MENULIS CEPAT

Photo by Julia M Cameron on Pexels.com

Seberapa cepat anda menulis
Seberapa banyak anda menulis
seberapa banyak anda berpikir
seberapa banyak anda membaca
seberapa banyak anda berkarya

Lima kata tadi – cepat menulis, banyak menulis, banyak berpikir, banyak membaca, banyak berkarya
Hal penting yang perlu dimiliki orang-orang yang akan menjadi terkemuka di dunia akademik, dunia literasi, dunia yang tidak hanya lisan berkata-kata, tetapi juga ada yang menjadi bentuk tulisan sebagai produk dari hasil olah pikir olah imajinasi.
Apakah gambar bisa?
Tentu saja bisa, seberapa banyak gambar, seberapa komplek atau rumit gambar tersebut (beraliran realis, surealis, realisme, abstrak, kubisme, dan banyak macamnya)

Dalam dunia menulis, ada koran, ada media cetak, ada pamflet, ada flyer, ada poster – bahkan dalam dunia perdagangan digital tidak hanya gambar sebagai pemancing (click bait) tetapi juga banyak teks untuk mengisi jumlah order, rekening order, pemesan order, alamat order, klaim order, dan otomatisasinya closing transaksi dengan mengisi formulir yang didominasi teks.

Sekolah bagaimana?Apakah rapot hanya deretan angka atau gambar angka-angka, tentu saja ada deskripsi kompetensi, tanda tangan wali kelas dan kepala sekolah yang tentunya ditulis nama dan jabatan serta nomor induk sebagai pegawai dalam deretan huruf serta angka yang disebut dalam gaya font.
Tidak ada rapot cuma gambar, surat keterangan, sertifikat, lisensi, semuanya ada tulis menulisnya juga.
Sertifikat digital atau sertifikat elektronik, dari deretan huruf dan angka tadi diubah menjadi QR code – Barcode atau kode batang atau kode kotak dengan lurik-lurik seperti batik.

Muara tulis-menulis ini adalah berkas-berkas, orang-orang yang bekerja perlu berkas-berkas dokumen sebagai bukti pengalaman kerja, bukan foto pernah bekerja atau keliatan berpengalaman karena foto bersama dalam sebuah bidang, tidak ada foto yang detail tentang hal itu kecuali mengabadikan setelah yudisium, setelah ujian skripsi, setelah ujian tesis, setelah wisuda, setelah menikah, saat menikah, saat berpacaran dan tidak ada foto saat berkencan atau saat malam pertama sebab itu tabu dan saru cenderung ke arah pornografi.

Kemampuan menulis, menyatakan gagasan atau pikiran itu dilatih agar berkembang, pikiran itu dinyatakan dalam huruf dan kata-kata bukan hanya bacot di mulut berbau busa ikan asin apalagi halitosis sebab gangguan pencernaan atau gigi busuk sebab tidak pernah mengikuti anjuran salah satu merk pasta gigi odol berditerjen dan berpengawet dalam kadar rendah. Kuitansi, bukti pembayaran, struk belanja dinyatakan dalam huruf dan angka sudah terima dari siapa, bayar untuk apa, selama masa apa. Tanda terima berkas apalagi tanda terima uang, insentif, honor, tanda tangan juga bentuk literasi.

Resepnya :
1. Buka notepad
2. Latihan membuat gagasan cepat
3. Latihan mengetik sekalipun salah ketik
4. Posting pada sebuah blog

nantikan keajaiban kedatangan pengunjung atau pembaca yang sengaja datang atau tidak sengaja datang karena diundang oleh mesin pencarian dengan tags yang tepat atau kategori yang pas dan ingin dicari menggunakan searc engine. Saya belum menggunakan resep Search Engine Optimazion sebab pesan wordpress premium kepadaku hanyalah TETAP MENULISI BLOG ANDA.

Tidak ada resep manjur selain menulis, menulis, dan terus menulis sekalipun jari pegal atau bahkan tangan hilang rasa gatalnya. Pokoknya menulis menulis menulis … anda juga tidak perlu membeli buku saya, tinggal klik google, ketik fisikarudy – perhatikan apa judul baru hari ini, kemarin, lusanya dan sebelumnya.

Nah, terlihat secara simpel bahwa menulis atau berliterasi itu sangat penting.
Maka saudara-saudara perlu melatihnya seperti saya sekarang.

Selamat mencoba membuat blog atau catatan harian digital anda.

4 comments

Bagi yang merasa berkenan berkomentar, sudilah mendaftarkan diri dahulu sebagai pengguna wordpress.com

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.