PENILAIAN SAYA

Photo by Charlotte May on Pexels.com

Tadi ada pertanyaan menggelitik dari Muhammad Yosi mewakili kelas XI MIPA 7 tentang nilainya hari ini, rabu 28 Juli 2021. Kebetulan hari ini selain kelas XI MIPA 5 juga XI MIPA 7 menjalani kuis dengan aplikasi Quizziz – nah di aplikasi itu sudah ada nilai-nilai dalam bentuk poin dan kebetulan si penanya berada di papan tengah tapi pengumuman yang diberikan di kelas sidin kemarin tidak ada kegiatan pretes, namun dunia digital itu sungguh ajaib.

Karena saya telah memasukkan semua kelas yang saya ajar ke dalam quizziz maka saat peragaman atau penugasan kelas, maka topik pretes tentang Dinamika Gerak Rotasi itu masuk otomatis sebagai topik kegiatan dalam google classroom. Sehingga walaupun tidak dibuat topik khusus, maka pretes otomatis mengirimkan laporan ke classroom tentang hasil keikutsertaan siswa dalam quizziz dan itu saya jadikan penilaian.

Beliau bingungnya bagaimana menilai, sementara nilai yang dia peroleh konon belum mencapai harapan. Harap maklum gaes, ini baru pertemuan yang kedua dan baru hari ini diadakan kuis sehingga bahan untuk menilai kalian masih belum banyak.

Tetapi dapat saya sarankan bahwa, dalam mengikuti pembelajaran daring dari rumah. Yang pertama adalah tidak terlambat memasuki kelas maya dengan mengisi e-presensi sekurang-kurangnya 5 menit setelah jadwal kelas dimulai. Misal kelas XI MIPA 5 masuk jam 07.00 selambat-lambatnya jam 07.05 kalian mulai mengisi presensi digital. Kemudian presensi tersebut diserahkan 20 menit setelah jam 7.00 mulai kegiatan kelas. Jika ada yang terlambat dan saya umumkan tidak hadir baru kemudian yang bersangkutan kebakaran dan kena mentalnya, itu sudah saya peringatkan pada pertemuan-pertemuan awal di minggu lalu dan hari ini mulai dikenakan aturan seperti itu. Yang telat tidak akan mendapat tempat dan hak sebagaimana rekan-rekan yang sudah menunggu dari pagi.

Kelas interaksi yang saya buat bisa menggunakan Google Meet kode link ada pada jadwal kalender kelas namun sewaktu-waktu saya juga menggunakan Zoom yang saya tempelkan pada bagian pengumuman di halaman depan kelas Classroom-nya. Karena itulah saya selalu mengingatkan untuk selalu membaca dan menyalakan notifikasi classroom di hape atau gadgetnya masing-masing. Tidak ada toleransi jika tidak ada pemberitahuan sejam sebelum kegiatan atau 5 menit setelah kelas berlangsung. Jika lewat satu jam baru kaget, itu masalah anda jangan pake janji-janji untuk tidak mengulangi. Bahasanya klise dan basi.

Masalah penilaian nantinya, jika bahan penilaian dari semua aspek kegiatan kalian sudah cukup banyak saya akan menggunakan metode statistik sederhana saja.

Saya mulai merekap nilai per kegiatan, kemudian saya cari nilai tertinggi dan nilai terendahnya, lalu saya akan hitung rentang nilai kelas per kegiatan tersebut. Setelah itu rentang ini dibandingkan dengan rentang nilai ideal. Minimal adalah 10% dari KKM dan Maksimal adalah 20% dari KKM. Saya menggunakan acuan itu mengingat kehadiran minimal siswa yang bolos atau tidak hadir tanpa keterangan setiap hari dari kehadiran guru dalam kelas adalah 10% dan maksimal ketidakhadiran siswa dari setiap kegiatan interaktif maupun classroom adalah 20% dari kehadiran dan pelaksanaan Pembelajaran Kelas Maya dari guru Fisika.

Jika diperoleh rentangnya, maka rentang nilai ideal yang akan lebih kecil dibanding dengan rentang nilai nyata tadi dijadikan koefisien penetapan acuan untuk meratakan nilai nyata yang rendah tadi menjadi nilai ideal sesuai metode di atas.

Untuk lebih jelas nanti saya tampilkan dalam videonya selesai kelas XI MIPA 3 mengikuti kegiatan quizziz pada hari Jumat, 30 Juli 2021 besok.

Hari ini cukup ini informasinya, silakan dibayangkan dan saya harap jangan mencoba untuk melakukan ketidakhadiran dengan disengaja. Jika tidak sengaja pun itu tidak masuk dalam hitungan. Kehadiran di kelas Maya terhitung sejak tanggal 19 Juli 2021 sampai dengan awal Desember 2021, bisa anda hitung setiap hari sebagaimana jadwal dan pembagian kelas yang sudah ditetapkan.

Selamat Bertugas

Bagi yang merasa berkenan berkomentar, sudilah mendaftarkan diri dahulu sebagai pengguna wordpress.com

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.