Kisi Kisi PAS 2021

Mudah mudahan tulisan ini ditemukan dan dibaca oleh kalangan kelas XI yang mau mengikuti PAS besok pagi, kebetulan secara etik saya tidak dijadwalkan untuk mengawas ujian

Supaya tidak penasaran maka saya tuliskan dalam bentuk rangkaian sajak saja

1. Sebatang tongkat berputar putar dengan penentuan porosnya kemungkinan yang dicari adalah Momen Gaya, Momen Inersia, Momentum Sudutnya.

2. Silinder yang sangat masif dan bermassa menggelinding suka suka, berapa momen gaya yang berkaitan dengan momen inersianya. Energi kinetik bisa juga bahkan kecepatan angulernya saat berotasi.

3. Bola padat seperti bola bowling, hobinya menggelinding dan digelindingkan dari suatu ketinggian. Jika anda bisa tentukan kemiringannya maka kecepatan gelinding dan energi kinetik rotasi pun bisa anda hitung

4. Tempat yang tegang tegang sangat ditentukan oleh gaya dan stabilitas

5. Titik berat benda merupakan titik masif dan posisi ideal untuk menyeimbangkan bahkan menghancurkannya.

6. Merek reklame yang digantung dengan tali seperti jembatan gantung, menegangkan banget

7. Sebuah tangga yang mudah tergelincir digandoli seseorang yang cukup berat, koefisiensi gesekan antara tangga dengan lantai yang ditempati merupakan persoalan mutlak suatu kestabilan.

8. Tegangan dan regangan saling berhubungan dalam elastisitas dan Modulus kelentingan.

9. Pegas pun jangan lupa bisa diuji coba melalui Phet Colorado sebagaimana tulisan saya di blog ini beberapa waktu yang lampau.

10. Hukum Pascal, Hukum Archimedes, Tekanan Hidrostatis jangan dianggap dan dipandang sebelah mata jika anda tidak ingin tenggelam dalam Fluida.

11. Aliran kontinuitas, air dalam keran, pengisian bak mandi, massa jenis, berat dalam tong air bahkan kolam renang adalah keniscayaan bahwa tenggelam merupakan suatu kemungkinan karena bobot cairan.

12. Mengawang-awang merupakan impian Wright bersaudara, aerodinamika dan Hukum Bernoulli adalah ketetapannya menggapai angkasa.

Kita masih jauh dari membahas Roket X, Google Car, Tesla, bahkan cypto currency jadi fokuskan saja pada mekanika sebab pada semester berikutnya kita belajar gelombang, rambatan gelombang hingga optika