Teringat Masa Kecilku

Little Rudy

Yang Terbaik Bagimu (Jangan Lupakan Ayah) – Ada Band

Teringat masa kecilku kau peluk dan kau manja

Papah Hans Enggu Undjung (birth : 4 Agustus 1941, died : 17 Maret 1998)

Indahnya saat itu buatku melambung
Disisimu terngiang hangat napas segar harum tubuhmu
Kau tuturkan segala mimpi-mimpi serta harapanmu

di Jakarta awal 1970

Kau inginku menjadi yang terbaik bagimu
Patuhi perintahmu jauhkan godaan
Yang mungkin ku lakukan dalam waktu ku beranjak dewasa
Jangan sampai membuatku terbelenggu jatuh dan terinjak

Reff:
Tuhan tolonglah sampaikan sejuta sayangku untuknya

Quartet

Ku terus berjanji tak kan khianati pintanya
Ayah dengarlah betapa sesungguhnya ku mencintaimu
Kan ku buktikan ku mampu penuh maumu

belajar-monyong-minum (BMM)
belajar-manyun-minum (BMM)

Andaikan detik itu kan bergulir kembali
Ku rindukan suasana basuh jiwaku
Membahagiakan aku yang haus akan kasih dan sayangmu

bersama Bue dan Tambi Betung, Keluarga Hatta H. Djangga

Tuk wujudkan segala sesuatu yang pernah terlewati

menghadiri Ultah Andi Rifaldy - Bukit Hindu

136 comments

  1. wahh bpk..lgunya jdi ngingatin aku sama pph ku pak.
    .bpk wktu kcil ganteng ya,,,lucu

    .oiaa pak,diantara yang quartet itu bpk yang mn?

    yang paling bulet dan kecil …

    Suka

  2. org tua adalah segalanya bagi kita,,terlebih ibu.namun disisi lain ayah terlupakan.dimana ayah ternyata bisa lebih melindungi anaknya

    Ayah ingin anak-anaknya punya lebih banyak kesempatan daripada
    dirinya,menghadapi lebih sedikit kesulitan, lebih tidak tergantung
    pada siapapun – dan (tapi) selalu membutuhkan kehadirannya.

    dimana ayah selalu menyuruh kita melkukan hal-hal yang kita sukai tanpa larangan (hal positif).
    Ayah membiarkan kamu menang dalam permainan ketika kita masih kecil,
    tapi ayah tidak ingin kita membiarkannya menang ketika kita sudah besar.
    Ayah tidak ada di album foto keluarga, karena dia yang selalu memotret.
    Ayah selalu tepat janji!
    AYAH ITU MURAH HATI…..
    Ia akan melupakan apa yang ia inginkan, agar bisa memberikan apa yang
    kita butuhkan…. .
    Ia selalu berfikir dan bekerja keras untuk membayar spp tiap
    semester, meskipun tidak pernah membantunya menghitung berapa
    banyak kerutan di dahinya….

    Ayah akan berkata ,, tanyakan saja pada ibumu”
    Ketika ia ingin berkata ,,tidak”
    Ayah tidak pernah marah, tetapi mukanya akan sangat merah padam ketika
    anak gadisnya menginap di rumah teman tanpa izin
    Dan diapun hampir tidak pernah marah, kecuali ketika anak lelakinya
    kepergok menghisap rokok dikamar mandi.
    Ayah mengatakan ,, tidak apa-apa mengambil sedikit resiko asal kamu
    sanggup kehilangan apa yang kamu harapkan”

    esei yang menarik dan pas untuk disimak baik-baik … teruskan christa, saya salut … tapi ini bukan copas kan ? kalo ada sumbernya tuliskan saja sumbernya supaya afdol dan sumber tidak merasa dirugikan sebab apa saja yang tertulis di blog ini milik publik 😀 happy Sunday and GBU

    Suka

  3. albumnya bagus pak!!!
    sayangnya saya tidak ada kenangan masa kecil!!!
    jangan sampai ingatan itu hilang pak!!

    Suka

    • harus berbedas terus pikirannya …
      perubahan karena secara fisik bertambah usia ..
      mau juga mukanya baby face terus .. tapi keriput juga mulai harus diperhitungkan 😀

      Suka

    • hihi .. tapi sampai sekarang wajah bapak masih awet muda tak mencerminkan sudah letih pak.. (mungkin krn bapak easy going kali ya?)

      Suka

  4. wahh bapakk benar2 MTOP..(Memang TOP)
    hehe
    iya betul kata maya, wajah bapak bener2 sama dengan sewaktu bapak kecil..
    wahh nanti sepertinya saya juga bikin postingan bau nihh , dengan poto2 saya waktu masih anak bebek *muka manyun 😆
    menurut saya, memang terkadang ayah adalah org yg paling keras didalam hidup , sesuai dengan filsafat bapak, “keras di luar lembut di dalam”…
    bagaimana jika kita hidup tanpa sosok seorang ayah?? justru sangat keras hidup kita, ditambah lagi mungkin takkan ada kenangan yg berarti dalam hidup..

    Suka

    • ide di atas gara-gara ada yang menyarankan memasukkan foto waktu bayi atau waktu kecil, kebetulan dari kecil ayah saya tu narsis dan suka motret makanya sekalian aja .. udah keturunan sudah suka motret-motret sampe sekarang :mrgreen:

      Suka

    • haha.. iya yak.. sepertinya ayah pak rudy narsis.. nurun ke anaknya sampai sekarang suka motret2,, jangan2 nanti anak bapak jadi photografer.. bisa jadi tuh..

      saya baru bikin postingan ttg blog bayi di blog saya.. semoga berkenan.. 😀

      Suka

    • air hujan jatuh ya ke pelimpahan juga, bukankah sudah ada peribahasanya …
      karenanya anak-anak selalu memiliki kemiripan dengan orang tuanya walaupun tidak disadari 😀

      Suka

  5. wah bapak emang top deh..
    foto masa kecilnya masih ada..
    di simpen baik2 nih kayaknya..
    hehehe 😀

    tpi, saya jdi sedih deh..
    karna lagu Yang terbaik bagimu (Jangan Lupakan Ayah) yg dinyanyiin oleh Ada band itu emang sllu bikin saya sedih, bahkan nangis..
    karna, saya jarang bgt ngobrol sama Pa2 saya..
    itu dikarnakan pekerjaannya yg byk bgt yg bikin dia sibuk & jdi jarang bgt ngobrol sama saya..
    maka dri itu, saya sllu sedih stiap dengar lgu ini..
    karna saya mrsa kurang mendpt perhatian dri Pa2 saya..

    mudah-mudahan ada saatnya Gladys dapat bercakap-cakap dengan Ayah setiap saat, tunggu saja waktunya yang penting jangan berhenti berharap dan berdoa 😛

    Suka

    • yeah.. but nobody knows, what was you gave for me and other student in Smada, it’s perfectly give student “other” knowledge sir

      i always hope like you did 😀 …

      Suka

    • wahh,,,skrg aku bnran nangis…:'(

      .papah itu sgla nya,
      aku bahkan gg sadar akan smw’a
      papah uda rela ngsih apa yg aku minta
      contohnya aja motor,papah sllu brpikir kalau apa yg aku miliki gg cuma milik kita,tapi brsama

      .

      Suka

  6. ih waw…
    bner bpak sama mukax dg pas msh KcL,tag ada bda…
    baby fce N cakep..
    tapi kalo saya ga trlalu bnxk pak foto wkTu msh kcil…
    soalx aq dulu ga suka dfotoo… 🙂
    kalo Bpak kyx narsis yah pak dri kcil..
    hehe 🙂

    menurut saya wajah waktu kecil itu yang tidak bisa dipertahankan lagi saat ini, karena makin berkeriput 😀 … kalo narsis sepertinya sudah diajar tuh oleh ayah saya :mrgreen: makanya susah dihilangkan, apalagi anak saya juga rada-rada ikutan 😆

    Suka

  7. hummm…sama sPeri GLadys 😦
    Trkdnk malah sperlux ajaa papah saya ngomong dg saya…
    aq ga dkat dg pappa…
    Tp Lbh dket bgt ama mamah..
    huufftt 😦
    yah tapi Bgaimnapun saya Syangg BgT ama pappah 🙂

    Suka

  8. ihh waow bpk imut bgt wktu kcil..
    dan msh mrip ma yg skrang..hhe
    bpk kn ska fto2 nrun sfat dri papah..
    klo sya jga ada nrun sfat dri papah, yaitu jahilnya..hhee 😛

    Suka

  9. papah.. The best actor 4 me… Hehehe.. Tp skrng..ppah jrang k’paray,gra2 bnyk krja’n d’seruyan.. T.T .. Jd q g bs mnja2 lg m pph..klo m mmh..bsa d’ejek’n.. Huh..

    Suka

  10. wweeaaahh . . .
    pa itu dlo bapak TK tahun brpa pa . .??
    fto’y lucu hehehe . . . .
    jdi pengen kcil kya dlo lgi . . . . . . .
    :0

    Suka

  11. mlihat ini..sya jg jdi tringat sma msa kcil sya.. T.T
    kalau di pkir2 stiap org tua it psti sayang sma anak2nya..
    dan psti sllu ingin mmbrikan yang trbaik utk anaknya..
    karena itu, kita jg hrus bsa mmblas kbaikan org tua kita dan berusaha untuk tdk mngecewakan mrka..karena, tnpa mrka kita tdk akan ada di dunia ini…

    Suka

    • nah itu lah pam,,
      seperti kata kira ,bgaiman kala tdk ada cintadidunia,,
      kita tdk bsa ada sprtii skrg.
      oia,,itu yg paling aku takutkan dlm hdup ku yg skrng,,aq taku tidak bsa membalas smw’a
      .apalgi kaau bnr 2012 kiamat,,
      takut bgt pisah sma mrk

      Suka

  12. Andai waktu bisa terulangan saya ingin kembali kemasa2 saya waktu kecil pak, karena dimasa kecil saya bisa mersakan kebhagiaan yg tak bisa dibayar dengan apapun didunia ini pak…

    syair2 yg bapak tulis sangat menyentuh hati saya pak..
    terimakasih ya pak.

    Suka

    • yah…
      kalo aja ada waktu Yg ngulangin masa lalu…
      humm…
      Pngen jg jd ank kcil lg,yg dimanjaa n selalu ceria Krna ga tw apa2
      huft..

      Suka

    • saya jga pngen ngualangnya lagi..

      tpi apa mngkin yaa..,
      saya pngen mrsakan indah keluarga yg dulu.
      abisnya blum tercemar oleh bibit” yg skrg(adik)
      .yg dulu bisa peluk papah mamah,tpi skrg gg.
      😥

      Suka

  13. Waa ..
    beda sama yg skarank pak .

    saya jg wktu msh KciL gendut skali , sampe leher.a gg kliatan.
    tapi skarang jd kurus kering .

    Suka

  14. p.rudy… kog fto bpa wktu kcil,g ada yg tersenym???? smua berwajah tegang??? bpa dlu wktu kcil tkut difoto ya??? hehehehe…bcanda pa???!!!

    bingung soalnya nggak tau difoto itu apaan, sebab tidak berasa dan tidak ada gambarnya sesegera mungkin setelah dijepret.

    Suka

    • hehe…
      iya kyag ga tw apa2 gituh yah paakk….
      tp Skrg pastix dah bda sekali yah pak,bpak lgs trsenyum lebbaar kalo dfotoo..
      hehe 🙂

      Suka

  15. kenangan yang manis pak…
    bapak juga terlihat lucu 🙂

    masa kecil memang membahagiakan…terlebih lagi kenangan kecil bersama orang tua…..hal yang paling menarik dan mengharukan untuk dikenang pak…
    kita mungkin selalu berharap di dalam hati kecil kita,”Apakah saya bisa mengulang masa-masa indah kecil ku dulu?”

    menurut bapak kenagan apa yang paling bapak ingat ketika masa kecil bapak? 🙂

    rasanya kurang afdol jika dituliskan disini, nanti ada paragraf atau posting lain saja ya 😀 … bukan mau membatasi tapi nanti kita kehilangan fokus pembahasan fisika cinta dan kisi-kisi serta keadaan kita ini kan ? yang serba mau menerapkan bahasa pengantar bahasa asing campursari bahasa indonesia dan bahasa ibu kita kartini 😛

    Suka

  16. iich waw…
    Jadi ingat masa kecil saya pak…
    dulu waktu masih kecil saya juga sering difoto….kalau diingat2 hampir 2-3 album isisnya foto saya semua…..hheeehe 😀 😀
    Yg kuartet itu siapa2 aja pak?? Saudara2 bapak yyaa???

    itu saudara-saudara sepupu saya waktu zadul … saya lupa tahun berapa ?

    Suka

  17. @cha”: ternyata benar, dr kecil ampe gede masih suka foto”!!

    waw . .di zaman bapak dulu sudah ada mobil mewah ya . . .(digambar terakhir)

    setiap masa tentu ada mobil mewah, misalnya tahun 2000-an toyota soluna itu mobil mewah sampai dijadikan mobil dinas pejabat, nah tahun 2007 toyota sudah bergeser menjadi vios dan camry sebagai kendaraan pejabat yang notabene mobil mewah (juga Innova, dulu saya lupa namanya). Sekarang sedan vios mempunyai varian toyota limo sebagai mobil taksi 😀 …

    Suka

    • weh. . . .pusing, ga ngerti soal mobil! namanya pun pada ga tau!heeh. . .
      tapi pak Rudy memang akrab dengan dunia mobil ya!. . .
      bisa jd ahli di bidang ‘mobil masa depan’ nih!

      belum ahli, masih kurang banyak membaca sayanya 😀

      Suka

      • haha.. ngaco aja kamu.. 😆 apa kata dunia?
        😀 bapak kan guru+potographer..
        kamu saja ray jadi ahli bidang permobilan, supaya nanti di masa depan, kita bisa kerja sama.. 🙂

        Suka

    • buat pak Rudy : punya kakek saya malah mobil kodok antik warna hitam ..itu aja udah disayang banget sama almarhum kakek.. waktu kecil kakek bangga sekali bawa saya mutar2 alun-alun .. hihi 😆 lain lagi om saya , penggemar motor lawas.. punya koleksi harley kupitson..hihi

      Suka

  18. ih wow.. pak rudy kelihatan bersinar .. bikin bling2.. itu foto pertamanya ganteng pak.. 😀 kok mirip sama sepupu saya di jawa ya? hehe

    Suka

  19. wah,Bpk wkt kecil lucu,mirip Pak Rudy.hhe…
    Tp salut Pak,walaupun udh lama tp Bpk msh nyimpan foto2 moment bpk ama keluarga wkt kecil. Saiia suka liat foto quartetnya,knpa gk bt grup band aja pak jd four brothers…hhe psti heboh!!!

    semuanya punya jalan masing-masing, lagian itu sepupu saya … sementara saudara kandung saya cewe seorang hanya satu .. yang fotonya BMM itu loh 😀

    Suka

  20. waahhh, pak rudy junior imut”.
    senengnya mengenang masa lalu yg indah,,
    happy narsis juga bapak depan kamera.. ^o<V
    succes ,

    Suka

  21. pak saya mau bikin biografi juga, mencantumkan foto2 sewaktu saya kecil… (meski gedenya udah amit2)
    tapi sulit memasukkan di blog bapak karena saya belum tau caranya memasukkan kode HTML………. 😦 😦
    emm… 😀 😀 coba2 lagi ntar dikira spam..

    Suka

  22. hehehe….. saya jd teringat jg pak sama masa kecil saya !
    masa kecil memang masa yg plg menyenangkan . masa yg jauh dr kata kesibukan ! hehehe btw bapak ank yg ke brp ???

    Suka

  23. ooo….. iya pak klo blh tanya rumah bapak dulu dmn pak ?

    madiun, jawa timur 😀 …

    Suka

  24. waaa bapak…
    bapak hebat bisa nyimpan foto-foto lama bapak, kalo foto waktu aku kecil kayanya udah banyak yang hilang 😥
    aahh ngerasa nyesel ga nyimpan betul2 fotoku waktu kecilku T.T

    foto little Rudy itu totally bapak banget mukanya hehe 🙂

    Suka

  25. iya tuh Christta…
    tapi kalo aq Kyax ga TrLuu mirip ma aq yg dulu wktu kcil…
    aq duduk di skolah dsar snnguh anehh…
    gigi q itemm,rmbutt q pndeekk Bgt…
    sungguh Anehh tp nyattaa
    -.-

    Suka

    • hah????
      oh gtu yaa..put.
      kpn2 bleh dong q liat ftomu wkt sdny t..
      hehehe 😀
      brati hmpr sma aq jg aq skrg ma aq dulu,,,
      miripny sich dikit doang,,,,,.

      Suka

    • aduhh… dasar sulit auk percaya…. tapi low putri dh bilang kya gitoe mo ngemana lge??

      Suka

  26. kalau saya sih, malu2in semua foto2 masa kecil saya.. jadi susah klow mau nggumuminya ke jendela dunia maya seperti ini…

    Suka

        • Skrg ja tmpang jajau celemotan sama behingusan gt…
          Ga da bdax lho jou…???…
          Hahahaha…
          Peace…damai jou… ^^v…. Hihihi… 😀

          Suka

            • jauh dri dlu mpe skrg msih ajh tu clemotan.
              hhe,

              .klau aq msih disimpen sih,wlwpun udda rda kusam,tpi wktu ngeliad ftu nya,,aq mlh bsa ktwa sndri..

              .gg nyngka dlu qta sprti itu

              Suka

              • jauhari kamu saja ingusan waktu kecil, gimana aku ? haha.. aku waktu kecil sering dikuncir ditengah ke atas gitu sama mamahku, jadinya rambutku seperti air mancur..

                Suka

  27. knapa dengan masa kecilnya pak….?
    ada yang aneh ya pak…..?
    hehehe…. 🙂

    Suka

  28. ouch ya…
    knapa masa kcilmu jau…??
    ftonya suram ya ataw fotonya lagi jatuh kaya di kelas tadi…
    wkwkwkwk…. :0

    Suka

  29. it’s very cool… klow saya dah ke kumpul artikel2 maza kecil saya… saya juga akan buat yang kya gini…

    Suka

  30. pa… maaf pa seprtinya foto bapak wktu kecil itu hampir mirip dengan ade saya yang baru meninggal seminggu yang lalau..

    tapi ini bukan maksud saya mnyinggung perasaan bapak..,

    Suka

  31. sir, our photos when we are still kids could be a great stories for every one. my parents also keep my photos when i still a kid. i wish everyone remember how kind their parents are. memories from the past that we can’t forget, some of them could be a happy or sad story. we live only once, so be a succesful person for everyone, we need to share everything to everyone, endeavor, and always don’t easy to give up.

    Suka

  32. wah…. ternyata bpk orang yg suka bernostalgia dengan masa kecil dan sangat menghargai jasa seorang ayah saluut… buat bapak…. benar – benar calon pemimpin masa depan hhhee… bs tuh pak nnt nama bapak di masukkin ke polling bacalgub kalteng 2010 hhee….

    Suka

  33. @putri : gigi km yg s’karang tu di cat pke apaan kq bisa putih kinclong & ngecliiiinggg…. gtu, mngkin di cat pke cat tembok aviant kali yach hhheee…..

    Suka

    • mmmm… mazalahx mulai dari mana saya ini ngumpulin artikel2 tentang hidup saya ini ??

      Suka

  34. @robert: Bacalgub tu bakal calon gubernur, s;kalinya km msh OL bet lh ku kira tu comment” dari sore tadi, sm jou kh km??

    Suka

  35. wah…. trnyata foto” masa kecil brguna pula di masa kita dewasa terutama setelah jadi orang sukses ya pak, foto – foto dapat menggambarkan rute perjalanan hidup seseorang mulai dari masih kecil mungil tidak tau apa – apa sampai – sampai pada ujungnya dapat menjadi orang sukses,menurut saya berarti perjalanan hidup seorang manusia itu merupakan salah satu mujizat Tuhan pula karena mengandung berjuta keajaiban di dalamnya (keajaiban yang logis).

    Suka

  36. Mank masa” kecil adalah masa” dimana kita mendapatkan kehangatan berkumpulnya 1 keluarga penuh.
    N’ sekarang waktu nya untuk kita lebih dewasa menghadapi masa depan.
    Caaiioo00 tmand ?!

    Suka

    • okay…
      betul itu Intan….:-D
      keep on fire……teman2..
      ayooo.. G’ teven SEMANGAT-SEMANGAT-SEMANGAT!
      Pantang Menyerah!

      Suka

      • GOOD ! I love your spirit, ms.Morae
        tetapi, ada banyak hal yg berubah jika dibandingkan dari waktu kita kecil dengan sekarang.. masa-masa yang suram dan kehilangan kehangatan.. tak seperti dulu .. semakin hari kita kehilangan orang2 yang kita cintai, karena hidup ini “keras”.

        Suka

  37. lagu ini dinyanyikan oleh ADA BAND FEAT GITA GUTAWA.

    mendeskripsikan rasa trimakasih seorang anak pada sang ayah.

    aku juga mempunyai kenangan indah bersama ayahku,aku lebi banyak kenangan dengan ayahku,karena dari orok hingga sekarang aku diasuh oleh ayahku,tapi setelah menginjak usia 12 tahun aku sudah tidak manja lagi pada ayahku.

    dan ketika umur 12 tersebut ayahku hampir menangis karena ibuku menceritakan masa-masa ayahku merawatku.mungkin ayahku terharu.

    Suka

  38. waah bpk hebat masih nyimpan foto2 masa kecil bapak.
    kalau foto2 masa kecil saya udah gak ada! karena waktu sy msh kecil, yaa tepatnya wktu sy blum msuk TK ,,,, saya n keluarga mndpatkan musibah,rumah sy terbakar.
    walaupun rumah beserta isinya ludes ,tetapi sy masih bersyukur karena tidak ada korban jiwa.

    pelajaran yang berharga 😦 😥

    Suka

    • waktu dulu rumah kamu terbakar yaa. syari???
      tapi,,syukurlah kalian sekeluarga gak apa-apa…..
      keep on fire…syari… 🙂

      Suka

  39. “teringat masa kecilku.. kau peluk dan kau manja.. Indahnya saat itu..buatku melambung..”
    aku adi inget waktu kecil.. aku hidup ditinggal kedua orang tuaku..mereka menyekolahkan kakak pertamaku di kota Padang, sementara aku ditinggal di Banyuwangi,Surabaya.

    dulu sewaktu kecil , aku sering dipukuli kakek ku , karena aku anaknya suka keluyuran main bola/layang2 dengan teman-temanku.. 😀 😀
    pernah suatu hari aku pulang sehabis memanjat pohon mangga tetanggaku, terus aku dan sepupuku mengendap-endap masuk lewat pagar belakang.. tetapi sialnya kakekku berdiri di depan pintu sambil memegang selang.. 😆

    Suka

  40. 😀 nanti saya akan coba memasang foto saya waktu kecil sebagai foto profil di wordpress 🙂

    Suka

  41. Andaikan detik itu kan brgulir kmbli
    Ku rindukan suasana basuh jiwaku
    Membahagiakan aku yg haus akn kasih dan sayangmu….

    hehee… jadi pngen balk k’masa kecil.

    Suka

  42. Hmm… Rsnya Q jd pngen blik k.msa kecil lg… Hehehe
    Pngen ngrsain ksh syg yg lbih dri ortu lg….
    Tp skrg ga sperti dlu lg…. Rsanya jman2 ini jman yg mmbosankan…
    Hmmph…. :@

    Suka

  43. nice…
    ternyata potongan rambut bapak dari dulu tidak pernah berubah…
    hehe,malah jadi kepengen balik jadi bocah Sir…
    T_T

    Suka

Komentar ditutup.