MENULIS APA SAJA YA

Menulis itu sulit. Betul, menulis itu tidak gampang. Sebab lekat dengan unsur plagiat, mencontek, meniru, bahkan menjiplak. Menjadi penulis karya ilmiah lebih berat lagi sebab sedikit-dikitnya kutipan yang diambil jika kemudian dikompilasi menjadi sebuah penulisan dan diuji dengan aplikasi plagiarism atau turnitin tidak boleh melebihi 50% kemiripan.

Photo by Judit Peter on Pexels.com

Jikalau memiliki kemiripan sampai di atas 50%, jelas sekali bahwa itu jiplakan tulen. Hal yang dihindari oleh penulis karya ilmiah atau proposal, termasuk skripsi tesis bahkan sampai disertasi.

Kemudian dengan gampang ada yang julid wan nyinyir, enaknya menulis dengan pikiran sendiri saja seenak-enaknya nanti diperbaiki kata demi kata. Ini pasti memakan waktu dan usaha juga perjuangan. Tentu saja lebih mudah berkata-kata dibanding melaksanakannya.

Nah, bagaimana untuk menulis blog?
Saya menulis isi semua blog ini bebas dari jiplak menjiplak, kalo sadur-menyadur sih ada dikit. Tapi mencontek bahkan plagiat itu sudah tiada lagi. Karena semua murni dan orisinil dari benak sendiri. Silakan copy paste saja sebagian dan periksa di plagiarism lah sebagai daya upaya riset blog saya ini πŸ˜€

Kalau pun ada tentu dalam kadar yang masih bisa ditelorasinkan.

Photo by Angela Roma on Pexels.com

Nah, bagaimana supaya isi blog ini bisa dibaca orang. Ya, tentu saja dikampanyekan. Salah satu cara kampanye yang gampang bisa lewat Whatsapp story kemudian Facebook, sosial media lainnya. Salah satunya saya sebarkan melalui twitter, klub di facebook dan tumblr. Entah apa ada yang baca atau tidak saya pun ngga mengerti.

Satu hal yang penting, sampaikan intisari tulisan ini tidak lebih dari 12 kata pada sosial media anda sehingga calon pembaca bisa penasaran untuk mengunjunginya. kemudian tautkan link tulisan anda dari blog ini pada Instastory atau WA Story atau twitter atau facebook Anda.
Apalagi jika sedang heboh-heboh dengan keadaan yang lagi booming. Saya ambil contoh tulisan saya tentang Mandalika, rupanya banyak yang membaca dan mengunjunginya sejak kemarin sampai hari ini dan entah sampai kapan lagi.

Termasuk tulisan saya tentang Besaran dan Satuan juga Angka Penting dan hal-hal lain yang berkaitan dengan pelajaran fisika.

Ok, sampai di sini dulu ceritanya. Kita lanjutkan pada tulisan yang lain ya. Jangan lupa kunjungi terus blog saya, semoga anda mendapat berkah dan hidayah.

Photo by Andrea Piacquadio on Pexels.com

Bagi yang merasa berkenan berkomentar, sudilah mendaftarkan diri dahulu sebagai pengguna wordpress.com

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.