MENGISI RAPOT

Pekerjaan rutin akhir semester dan setelah kemarin mengikuti Pemilihan Umum Kepala Daerah dengan segala eforianya, menghitung perolehan suara secara cepat berdasarkan perhitungan suara di setiap TPS (tempat pemungutan suara) ada di 12 kabupaten dan 1 kota di Kalimantan Tengah. Saya yakin koran lokal hari ini sampai tanggal 27 desember 2020 akan meningkat oplag-nya dan akan terus kehabisan cetak karena diserbu masyarakat yang haus akan informasi, terlebih jarang informasi yang akurat dan dipercaya disampaikan lewat media online.

Sehubungan dengan media online, sekolah kami pun mengisi nilai rapot secara online menggunakan sistem dapodik sekolah yang secara swadaya mandiri terhubung dari rumah guru-guru mapel, lebih sering tepar jaringan dibanding keberhasilan pengisian. Memang. Akhirnya saya memilih mengisi di sekolah saja karena aksesnya bisa melalui area lokal dan tentu saja cepat, masalah handal kadang-kadang bug sebab erapot-nya selalu di-patch atau ada pembaharuan dll. Seperti tidak bisa lebih dari 60 karakter untuk deskripsi isi rapot, kenapa tidak ditulis tuntas saja sih pada deskripsinya. Tidak mewakili maksud jika hanya dibatasi 60 karakter angka dan huruf tapi tokh itu juga yang bertahan sampai sekarang.

Harus bisa diterima dan harus bisa dipahami, kenapa bukan nilai saja. Sebab perlu narasi uraian deskripsi dan tetek bengek lainnya yang juga akhirnya tidak dipakai saat mendaftar SNMPTN terlebih UTBK – mana ada panitia yang njelimet membaca deskripsi tersebut. Apalagi digadang-gadang erapot tidak bisa diganti karena akan diaplot sebagai portfolio siswa yang bersangkutan, dus sekali lagi itu hanya janji-janji sejak zaman pengembang-pengembang sistem pelaporan hasil evaluasi belajar yang juga diubah lagi menjadi asesmen nasional. Tidak habis proyek untuk yang seperti ini dan hasilnya hanya berguna untuk daerah-daerah satelit sekitar pusat pemerintahan saja.

Mengisi rapot harus banyak akalnya, impor dengan excel 97-2003 dan ekspor lagi ke format yang sama, tidak bisa mengisi ke samping tapi mengisinya ke bawah sesuai banyak kompetensi dasar yang diujikan dan dinilai, lalu nanti mengeceknya satu persatu per nama siswa apakah nilainya menjadi seperti itu apalagi jika diisi secara asal dan serampangan, ada yang mestinya 87 menjadi 78 ada yang mestinya 96 malah menjadi 69, threesome, doggy style monastery mandatory, apalah style-nya yang ngga bisa bikin horny.

Sate Ayam – jam penjual sate ayam Madura beraksi adalah waktu yang tepat untuk mengisi nilai erapot ini. Jangan coba siang-siang atau sore-sore sebab dipastikan ruangan laboratoriumnya panas sehangat ruang spa batimung pijat tradisional dan tidak pernah bisa digantikan AC angin cepoi-cepoi sejak zaman iuran komite atau sumbangan pendidikan masih di atas 250 ribu. Ngga sempat itu saja kelak yang mengurus bagian AC.

Jangan membantah, sebab membantah membuat anda wahai pembantah bisa dimentah dan dipindah.

Sekian – isi pidato saya pada hari ini.

https://rudyhilkya.wordpress.com/2020/12/15/buat-perantau-muda-karena-pendidikannya/