24 DESEMBER 2020

Memasuki masa cuti menjelang libur umum Natal 2020, setiap gereja masih membuka ibadah onsite di antara penambahan pasien terkonfirmasi positif covid-19 yang terus bermunculan, di sisi lain adanya bukti bahwa semakin kuat tracing penguncian pasien tanpa gejala juga akan meningkatnya jumlah pasien yang terpapar sehingga harus isolasi mandiri.

Berharap vaksin yang sedang melewati proses uji klinis sampai keluar izin penggunaan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan RI, kita doakan proses ini dapat berjalan lancar dan segera dimanfaatkan 182 juta penduduk Indonesia yang bergantung dengan data-data klinis dan survei kesehatan masyarakat.

Kita masih tinggi tingkat ketergantungan terhadap data-data pendukung uji klinis dari pabrikan vaksin tersebut, sebagaimana penjelasan Bapak Presiden Joko Widodo dan juga sementara menunggu pertimbangan dari WHO.

Mari kita tingkatkan kewaspadaan dan kecermatan tetap mematuhi protokol kesehatan bukan cuma cuci tangan dan menggunakan masker tetapi pula menghindari kerumunan walau kerumunan itu “hanya” 30an orang. Awas denda 5 juta sampai 15 juta jika melanggar maklumat jangan berkerumun ini malah menjadi klaster penyebaran baru.

Biasakan ikuti berita terbaru setiap saat dan Salam Sehat semua