Suhu dan Kalor

Suhu adalah derajat atau keadaan yang menyatakan sifat panas atau dingin suatu benda. Dalam fisika, sifat atau perilaku dinyatakan dalam angka atau bilangan hasil pengukuran.

Pengukuran suhu menggunakan skala Reamur, Celcius, Fahrenheit, dan Kelvin. Untuk satuan internasional pengukuran temperatur digunakan skala Kelvin, sementara di negara barat menggunakan Fahrenheit atau Celcius untuk menyatakan keadaan panas atau dingin lingkungannya.

Pengukuran suhu dilakukan memakai termometer dengan prinsip pemuaian. Pemuaian adalah peristiwa bertambah panjang atau memuainya zat karena mendapatkan energi kalor (panas). Bahan pengisi termometer yang memiliki pemuaian teratur sehingga mudah digunakan untuk mengukur adalah alkohol dan air raksa.

Air raksa memberikan pemuaian yang tepat sehingga dapat diperoleh akurasi pengukuran untuk suhu-suhu tinggi, sementara alkohol memiliki kemampuan memuai yang teratur pada pengukuran suhu-suhu rendah (gas-gas atau bahan-bahan kimia).

 

3 comments

  1. permisi Pak , mungkin pertanyaannya tidak sesuai dgn ini ,, tapi saya bingung dengan tugas ini , sudilah kiranya mau membantu saya .. ini pertanyaanya .. dengan menggunakan konsep tekanan , bagaimana cara makhluk bersel satu memasukkan makanannya ke dalam sel .??

    Suka

    • sebenarnya ke guru biologi atau ahli biologi, namun jika saya mencoba menjawab “mahluk bersel satu seluruhnya bekerja karena tekanan dari proses difusi dan osmosis, besar kemungkinan makanan dapat masuk ke dalam sel saat ada perbedaan tekanan antara di dalam dengan di luar sel, saat tekanan di luar sel lebih besar maka makanan yang ada di luar sel akan diserap masuk ke dalam prokarion melalui membran secara osmosis, begitu pula sebaliknya jika sisa makanan dibuang dilakukan perubahan tekanan pada bagian dalam sel lebih besar dari tekanan di luar sel sehingga terjadi pergerakan dari tekanan yang tinggi menuju tekanan yang rendah”. Demikian jawaban abal-abal dari saya

      Suka

Komentar ditutup.