Gibretha Angelica Cakep

Pak Rudy Hilkya Hans Enggu Undjung, S.Pd, M.Pd atau yang sering kita panggil dengan sebutan Pak Rudy. Siapakah beliau ini? Pastinya kita sebagai siswa/i SMA Negeri 2 Palangka Raya, para Alumni Smada, dan bahkan orang di sosial media pun sudah tidak asing lagi kan mendengar nama guru Smada yang Populer satu ini. Ya, benar sekali beliau adalah guru mata pelajaran Fisika kelas 11, di SMA Negeri 2 Palangka Raya.
Tak terasa ya pak? Sudah melewati 2 semester ini kami diajarkan oleh Pak Rudy walaupun tidak bertatap muka namun dilakukan secara daring/online dikarenakan kondisi pandemic yang seperti sekarang ini. Suka dan duka dilalui bersama dan waktu berjalan begitu cepat layaknya Roller-Coaster asyiappp…yapss betul 😂.

Wabah virus covid-19 merajalela di berbagai penjuru negara, salah satunya negara kita Indonesia merasakan juga dampaknya dari wabah virus covid-19 ini. Namun, dengan kondisi yang seperti sekarang ini tidak menjadi sebuah alasan untuk kita tidak semangat dalam belajar dan meraih cita-cita. Walaupun jujur, saya sering kali dan terkadang terlintas dengan perasaan khawatir, sedih, takut, galau, dan bimbang akan berbagai hal baik itu yang akan saya lakukan, dan akan bagaimanakah masa depan saya nanti? Huft…semua hal itu sering menghantui saya, terlebih sebentar lagi saya akan naik ke kelas 12 dan harus menentukan pilihan dan alur mana yang akan saya pilih dan tuju. “But I still believe and believe that I can get through everything in my life” and “always pray and try the best”. Segala hal yang menghantui saya itu membuat saya harus bangkit lagi, keep grow and growing.

Ada pepatah mengatakan “Learn to walk before you run” dan saya akan melakukan itu. Prinsip saya, coba, lakukan, kerjakan, tidak menunda dan yakini, tetap semangat, senyumi dan lalui. Seperti istilah walaupun badai menghadang kapal tetap harus berjalan. Lakukan yang terbaik, apapun hasil akhirnya nanti. Saya bangga, karena saya sudah melakukannya dengan baik.

Btw tentang Pak Rudy Hilkya Hans Enggu Undjung, S.Pd, M.Pd. Menurut saya, Pak Rudy adalah sosok guru yang multitalenta dan terkadang susah untuk ditebak, sangat kreatif dan up to date, tegas, gigih, berani, cerdas, friendly dan humble, gemar membaca, berbakat dalam menulis (abstrak namun makna yang beliau sampaikan sangat mendalam), humoris, eksis dan populer di kalangan banyak orang, Pak Rudy juga aktif di berbagai bidang salah satunya di bidang pelayanan gereja (suara merdunya juga termasuk bakat terpendam Pak Rudy sehingga orang disekelilingi yang mendengarkannya menjadi terberkati), rajin, disiplin, pekerja keras, berprestasi, tidak patah semangat dengan apa yang ingin diraih (sama halnya seperti kami, ia juga pernah melewati masa-masa berjuang untuk studinya sehingga beliau bisa diangkat menjadi PNS Guru pada tahun 2001), selalu semangat, dan selalu memotivasi kami anak-anak didiknya tentunya dalam hal belajar dan meraih kesuksesan di masa depan. Walaupun banyak yang bilang Pak Rudy galak, namun menurut saya galaknya Pak Rudy itu pasti ada maksudnya tersendiri dan beliau mempunyai hati yang baik. Saya juga yakin, sebagai sosok ayah di rumah Pak Rudy dapat menjadi leader yang baik buat istri dan anak-anak terkasihnya.

Bersama Pak Rudy, Fisika yang banyak ditakuti oleh siswa/i bisa menjadi pelajaran yang menyenangkan dan penuh tantangan. Berbagai cara dilakukan oleh Pak Rudy demi menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan memuaskan bagi siswa/i. Terkadang, beliau bercerita dan bercanda gurau bersama kami seperti sedang stand-up comedy terkadang juga suasana menjadi tegang, canggung, dan serius.
Pak Rudy juga mengajak siswa/i memadukan Fisika dengan berbagai kegiatan lain; seperti praktek dan percobaan yang telah kami lakukan di semester 1 dan 2 yaitu berbagai percobaan contohnya seperti percobaan materi Elastisitas Bahan dan Hukum Hooke menggunakan aplikasi https://phet.colorado.edu/sims/html/hookes-law/latest/hookes-law_in.html, aplikasi android yang beliau buat untuk mempelajari Fluida Statis sampai dengan Hukum Archimedes termasuk beberapa soal uji kompetensi yang akan kami kerjakan, berbagai pengumuman dan informasi di blog fisikarudy.id, mengisi tabulasi frekuensi nada pada fret gitar, percobaan intensitas bunyi dan taraf intensitas bunyi, berbagai video pembelajaran di youtube maupun di channelnya sendiri (Fisika Rudy dan Siaran Suka-Suka), berbagai tugas, ujian, pts, dan tes evaluasi, video motivasi siswa/I di awal semester, calling bersama siswa/i, pertemuan di Google Classroom, Google Meeting, dan Whatsapp Grup Fisika, evaluasi penilaian diri, video interaktif, dan tugas literasi seperti sekarang ini.

Pak Rudy berusaha membangun kelas yang demokratis, aktif, kritis, kreatif, dan memotivasi niat semua siswa/i untuk belajar dengan baik terutama dalam mata pelajaran Fisika. Walaupun belajar dengan enjoy, tapi tetap harus serius dan disiplin. Selama ini Pak Rudy sering mempraktekkan beragam metode pembelajaran dan pengajaran yang mampu menarik minat siswa/i SMA Negeri 2 Palangka Raya dalam belajar Fisika, tak jarang juga dengan memanfaatkan media sosial dan online seperti di aplikasi blog WordPress https://fisikarudy.wordpress.com/, Instagram, Twitter, Facebook, Google Meeting, Google Classroom, dan juga Whatsapp untuk mengumumkan tugas, mengirimkan kuesioner, tautan atau materi ajar, hingga berbagi opini dan perasaan dengan siswa/i. Dengan adanya media sosial, penetrasi operasi belajar dan mengajar jadi semakin tidak berjarak. Membuat yang jauh menjadi dekat, walau hanya secara virtual.

Saya senang sekali, bisa kenal dengan Pak Rudy walaupun belum pernah berbincang dan mengobrol secara langsung/tatap muka. Namun, cara cerdasnya, kreatif, motivasi dan semangat yang beliau berikan di setiap pertemuan virtual di Google Meeting maupun di setiap blog yang beliau tuliskan dan juga berbagai video di Channel Youtubenya mampu membuat saya sangat terkesan pada pandangan pertama. Bahwa, tak salah lagi mengapa sii Bapak satu ini bisa menjadi Guru Smada yang Populer dan penuh inspirasi.

Beliau juga memotivasi dan mengajak saya masuk ke dalam ranah di bidang Astronomi, entah apakah yang menjadi alasan Pak Rudy memilih saya? Awalnya saya ragu akan jawaban apa yang akan saya berikan pada Pak Rudy, namun akhirnya saya sudah memilih untuk terjun dan mengikuti alur yang diberikan, berusaha mencoba akan pengalaman dan hal baru dalam hidup saya di bidang ini. Sama seperti halnya dulu, saya mencoba bertanding namun itu di bidang IPA, IPS, dan Geografi tingkat Nasional di UGM pada tahun 2018 di jenjang SMP. Tak pernah terlintas Astronomi sebelumnya di benak saya, namun Papah dari dulu selalu bercerita akan hal-hal di langit malam dengan pengalamannya saat Papah berada di kampung halamannya. Saya dan keluarga juga sangat senang menonton film tentang luar angkasa, karena filmnya action jadi sangat seru dan menantang. Entah mungkin lucu dan mustahil didengar, selain ingin melihat Menara Eiffel dari dekat saya juga punya bercita-cita ingin ke luar angkasa melihat dari dekat bagaimana dunia luar itu, dan fenomena-fenomena yang indah di luar angkasa. Selama ini, saya hanya menyaksikan pemandangan alam dari langit pada malam hari dan fenomena-fenomena yang ada saat terjadi beberapa tahun sekali. Yah, begitu cerita singkatnya gaiss hehehe.

Berbagai hal sudah saya lakukan setiap harinya untuk mempersiapkan diri, namun terkadang ada sedikit keraguan dan kekhawatiran, bisa atau tidak ya nanti? But, saya bangkit dan bersemangat lagi dan harus tetap yakin dan percaya. Yapsss…tanggal 4 Juni 2021 nanti saya akan bertanding untuk KSN-K 2021 bersama kedua rekan saya Kristan Noval dan juga Griselda. Semoga kami bertiga, bisa memberikan yang terbaik. Apapun hasil akhirnya nanti, kami bangga kami sudah pernah terjun langsung, belajar, mendapatkan pengalaman baru, dan sudah memberikan yang terbaik dengan versi kami masing-masing. Tuhan sudah berikan dan sediakan alur-alur itu dengan rancangan yang terbaik. Kami akan selalu ingat pepatah “Jadilah bintang, dengan belajar bintang-bintang” Yes, of course. We have done it. we have been stars in every endeavor we have made so far.”.
And the last, I said thank you so much. Terima kasih banyak, Pak Rudy sudah membimbing kami selama proses belajar-mengajar ini dengan baik dan terutama saya tentunya. Kalo ada kesempatan untuk bertemu Gretha mau mengobrol, berbincang, dan selfie dengan Pak Rudy hehehe. Stay safe & healthy pak, always happy, dan semangat selalu. Tuhan Yesus memberkati 😊

3 comments

Komentar ditutup.