Fisika Cinta

saduran bebas dari buku Cinta dalam kaidah Fisika … buku dari Muhammad Akrom

Sebelum membeli buku ini, saya sebenarnya tidak terlalu tertarik membelinya .. namun karena jalan-jalan di Palma seabis menonton “bra thief” maka saya beserta anak-anak dan my soulmate jalan-jalan ke Bookscity ..

Sayangnya di toko buku ini beda banget dengan gramedia dan Gunung Agung yang sering saya kunjungi kalo ke luar kota, yah pa boleh bwat lanjutkan saja perjalanannya.

Cinta adalah komposisi rasa dalam hati yang meradiasikan gelombang cahaya yang berbeda bagi setiap insan yang bisa merasakannya, spektrum gelombang cinta beraneka warna serta memiliki panjang gelombang yang berbeda, juga berasal dari dimensi ruang dan waktu yang berbeda pula.

Induksi magnetik cinta itu sangat berdaya, potensionya bisa menarik apa saja. Bukan hanya besi namun juga hati yang lunak dapat terseret dalam vortex arusnya.

Saat cinta bervibrasi dalam kalbu, niscaya getaran-getaran partikelnya akan beraturan ~ beresonansi membentuk serenade frekuensi yang mendivergensi gelombang nurani untuk berdenyut impulsif bahkan bergelora bak gelombang tsunami di samudera.

Cinta adalah sinyal-sinyal bermuatan dalam hati yang terciptakan untuk memberikan ketenangan jiwa bagi sesama, alam, dan dunia. Cinta dimunculkan untuk memelihara alam yang sudah diciptakan Tuhan Maha Semesta.
Cinta adalah produk dari osilasi muatan-muatan kasih yang membangkitkan energi positif dan juga energi negatif dalam jiwa, cinta sama seperti elektron dalam logam yang mudah terpengaruh bujuk rayu dan cumbu secuplik medan listrik. Akibatnya, cinta tereksitasi dari hati dan terionisasi manifestonya menjadi sikap dan perilaku seseorang. Cinta bertipikal sama dengan elektron pada material semikonduktor yang bermunajat pada pita valensi yang bisa bertransisi ke pita konduksi jika mendapat energi luar maupun medan listrik yang berarti cinta dapat mengubah posisinya bila energi menyapanya.

Bayangan cinta menjadi tegak, nyata, dan diperbesar setelah melewati suryakanta penjiwaan yang memiliki panjang fokus positif. Dengan titik api yang optimal, bayangan tersebut terpatri dalam mental fisikalis.

157 comments

  1. Seorang pemikir Mazhab Frankfurt Erich Fromm dalam bukunya yang berjudul “The Art Of Loving” menegaskan pentingnya relevansi Cinta untuk menjadi solusi bagi masyarakat kapitalis modern yang telah terdisintegrasi oleh ketimpangan sosial. Bagi Fromm, disintegrasi itu adalah cerminan dari eksistensi manusia yang tidak dapat mengatasi keterpisahan (separateness) ketika cinta itu sendiri tidak mungkin dibahas tanpa menganalisa eksistensi manusia itu sendiri. Menurut Fromm, ”teori apapun tentang cinta harus mulai dengan teori tentang manusia, tentang eksistensi manusia”.
    Cinta adalah jawaban bagi problem eksistensi manusia yang berasal secara alamiah dari kebutuhan untuk mengatasi keterpisahan dan “meninggalkan penjara kesepian”. Tetapi penyatuan dalam cinta melebihi suatu simbiosis karena “cinta yang dewasa adalah penyatuan di dalam kondisi tetap memelihara integritas seseorang, individualitas seseorang”. Cinta adalah kekuatan aktif dalam diri manusia, kekuatan “yang meruntuhkan tembok yang memisahkan manusia dari sesamanya”.
    nah . . .itu adalah sedikit artikel yg saya baca . . . . .
    jika ada yg lain, mohon di tambahkan . . .thank for all .. ..
    ray x-2

    Ini contoh mahasiswa yang sudah belajar Filsafat kebebasan Erich Fromm … calon mahasiswa pascasarjana tuh … bisa dilanjutkan ke http://kelascmpd.blog.com

    Suka

  2. Pa’ ini jga ada hubungannya,,antara cinta dgn fisika… Saya dapat ini dari gurumuda.com (maunya kasih link,, tapi belum ngerti gimana cranya.. Who want to help me?? Hheehee’.. :D)

    Kalor = cinta
    pernah jatuh cinta?
    dari mana datangnya rasa cinta…..”dari mata turun ke hati” jelasnya ga lewat perantara seperti “radiasi”………
    setelah ada rasa cinta…..selanjutnya supaya si dia tahu…kita ucapkan I LOVE U …maka lewat aliran udara “konveksi” si dia akan tahu…hehehheheh :D:D
    kalo udah sama2 cinta….akhirnya suka pegang2an “konduksi” timbul ser2…….
    Kata NENEK,,,jangan suka2 dua2an..kalo ada radiasi…konveksi…konduksi bisa timbul kalor and bisa bahaya !!

    😀 😀 😀

    Disukai oleh 1 orang

    • hehehe … 😆 … bagus sekali isinya … cara menautkan klik link lalu copy paste url tulisan tersebut, dan tentu saja komentar anda akan masuk spam dan otomatis harus dimoderasi dahulu dan tidak bisa segera terlihat disetujui otomatis atau belum 😀 … silakan dicoba

      Suka

    • Oowwhh…
      Jadi kalau kebanyakan penggemar,, URL-nya gak bisa dibuka yya pak…
      Berarti kalau tamu blog bapak melebihi batas,, bisa error juga donk….
      Hhee’

      Disukai oleh 1 orang

  3. Cinta adalah jembatan bagi iman. Dengan cinta, hati dan jiwa manusia yang begitu beragam warna dan rasa, bisa terhubung rekat dalam ikatannya. Cintalah yang membawa kita pada silaturahim, saling berta’aruf, dan menjadikan jiwa-jiwa terasa damai karena merasakan kecocokan dan kesepahaman.

    tentu saja fisika bisa dijadikan sbg suatu perumpamaan, seperti hukum aksi reaksi yg berpengaruh pada cinta , hukum sebab akibat, hukum gravitasi (gravitasi tak bertanggung jawab atas orang yang sedang jatuh cinta) hehe, hukum gaya, kalor (panas dingin , demam, gemetaran, pada penderita gejala fall in lop*) gagaaghahaha.. wew.. fisika itu asyikk.

    ada puisi yang semuanya berisi tentang fisika..

    Archimedes dan Newton tak akan mengerti medan magnet yang berinduksi di antara kita
    Einstein dan Edison tak sanggup merumuskan E = mc2..
    Ahh.. Tak sebanding dengan momen cintaku

    Pertama kali bayangmu jatuh tepat di fokus hatiku
    Nyata, tegak, diperbesar dengan kekuatan lensa maksimum
    Bagai tetes minyak milikan jatuh di ruang hampa
    Cintaku lebih besar dari bilangan avogadro

    Walau jarak kita bagai matahari dan pluto saat aphelium
    Amplitudo gelombang hatimu berinterferensi dengan hatiku
    Seindah gerak harmonik sempurna gaya pemulih
    Bagai kopel gaya dengan kecepatan angular yang tak terbatas

    Energi mekanik cintaku tak terbendung oleh fiksi
    Energi potensial cintaku tak terpengaruh oleh tetapan gaya
    Energi kinetik cintaku = – mv~
    Bahkan hukum kekekalan energi tak dapat menandingi hukum kekekalan di antara kita

    Lihat hukum cinta kita!
    Momen cintamu tegak lurus momen cintaku
    Menjadikan cinta kita sebagai rotasi bumi… 😀 😀 😀

    teruskan … saya tidak menulis puisi tersebut sebab nanti kelihatan kalo plagiat terhadap buku karangan Muh. Akrom 😀

    Disukai oleh 1 orang

  4. wahhh..saiiaa bru tw..
    trnyta fska it jg ad hbungannya yya dgn cinta..hhe
    brarti fska it luass yya . . . .
    wweeewwwww…..

    Disukai oleh 1 orang

    • cinta ya cinta.. fisika ya fisika..
      keistimewaannya , sepertinya terpaut di hukum aksi reaksi.
      hahaa 😆

      entah kenapa semenjak mulai menyukai pelajaran ini,
      ada berbagai rumus yang tak sengaja keluar dari mulut ku.. jadi kata2 mutiara.
      emm..
      pamela oh pamela..
      kenapa kamu gak nyoba bikin puisi tentang fisika?
      Kira’s Physical Love Theory — “gravitasi tak bertanggung jawab atas orang yang sedang jatuh cinta.. (I) gravitasi bisa membuat medan magnetnya pada orang yang sedang jatuh cinta *sehingga orang yg sedang jatuh cinta umumnya merasakan gaya normal [selalu ingin dekat org yg dicintainya]* (II) “

      Disukai oleh 1 orang

    • wew..
      pamela,,kita kan prnah jga bhas dlu
      slain aksi reaksi,
      cinta jga sperti gaya gesek
      .oia,,prnah jga dilontarkan oleh Pak Rudy ttng aksi reaksi yg tarik mnarik gitu
      🙂

      Disukai oleh 1 orang

  5. wow… indahnya segala hal bisa di kaitkan dengan yang namanya Cinta
    Cinta tak kan pernah habis untuk dibicarakan atau di tuliskan
    begitu pula dengan fisika

    masih banyak yang bisa diungkapkan melalui Fisika 😀 … Cinta oh Cinta

    Disukai oleh 1 orang

  6. Menurut saya pak, cinta itu jg bisa dihubungkan dengan beberapa disiplin ilmu, contohnya :
    Dalam ilmu matematika : Himpunan cinta dalam bilangan bulat positif yaitu ( saling pengertian, saling percaya, kasih sayang, setia, dan suka sama suka). Sedangkan dalam bilangan bulat negatif terdiri dari ( cemburu, dendam, egois, ingkar janji, lari dari kenyataan, kurang perhatian, dan berkhianat).
    Dalam ilmu Tata buku : Cinta timbul antara anggaran dan perkiraan normal, oleh karena itu penerimaan cinta tidak semudah membuat daftar tahunan.
    Dalam ilmu ekonomi : Salah satu penyebab keretakkan dalam bercinta adalah faktor ekonomi. Oleh sebab itu resesi ekonomi merupakan penghambat cinta seseorang
    Dalam ilmu elektronika ( cabang dari fisika ) : Rangkaian komponen yang dapat menimbulkan rasa cinta yaitu pandangan pertama, perkenalan, perhatian, perjumpaan, dan lirikan.
    secara ilmu kesehatan : Kebahagiaan dalam menjalin cinta akan menimbulkan jasmani dan rohani yang sehat dan kegagalan dalam bercinta akan menimbulkan frustasi.
    secara ilmu biologi : Cinta merupakan kebutuhan yang amat penting dalam perkembangan makhluk hidup, bila tidak ada cinta maka makhluk hidup akan punah.

    Disukai oleh 1 orang

    • Yyaa ampun… ternyata semua pelajaran kita selama ini bisa dihubungkan dengan cinta… ckckckck 😀 ;D

      Disukai oleh 1 orang

  7. hm…..hubungan cinta dengan fisika.

    jika orang sudah terkena gelombang2 cinta maka orang itu akan merasakan aliran cinta”listrik” yang akan membuat orang terkena dampak aliran cinta itu. ada uda dampak buat orang yang sedang terkena gelombang2 cinta yaitu dampak negatif dan dampak positif…..

    hm dampak positifnya, orang itu akan lebih mengeluarkan kalor “semangat” untuk bekerja yang berhubungan dengan sidia…hihihi…
    orang yang ajtuh cinta akan meledak seperti reaksi nuklir,ketika sidia menyampaikan aliran aksi yang membuat si jatuh cinta
    bereaksi…hehehehe…..bener gag sih???

    saya mencoba merangkai kata-kata fisika dengan cinta alhasi mnurut saya saiia harus lebih banyak membaca..

    Disukai oleh 1 orang

    • kurang bener deh thu kayaknya……

      dampak negatifnya …..si pejatuh cinta akan mulai kehabisan energi “semangat” ketika si proton (sidia) dan si elektron ( pihak ketiga) saling mendekat.

      asyikk juga sih ngerangkai kata seperti ini,tapi kenapa tidak bisa indah kalau saiia yang merangkainya???

      Disukai oleh 1 orang

  8. cinta y pak 🙂
    menurut wikipedia “cinta adalah sebuah aksi/kegiatan aktif yang dilakukan manusia terhadap objek lain, berupa pengorbanan diri, empati, perhatian, memberikan kasih sayang, membantu, menuruti perkataan, mengikuti, patuh, dan mau melakukan apapun yang diinginkan objek tersebut.”

    Menurut saya:) cinta dapat diartikan sebagai sebuah perasaan manusiawi yang muncul berdasarkan keinginan hati atas dasar mengagumi dan menghargai sesuatu. kadang cinta dapat di artikan sebagai ‘mengagumi lawan jenis’ saja.namun, cinta dapat kita berikan dan tunjukan juga kepada sesuatu benda atau alam.

    kurang-lebih begitu lah pak….:)

    Disukai oleh 1 orang

    • cinta??
      menurut saya…
      CINTA kepada lawan jenis itu bukanlah perasaan yang didasarkan oleh rasa “kagum” ataupun “menghargai lawan jenis”, tetapi CINTA adalah perasaan yang tumbuh dari dalam hati yang paling dalam dan tidak memandang dari segi apapun…

      seperti SMS yg pernah saya terima….

      “Klo kamu suka kepada se2orang krn dia MAHIR melakukan sesuatu, itu bukan CINTA, tp KAGUM…
      Klo kamu suka kepada se2orang krn dia CANTIK/TAMPAN, itu bkan CINTA, tp NAFSU…
      Klo kamu suka kepada se2orang krn dia TAJIR, itu bkan CINTA, tp MATRE…
      Klo kamu suka kepada se2orang krn dia BAIK sm Kamu, itu bkan CINTA, tp RASA TERIMA KASIH…”

      Disukai oleh 1 orang

  9. Menurut saya pak, cinta itu bisa juga di hubungkan dengan beberapa disiplin ilmu contonya:
    Ilmu matematika : Himpunan cinta dalam bilangan bulat positif yaitu { saling pengertian, saling percaya, kasih sayang, setia, dan suka sama suka}. Sedangkan himpunan cinta dalam bilangan bulat negatif terdiri dari { cemburu, dendam, egois, ingkar janji, lari dari kenyataan, dan berkhianat}
    Ilmu tata buku : Cinta timbul dari anggaran dan perkiraan akal yang normal, oleh karena itu cinta tidak semudah membuat daftar tahunan.
    Ilmu geografi : Angka kelahiran di sebabkan oleh cinta sejati. Angka kematian sama dengan cinta paksaan, jadi cinta paksa sama dengan pembunuhan.
    Ilmu Ekonomi : Salah satu penyebab keretakkan dalam bercinta adalah faktor ekonomi. Oleh sebab itu resesi ekonomi merupakan penghambat cinta seseorang.
    Ilmu Elektronika ( cabang fisika ) : Rangkaian komponen yang dapat menimbulkan rasa cinta yaitu pandangan pertama, perkenalan, perjumpaan, lirikan, dan pertemuan.
    Ilmu kesehatan : Kebahagiaan dalam menjalin cinta akan menimbulkan jasmani dan rohani yang sehat dan kegagalan dalam bercinta akan menimbulkan frustasi.
    Ilmu Biologi : Cinta merupakan kebutuhan yang amat penting dalam perkembangan makhluk hidup, bila tidak ada cinta maka makhluk hidup akan punah.

    Suka

    • waw.. david kamu detail sekali.aku barutahu kalau cnta , selain fisika juga terdapat di perumpamaan himpunan positive negative..hehe.. kalau ilmu sosiology gimana tuhh ?? 😆

      tambahan : dr semua ilmu alam, (fisika,kimia,biology)
      dan hipotesa yg muncul saat cinta itu datang , tentu saja ada kaitan antar manusia dan saling memenuhi unsur2 yg kosong, jadi saling melengkapi (kimia_)…

      Suka

    • CINTA kalo di:
      dlam matematika, CINTA itu tdk dpt dinilai…
      dlam biologi, CINTA hanya dapat dilihat olh “mikroskop batin” (mata hati), bukan hanya kasat mata… krena, CINTA hanya dpat dirasakan oleh Hati & perasaan…

      ^.^

      Suka

  10. wah . . .terima kasih pak, cita2 saya membanggakan orang tua!

    (http://kelascmpd.blog.com) ternyata blog yg lumayan bagus, isinya pengetahuan yg penting dan di susun dengan singkat dan mudah di pahami!
    ini dapat menjadi bekal masa depan . . .Amin

    Suka

  11. Wahh,,kereen hubungan cinta dengan fisika…!!
    Karena cinta seringkali menggelora di luar perhitungan..fisika.
    iyaa ga pa???

    benarkah jatuh cinta seperti gerak terjun bebas akibat gravitasi gacoan kita ?

    Suka

    • yap yapp.. seperti gerak terjun bebas pak.. tidak mustahil , org2 yg sedang merasakannya kehilangan gravitasi dan gaya normal..! 😆

      Suka

    • jika halnya jatuh cinta di hubungkan dengan gerak terjun bebas, maka hampir sama! Saat Jatuh cinta, pikiran dan tujuan akan tertuju ke satu hal (pada gerak terjun bebas, benda akan jatuh pada satu titik utama)
      dan akan terpusat pada ‘DIA’ (titik jatuh).

      Suka

    • kira*iya tuh kir..
      biasa nya kalu aku suka-suka gitu sma kaka kls bda kehilangna gaya normal (biasanya bisa teriak2 kya org gg beres)
      yahh semacam itu

      Suka

  12. Kl nurut sy cinta it……………………..sesuatuyg tdk tmpk tp hnya d’rasa yahhhhhhhhhhhh sperti angin gitu………….. Dan cinta it jg,,,kdng terasa (menggelora) & kdng hilank bgitu sj……………………

    Suka

  13. Kadangkala kebencian dideskripsikan sebagai lawan daripada cinta atau persahabatan; tetapi banyak orang yang menganggap bahwa lawan daripada cinta adalah ketidakpedulian
    Bgaimana pak kt mencintai jika terlanjur benci (pdhl dlm Alkitab kt d’srh untuk saling mengasihi)?????????????
    Jika kt brpura2 sm sja kita mnjadi org yg munafik……^^

    mengasihi berbeda dengan cinta … ingat ada kata saling, berarti bukan hanya salah satu pihak yang memberi kasih tetapi kedua belah pihak. nah, kalo kedua-duanya tidak saling mengasihi dan keduanya pura-pura mencintai berarti keduanya sama-sama munafik …

    Suka

    • sering juga cinta dilandaskan keegoisan dan ingin sling mengerti serta perhatian.
      oiaa,,akalu tidak salah ada ayat dikidung agung yg isinya ttng kenikmatan cinta
      .nah gimana tuh pak??apa nikmatnya cinta selalu menjadi alasan dalam berpcrn atau tmn dekat pak??

      Suka

    • bener pak.. 😀 emm.. bagaimana kalau keduanya munafik ? pasti ujung2nya akan timbul benci… dan yg paling parah dendam… jika sudah dendam, lebih baik tak usah mencintai dan membenci.. jadi kedua belah pihak tidak perlu di rugikan.. 😀

      Suka

  14. ich waaw ….. trnyt cinta itu luas y pak??
    menrt sy cnt jg da hbngannya dgn pkn,, krn dlm sebuah prcnta’n kita hars mngenal norm2 yg brlk heheeee……………

    Suka

    • hey. . .jngan menuliskan ‘prcntaan’, krna di luar Indonesia akan lain artinya! mulai lah dengan ‘kisah cinta’ (anak sekolah)!
      jika cinta di kaitkan dengan norma, maka akan ada AKSI-REAKSI di dalamnya, karena jika adanya norma maka akan ada tanggapan dari masyarakat! (dari masyarakat, berupa setuju/tolakan)
      seperti halnya kamu (saya juga) yang mengomentari tulisan di atas, adalah suatuREAKSI!

      Suka

    • yeahh yeahh.. I agree with your opinion, ray..

      satu2nya cara untuk mengikuti cinta itu ya.. ikuti waktu.. alur.. dan hati kecilmu saja, aksi reaksi itu adalah urusan blakangan… 😀 yg penting ttp mengikuti norma2 yg berlaku… 😀

      Suka

  15. pak saya dapat kutipan dari alamat di bwah ini :
    ayahara1.multiply.com/…/fisika_cinta_Tekanan_StressPressure

    P = F/A Setiap Pasangan akan mendapat tekanan dalam kehidupan cintanya, menurut ilmu fisika, tekanan makin bertambah bila ada gaya (cobaan) yang makin kuat. Cobaan itu bisa berupa rintangan dan gangguan dari luar dan dalam.

    Allah sudah memberi sunnatullah/rumus untuk mengurangi tekanan/pressure (P) = F/A
    F: force/gaya/cobaan hidup
    A: area/luas/lapang

    untuk mengurangi tekanan cinta/hidupmu maka kita perlu memperbesar Area/kelapangan hati.

    karena kita tak bisa merubah cobaan F yg disebabkan musibah/kejadian di masa lalu, atau kita sering sulit mengurangi cobaan F yg disebabkan dari luar.

    jalan keluar termudah ialah melapangkan Area hati seluas luasnya, sehingga tekanan menjadi kecil
    P=F/A

    contoh di alam sebatang paku ringan bila tercebur di air laut akan tenggelam
    sedangkan besi kapal bisa terapung…

    karena besi kapal mepunyai area yg luas, jadi walaupun dibebani gaya berat (F) tidak tenggelam, karena luasnya melebihi beratnya

    sedangkan paku besi beratnya tidak seberapa tetapi, paku itu tidak lapang/luas hatinya sehingga dia tenggelam….

    Suka

    • wahh.. !! wenny , I love it… 😀 nice … minta link lain dong!!

      tapi yg kutipan : jalan keluar termudah ialah melapangkan Area hati seluas luasnya, sehingga tekanan menjadi kecil
      P=F/A << saya gak bgitu mengerti 😀

      Suka

  16. the true loves is when you go down to a darkness… and when someone comes,,,, he/she will bring you some light….. not like the other ‘LOVES’ that would bring your heart hurts,,,, i think my opinion is good….. hehehehe…

    Suka

    • Ichh waw… really??
      I just found someone that give an opinion in his own opinion… Hhee’ 😀
      But i like it..

      Suka

    • yeah.. I’d like it too… but, do you ever think that too much loves will bring someone in our sides, who’s loves you so and always support you?
      loves : is not hurt…. 😆

      Suka

  17. and remember this one all…. “TOO MUCH LOVE WILL KILL YOU”
    i like to have it !!!!

    Suka

  18. selamt sore p.Rudy… hmmm akhirnya saya punya blog jga hehehe… benar kata bapa tadi mengikuti kemauan malas itu juga ada gunanya!!!
    :-)… kalo menurut saya… cinta itu ada tarik menariknya… ya..kaya magnet gtu lah pa!!! kalo udah sama2 ngsih respon,ya jadi dech!!

    memang begitu koq … kalo cinta tidak ada magnetnya bukan chemistry lagi … hehe

    Suka

  19. o..ya pak… sya mau tanya!!! apa yg harus kita lakukan jika ada seseorang yg menyukai saya,tapi saya tidak suka sama dia????

    menurut Anggi … diterima ? atau ditolak halus-halus bahkan mentah-mentah ?

    Suka

    • maaf ya pak, saya berpendapat duluan!!
      Anggia, seperti jawaban anda di bawah td, cinta memiliki gaya tarik menarik dan saling merespon! jika rasanya hati kamu tidak merespon, maka cobalah ungkapkan hati kamu kepadanya! (dapat brupa isyarat, tidak harus langsung bicara krna hanya membuat reaksi yg tidak wajar)

      Suka

    • maaf pak saya bls prtnyaan mitha dluan ..
      @ mitha
      cara gmpang aj mit lw ad cwo yg suka ma km
      tpi km gk suka ma dy
      km jlasin aj scra pelan” klu klean tu kya na gk ccok tw ap lch
      pkk na jgn smpai mnyakit kan prsaan tu cwo
      pling gk ea ?
      klean jdi shbatan aj ke gtu ..
      okeh … 🙂
      hehehehe

      Suka

  20. Kira dalam sosiologi kaitannya mngkin b’gni : cinta adalah hubungan timbal balik perasaan antara dua insan yang berlainan jenis yang sudah di sertai komitmen untuk saling mengerti dan memahami perasaan satu sama lain , serta dalam prakteknya cinta harus pula disesuaikan dengan norma – norma yang ada di masyarakat seperti norma kesusilaan( tidak melakukan hal- hal yang berbau cabul), norma hukum, norma adatn dan norma kesopanan.

    Suka

    • sepertinya terlalu rumit dan bertele-tele jika meneliti cinta dgn ilmu sosial, buka saja pada realita .. cinta itu gak rumit kok, namun kalau dijabarkan , nahh itu dia.. apa anda tahu? bagaimana memulainya? hehe

      Suka

  21. saya ikut berpendapat pak….
    anggi,mungkin aksi yang di berikan orang tersebut kurang kuat sehingga reaksi yang ada di dalam diri anda tidak akan muncul…. 🙂
    seperti percobaan tadi pagi,jika kaleng tidak mendapat kecepatan (dari pengaruh gravitasi dengan memberikan sudut elevasi pada papa)maka kaleng tersebut tidak akan bergerak/menggelinding…. 🙂

    Suka

    • betol.. betol… betol…
      selain itu, tanpa ada pengaruh atau usaha dari si dia, maka kamu akan cendrung dgn perasaan kamu yg tidak menyukainya….
      sprt bunyi HUKUM 1 NEWTON :
      ” sebuah benda yg diam akn cnderung tetap diam & benda yg bergrak cnderung akan tetap bergerak dg kecepatan tetap jka tdk ada gaya luar yang bekerja pada benda itu”

      jadi, kalo si dia kepingin bgt agar kamu suka sma dia… dy hrus mmbrikan “aksi” u/ kamu…. spy kamu mmbrikan reaksi u/ dy….

      sebenar nya nyambung gk ya ???
      ^_^

      Suka

    • betull,betull,betull..:)
      apabila ada sinyal kuat aksi reaksi anggia td.km(anggia) akn tw s’akan-akan si dia suka sma km.cntohnya j=sja,mimik wjahnya yg fulgar sehingga gaya aksi-reaksi nya berfungsi

      Suka

    • sepertinya membahas teory cinta dengan pemahaman ala professor begini lumayan apik juga ..
      (*hal2 yg saya lihat.. teman2 nih calon2 professor..hehhee…)

      semangat jaa terus,,, wong Thomas Alpha Edison jja bilang,
      “KEBERHASILAN ITU 99% kerja keras…dan 1% IQ…”
      ya kann ya kann??
      jadi belum tentu org berIQ jongkok dan diremehkan itu tidak bisa menjadi “lebih” dari professor Einstein yg kerjanya melototin rumus2 melulu.. 😆

      Suka

    • yulisa..
      kmu mnyrbutkan hukum I newton bnar..
      ada tidak yaa..hukum I dayana..:-D
      saya jadi tringat pendapat dayana ttng hukum I newto
      “benda diam diam dengan kecepatan tertentu”
      hhe
      peace 😀

      Suka

      • hihihi ..
        maiia ngaco 😀
        hukum Dayana tu ” benda yg diam dgn kcpatan ttp .”

        Suka

    • yulisa..
      hukum I newton btul yg km blang
      .tpi nanti kira-kira bakal ada tidak yaa Hukum I Dayanna.
      hhe,,jdi tringat pndapat dayanna yg isi nya “benda yg diam dengan kecepatan tertentu”
      hhe..peace 🙂

      Suka

      • umm.. maya, hukum day I itu, “benda diam dengan kecepatan tetap (dan akhirnya benda itu adalah benda yg melakukan gerak sentripetal)

        Suka

  22. bpk..akhir nya smapi mlm ini saya baru bsa buka blog saya yang tidak ada isi’a pak.
    dri tadi bingung kelupaan password’a
    .bapak,,sya mau nnya,klo cinta dilandaskan alasan trtentu gmn pak?mksudnya matre?

    yah pastilah cinta memiliki landasan kepentingan, bisa saja itu material ato finansial ato perlindungan, ato jaminan, ato what everlah .. sehingga cinta memiliki alasan untuk digerakkan dan tergerak 😀

    Suka

    • hmm.. tapi kalau membahas cinta2 mulu nanti jadi terlena kemudian terjerat di medan gaya dengan momen gaya nya yg takkan melepaskan saudara! haha

      Suka

  23. david..
    tpi klau dlm sjrah,cinta itu diartikan sbgai crita ttng silsilah kisah cinta yang merupakan elemen utama dalam kisah sjarh pada msa awl’a cinta.yang seiring dgn prkmbangn zaman.
    cinta sebagai peristwa:hsil tindakan mnusia dlm jangka wktu tetentu dan dilakukan ditempat tertentu
    cinta sbg kisah: konsep cinta yang disusun berdasarkan memori,kesan atau tafsiran manusia.
    cinta juga membutuhkan riset,aral yang baik,penalaran yang teratur dan sistematika,serta konsep yg jelas agar cinta itu memiliki metode yang bersifat terbuka ,dengan adanya aksi-reaksi ataupun gaya gesek

    Suka

  24. wahh.. saya senangggg teman2 saya mau berusaha,, kalau begini blog pa rudy jadi tambah rame dehh..

    jadi ada bahan n topik pembahasan seru..
    2 jempol buat G’teven…!!!! hihihi 🙂 😀
    😀
    bagi yang pada punya blog baru nihh *anggi,pampam,dewi
    tautkan link teman2 dong!! supaya aku bisa gabung di blognya juga…

    Suka

  25. saya setuju dengan asistasya cinta merupakan perpaduan antara gaya normal dan tarik,,gaya normal bekarja antara sentuhan pada pada duang bidang permukaan pada saat seseorang berjebet tangan atau berpegangan tangan dengan orang lain…rasa cinta itu akan muncul…dan mulai bekerjalah gaya tarik yaitu pada saat keduanya saling menyapa dan berpandangan untuk menarik hati pasangannya….

    Suka

  26. Fisika Cinta????
    wahhh…keren…
    jangan2 tar ada
    Fisika Sayang,
    Fisika Rindu,
    Fisika Kasih n lain sebagai.x..
    hahaaaa 😀
    sippppppp.
    fiska itu luas bgt yaaa!!!!!

    Suka

  27. wahh,,ikutan deh nGmgn ttg cintaa,he..
    jd tMbh sru aja bLjr fsika….
    oh ya pak,,Trkdng brother saya mlahan sluu mesanin saya bwt ga prlu tau ttg cinta,,ktax ntar ga fokus ma blajar…. 😦
    wadduuh..pdhl kan qt ga bs mungkirin kan pak kalo d’hati qt ada ssuat getaran yg bergejolak…(aplgi kalo target punx Perasaan yg sama ^^…sehingga memulai adax aksi dari dari dia dan qt jg merespon dg reaksi yg good ^^….gelombang cinta td pun diterima dg mulus ^^)..
    malahan dg cinta mlah bkin lbih semangat….So,Dgn mngenal cinta ga ada salahx kan pak??lgian tmbah bkin seru bljar fsika yg ngbhas ttg cinta ^^

    Suka

  28. wahh,,ikutan deh nGmgn ttg cintaa,he..
    jd tMbh sru aja bLjr fsika….
    oh ya pak,,Trkdng brother saya mlahan sluu mesanin saya bwt ga prlu tau ttg cinta,,ktax ntar ga fokus ma blajar…. 😦
    wadduuh..pdhl kan qt ga bs mungkirin kan pak kalo d’hati qt ada ssuatu getaran yg bergejolak…(aplgi kalo target punx Perasaan yg sama ^^…sehingga memulai adax reaksi dari dia dan qt jg merespon dg reaksi yg good ^^….gelombang cinta td pun diterima dg mulus ^^)..
    malahan dg cinta mlah bkin lbih semangat….So,Dgn mngenal cinta ga ada salahx kan pak??lgian tmbah bkin seru bljar fsika yg ngbhas ttg cinta ^^

    Suka

  29. wahh,,ikutan deh nGmgn ttg cintaa,he..
    jd tMbh sru aja bLjr fsika….
    oh ya pak,,Trkdng brother saya mlahan sluu mesanin saya bwt ga prlu tau ttg cinta,,ktax ntar ga fokus ma blajar…. 😦
    wadduuh..pdhl kan qt ga bs mungkirin kan pak kalo d’hati qt ada ssuatu getaran yg bergejolak…(aplgi kalo target punx Perasaan yg sama ^^…sehingga memulai adax AKSI dari dia dan qt jg merespon dg REAKSI yg good ^^….gelombang cinta td pun diterima dg mulus ^^)..
    malahan dg cinta mlah bkin lbih semangat….So,Dgn mngenal cinta ga ada salahx kan pak??lgian tmbah bkin seru bljar fsika yg ngbhas ttg cinta ^^

    Suka

  30. Yes, yes… ternyata fisika juga berhubungan dengan cinta. Love is an intense feeling of deep affection. Walaupun saya sedang jomblo pada saat menulis komentar ini saya tetap yakin kita dapat menumuka cinta cinta yang lain dilain sisi, salah satunya pelajaran. Namun cinta yang sering muncul di kalangan anak muda adalah cinta terhadap lawan jenis.
    Cinta biasa (umumnya) dilambangkan dengan simbol “♥”. Entah bagaimana asalnya symbol itu dapat terbentuk, tapi semua orang mengerti bahwa itu symbol dari cinta.
    Dan inilah kreasi cinta yang saya gambarkan pada peta konsep Gerak Melingkar http://img193.imageshack.us/img193/9106/16658118767300569410443.jpg

    Suka

    • Bapak kenapa komentar saya yang satu ini notify seperti ini Please Note: Your comment is awaiting moderation?
      moderation itu apa pak?

      berarti tulisan yang edo kirimkan itu mengandung kata-kata yang akan ditangkal oleh Akismet, karena ada beberapa kata-kata mujarab yang membuat komentar Edo dianggap sampah atau spam …

      Suka

    • iya tuh do..
      sma-sma jomblo enk bgt ngomongin cinta
      .aplgi bpknya sprti sngt tau situasi ank jaman skrg yg brhbungn ttng cinta trus.

      .dgn adanya fisika cinta,kita bsa bljr smbil mmhami cinta yg dpt dihubungkan pda pljrn” kita.

      Suka

    • haahhaa…
      Tp Prnah falling in Love kan edoo…
      makax q jg Lg smngat nih d’fisika ada nGbhas cIntaa…
      pLing Rame dprbincangkan 🙂

      Suka

  31. pak,ada yang mengatakan…cinta itu buta….saya tak mengerti kenapa di bilang buta…*apa karna cinta ga punya mata kali ya?*hehehe
    .
    ada juga yang mengatakan seperti lagu netral ‘cinta memang gila,tak kenal permisi…bila di sengatnya,say no to kompromi’
    hehe
    menurut bapak,cinta itu bagaimana pak?

    Suka

    • fadli *mnrut sya cinta itu sdrhana,ingin sllu mncintai dan dicintai karena-Nya.
      cinta itu kebersamaan seperti cinta dlm g’teven.
      sling mngisi ,sling mendukung,sling berbagi.
      cinta itu senang,mliahat org yang disynginya bhgia..

      Suka

  32. aku setuju banget ama pendapat ayu ttg cinta yg dapat di pahami secara universal..
    karna, selain dapat dipahami secara universal, cinta juga dapat dimiliki dan diterima semua org secra universal..
    karna cinta di berikan Tuhan kpda semua makhluk-Nya tanpa memilih/menentukan mana yg boleh memiliki dan menerima cinta..
    begitu juga dg Fisika..
    setiap orng dapat memiliki dan menerima cinta pda ilmu pengetahuan ini..
    karna fisika adlh ilmu yg dapat kita temukan dan terapkan di kehidupan sehari-hari kita..

    Suka

    • gladis* slain itu Tuhan melahirkan didunia ini jga dgn cinta..
      manusia dilahirkan Tuhan bepasang-pasang nantinya.
      wlwpun ada yg msih blum mnemukan jodohnya ,brrti Tuhan itu syg sama dia.
      mengingikan sidia untuk hidup bertalenta dan berkaya dulu

      Suka

      • iiaa..!stjuu sm maya.!
        krena apalah arti hdup tnpa cinta..
        eh ngmong2, cinta tu nama adeku lhoo.!

        Suka

    • tetapi, untuk mencintai fisika, maka kita harus belajar mencintai gurunya.. boh?
      ya nggak gimana-gimana maksudnya, kita mencintai apapun , karena prof. Kira ,Mck mengatakan, belajar dengan tulus dan menerima apa adanya , maka pelajaran itu akan masuk ke dalam alam bawah sadarmu secara cuma-cuma dan takkan sia-sia..hihi 😀

      Suka

  33. lhoo kq mita mlah crhat sihh..
    munk di blog bpk bs jd ajang crhat jg yya..?
    weww..
    blog bpk mmunk T.O.P daahh..!
    hahhahaa

    Suka

  34. cinta..
    cinta..
    cinta..
    gnti az jd fsika cinta..hahaha.. Ngco dech!! Q jg stju m kira.. Klo cnta d’kaitkan dgn ilmu sosial.. Mlh tmbh rbet.. Nnti jwbnnx PxLxT= volum.. Halah! Eh..bnr y??

    Suka

    • yaya.. hihi.. eh itu kan rumus matematika…
      ilmu sosial memang ribet..
      jangan lagi disamakan sama persamaan dasar akuntansi, HARTA = UTANG+MODAL.. bener gak??
      harta (cinta) = UTANG (kekurangan) + MODAL (kegigihan,perjuangan,modal tekun,modal gak putus asa, modal gak cepet mati rasa, dan 1 lagi..modal tampang dan kepribadian..*joke) 😀 🙂

      Suka


  35. I’m coming ..
    kea.a pda asik ngomongn ttg cinta .
    ikutan nimbrung ah ..

    mnuruT aku , cinta itu d dsari oleh prasa’n yg branggapan bahwa kita dn dia mmiliki ksama’n ,
    karna mrasa cocok akhr.a slalu brsama dan muncullah rsa cinta .

    tapi pak , d rumah saia ngomongin cinta itu sprti hal yg tabu .
    pdahal apa sih salahnya Pnya rasa Cinta .
    itu kan trmasuk interaksi sosial jga .,
    ortu saya sprti g pernah muda aja ..

    Suka

    • ya sama Bwt Dewi..
      Ortu qt Pastix Branggapan qt ga bakal Bs Fokus kalo Uda Ngenal Cintaa….
      apalagi emnk c,kalo Lg Brokenheart,cinta bwt q Jadi mLAz bLajar,,,
      tp adapun dg cintaa bikin Smngat bwt ke Smada..
      hee 🙂

      Suka

      • putri..*ia dong putri smngat dtng skola,,abisnya mw ketemu bule sih..
        ia gg pak??

        dewi *kemaren” dewinya bobo,,dewi kan putri tidur,putri jamban jga,
        hhe

        Suka

          • hhmn..
            klo aku laa..klo p2h m2hku udh ngmongn yg kygtuan..
            emhh..lngsung lri tu pang aku k kmar.!hhahaa

            Suka

              • kira* adduh kira,,mngkin kamu,aku,dia,pam”,dewi dan gteven gg bkal bsa ketemu kyagni
                .bner gg?

                tpi Tuhan kan melahirkan manusia secara brpasang”an

                Suka

          • klo aq mw ktmu kk yg itu tu..
            hhe.
            cinta tu emng bkin smngt skola jja lah,,
            tpi kalu kita terjatuh dalam asmara cinta,kita bisa terbuai oleh si dia

            Suka

            • karena itu , harus hati2 loh.. cinta itu bisa membawa kita kepada 2 sisi.. sisi negatif n positif…. lebih baik kita persiapkan diri kita buat belajar dulu, kalau merasa sudah lebih baik, baru kita jalani yg namanya medan gravitasi ‘cinta’ seiring waktu.. enjoy aja!

              Suka

            • hhmn..kmbuh ae maya.!
              tbat mae.!tbat.!hhahaa
              klo aku yg bkin smngat sklah tu yya kls kta tu ae!
              rme pnk..t’twa ja trus..klo ga ktmu 1 hri ja ma klean2 tu kngen rsanya..hhihi
              kyanya laa..smbyan yg pas bwt cls kta tu..”tiada hri tnpa trtwa”..

              Suka

              • yaaaaaaaa…… betul betull pampam… tiada hari tanpa ketawa.. main gaplek, main sodor, main do mi ka do.. hehe..
                maya, kadang bukan cuma seseorang yg kita cintai yg jadi semangat hidup kita, tetapi dari orang2 yg kita kasihi dan mengasihi kita.. pasti hidup rasanya cepat berlalu jika kita berada di kelilingi mereka… waktu berlalu begitu cepat.. karena rotasi bumi semakin cepat*apakah ada kaitannya dengan bom ketawa dari kelas kita?

                Suka

                • kmungkinan ada kaitannya kir,,
                  apalagi tdi kita ktwa nya gila”an bgt,
                  syng kira gk tw apa yg aku,pam”,dewi,dan anggi ktwain
                  .waaahh lucu skli.

                  .gg nyesel deh bsa msuk dikelas gteven,,org nya pada rame”

                  Suka

                • oowhh..iaa dnk.!
                  gtevenn..!!
                  gkil abiss..hhhaa
                  pko.e wlau bdai mnghdang kta rus ttp bsa mnjga k’kmpakn kls kta!jgn smpai trpcah2..!*lbay dngan smngad ’45..

                  Suka

        • @christa:
          hahagh…
          bule?
          slalu sja msLh cinta dikaitkn dg dy..uoho 🙂
          ya jg c..hehe…tp Jg snang kan Kskolah Ktmu ma tmen2 🙂

          Suka

    • darimana aja..? lama gak keliatan … dewi aku comment di blog kamu gak dibales.. T.T blognya kosong melompong sampai2 kemarin aku bawa sapu, sama kemoceng soalnya blog kamu udah berdebu..hehe

      Suka

      • dari sana Kir .
        haha .
        iaa, blom q isi .
        Lead ae Q comment qm ..
        oh , uda d sapu kha ? Tenkz La .
        sprtinya kita mnmukan bibit CS baru . haha

        Suka

      • kira*blog kuu jga gg ada isinya..alias kosong..

        menurut sya cinta itu adalah suatu kesenangan tersendiri dimana pihak a dan b saling memberikan timbal balik .
        cinta selalu hadir tanpa disdari olh logika yg mmbuat manusia dpt merubah sifat,sikap,dan kebiasaan dalam dirinya.
        seperti pengorbanan diri, empati, perhatian, memberikan kasih sayang, membantu, menuruti perkataan, mengikuti, patuh, dan mau melakukan apapun yang diinginkan objek tersebut.sehingga si dia tak ada wktu untuk drinya sndri.

        tapi cinta juga tidak hanya disebut cinta pda pihak tetentu,,cinta juga dapat dilontarkan pada teman-teman,keluarga dan sebagainya.
        dlm kehidupan masyarakat,sering kita lihat cinta bnyk skli dilandaskan oleh suatu hal ataupun hawa nafsu yg berlebihan.

        Suka

    • emm.. betul.. aku sayang teman-teman.. tapi lain kali ketawanya sedang2 aja.. sampe bawah terdengar kita ktawa gara2 main gaplek.. 😀 😆

      Suka

  36. apalgi ya yg mw dikoment!!! jdi bingung???
    david ” mmank sech… cinta itu ada kaitannya dgn norma dlm plajaran PKN,tapi mending jgn dibahs dech!! alx smakin dibahas,nanti sule ikut nimbrung mengoment pnya Qm,? udh sring tu!!!

    Suka

      • iyo2….
        tapi Bagus sih qt Bcrain N kaitkan Dg pLjrN ppKn….
        soalx qt Lbh Ngerti kan Guru Pkn ga PrNH kasih qt pnjlasan,,yg ada malah lgs tugas 😦

        Suka

    • cinta itu investasi, investasi memerlukan waktu untuk menuai hasilnya. Jika modal sedikit berarti harus kredit selama proses cinta tengah berjalan sesuai negosiasi. Percintaan pun harus dimanajemeni dengan baik, sebab jika tidak dapat merusak tujuan organisasi percintaan 😀

      Suka

      • Wuiiih , bpk hebat .
        ahaha . jadi cinta bisa d kaitkan dgn apapun ya pak ..
        heeemm ..

        Suka

    • setuju dgn pak Rudy.. cinta : adalah investasi , jangan lupa “kasih” itu sebagai asuransi , dan setia sebagai “jaminan” anda,saudara-saudara sekalian..

      Suka

  37. nachhhh… sya spendapat dgn dewo!!! eh mksdnya dewi!!!
    klo dirumah ngomongin cinta… yg adanya mlah diceramahin!!! ktanya “belajar dlu bru pcaran” huhhh dgr kta itu…saya lngsung ngacir ke kamar!!
    tpi saya krang setuju klo “cinta itu didasari oleh prasaan yg beranggapan bahwa kita nd dya memiliki kesamaan” krna cinta itu berawal dari wajah,si doi ckep atw g, setelah itu klo mank serius bru ke hati,tpi jrang bgt sech mpe ke hti.. biasany krna materi dn bla…bla…bla!! klo mnurut tmn2 yg laen gmana???

    Suka

    • Iaa !!
      aneh ortu kita ne. aku jd mls ngmng’n soal cinta” klo d rmh .

      ieh , aneh nii .
      cari tampang z .
      klo aku Cari cowo’ tu hrs yg s Hobby .
      jd enak , bsa nglaku’n hal yg d suka sama sama .
      hahaii .
      tp klo skrg rsa.a g da yg s’hobby sma aku deh .. T.T

      Suka

      • betul…betul…betul.. ortu kita itu kya g prnah muda aza!! pdahal.. BCL udh ngluarin lgu prnah muda.. tpi g ngaruh jga!!
        aneh….
        pdahal klo pnya pcr g bruk2 bgt.. kta jd bsa smangat dlm blajar..
        ada yg mensuport kta disaat kta down.. dll… btul g tmen2!!!! o ya.. klo cinta dikaitkan dgn ekonomi.. singkat aza!! CEPET BOKE!!! hehehe

        Suka

    • hahaaa bneer2 kata anggi…
      ortuu ini kyag ga pErnah muda ajaa…
      hehe 🙂
      umm..
      stju jg tuh…cinta PrTma X tMbuh emnk Wktu Pndangan Prtama…
      ga Liat adax Kesamaan Tp Ktrtarikan scra Fsik…
      uohoho 🙂

      Suka

      • putri*tpi kalau menurutku.
        orgtua emng bgtu adanya.
        mrka sllu ingin melindungi kita karena dimata mereka kita msih ank kcil yg bsa sja terjerumus dlm indahnya cinta
        .kalau dalam logika aku,org tua sprti itu krn kita cwe yg menjadi mutiara dlm keluarga.
        yg hrus dijga baik-baik dan apabila lecet sdikit ,mrka was-was dan mrsa gagal dalam membina kita.

        Suka

          • ya gg lahh…
            anggi ini.

            contohnya saja kakak aq,
            dia sudah lulus kuliah,dan tinggal mnunggu pngumuman cpns
            .nah,mmh ku sndri mlh nnyain mslh pcr sma kk ku.

            kalau kita sudah berumur dewasa,orgtua sudah percaya sepenuhnya kita,
            apalagi kita sudah bekerja,orgtua psti mrestui hbungn kita dgn psangn.
            krn kita sdh bisa mncri uang sndri.

            Suka

    • mm.. menurutku,
      guys….
      “life is simple things,. that teach us ..and hurt us ,then make us do something to change big things..”
      jadi jalani aja hidup ini.. baik atau salahnya pendapat ortu terhadap pilihan hidup yg kita jalani, ya itu urusan belakangan.. ingat aja sama Tuhan dan lakukan sesuai alur , lakukan yang benar.. maka ortu akan percaya sama kita.. karena tiap orang kan pada hakikatnya harus ngandelin Tuhan, kan ortu sayang sama anaknya, gak mungkin kan ayah/ibu kita ngasih racun pas kita minta nasi/pizza? hehe 😀 😆 so.. apapun yg ortu bilang ke kita (meski caranya berbeda-beda, ada yang kasar ada yg halus, ada yg cuek) itu selalu membawa kita ke dampak positive .. jadilah anak positive (+)!

      Suka

  38. iy ..
    saya stuju dgn pndpat anggi ..
    klu udh ngbhas cinta d tngah kluarga ..
    ya .. siap” pnya tlinga baja aj
    dgerin smua ocehan” org rmah .. 😦
    apa lg klu udh nnek yg ceramah ..
    weleh” gk ad hbis” na ..
    psti gni blg na ..
    ” cu , bljar dlu skolah aj dlu smpai k pguruan tnggi .. klu km pntar kn psti bnyk yg bkal ngejar” km .. dgerin kta nnek ni ya cu .. uhukuhukuhuk smbil btuk nnek ceramah na .. ” hee 🙂

    Suka

    • what does your parents said , it’s for your better future,, jadi, anda tidak melakukan kesalahan yg sama seperti apa yang dilakukan ortu anda sewaktu muda,bung..

      Suka

  39. Yupz,,Q jg s7 dgn anggia..
    Klau d.rmh ntu ga prnh ngmongin tntng cinta2an..
    Hbs d.mrahin aq..
    Hehehe
    Tp gpp kn law bwt jatuh cinta..?
    HeE,
    Asal jgn mpe ktahuan ortu aj..
    Hihihi.. 😀

    Suka

    • ayu* kalu aku gampang aja yu spya gk dimrahin
      .pkoknya kita itu crita aja dlu dri awal kita knl si dia,
      kalau aq psti crita kalau ada yg suka sama aku.
      yaaahh ujng”nya sih gk dibolehin.tpi crita sama org tua dan berkata jujur sejujurnya kita bakal mudah jalanin itu.

      .enknya dimana ntr kamu atur aja blkangan.yg psti kalau orgtua tau khususnya mamah,mrka bkl ngrti kok situasi kita itu gmn.

      Suka

    • Ya bwt nambahin kata Christaa…
      jatuH cinta Emng ga ada salahx…
      (soalx kalo qt sndri pungkirin prsaan itu kan ga bkal bisa)
      Tp selamaa cintta itu jugaa Bwt Keuntungan Bwt qt.,..
      msalx jd sEmngat beLajar….

      Suka

  40. wahh,, masalah cinta…
    paling susah lah di bicaraain di humz.
    yang namanya jatuh cinta, bikin lupa segalanya.
    tapi dengan cinta, bisa membuat kita berubah dan mau melakukan apa saja untuk si dia.
    tapi ingat yh temen”,,
    cinta gk hanya buat pacar seorang,
    tapi cinta juga buat Tuhan Dan keluarga kita pastinya.
    jangan pernah ngeduain Mereka semua,,
    Okehhh.. ^o<b

    Suka

    • yups yups.. awesome!
      ini dehh baru anak Gteven.. kompak lha..cuitt cuitt..
      emm… kalau ortu ku dirumah suka bawel, nanya2 ada suka sama temen atau nggak, gak ngebolehin ini itu, hehe… tapi pas ku tanya balik, emang boleh pacaran? mereka jawabnya “nggak boleh..” haha 😆 garing banget kan?

      Suka

    • “jangan menduakan Tuhan.. jika engkau lebih mengasihi orang tua mu,atau kekasihmu, atau anakmu, atau siapapun di dalam hidupmu.. daripada Tuhanmu , maka Tuhan takkan menjadikan engkau berharga di matanya…”

      Suka

  41. oohh.. ea.
    kalo di humz tuu paling asik dengerin kisah cinta kedua ortu niiee..
    penuh perjuangan untuk mendapatkan orang yang dicintai.
    eeuuhh,, so sweet lhaa..

    Suka

    • ia tan..
      apalgi kalu dirumah pph crita tng mrka br2 dulu..
      prnh pcrn pake pespa.
      wahh pkoknya so sweet bgt.
      malah aq bsa nangis bahagia dgr prjuangn pph ku dpetin mmh ku.

      .tpi mmh cuma bsa tersipu malu dengerin smw’a
      🙂

      Suka

  42. iya menurutku sih beda.. dri sudut pandang berbeda..
    cinta sempurna tentu saja salah satunya dari Tuhan ..
    cinta yang gak sempurna itu karena gak saling melengkapi……
    cinta itu gak akan menyakitimu kok.. kalau nyakitin namanya bukan cinta, tapi muna..hehee

    Suka

  43. FISIKA CINTA .

    bagaimana kita mengerti pelajaran fisika?
    mengapa kita tidak bisa? sedangkan orang lain bisa.. dan hanya membuat kita bengong saja dan gak ambil tindakan..

    Tidak suka pada pelajaran bisa disebabkan:
    1. Tidak menemukan daya tarik dari pelajaran itu.
    2. Merasa disulitkan oleh pelajaran tsb.
    3. Merasa tidak mampu mengejar ketertinggalan karena dulu kurang perhatian thd pelajaran ini, atau
    4. Menganggap pelajaran tsb tidak penting.
    Sekedar saran;
    *** setiap pelajaran pastinya memiliki daya tarik sendiri2, mungkin dari sisi kegunaannya, tantangannya, kebutuhan kita. misal: fisika bisa membantu kita merancang alat yang bisa bermanfaat untuk orang lain atau dijual, bagi orang2 tertentu fisika adalah tantangan untuk mereka membuktikan apakah rumus tersebut benar dan tantangan hal baru apa yang bisa mereka temukan,
    ***fisika tidak lah begitu sulit, kalau tidak percaya coba kerjakan ini :
    Ali menempuh jarak 20km dalam waktu 1 jam, berapa kec ali? ( rumus v= x/t ) Mudah bukan,
    Kalian akan berkata, ” emang soalnya terlalu mudah “. Kalian benar, fisika mudah ketika kita telah memahami konsep dari fisika ( v adalah jarak yang ditempuh tiap satuan waktu ), ini akan menjawab, ” mengapa walau kita telah menghafal rumus tapi tetep g bisa ngerjain?” trus gimana cara kita memahami konsep ?
    Maaf tapi yang mampu memahami konsep hanya “orang2 tertentu”,
    mereka adalah orang2 yang “mau” & “tak putus asa” untuk mempelajari ilmu tsb. ( wah, saya telah belajar terus tapi kenapa tak bisa2? jawabku, bukankah kata2mu adalah keputusasaan? )
    solusi putus asa cari motivator ( jangan Pacar ), tambahan dari saya ketika menghadapi kesulitan jangan bertanya ” apa yang salah denganku?, kenapa aku ga bisa?, tak mampukah diriku?” tapi bertanyalah ” apa yang salah dengan ini?, mengapa hal ini dikatakan salah?, bagaimana memperbaiki kesalahan ini?”.
    “Jangan rendahkan dirimu, tantanglah dirimu untuk mengalahkan keterbatasanmu”.

    **tambahan:
    vitamin dalam belajar ilmu eksak dan atau ilmu yang butuh logika dan cara berpikir yang sistematis adalah dengan “banyak mengerjakan soal”. walaupun ketika mengerjakan soal lihat rumus terus juga g pa pa, karena dengan “membaca, berpikir,dan menulis”, kita telah sedikit demi sedikit memahami ilmu tsb dan menggunakan ilmu tsb. Dan ketika kalian telah bisa tetaplah belajar karena ” dunia ini penuh tantangan jadi apa yang kalian bisa sekarang masih banyak tantangan yang belum selesai”.

    Maaf atas kesalahan yang mungkin tetuang dalam tulisan di atas, dan

    Terima Kasih,

    Suka

Komentar ditutup.