Rahma Safira Larasati

Sebelum saya menggambarkan atau mendeskripsikan tentang pak Rudy, saya akan menjelaskan definisi seorang guru secara umum.

Guru merupakan seseorang yang memiliki peranan penting didalam dunia pendidikan, yang memiliki tugas dan peran yang sangat mulia. Selain sebagai pengajar, guru juga bertugas membimbing dan mendidik para siswa-siswinya di sekolah. Guru adalah orang tua kita di sekolah. Sebagai seorang pengajar sekaligus pembimbing, guru harus memiliki kompetensi sebagai guru yang profesional. Kompetensi tersebut antara lain, kompetensi pedagodik, kepribadian, profesional, dan kompetensi sosial. Keempat kompetensi tersebut wajib dimiliki dan dipenuhi oleh seorang guru karena hal tersebut dapat mempengaruhi sukses tidaknya ia dalam mengajar.

Pak Rudy bekerja sebagai seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS) lebih tepatnya adalah seorang guru mata pelajaran fisika di SMA NEGERI 2 PALANGKA RAYA. Dari yang saya lihat, Pak Rudy itu orangnya pantang menyerah. Beliau mengutamakan kedisiplinan, jika ada siswa yang tidak mengikuti (bolos) atau terlambat selama proses pembelajarannya. Pak Rudy akan menanyakan siswa tersebut dengan detail, sehingga siswa tersebut tidak mengulangi kesalahan itu lagi. Sepertinya beliau tidak begitu menyukai suasana hening saat mengajar, beliau ingin siswanya aktif selama proses pembelajaran berlangsung. Pak Rudy orangnya juga suka bercanda, friendly sama murid-muridnya, suka berbagi pengalaman, dan tegas. Walaupun suka bercanda, tidak melulu dalam hal bercanda, ada saatnya juga beliau serius.

Jika siswanya melakukan kesalahan tentunya beliau akan marah, dengan marahnya seorang Pak Rudy mengajarkan siswa untuk langsung meminta maaf jika melakukan kesalahan, bukan asal meminnta maaf tapi kita harus tau juga apa kesalahan yang telah kita lakukan beserta alasan yang jelas serta berjanji tidak akan melakukannya lagi. Dalam kegiatan pembelajaran, beliau pasti mempunyai metode pembelajaran yang menarik dan memudahkan siswanya untuk belajar contohnya saja saat mengadakan pembelajaran lewat google meet, beliau pasti akan merecordnya dan memposting di channel youtube sehingga siswa yang belum mengerti dapat mengulang lagi materi tersebut. Dari yang saya lihat, Pak Rudy ini mempunyai bakat menyanyi dan bermain gitar.

Beliau bertugas untuk mengajar siswa-siswi di kelas XI MIPA pada mata pelajaran fisika. Terdapat 6 kelas, yaitu XI MIPA 2, XI MIPA 3, XI MIPA 4, XI MIPA 5, XI MIPA 6 dan XI MIPA 7 yang menjadi tanggung jawab beliau dalam mengajar pada mata pelajaran fisika. Tidak kerasa waktu berjalan begitu cepat, kurang lebih satu tahun beliau mengajar kami di kelas XI. Sepertinya ini adalah tugas terakhir yang bapak tugaskan kepada kami, mungkin juga ini pertemuan terakhir karena tanggal 14 kami akan melaksanakan Penilaian Akhir Semester (PAT). Sehat selalu Pak Rudy beserta keluarga, terima kasih banyak pak atas ilmu dan semua materi yang telah bapak berikan kepada selama satu tahun ini.