PENGALAMAN SAYA DENGAN WORDPRESS

Sebelumnya bagi yang mendukung blog ini terus berkembang, silakan menekan tombol sponsorship yang tersedia. Atas dukungan ANDA, saya mengucapkan terima kasih.

Saya menggunakan wordpress tepatnya sejak Oktober 2007 terhitung sampai dengan hari ini sudah lebih dari 13 tahun, jadi saya membangun blog ini selama usia lulusan Sekolah Dasar dan saat ini sudah kelas 7 di SMP yang sebentar lagi akan memasuki semester 2 di tahun pelajaran ini. Begitu Ibaratnya, usia dan perkembangan dari blog fisikarudy ini.

Banyak kawan-kawan saya yang dulunya getol menulis blog dan secara tidak terlihat kami berlomba untuk meraih banyak-banyakan viewers, ada seseorang di Kalimantan Tengah tepatnya di Pangkalan Bun yang menjadi panutan saya karena pengunjungnya yang tercatat dan tentu saja dia lebih dulu terkenal dari saya yaitu Pa Urip Rukim (Rukim = Rumah Kimia) sudah mencapai hampir 18 juta pengunjung dan dikunjungi puluhan ribu pembaca setiap harinya, itu bagian dari target saya. Juga ada kepala sekolah sebaya saya, yakni Pa Agus Sampoerno adiknya dari Mentor saya juga Dedi Dwitagama yang Motivator di Jakarta keduanya ini saudara bersaudara, bergiat di dunia motivasi dan pendidikan, manajemen pendidikan juga memiliki pengunjung blog yang jutaan umatnya, juga menjadi bidikan saya. Selain itu ada Wijaya Kusuma yang biasa kami sapa Omjay di SMP Lab School, seorang guru blogger yang juga sudah menerbitkan tulisannya menjadi buku sehingga lebih dipandang sebagai Penulis Buku dan Blogger. Jangan ditanya berapa puluh juta pengunjung blog-nya, Beliau juga memantapkan Personal Branding dengan tulis Menulislah Setiap Hari dan Lihat Apa yang terjadi. Dan terjadi pada kehidupan Omjay.

Kepada Pa Urip Rukim, rekan saya yang mengajar di MAN Pangkalan Bun, setiap kali memasuki kota di bagian barat Kalimantan Tengah ini, saya selalu terkenang dengan petuah dan wejangan beliau walau umur kami terpaut tidak jauh sekitar 3 tahun, namun visi dan pandangan Beliau tentang blog, dunia menulis, aktivitas digital, bahkan disebut penggiat digital yang meraih penghargaan bersama-sama pa Dedi Dwitagama tahun 2008 di Museum Wayang saat menerima penghargaan dari Pustekom Kemdikbud saat itu selanjutnya berturut-turut kami meraihnya dari tahun 2010 Pa Urim yang menang dan pertama, Om Dedi Dwitagama di tahun 2012 dan saya di tahun 2013 pada ajang Acer Guraru – menandakan bahwa perjuangan literasi penggiat blog ini sebenarnya jauh lama ada sebelum Gerakan Literasi itu dimulai yang ditambah Gerakan Literasi Sekolah, namun ya masih dipandang dengan mata picak apa hasil perjuangan dari penggiat-penggiat ini yang cenderung diliat dalam konteks pemanfaatan pribadi.

Saat ini setelah cukup vakum dari tahun 2018-2019 yang saya liat statistik hanya beberapa kecuali untuk postingan Angka Penting dari tulisan saya yang masih terus dikunjungi pelajar fisika terutama kelas X atau kelas 1 SMA yang masih belajar dalam topik Besaran dan Satuan, merupakan pemancing murni dari blog ini. Kunjungan bulanan rata-rata di atas 10k, untuk bulan-bulan tertentu ada yang mencapai 30k walau tidak pernah saya perbaharui, merupakan contoh eksperimen pembiaran yang sebenarnya jauh dari kemajuan yang sebaiknya jangan anda ikuti lagi. Mau terkenal atau dikenal orang lain, yah harus rajin menulis dan memosting-baik atau tidak baik itu tergantung pada pembaca dan pengunjung. Termasuk mahasiswa-mahasiswa yang tengah penelitian tentang pemanfaatan media TIK sebagai media belajar daring, sampai saat ini masih menggunakan referensi dari blog saya ini.

Kalo diliat apakah saya melakukannya dalam semalam, sama seperti membuat soal tes online, formulir google, survey dan lain-lain. Oh tentu saja tidak, tidak mungkin saya membangun kumpulan tulisan blog sedemikian rupa sama seperti mitos Bandung Bondowoso menciptakan candi Roro Jongrang – walau kita tau bahwa tidak benar seperti itu hehehe

Sejak tahun 2016 setelah saya diizinkan dari institusi perbankan menggunakan fasilitas mereka, saya mulai membeli domain fisikarudy.com dan sempat dua tahun saya menggunakannya setelah itu saya kehilangan passion untuk berdomain dan baru tahun 2020 ini saya menggunakan domain dengan titik id di belakangnya, sebab seperti anda tau sendiri bahwa harga domain saya yang fisikarudy.com itu sudah dijual dan siap ditawarkan kepada yang sanggup membayar 30 juta rupiah di HugeDomain.

Saat saya mengecek hosting di wordpress sendiri yang juga menawarkan hal yang sama, nama domain tersebut sudah tidak bisa lagi saya gunakan, saya harus menggunakan sebutan dan istilah lain yang juga tidak kalah keren namun itu untuk rencana berikutnya saja setelah saya bosan dengan domain saat ini 🙂

Fasilitas lain yang disiapkan wordpress pun saya gunakan, karena itu bagi pengunjung yang berkenan dan terkesan dengan hal-hal yang saya tuliskan sudilah kiranya menekan tombol-tombol sponsorship saya pada blog ini untuk mendukung pengembangan blog ini menjadi lebih cepat dan lebih besar.

Saya cendrung pembosan pada awalnya, sebab goal dan cita-cita terlalu banyak, sampai akhirnya saya tersadar dan tersandar dengan keadaan pandemi bahwa saya harus kreatif dan terus berkarya. Penulisan saya di blogspot terhenti adsense karena kecurangan saya sendiri dan saya tidak ingin mengulangi hal tersebut, monetisasi di youtube juga terhambat karena lack of idea, sesuatu yang harus dilawan oleh para content creator atau pembuat konten. Jangan jadikan prank atau hal-hal yang merugikan orang lain sebagai konten dari sosial media anda, itu kunci yang sangat saya pegang teguh.

Karena itu, kesempatan ini saya mengajak anda untuk mulai membangun merek pribadi anda melalui hal yang mudah yaitu menulis dan membaca, jika lebih mudah bagi anda berbicara depan kamera nah itu lebih bagus lagi dengan penguatan penyebaran cakupan melalui blog atau sosial media lainnya.

Kelemahan tidak bisa, bisa diatasi dengan berlatih dan mencoba. Sebagaimana kata Brendan Kane, ingin terkenal harus BERANI GAGAL. NAMUN, tidak sampai mengorban biaya mahal dan biaya besar dengan beriklan.

Saya memberikan solusi dari pengalaman saya, melalui media blog WordPress. Biaya terjangkau dan anda sudah disiapkan paket-paket tertentu yang pastinya berbayar namun masih sangat terjangkau untuk setahun disesuaikan dengan perkembangan bisnis dan usaha anda. KAlo saya mempersiapkan untuk pensiun, investasi dan lain-lain melalui blog ini. Yang terpenting dari semua kode SEO yang saya baca baik dari referensi luar atau dalam wordpress sendiri, TETAPLAH MENULIS BLOG jangan pentingkan iklan dan perluasan dengan kode-kode analytic yang ribet dan memusingkan anda – sampai anda terbenam pada kode-kode SEO tapi bagi anda yang penasaran bagus aja sih.

Berdasarkan pengalaman saya tadi, pesan WordPress kepada saya, TETAPLAH NGEBLOG – KEEP BLOGGING sisanya serahkan kepada WordPress. Tentunya itu adalah janji premium yang diberikan saat saya mendaftarkan blog ini ke dalam paket premiumnya. Jadi mari kita nantikan yang akan terjadi melalui monetisasi dan perkembangan brand, sisanya serahkan kepada media.

Maka kepada para siswa saya di kelas X atau XI atau XII atau pengunjung lain, atau calon siswa SMAN 2 Palangka Raya atau alumni sekolah menengah atas SMADA Palangka Raya, SMADA Pahandut dan berbagai sebutan lainnya, saya mengucapkan terima kasih atas dukungan, perhatian, dan komentar anda. Tetap mengunjungi blog saya ini tanpa henti dan memberi inspirasi motivasi memberi kritik dan usulan juga permintaan give away yang mudah-mudahan bisa saya penuhi.

Jangan berhenti mengejar keluasan berpikir dan saatnya anda dikenal luas oleh orang lain, menulis dengan tekun dan berkreasi secara merdeka. Semua usaha pasti akan ada hasilnya, ditekuni dan jangan menyerah

Keuntungan lain anda berkreasi di wordpress adalah, setiap tulisan yang anda posting secara otomatis akan muncul di twitter dan juga di halaman facebook namun bukan di berandanya. Bisa berupa tampilan sekali muncul atau utasan. Itulah mengapa saya menyenangi menulis blog di WordPress, masih berbeda jauh dengan tetangganya besutan google. Namun kemenangan google adalah tempat beriklan dan mesin pencari maha dashyat sehingga setiap blog anda yang ingin dikenal harus terindeks di mesin pencari top tersebut.


TETAP KREATIF DAN TERUSLAH MENULIS BLOG SETIAP HARI.

One comment

  1. Tapi dengan worldpress murid lebih mudah mengakses pelajaran dan jarang ada iklan yang muncul pak dan di worldpress bapak juga gak pernah lelet kalau saya lagi akses. Kadang ada blog yang lemot banget dibuka padahal sinyal bagus

    Semangat berkarya pak rudy jangan lelah memberii pelajaran walaupun secara online

    Suka

Bagi yang merasa berkenan berkomentar, sudilah mendaftarkan diri dahulu sebagai pengguna wordpress.com

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.