Takezo Shimmen

Nama tidak dikenal walaupun memiliki keahlian pedang yang mumpuni dan meninggal pada usia 61 tahun sebagai seorang empu yang tidak terkalahkan. Takezo setelah ditawan Takuan Soho kemudian dipenjara di Higawara selama tiga tahun lahir kembali menjadi seorang pendekar samurai kawakan dengan berguru pada alam dengan sebutan Musashi.
Musashi dari Miyamoto atau Miyamoto Musashi No Kami Fujiwara yang banyak disebutkan di wikipedia dan berbagai video cuplikan yang menceritakan kisah perjalanan pendekar pedang panjang Jepang yang pernah hidup di negeri matahari terbit dari tahun1584 hingga 1645.
Novel Miyamoto Musashi ditulis oleh Eiji Yoshikawa dan diterbitkan pada tahun 1935 menginspirasi kekaisaran Jepang untuk melakukan ekspansi ke wilayah Cina dan Korea hingga akhirnya menjadi salah satu negara yang terlibat perang dunia di Pasifik. Kisah Musashi ini salah satu faktor pencetus dorongan tumbuhnya Bushido sebagai the way of life generasi Jepang tahun 30-40 an.
Semangat pantang menyerah dan mengikuti keinginan alam itulah yang menjadi dasar perubahan pola pikir menuju kebebasan sebagaimana cita-cita dalam lagu Gaedemus Igitur yang selalu dinyanyikan saat wisuda dan penerimaan calon mahasiswa baru di perguruan tinggi di seluruh dunia.
Bagaimana hasil kajian anda setelah membaca ebook Musashi yang pernah diterbitkan Gramedia tahun 1982 dan dijadikan ebook oleh KangSuzi sebanyak 807 halaman ini?

10 comments

  1. ini adalah bagian yg saya sukai. alasannya krn di bagian ini Akemi yg terkenal sbg gadis yang kuat bisa menangis dan menyerah pd keadaan krn seorang Musashi. Musashi tdk pernah membalas perasaan Akemi. memang aneh tipikal cowo spt Musash ini. ada dua cewe yg mencintai dia (Akemi dan Otsu) namun kedua-duanya tidak mendapat respon dari Musashi. untuk lbh lengkapnya bsa di lihat di –> http://nandanae.wordpress.com/2012/04/04/musashi/

    Suka

  2. Hal 194-201

    Seorang pemuda memikat perhatian orang, karena baik kimono maupun jubah merah pendek di atas kimononya itu betul-betul menarik perhatian. Rambut bagian depannya tidak bercukur, dan gelung rambutnya terikat pita ungu yang lain dari yang lain. Pakaiannya menunjukkan bahwa ia masih kanak-kanak, tapi sekarang
    ini tak semudah dulu menyebut umur seseorang dari pakaiannya. Dengan naiknya Hideyoshi, pakaian pada umumnya telah lebih berwarna-warni. Tidak aneh lagi bahwa lelaki yang sudah berumur sekitar dua puluh lima tahun terus mengenakan pakaian seperti anak-anak umur lima belas atau enam belas tahun, dan membiarkan rambut di ubun-ubunnya tidak dipotong.

    Kulit pemuda itu bercahaya penuh kebeliaan, bibirnya merah sehat, dan matanya terang. Di lain pihak, tubuhnya kokoh kekar dan kekerasan yang dewasa memancar dari alisnya yang lebat dan lengkungan ke atas di kedua sudut matanya.
    Status sosial pemuda itu juga sukar dipastikan. Karena sedang dalam perjalanan, ia mengenakan sandal jerami dan kaus kulit seperti yang dipakai semua orang. Jadi, dari situ tak dapat diambil sesuatu kesimpulan, dan ia kelihatan betul-betul kerasan di tengah pendeta pengembara, pemain boneka, para samurai compang-camping, dan para petani yang tak bercukur di kapal itu. Dengan mudah ia dapat diduga sebagai seorang ronin, namun ada sesuatu yang mengisyaratkan bahwa ia memiliki status lebih tinggi, yaitu senjata yang disandangnya di punggung dengan tali kulit. Senjata itu berupa pedang pertempuran yang panjang lurus, besar, dan buatannya amat indah. Hampir tiap orang yang berbicara dengan pemuda itu memuji bagusnya buatan pedang tersebut.

    Seorang pemuda tampan dan masih berumur sangat muda ini dianggap toji sebagai pembohong dan pembual karena toji tidak suka dengan pembicaraannya dan toji menganggap dia lebih unggul dibandingkan dengan seorang pemuda ini yang membawa pedang panjang itu. Toji sambil menghinakan pemuda tersebut dan mempermalukan pemuda itu dihadapanan orang banyak, dan pemuda itu pun membuktikan bahwa dirinya bukanlah seorang pemuda yang pembohong dan pembual. Setelah pemuda itu memperlihatkan dan membuktikannya kepada toji maka toji merasa malu dan tahulah ia sekarang, pemuda itu tidak berbohong atau menyuarakan bualan kosong. Ia memang masih muda, tapi ia pemain pedang menakjubkan. Toji kagum bahwa orang yang masih begitu muda dapat begitu hebat, tapi hormat yang dirasakannya itu satu hal, sedangkan kemarahan dalam hatinya hal lain lagi.
    Saya sangat kagum dengan pemuda tersebut karena walaupun masih muda dia mempunyai semangat yang tinggi, dan dia terus belajar tanpa meniru orang lain, dan membuat orang kagum dengan kehebatannya menggunakan pedang panjang tersebut. Dia berhasil membuktikan kepada orang lain bahwa orang muda bisa lebih unggul dibandingkan dengan orang yang lebih tua dari nya, seperti toji yang meremehkan pemuda tersebut,

    Suka

  3. Musashi Miyamoto adalah legenda………Bahkan karakternya di buat di banyak game, Samurai Warrior conthnya….Musashi memiliki pedang yang tajam, yaitu semangatnya

    Suka

    • di akhir cerita dituliskan, jika Kojiro menjadi hebat karena pedang nyata atau pedang tajam tetapi Musashi lebih hebat karena memiliki pedang semangat (walaupun ia bertarung hanya menggunakan bokken atau bokuto, pedang kayu dari dayung yang rusak)

      Suka

  4. Betul kata bapak, walaupun dengan pedang dari dayung yg rusak, tapi dengan pedang ‘semangat’ yang tak kalah ini juga bisa menyamai dengan pedang ‘samurai’ yang lebih tajam dari ‘silet’ (acara tv)

    Suka

  5. Cerita legenda samurai ini membuat semangat para kekaisaran Jepang berkobar. Legenda hidup yang patut diberi penghormatan dan dapat dicontoh semangat juangnya.

    Suka

Komentar ditutup.