Muhamad Ramadhani

Rudy Hilkya, atau biasa dikenal dengan Pak Rudy oleh banyak muridnya, merupakan seorang guru yang mengajar di sekolah SMAN 2 Palangka Raya yang bertugas untuk mengajarkan mata pelajaran Fisika kelas XI MIPA 2 hingga MIPA 7. Pak Rudy merupakan seseorang yang memiliki berbagai keterampilan dari ilmu fisika, memiliki blog pribadi yang berisikan berbagai penjelasan serta pemaparan materi dan juga terkadang berisikan kesah hati dirinya, investasi, aktif dalam berbagai sosial media, dan pandai dalam menggunakan berbagai aplikasi yang baru dalam komputer dan dari internetnya. Pak Rudy dalam melaksanakan tugasnya sangat disiplin dan tidak toleran kepada yang tidak bisa mengikuti arahan yang sangat simpel. Dalam 1 tahun ajaran pada kelas XI ini, dari bulan Juli 2020 hingga Juni 2021, yang dipenuhi dengan berbagai hal yang baru, dari segi pengajarannya hingga komunikasinya. Dalam satu tahun ini, cara pengajaran dipaksa diubah diakibatkan oleh pandemi COVID-19, terpaksalah Online School yang mengakibatkan harusnya beradaptasi, tetapi karena Pak Rudy sudah memiliki banyak pengalaman dalam menggunakan teknologi dan Internet, ia cukup memiliki ilmu untuk melaksanakan pengajarannya. Cara Pak Rudy mengajar murid-muridnya berawal dari Google Classroom, pemberian materi melalui video YouTube untuk penjelasan materi-materinya, hingga penggunaan aplikasi seperti Zoom dan Google Meet. Dari sekian yang saya ceritakan, kelihatannya Pak Rudy ini sungguh jenius dalam teknologi, karena saya merasa Bapaknya mempelajari aplikasi-aplikasi itu seperti kita semua juga saat pertama kali menemukan dan menggunakannya. Sempat juga Pak Rudy ini membuat aplikasi dia tersendiri yang bertujuan untuk mengajarkan materi spesifik, dapat dikatakan Bapaknya sedang mencoba-coba mencari cara paling efektif untuk memberikan materi kepada murid-muridnya.
Untuk sifat dan perilaku Pak Rudy, dari pengalaman saya ini, tentu akan memiliki sisi yang baik serta yang buruk. Dari yang baik terdahulu, Pak Rudy ini sungguh rajin dan aktif sebagai guru, ia selalu mencoba memberikan usaha maksimal dengan perkiraan hasil yang maksimal. Pak Rudy juga tidak tanpa belas kasihan kepada muridnya, selama kita menghormati satu sama lain maka tidak akan melahirkan suasana yang tidak diinginkan oleh kedua pihak. Kemudian, sekarang bagian kebiasaan buruk bapaknya dari perspektif saya. Menurut saya, Pak Rudy ini merupakan orang yang mudah tersinggung, satu kata yang salah dan dapat membuat Bapaknya memerangkap orang yang menyinggung bapaknya tersebut. Selain itu, bahasa yang dipakai oleh Bapaknya terkadang sulit dimengerti karena kurang satu paham atas kata-kata yang digunakan. Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan.
Dalam cara pengajarannya, berani beda dengan guru yang lain dengan mencoba-coba mencari cara yang paling nyaman untuk bapaknya dan muridnya. Sekian dari saya, terima kasih atas waktu dan usaha yang telah Bapak berikan untuk membantu muridnya untuk naik ke kelas XII.

Bagi yang merasa berkenan berkomentar, sudilah mendaftarkan diri dahulu sebagai pengguna wordpress.com

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.