Frederick Muhammad Toendan Macho

Rudy Hilkya, atau sering disebut Pak Rudy oleh banyak muridnya, merupakan seorang guru yang mengajar di sekolah SMAN 2 Palangka Raya yang bertugas untuk mengajarkan pelajaran Fisika kelas XI MIPA 2 hingga MIPA 7. Pak Rudy merupakan seseorang yang memiliki berbagai keterampilan dari ilmu fisika, memiliki blog pribadi yang berisikan berbagai penjelasan materi dan terkadang kesah hati dirinya, investasi, aktif dalam berbagai sosial media, dan pintar dalam menggunakan berbagai aplikasi yang baru dalam komputer dan dari internetnya. Pak Rudy dalam melaksanakan tugasnya sangatlah disiplin dan tidak toleran kepada yang tidak bisa mengikuti arahan yang sangat simple. Dalam 1 tahun belajar pada kelas XI ini, dari bulan juli 2020 hingga juni 2021, dipenuhi dengan berbagai hal yang baru, dari segi pengajarannya hingga komunikasinya. Dalam satu tahun ini, cara pengajaran dipaksa diubah diakibatkan oleh pandemi COVID-19, terpaksalah Online School yang mengakibatkan harusnya beradaptasi, tetapi karena Pak Rudy sudah memiliki banyak pengalaman dalam dunia maya dan seringnya berotak-atik di Internet, dia cukup memiliki ilmu untuk melaksanakan pengajarannya. Cara Pak Rudy mengajar murid-muridnya berawal dari Google Classroom, pemberian YouTube videos untuk penjelasan materi-materinya, hingga penggunaan aplikasi seperti Zoom dan Google Meet. Dari sekian yang saya ceritakan, kelihatannya Pak Rudy ini sungguh jenius dalam teknologi, tidak juga menurut saya, karena saya merasa Bapaknya mempelajari aplikasi-aplikasi itu seperti kita semua juga saat pertama kali menemukan dan menggunakannya. Sempat juga Pak Rudy ini membuat aplikasi dia tersendiri yang bertujuan untuk mengajarkan materi spesifik, dapat dikatakan Bapaknya sedang mencoba-coba mencari cara paling efektif untuk memberikan materi kepada murid-muridnya.

Sekian dari pengenalan Pak Rudy, mari saya lanjutkan ke bagian sifat dan perilaku Pak Rudy, dari pengalaman saya dibawah ajaran Pak Rudy ini, saya tentu akan memiliki perasaan yang baik serta yang buruk. Dari yang baik terdahulu, patut kita memulainya dengan sebuah kata-kata yang membuat seseorang senang terdahulu. Pak Rudy ini sungguh rajin dan aktif, baik sebagai guru maupun sebagai manusia yang sedang berusaha menjalankan hidupnya, dia mencoba memberikan usaha maksimal dengan perkiraan hasil yang maksimal. Pak Rudy juga tidak tanpa belas kasihan kepada muridnya, selama kita menghormati satu sama lain maka tidak akan melahirkan suasana yang tidak diinginkan oleh kedua pihak. Pak Rudy ini pintar dalam menggali ilmu dikarenakan bisa berbahasa Inggris. Nah, menurut saya itu saja yang dapat saya ambil kesukaan saya dengan bapaknya, sekarang bagian kebiasaan buruk bapaknya dari perspektif saya. Menurut saya, Pak Rudy ini merupakan orang yang mudah tersinggung, satu kata yang salah dan dapat membuat Bapaknya memerangkap orang yang menyinggung bapaknya tersebut. Itu saja deh rasanya, serta bahasa yang dipakai oleh Bapaknya terkadang sulit dimengerti karena kurang satu paham atas kata-kata yang digunakan. Sepertinya itu saja yang dapat saya katakan dari kebiasaan buruknya. Kalo hal-hal yang biasa ya seperti cara pengajarannya, berani beda dengan guru yang lain dengan mencoba-coba mencari cara yang paling nyaman untuk bapaknya dan muridnya. Menurut saya pasti ada saja anggapan Bapak bahwa orang ini memiliki kebencian yang lainnya, tapi menurut saya kebencian itu berasal dari kemalesannya orang tersebut untuk mencoba menaruh usaha yang setara dengan usaha yang diberikan oleh Pak Rudy. Sekian dari saya, terimakasih atas waktu dan usaha yang telah Bapak berikan untuk membantu muridnya untuk naik ke kelas XII. Mohon maaf jika ada salah kata atau penulisan.

P.S. maaf tidak sadar ternyata opini saya kepada bapak tidak cukup dalam 400 kata, mohon maaf atas tidak bisanya berada pas 400.