Ada yang seru dengan blog?

Sudahkah anda meninggalkan monumen atau pertinggal di dunia maya? Tentunya Anda sudah memiliki akun facebook, twitter, path, instagram atau blog? ya, ada yang sudah memiliki tapi tidak dirawat atau tidak diisi dengan rajin dan telaten.

Itu adalah sebagian cerita dari pengalaman saya memasuki ruang X-10 yang berisi kelompok minat ilmu-ilmu bahasa di SMAN-2 Palangka Raya. Saat saya tanya apakah semuanya memiliki blog? hampir semua siswa mengacungkan tangan tinggi-tinggi ke angkasa, namun saya tanya apakah sering diisi? semuanya terdiam seribu basa karena memastikan satu jawaban yaitu tidak bisa atau belum bisa 😀

Kenapa tidak bisa? karena sulit, karena tidak telaten karena tidak ada ide untuk dituangkan dalam blog, terlebih-lebih yang menjadi momok penting adalah malas mengisi atau malas menulisnya.

Mengapa malas menulis? karena tidak ada motivasi atau dorongan untuk melakukan hal itu.
Memang mengisi blog tidak seramai menulis status di facebook yang cukup berisi dengan 460 karakter atau cuma sekedar bercuap-cuap berulang-ulang di twitter sebanyak 160 karakter juga path dan lainnya.

Keunikan blog adalah laman atau situs ini sifatnya sama seperti catatan perjalanan atau jurnal. Karena sifatnya sama seperti catatan, kebanyakan para blogger menuliskan ide-idenya atau hal-hal unik yang ditemuinya, juga opini atau pendapat bahkan sumbang saran atau kritik tajam. Hati-hati dengan kritik nun tajam yang cenderung menyerang pribadi seseorang atau masyarakat karena keadaan masyarakat saat ini sangat peka, terutama setelah kasus Florence Sihombing dan Kasus pencemaran nama walikota Bandung yang beberapa saat lalu oleh sebuah akun twitter yang kemudian dibawa ke ranah hukum.

Bagaimana dengan anda? Apakah anda mulai dengan kritik, opini, atau cerita masa lalu atau cerita masa depan.

Jadikan laman blog suatu umpan untuk pertinggal selama perjalanan anda di dunia maya.

 

 

3 comments

  1. Iya pak. Saya mulai membuat blog saat kelas 3 smp. Saat itu ada tugas membuat blog. Saya membuat blog tentang tim sepak bola favorit saya. Waktu berlalu, saya mulai bosan dengan blog, gara – gara ada kegiatan lain. Padahal lumayan, blog bisa bermanfaat bagi orang lain dan lumayan bisa menambah penghasilan kalau terkenal, hehehe. Mungkin ini aja komen saya pak. Kali-kali, bapak mau mengunjungi blog saya. Terima kasih. mrifanisemti.wordpress.com Rifani X MIA 2

    Suka

  2. Nama saya Ivanna Sinta dari kelas X MIA-2 pak. Saya sebenarnya sudah mulai menulis di blog sejak kelas 1 SMP pak, tapi saat kelas 1 SMP itu saya belum mengerti bagaimana cara menulis blog agar blog tsb menarik untuk di baca, sehingga pada saat itu saya hanya memanfaat kan ‘reposting’ atau memposting ulang artikel orang lain di blog saya pak, walaupun saya hanya melakukan kegiatan ‘reposting’ tetapi saya mendapat 1000+ visitor selama blogging pak. Tapi lama kelamaan saya merasa jenuh dan kerepotan pak sehingga saya meninggalkan kegiatan tsb. Nah barulah saat kelas 3 SMP saya mendapat tugas untuk membuat blog, jadilah saya blogging lagi pak, tapi kali ini saya tidak melakukan ‘reposting’ melainkan saya memposting hasil jepretan saya pak, bapak bisa kunjungi blog saya di Blog IvanaSintaSemtu pak, tapi jujur blog tersebut sudah lama saya tinggalkan, karena saya jenuh dengan blog pak. Oh iyakalo boleh jujur juga pak saya lebih suka menulis di sosmed ketimbang blog karena 1. Saya tipe orang yg tidak suka di congein pak, karena cenderung posting di blog hanya di baca dan tidak ada respon maupun vote tentang artikel yg kita post sedangkan sosmed akan lebih banyak like dan comment nya pak. 2. Postingan di blog lebih rumit dibanding sosmed. Sekian komentar dari saya pak, maaf jika ada salah kata atau salah ketik pak. Terima kasih

    Suka

    • Iya Ivana, terima kasih sudah berkunjung. Agar Blog Ivana bisa dikunjungi bisa ditambah http:// lho di depan alamat blognya.
      Selamat Ngeblog kembali ya … dan votenya luar biasa 😀

      Suka

Komentar ditutup.