UP 2022 KEPADA SISWA KELAS XII

Ujian Sekolah akhirnya tiba, akan berlangsung dari tanggal 25 – 31 Maret 2022. Bagi siswa kelas XII ini merupakan fase akhir menyelesaikan pendidikan setingkat SMA. Karenanya bersiap-siaplah sesuai jadwal berikut ini :

Syukurlah hari Senin diadakan UP untuk mapel Fisika, kemungkinan kegiatan untuk percobaan adalah ayunan bandul, ayunan pegas, menentukan massa jenis benda, menentukan titik berat benda, menentukan kalor jenis benda, menentukan indeks bias kaca atau prisma.

Seperti itu antara lain yang perlu anda persiapkan karena topiknya bisa berbeda-beda setiap peserta ujian.

Untuk topik Ayunan Bandul :
Garis besarnya melakukan percobaan menentukan waktu periode ayunan bandul untuk menentukan percepatan gravitasi bumi, kumpulkan tiga data sampai lima data jika memungkinkan sejumlah ganjil data percobaan untuk menentukan percepatan gravitasi bumi

Untuk topik ayunan pegas :
A. Menentukan konstanta pegas dengan mengukur panjang pegas sebelum dan sesudah digantung beban-beban tertentu, juga ambil tiga data sampai lima data sesuai dengan beban yang disediakan, masukkan ke dalam tabel Hukum Hooke lalu tentukan tujuan percobaan.

B. Menentukan konstanta pegas dengan periode ayunan pegas, beban hanya dua jenis namun yang berbeda-beda adalah jumlah ayunan dalam masing-masing beban. Periode ayunan dengan rumus berikut untuk menentukan konstanta pegas.

Contoh pengambilan data :

Untuk Percobaan Titik Berat :

Karton digambarkan berdasar titik berat jatuhan beban yang diberikan, kemudian dipertemukan garis-garis jatuhan tersebut dalam titik potong (kategori percobaan ini tergolong sangat mudah, maka tidak direkomendasikan untuk dilakukan)

Topik percobaan Menentukan kalor jenis benda :
Benda panas dan benda dingin dipertemukan dalam cairan, ukur suhu awal benda panas dan benda dingin tersebut hingga mendapat suhu campuran. Biasanya percobaan ini agak lama jika suhu panas benda mencapai di atas 50oC, maka sebaiknya pemanasan benda cukup sampai 75% dari suhu cairan mula-mula. Namun waktu untuk mencapai titik setimbang campuran juga sangat lama sehingga tidak direkomendasikan untuk diujikan (memakan waktu lama sementara peserta banyak dan durasi ujian hanya 120 menit, perhatikan jadwal di atas)

Topik Menentukan indeks bias kaca atau prisma

Percobaan terakhir ini menurut saya paling sederhana, yaitu melihat jarum-jarum pentul yang membentuk sudut datang tertentu (buat sebanyak tiga atau lima sudut datang mulai dari 20o hingga 60o, ambil acak saja ) perhatikan bayangan barisan-barisan jarum tersebut di sisi yang lain. Tarik garis yang terbentuk, kemudian ukur sudut penyebarannya atau sudut deviasinya, maka akan diperoleh indeks bias kaca atau indeks bias prisma yang digunakan. (Sangat direkomendasi karena tingkat kepekaan dan sensitivitas penglihatan tinggi, tingkat kesukaran menengah sampai rumit, laporan percobaan mudah dan hasil pengamatan terlihat karena digambarkan di kertas kerja yang diberikan sebagai lampiran laporan percobaan)

Kertas jawaban sebagai laporan hasil ujian praktikum sudah distempel logo Ujian yang harus dikumpulkan paling lambat 10 menit setelah kegiatan pengambilan data, sebab rekan-rekan ini akan mengadakan percobaan lagi di jam ke-2 karena ditunggu mata pelajaran lain dan berlangsung marathon.

Kecuali untuk Hari terakhir UP, sepenuhnya dikendalikan oleh PJOK melalui praktik Senam Lantai.

Selamat Mencoba, simak sampai tuntas. Agar anda tidak canggung saat melakukan UP. Semoga berhasil.

Bagi yang merasa berkenan berkomentar, sudilah mendaftarkan diri dahulu sebagai pengguna wordpress.com

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.