rekannya buat berkongsi dan berkompeni dalam korporasi Koperasi Bibit Pengharapan.

Bagi yang merasa berkenan berkomentar, sudilah mendaftarkan diri dahulu sebagai pengguna wordpress.com

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.