Hari Ke-4 Setelah MPLS

Memasuki hari Ke-4 di SMAN 2 Palangka Raya, siswa kelas X masih bingung berdaring ria atau menunggu pesan memesan lewat WA dan grup lainnya. Sementara mestinya pembagian wali kelas sudah diberitahukan kemarin siang setelah penutupan dan pengambilalihan dari panitia MPLS atau panitia wali sementara kepada wali kelas sesungguhnya.

Peristiwa seperti ini setiap tahun terjadi dan belum ada antisipasi kerjasama yang baik antar bidang-bidang yang menanganinya. Demikian pula dengan koordinasi kepada kelas-kelas tingkatan di atasnya. Sudah mafhum dan menjadi kepentingan umum, di sekolah lain pun sama saja. Semua masih bereuforia dengan kedatangan adik kelas baru, siswa baru, peserta didik baru – baru senin mendatang tanggal 19 juli 2021 kita akan mendengar ramainya kiprah guru-guru menyapa dan menyalami siswa-siswa yang menjadi domba-domba gembalaannya.

Cobalah diatur sementara MPLS, maka perangkat yang lain pun mengaktifkan kelas XI dan kelas XII sama seperti tahun-tahun sebelum pandemi seperti yang terakhir tahun 2019 terjadi, saat yang baru naik kelas ini sibuk sebagai bagian panitia MOPD ada di antara siswa kelas XI dan XII yang tidak diikutsertakan tetap masuk ke kelas seperti jadwal awal tahun pelajaran baru di kalender pelajaran 2018/2019 tersebut. Tapi kebiasaan itu sirna sekarang setelah covid19 mewabah dan ada perintah untuk belajar dari rumah.

Kalaupun sudah diatur belajar dari rumah, maka pengaturan kelas yang menjadi kewenangan urusan kesiswaan sudah ditentukan pula dari rumah. Jangan menyalahkan pihak pengurus bagian kurikulum. Sementara pihak sarana prasarana hanya mempersiapkan dan sudah siap digunakan dari foto-foto kawan-kawan tentang penyiapan ruang kelas, namun sayang Pembelajaran Tatap Muka terbatas masih terlarang teman. Karena kita dalam Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat sampai 20 juli yang berarti sampai dengan hari selasa minggu depan limitasinya.

Photo by August de Richelieu on Pexels.com

Bersiap-siap lagi kuota, batas WiFi dan hal-hal koneksitas agar dapat mengikuti perdaringan dengan baik-baik saja. Tidak hanya bagi siswa tetapi bagi guru-guru juga. Mengubah setting mengajar dari yang feodal menjadi yang milenial dan tidak membosankan apalagi dengan embel-embel pembelajaran online yang menyenangkan ah sudahlah. Kita kembali saja ke laptop, yang penting ada lap dan top.

Kita bersihkan debu-debu pemikiran dan kelambanan mengambil tindakan, jangan sampai peserta didik dan orang tua mengeluh karena kebijakan dan pelaksanaan kegiatan di sekolah terlalu pelan. Kami di kelas XI sudah siap tarik gas, untuk perkenalan diri, memperkenalkan program dan memperkenalkan subyek material pelajaran, metode, teknik, kegiatan, dan lain sebagainya agar siswa kelas XI MIPA 2 sampai XI MIPA 7 yang baru benar-benar ready to go dan siap mengikuti pembelajaran ala ala semester ganjil tahun pelajaran 2021/2022 yang sudah 4 hari kita mulai.

Selamat belajar dan selamat mempersiapkan diri anda, terutama kelas-kelas yang saya tuliskan di atas untuk material fisikanya, silakan diubek-ubek lagi blog saya ini, serta mulai masuk ke grup-grup WA kelas agar anda kami distribusikan ke grup Google Classroom serta sering-sering menonton channel YouTube Pak Fisikarudy agar Anda mendapatkan gambaran yang jelas dan tidak sepotong dalam roti tawar. Karena jenjang kelas XI telah menanti anda daripada liburan seminggu yang tidak jelas kemana arahnya,

Selamat memasuki hari ke-4 di SMAN 2 Palangka Raya kepada para peserta didik baru, kiranya anda dapat beradaptasi dalam tempo yang sesingkat-singkatnya.

Salam Kejayaan

Rudy Hilkya, Guru Fisika Anda

nikmatnya tiada tara

Bagi yang merasa berkenan berkomentar, sudilah mendaftarkan diri dahulu sebagai pengguna wordpress.com

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.