Resizing Foto ukuran Besar lewat WhatsApp

Salah satu kesulitan siswa sekarang adalah melampirkan foto kegiatan belajar daring mereka setiap kali mengisi e-presensi saya.

E-presensi ini saya letakkan dalam google classroom dan diisi dalam tengat waktu antara 15 sampai 20 menit, jika dulu hanya menulis nama dan memilih kelas. Maka sesuai perkembangan kondisi dan status terkini, saya meminta mereka memoto dirinya saat mengikuti pelajaran saya seperti foto selfie atau screenshoot.

Semula saya pikir kondisi gampang sekali, secara gitu loh yang kami hadapi adalah penduduk digital (digital native) sejak lahir dari dalam kandungan dibandingkan pendatang digital (digital immigrant) seperti saya ini. Ingin tahu istilah ini coba cari tulisan saya di blog ini tahun 2013 saat saya mengikuti lomba Guru Era Baru yang diselenggarakan oleh PT Acer Indonesia.

Kesulitan mereka adalah saat mengirimkan foto, formulir e-presensi menolak menyambut karena ukuran foto yang lebih besar dari 1 MB setiap orang, sampai hari ini sudah ada 6 siswa yang bermasalah dengan foto itu dan sampak malam ini ada yang belum bisa mengirimkan (submit) e-presensi ini.

Cara mengecilkan foto atau resizing foto menurut saya adalah :

1. Menggunakan aplikasi ringan murah meriah photoscape atau sejenisnya, pilih ukurannya kecil dari 1 MB saat edit size foto tersebut

2. Gunakan Whatsapp, kirim foto ini ke wa grup atau wa tetangga atau wa siapapun yang anda kenal, kemudian unduh lagi foto tersebut dan skala foto anda kini sudah mengecil ukurannya dan bisa dikirimkan ke formulir e-presensi

Beberapa siswa sudah berhasil mencoba hal ini, tetap tidak mudah bagi beberapa siswa lainnya yang sampai malam ini masih gagal.

Semoga petunjuk ini bisa menolong rekan rekan pelajar yang akan memperkecil ukuran fotonya di bawah 1 MB. Tips resize foto ini disampaikan oleh Randy Persada, SPd,MSi yang sudah bekerja di Bursa Efek Indonesia perwakilan Kalimantan Tengah saat kami membicarakan sertifikasi Manajer Investasi.

Salam Bermanfaat

Bagi yang merasa berkenan berkomentar, sudilah mendaftarkan diri dahulu sebagai pengguna wordpress.com

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.