Hari Pertama 12 Juli 2021

Adik adik yang berbahagia,

Hari ini anda semua berhasil melanjutkan pendidikan dan masuk Sekolah Menengah Atas yang berarti jika boleh menggunakan seragam, maka baju uniform anda adalah Putih Abu Abu.

Putih artinya kesucian dan mirip dengan warna perban, jika pun warna perban sekarang berwarna banyak berarti perban sudah tidak lagi mengindahkan kesucian semata melainkan keinginan si pengguna yang sudah sangat kastomais dan berkeinginan tidak seperti yang biasa biasa saja.

Abu Abu artinya anda berada di zona antara masih kanak kanak (dewasa awal 14-15-16 tahun) atau anda berada di antara remaja (16-17-18 tahun) bahkan ada yang lulus SMA pada usia 18-19-20 hingga 21 tahun. Yang mana notabene, usia abu abu seperti itu antara mengikuti demokrasi yakni boleh ikut Pemilu dan memiliki hak memilih dan hak dipilih juga memiliki zona bisa menentukan sikap dan kehidupannya sendiri dan resiko tanggung sendiri sehingga jika masuk Sel Tahanan akan disatukan dengan tahanan dewasa atau narapidana lainnya.

Jadi berseragam Abu Abu dengan penuh kebanggaan yang pertama yakni, tidak melakukan perbuatan yang melawan hukum, berikutnya menaati peraturan yang ada dalam wawasan Wiyata Mandala yang anda pilih. Misalnya saat ini anda memilih SMAN 2 Palangka Raya, maka peraturan-peraturan yang ada dan berlaku di SMAN 2 Palangka Raya itu yang anda ikuti bukan mengikuti aturan SMA lainnya ya. Salah kaprah namanya jika SMA SMA itu saling dibandingkan untuk menyatakan PEMBENARAN ANDA karena ANDA TIDAK MENGIKUTI PERATURAN YANG SUDAH ANDA SEPAKATI DAN TANDA TANGANI BERSAMA ORANG TUA DAN WALI DALAM MATERAI RP 6000

Aturan Sekolah sudah jelas dan mengikat, jika anda tidak mau diikat yah udahlah Jomblo saja dengan sekolah di rumah dan jangan minta ijazah kepada Pemerintah selain program Kelompok Belajar Paket C yang ada di Sanggar Kegiatan Belajar asuhan Bidang Pendidikan Luar Sekolah di Dinas Pendidikan.

Anda tidak mau terikat harus begini dan harus begitu, yah Home Schooling saja dan biayanya tanggung sendiri bersama penyandang dana anda, bukannya menyerahkan mentah mentah kepada sekolah.

Saya menuliskan hal ini sebagai komitmen awal anda menjadi Warga Sekolah Menengah Atas, ingat Anda masih berada di Sekolah Menengah cuma bagiannya saja menjadi Bagian Atas karena setelah ini anda akan berkuliah, masuk akademi, institut, perguruan tinggi atau politeknik atau sekolah tinggi atau apapun sebutannya sebagai bagian dari Pendidikan Tinggi (seusai menjalani pendidikan Sekolah Menengah). Masih sangat awal jika anda berpikiran lulus SMA mudah cari kerja, sudahlah jangan banyak mimpi dan mendengar ninabobo yang manis-manis.

Masuk SMA itu perjuangan pertama anda menjadi Abu Abu, bukan Abu Janda apalagi Abu Jahal. Abu abu adalah warna bisa grey bisa juga indigo dalam deretan warna spektral yang tampak di mata. Pelajari yang tampak dulu sampai anda bisa menjadi Indigo dan tidak harus menjadi seperti Mba You, cukup anda menjadi Siswa SMA yang berbudi, bertawakal, rajin mengejar ilmu pengetahuan, rela dan tabah dalam penderitaan serta mengikuti semua petuah yang baik dari Guru dan Orang Tua.

Terkadang guru juga memberi petuah yang kurang tepat dan tidak situasional, maka pada kondisi seperti ini Anda wahai yang baru berseragam Putih Abu Abu harus rajin membaca, melek literasi, melek teknologi informasi tidak hanya mencari eksistensi dan menjaga jati diri sebagai tiktokers atau yutubers, melainkan bergunalah bagi dirimu dan bagi keluargamu.

Selamat menjalani Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah dan kiranya Tuhan menyertai setiap langkah anda kini dan selamanya.

Salam dari Guru Fisika,

Fisikarudy yang selalu dinanti