Terlepas dari berbagai kontroversi tentang jadi tidaknya Ujian NAsional 2013 dan kita pun tidak dapat menolak keinginan yang diamanatkan Undang-undang tersebut, maka berikut setelah disampaikan oleh Badan Nasional Standar Pendidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia pada akhir januari 2013 – awal februari 2013 yaitu Kisi-kisi Ujian Sekolah dan Ujian Nasional untuk mata pelajaran Fisika, diperoleh penjabaran pokok-pokok uji dalam mata pelajaran FISIKA adalah:
Kompetensi |
Indikator |
1. Memahami prinsip-prinsip pengukuran besaran fisika secara langsung dan tidak \langsung dengan cermat, teliti, dan objektif | Membaca hasil pengukuran suatu alat ukur dan menentukan hasil pengukuran dengan memperhatikan aturan angka penting |
Menentukan resultan vektor dengan berbagai cara. | |
2. Memahami gejala alam dan mekanika benda titik, benda tegar, usaha, kekekalan energi, elastisitas, impuls, momentum, dan masalah fluida | Menentukan besaran-besaran fisis gerak lurus, gerak melingkar beraturan, atau gerak parabola |
Menentukan berbagai besaran dalam hukum Newton dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari | |
Menentukan besaran-besaran fisis dinamika rotasi (torsi, momentum sudut, momen inersia, atau titik berat) dan penerapannya berdasarkan hukum II Newton dalam masalah benda tegar | |
Menentukan hubungan usaha dengan perubahan energi dalam kehidupan sehari-hari atau menentukan besaran-besaran yang terkait | |
Menjelaskan pengaruh gaya pada sifat elastisitas bahan atau menentukan besaran-besaran yang terkait dengan konsep elastisitas | |
Menentukan besaran-besaran fisis yang terkait dengan hukum kekekalan energi mekanik | |
Menentukan besaran-besaran fisis yang terkait dengan tumbukan, impuls atau hukum kekekalan momentum | |
Menjelaskan hukum-hukum yang berhubungan dengan fluida statik atau fluida dinamik dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari | |
3. Memahami konsep kalor dan prinsip konservasi kalor, serta sifat gas ideal, dan perubahannya yang menyangkut hukum termodinamika dalam penerapannya pada mesin kalor | Menentukan pengaruh kalor terhadap suatu zat, perpindahan kalor atau asas Black dalam pemecahan masalah |
Menjelaskan persamaan umum gas ideal pada berbagai proses termodinamika dan penerapannya | |
Menentukan besaran fisis yang berkaitan dengan proses termodinamika pada mesin kalor | |
4. Menganalisis konsep dan prinsip gelombang, optik dan bunyi dalam berbagai penyelesaian masalah dan produk teknologi | Menentukan ciri-ciri dan besaran fisis pada gelombang |
Menjelaskan berbagai jenis gelombang elektromagnet serta manfaat atau bahayanya dalam kehidupan sehari-hari | |
Menentukan besaran-besaran fisis yang terkait dengan pengamatan pada mikroskop atau teropong | |
Menentukan besaran-besaran fisis pada peristiwa interferensi dan difraksi | |
Menentukan besaran-besaran fisis yang berkaitan dengan peristiwa efek Doppler | |
Menentukan intensitas atau taraf intensitas bunyi pada berbagai kondisi yang berbeda | |
5. Memahami konsep dan prinsip kelistrikan dan kemagnetan dan penerapannya dalam berbagai penyelesaian masalah | Menentukan besaran-besaran fisis yang mempengaruhi medan listrik dan hukum Coulomb |
Menentukan besaran fisis fluks, potensial listrik, atau energi potensial listrik serta penerapannya pada kapasitas keping sejajar atau pada rangkaian kapasitor | |
Menentukan besaran-besaran listrik pada suatu rangkaian berdasarkan hukum Kirchoff | |
Menentukan induksi magnetik di sekitar kawat berarus listrik | |
Menentukan arah dan besar gaya magnetik (gaya Lorentz) pada kawat berarus atau muatan listrik yang bergerak dalam medan magnet homogen. | |
Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi GGL induksi atau prinsip kerja Transformator | |
Menentukan besaran-besaran fisis pada rangkaian arus bolak-balik yang mengandung resistor, induktor, dan kapasitor | |
6. Memahami konsep dan prinsip kuantum, relativitas, fisika inti, dan radiokativitas dalam kehidupan sehari-hari | Menjelaskan berbagai teori atom. |
Menjelaskan besaran-besaran fisis terkait dengan peristiwa efek foto listrik/ efek Compton | |
Menentukan besaran-besaran fisis terkait dengan teori relativitas | |
Menentukan besaran-besaran fisis pada reaksi inti atom | |
Menjelaskan macam-macam zat radioaktif atau pemanfaatannya |
Aslinya dapat diunduh sebagai berikut : KISI-KISI UJIAN SEKOLAH DAN UN 2013-FISIKA
Pokok-pokok ini dapat dikembangkan sesuai varian paket yang akan dikerjakan oleh siswa, dengan memberikan pelatihan yang rajin niscaya siswa semakin percaya diri untuk menyelesaikan ujian sekolah maupun ujian nasional yang diharapkan dapat mencapai nilai yang optimal dan berguna bagi karir mereka di masa mendatang.