Kekuatan Fluida

Sehubungan dengan pelajaran yang tengah kita bahas mengenai fluida statis dan fluida dinamis. Kejadian tsunami Jepang merupakan contoh nyata dan konkrit tentang kekuatan fluida. Fluida atau zat alir salah satu bentuknya adalah air. Air merupakan zat yang sangat cepat menyesuaikan diri dengan wadah atau tempatnya.

Jika air dikumpulkan dan bergerak dengan kecepatan tinggi maka hal itu bisa digambarkan sebagai sebuah benda masif yang bergerak membawa momentum dan impuls. Dengan massa jenis sekitar 1000 kg/m3 maka air memiliki berat F = \rho x g x V yaitu F = 1000 kg/m3 x 9,8 m/s2 x 1 m3 yang hasilnya sekitar 9800 kilogram alias 9,8 ton atau sekitar 10 ton.
Anda bisa membayangkan kendaraan sebesar 10 ton berkecepatan sedikitnya 32 km/jam hingga 60 km/jam menghantam benda ?
Nah, seperti itulah sekubik air yang dikirimkan dalam tsunami. Tentu saja tsunami mengumpulkan bermilyar-milyar kubik untuk membawa kehancuran atau sifat destruksinya.
Maka inilah inti dari pertanyaan nomor 1 dari Helep Wantet yang saya tuliskan beberapa waktu yang lalu.

119 comments

  1. maksudnya, tsunami itu contoh konkrit dari soal nomor 1 itu ya pak??

    aduh duh duh … mana dong urutannya … ke-1 komennya gitu nah

    supaya saya nggak repot masukkan nilainya

    Suka

  2. makasih pa buat bantuan clue menjawab pertannyaan no 1 dihelep wantet ,semoga besok kami erhasil melakukan percobaannya amin ๐Ÿ˜€

    duh duh Lia ewol … kasih dong urutan komennya ke berapa gitu nah ?

    Suka

  3. makasih pak, saya coba pahami dulu
    komen ke 3 ๐Ÿ˜€

    kamsudnya … setelah membalas komen tetap ada komen ke – anu sesuai urutan yang membalas dong sis ๐Ÿ˜€

    Suka

  4. urutan ke3

    iya pak…. air memang bisa jadi teman kita di saat mereka bisa dikendalikan manusia, tapi kalau airnya kayak tsunami, weleh-weleh…. mengerikan banget, tidak bisa menjadi teman, kecuali kayak di film avatar the legend of aang

    sekarang Yunita bukan lagi ke-3 dong … tapi urutan setelah sebelumnya komen ๐Ÿ˜† … wah kacaw nih

    Suka

  5. komen ke-7
    wahh..kekuatan gaya momentum dan impuls yang dibawa juga sangat kuat…

    diralat lia …. liat urutan sebelum lia yang kasih opini … memang traficnya rada padat sekarang

    Suka

  6. komen ke-10
    wihh… trus bisa ga dialihkan jadi PLTT (pembangkit listrik tenaga tsunami) ๐Ÿ˜€
    susah kali yaa

    Suka

  7. ke – 11
    maaf nan ak ngambil nomor km …wwkwkw
    pas bgt yaa pak bisa kebetulan dengan pelajaran yang sedang kita bahas ๐Ÿ˜€

    Suka

  8. KE-15 (jangan ngejunk please)
    syukuri apa yang ada ja gin -_____-

    semua berawal dari kesalahan kita sendiri ..
    mungkin itu bencana yang di buat manusia sendiri ..
    teserah ja gin pusing kepala ..
    maaf pak … bwaahaha .
    mohon di mengerti sir ๐Ÿ˜€ ๐Ÿ˜€ ๐Ÿ˜€
    thanks

    Suka

  9. Wahhh kalau owyend ke 17, eh tapi harusnya owyend ke – 16 komennya . . .
    Berarti saya ke – 17 belas . . .
    Kekuatan fluida ternyata menyeramkan . .

    Suka

  10. komentar 22 ::
    wow, sangat membahayakan ………., kekuatannya sangat besar sekali .,
    ๐Ÿ˜ฆ

    Suka

  11. saya komen ke 21..
    satria kan 20 berarti saya 21.. ya kan ?
    makanya jangan anggap remeh air..
    air tuh punya super power loh.. ๐Ÿ™„

    Suka

  12. komentar ke 24 ,,
    saya prihatin sekali melihat korban” yang telah di temukan . . .
    rata” sudah tua . . .
    jdi sulit menyelamatkan diri . . ..

    Suka

  13. komentar ke 29
    dahsyat betul dampak dari Tsunami ini ๐Ÿ˜ฎ
    tembok penahan air di Distrik taro, Jepang yang tingginya mencapai 10 meter saja tidak mampu menahan gelombang Tsunami dan menolong rakyat Jepang yang ada di belakangnya ๐Ÿ˜ฎ ๐Ÿ˜ฆ

    Suka

  14. komen ke 29 – hmm… dgn kekuatan fluida yang begitu besarnya yg bisa meluluh lantah kn bbrpa kota kota di “Jepang’…ยญยญdengan Tsunami dimana adanya perpindahan energi gempa ke fluida melalui pergerakan air laut mnjadi sebuah gelombang dasyat…ngeri juga yahh pak… apakah msii ada kekuatan fluida yang lebih besar lagi ? ๐Ÿ˜€

    Suka

  15. komen ke-30

    kekuatan fluida lewat kejadian tsunami ini tak hayal bisa membuat semua barang ,rumah, kantor dll lenyap di bawa terjangan airyang berkubik-kubik.

    Suka

  16. KE – 32
    Weleh – weleh..benar – benar dahsyat dampak dari tsunami yang melanda jepang .. ๐Ÿ˜ฆ
    jadi Semakin dalam fluida , semakin besar tekanan / tenaga fluida tersebut …

    Suka

  17. komentar 34
    dahsyaaaaatnya kekuatan fluida
    dahsyaaaaatnya tsunami
    airnya sedikit jadi kawan tetapi air yang banyak jadi lawan ๐Ÿ™‚

    baru 37 ja vin

    Suka

  18. komentar ke- 79
    wah, Jepang harus berusaha keras kembali memulihkan keadaan..
    tapi hebatnya, disiplin rakyat jepang masih mengental sampe-sampe pas evakuasi tertib antre ๐Ÿ˜€

    waduh bu belum sampe sedashyat ini … hitung urutan ke berapa lalu ditambahkan 4

    Suka

  19. Komen ke 46 kalo gk salah

    Ngeri juga kekuatan negatif fluida yang bisa menghancurkan kota.

    Suka

  20. Komen Ke 49

    pak..kalau misalnya tsunaminya cuman air tanpa membawa barang-barang “dahsyat” yang ikt hanyut juga, bisa merobohkan rumah juga tetep pak? kalau hanya air saja pak…

    Suka

  21. ke 55
    wuaahh…
    dahsyatnya lah pak..
    untung kita berada di tengah2 jd kecil kemungkinan untuk bencana tsunami menerjang kota palangkaraya tercnta ini.. ๐Ÿ˜ฎ

    Suka

  22. komen ke-59
    wah ternyata fluida dengan massa jenis yang sangat besar bisa menjadi musibah ya pak..
    ckckck

    Suka

  23. komen ke 60 ..
    fluida itu tentunya punya energi yang sgt besar, shingga bisa menghancrkn bbrp bangunan di daerah bencana tsunami..

    Suka

  24. Komen ke 61
    Teryata Jepang yang dikenal pintar dengan teknologinya dan cekatan bisa juga kalang kabut menghadapi tsunami, ternyata tsunami tersebut benar” dasyat.

    Suka

  25. pada hakekatnya.. seberapa besar kekuatan pikiran maupun fisik manusia tidak yg bisa melebihi sentilan Tuhan yg berupa tsunami… widihh bhsanya hee

    Suka

  26. absen… salam kenal pak guru ๐Ÿ˜€ kapan-kapan dibahas tentang tuning mesin 4 stroke pada sepeda motor karya Graham bell pak, banyak bikers yang penasaran termasuk saya. juga dibahas tentang rumus menghitung pipa knalpot dan diameter pipa knalpot pada sepeda motor 4 tak.. ๐Ÿ˜€ kalo ada buku referensi tentang dua hal diatas, mohon diemail kealamat yudi.indonesia@yahoo.co.id Thanks before pak ๐Ÿ˜€

    Nitip artikel pakGuru ๐Ÿ˜€
    https://yudibatang.wordpress.com/2011/03/15/tips-mandi-yang-baik-setelah-kehujaan-saat-riding/

    apakah ada yang berkenan menindaklanjuti ide di atas, saya beri bonus +6 untuk yang berhasil mosting hal tersebut di atas ๐Ÿ˜€

    Suka

    • mas yudi sudah memberi ide yang bagus, mudah-mudahan nanti ada rekan-rekan muda ini yang tertarik menggarap ide tersebut menjadi referensi ๐Ÿ˜€ …
      terima kasih sudah mengunjungi blog saya

      Suka

Komentar ditutup.