Pemberdayaan Blog

Mulai dengan topik memberdayakan atau perjuangan untuk membangun dan mempertahankan kerajinan menulis blog itu tidak gampang. Sama seperti rajin menanam bunga, melakukan nursery pada daun daun dan tanaman lainnya, juga kebiasaan memelihara hewan pet, memerlukan ketekunan dan kedisiplinan.

Kesetiaan pada pekerjaan yang akan membuahkan bagian yang manis bagi kita merupakan hal yang sulit dan tidak mudah apalagi gampangan. Tahun tahun ini menjadi tahun kebangkitan bagi guru-guru untuk menjadi merdeka, katanya.

Merdeka mengajar, merdeka belajar, merdeka menulis, ayo berbagi, SIM PKB, calon guru penggerak, pengajar praktikan, sekolah penggerak, organisasi penggerak, belajar.id, memanfaatkan google workspace untuk pendidikan, Microsoft 365, meeting interaktif melalui google meet atau MS Teams, berkelana di mesin pencarian dan menyajikannya dalam kelas Google Classroom yang paling banyak saya dengar dan perhatikan setiap pembicaraan dan obrolan rekan pendidik dan tenaga kependidikan. Belum lagi tindakan lain, mengelola info GTK, apakah data kepegawaian saya sudah benar, konfirmasi kepada operator dinas pendidikan untuk aneka tunjangan, kebijakan politik tentang pendidik dan tenaga kependidikan, perolehan penghasilan, pelaporan pajak, administrasi kepegawaian dan keguruan dan banyak lagi yang menjadi kesibukan dan pekerjaan yang katanya ringan dan mudah ini.

Mulai dari kalimat, Bagaimana saya memberdayakan blog saya?

Jangan berharap banyak, karena itu tergantung dengan selera pasaran dan kepentingan kepentingan lain. Jika anda tidak getol, tidak rajin, dan berharap mimpi mimpi tanpa berusaha keras, berbagi lebih keras, kampanye lebih keras, menulis lebih berisi dan banyak ide ide maka masih belum optimal hal ini diharapkan. Asal tetap tekun berbuat dan menulis, tetap menunjukkan eksistensinya melakukan pekerjaan yang “membosankan” ini dan sekarang menulis blog sampai keriting bisa dilakukan di handphone yang pengakuannya smart.

Meminjam semangat teman saya, menulis setiap hari (mulai dari ide yang sederhana dan tidak umum) lakukan tekun (setiap hari) jangan berharap banyak dulu segera booming kecuali anda iklankan dan berbayar atau melakukan kunjungan ke blog lain (yang ini tidak lagi saya lakukan) dan tunggulah perkembangannya dengan terus menulis, berkembang dan berbuat jangan berhenti..

Biasakan diri hidup menjadi sepi dan tidak berarti karena ujung perjalanan kehidupan kita cuma kesepian …