Entropi

Potongan pelajaran minggu ini disertai dengan pertanyaan :

Termodinamika adalah ilmu pengetahuan mengenai panas (kalor), sifat zat yang berhubungan dengan kalor dan kerja (usaha).

Secara klasik, bahasan termodinamika adalah asumsi suatu zat yang bersifat sinambung dan mempunyai sifat sistem yang dapat diukur tanpa memperhatikan sifat-sifat tiap molekulnya terlebih dahulu.

Apabila termodinamika partikel ini dipandang secara makroskopis (kesemestaan), dapat dibayangkan seperti sebuah mesin panas (piston) yang bekerja secara siklik memasukkan, menghasilkan, dan mengeluarkan kerja disertai panas dari bakaran gas atau zat kaustik.

Sementara jika dipandang secara mikroskopik, ada sebanyak N partikel yang berjumlah 1020 bijian setiap sentimeter kubiknya pada ruang sistem tersedia. Di dalam sejumlah populasi partikel tersebut terdapat koordinat tata letak dalam sumbu x, y, dan z yang masing-masing pada sumbu itu terkandung variabel kecepatan u, v, dan w.
Kenapa dibicarakan kecepatan partikel gas disini ?
Kenapa dibicarakan sumbu tata letak dan koordinat ?
Kenapa dibicarakan sejumlah populasi tertentu partikel dalam bilangan Avogadro ?

Permasalahannya adalah karena termodinamika yang tengah kita pelajari sekarang adalah termodinamika klasik dengan asumsi (anggapan) akan aliran zat yang bersifat berkesinambungan sementara tidak ada penjelasan pragmatik mengenai asal-usul dan profil molekul-molekul zat tersebut.
Maka digunakan berbagai pendekatan untuk menyelesaikan masalah ini, yang pertama dengan konsepsi dasar (sebutkan apa konsepsinya) .. berikutnya permisalan, permodelan untuk menyederhakan konsepsi tersebut, selanjutnya cara menganalisis permodelan tadi melalui simulasi atau pengandaian gerak dan perilaku partikel, selanjutnya diambil simpulannya.

Nah, keadaan perilaku partikel gas ini semakin tidak bisa diprediksi atau semakin banyak semakin tidak teratur. Muncul konsep entropi. Karena sejumlah populasi partikel menurut statistik hanya dapat diperikan dengan aturan ukuran statistik memusat, seperti nilai rata-rata kecepatan partikel, rata-rata momentum partikel yang mengakibatkan tekanan populasi terhadap sistem serta pengaruhnya terhadap domain lingkungan.
Sebagaimana diterangkan pada bagian sebelumnya, melalui penggambaran partikel berada pada koordinat dan memiliki variabel kecepatan (sebab perilaku partikel gas apabila dipanaskan maka gerak acak partikel semakin meningkat ~ gerak acak Brown). Karena akan ada 6 variabel persamaan di dalamnya, semakin besar kecenderungan pengukuran perilaku gas sebagai bentuk dari pola keseluruhan ukuran memusat partikel dalam nilai rata-ratanyam sehingga pendekatan secara statistika-lah yang akan terjadi dan cara penyelesaiannya pun dengan menyimulasikan 6N keadaan sehingga permodelannya semakin rumit dan sukar yang pada akhirnya memerlukan alat komputasi yang semakin canggih dan berstamina tinggi. Inilah Simulasi Komputasi yang menjadi fenomena dan primadona di bidang keilmuan Fisika dan Kimia Teoritik masa kini. (acuan kuliah bagi penulis di bidang selanjutnya)

Sifat atau keadaan perilaku partikulat tadi dinyatakan dalam besaran ENTROPI. Entropi ini didefinisikan sebagai bentuk ketidakteraturan perilaku partikel dalam sistem terhadap semesta (lingkungan). Entropi didasarkan pada perubahan setiap keadaan yang dialami partikel dari keadaan awal hingga keadaan akhirnya.
Semakin tinggi entropi suatru sistem, semakin tidak teratur pula sistem tersebut (sistem menjadi lebih rumit, kompleks, sukar diprediksi secara absolut dan eksak).
Ada lagi hubungannya dengan keadaan reversibel dan ireversibel, kemudian gerak spontan dan tidak spontan, adanya energi bebas Gibbs, ada polar dan non-polar, macam-macam ikatan partikel baik kovalen, logam, van der walls, hidrogen, ionik, dan lain sebagainya.
Inilah bentuk hubungan erat antara Fisika dan Kimia dalam membicarakan hal mengenai partikel, sistem, lingkungan, termokimia, termodinamika, teori kinetik gas hingga akhirnya teori universal penggabungan konsepsi mengenai keadaan mikrokosmos.

Tinggal anda sendiri menginspirasikan bagaimana pemahaman fisika dan kimia mengenai pelajaran Termodinamika ini. Yang tidak lagi terikat dalam persamaan baku, tetapi membelenggu pemahaman dari tingkat yang paling dasar hingga tingkat pemikiran menuju pemahaman kita yang lebih kompleks mengenai atomos itu sendiri.

Selamat Bingung …

90 comments

  1. pak,,ni artikel sya

    Suka

  2. pada bab termodinamika fisika juga membahas bil. avogadro, dan kimia juga membahas sperti itu . pelajran sains ini sangat saling berkaitan, pelajaran kimia pada kelas X sudah dibahas tetapi hanya sedikit saja. pada pelajaran kels XI fisika pada bab termodinamika baru dibahas secara detail dan lebih memahaminya.

    Suka

  3. maknya sangat penting apabila kita benar2 memahami tentang pelajaran ini walupun termodinamika tidak ada di kelas X tetapi dasar2nya dipelajari waktu kelas X sehingga kels XI nya lebih cepat memahaminya. dan tidak binggung lagi
    πŸ™‚

    Suka

  4. pak…. saya ada membaca aritkel d wikipedia tentang entropi….

    mau nanya..????

    kenapa Perubahan entropi hanya gayut keadaan awal dan keadaan akhir dan tak gayut pada proses yang menghubungkan keadaan awal dan keadaan akhir sistem tersebut….????

    ^^

    Suka

  5. Entropi ini didefinisikan sebagai bentuk ketidakteraturan perilaku partikel dalam sistem terhadap semesta (lingkungan). Entropi didasarkan pada perubahan setiap keadaan yang dialami partikel dari keadaan awal hingga keadaan akhirnya.
    entropi sangatlah bergantung kepada partikel2.

    seperti kita yg selalu bergantung dengan orang lain, heheheheheh

    Suka

  6. wah pelajaran termodinamikamerupakan salah satu pelajaran yang cukupmengujipemahaman sekali.Tapi tetap harus smangat,untuk bisa bertarung untuk bisa mengerti pelajaran termodinamika ini,utk menghadapi ulangan yg sebentar lgi tiba.

    smangat….

    Suka

  7. Hmmm…. gak bisa berkomentar banyak saya….
    tapi pada kenyataannya memang lebih banyak penerapan fisika ke kehidupan ini….

    Suka

  8. Ternyata, konsep Entropi ini sngat rumit utk sya mengerti . . . .
    Hrus dplajari brulang-ulang neh . . . .
    n_n

    Suka

  9. sebenarnya belajar fisika itu asik, tp setelah membaca artikel bpk ini kok saya jd bingung ya ???

    kata – katanya terlalu sulit dipahami pak, bisa dipermudah ngga pak ??? jd saya bisa lebih mengerti.

    hehehehehe

    Suka

  10. gimana ya, jika kita kaitkan saja materi termodinamika ini dengan kehidupan kita sehari – hari ??? apakah bisa lebih mudah dipahami ???

    Suka

  11. Terimakasih banyak atas ucapan selamatnya pak…
    Saya memang benar-benar bingung… He…

    Suka

  12. termodinamika dan entropi..
    dipelajari satu satu sulit.. di gabung juga sulit..
    hehehe..

    Suka

  13. Tampaknya materi yang paling complicated ya Termodinamika…
    Bingung… Tapi kalau dah ngerti pasti bakalan seru…
    Ada entropi pula… Kayak pelajaran kimia ya…
    Tapi kalau di kimia namanya Termokimia…
    Sama atau beda sich???

    Suka

  14. Bisa gak ya mahamin materi ini secara keseluruhan…
    Untung aja udah belajar masalah yang berkaitan dengan termodinamika ini di Kimia, at least tau dikit lah…
    Tapi yang di Fisika lebih sulit… Lebih Complicated…
    Mesti banyak cari bahan nich…
    Ayo, Hwaiting!!!!!!

    Suka

  15. Pa ini artikel saya hari ini πŸ™‚

    Suka

  16. waaa… sy jd binggung mw komen apa pa..
    bingung sendiri

    benar kata ika, ni materi plng rumit
    sy juga ada yg mw di tanya sm bapa dr cat.-nya ka nanda
    semoga kmi bisa ngehadapi materi ini

    doakan kami pa

    Suka

  17. ternyata semua pelajaran beginian rumpunnya satu ya …
    ntr2 nyambung ke kimia, bsknya lg nyambung mtk

    ckckckck…. makn dasar ank IA jd makanan tiap hari dh tw..
    rumit, Xo….

    Suka

  18. pak..

    apakh saya bisa minta bahan tentang termodinamika..??

    saya masih ad yg blum paham..

    pagi selasa kita bicarakan di kelas, selanjutnya saya hanya mengirimkan materi latihan dulu bapak. Takutnya semakin tidak jelas nantinya …

    Suka

  19. wah,,,,

    ternyata fisika sama kimia itu jg ada kaitannya ya pak’??

    mmmmmmmmm……

    Suka

  20. wih..wih…. kalau ketinggalan bakalan susah nih pak buat mahaminya…
    mohon bantuannya aja ya pak…

    Suka

  21. pak…
    tadi saya sudah ngrim artikel barusan

    artikelnya tentang menyukai fisika lewat imajinasi

    mohon dilihat pak

    sebelumnya ngirim artikelnya malam -malam gini pak…

    Suka

  22. wah…..

    ternyata fisika itu bisa kita sukai lewat imajinasi juga ya pak. . . .

    maksudnya berimajinasi mengenai fisika itu bagaimana pak??

    Suka

  23. maaf ya pak saya ngirim artikelnya sama comment malam – malam gini . . .

    Suka

  24. Entropi adalah selang ketidakteraturan dalam suatu sistem. Entropi sistem meningkat ketika suatu keadaan yang teratur, tersusun dan terencana menjadi lebih tidak teratur, tersebar dan tidak terencana. Semakin tidak teratur, semakin tinggi pula entropinya. Hukum Entropi menyatakan bahwa seluruh alam semesta bergerak menuju keadaan yang semakin tidak teratur, tidak terencana, dan tidak terorganisir.

    atau dengan kata lain:
    pisang goreng gak di apa-apain diatas meja makan, bisa basi.
    manusia gak makan (tidak ada suplai energi, red), cepat mati.
    Listrik dipakai terus-terusan, PLN bangkrut.
    bakar hutan dan lahan besar-besaran, global warm(n)ing.

    Seperti kata Peterpan, “tak ada yang abadi”.

    Suka

  25. ada artikel pak
    masalah entropi bingung juga pak

    Suka

  26. meskipun kemaren belajarnya sangad rame karena becanda teruss sampe mata ini mengeluarkan partikel2 bening ….
    tapi R A M EEEEEEEE ……………
    I Like It,
    semoga ini berlangsung untuk mengobati rasa ngantuk, jengah, and bicara2 gak jelas lagi. AMIN

    Suka

  27. Wooowwww…………. DaLam beLajar termodinamika juga ada kompiLasi antara fisika dan kimia………….. Humm……….
    Jadi satu…..
    Hari ini baru uLangan kimia….. Nanti hari kamis tes fisika tentang termodinamika……….. Semoga kami bisa pak………….. Aminnnnnnn……….

    Suka

  28. “Semakin tinggi entropi suatu sistem, semakin tidak teratur pula sistem tersebut (sistem menjadi lebih rumit, kompleks, sukar diprediksi secara absolut dan eksak).”

    mmm,berarti seperti keadaan politik di Indonesia sekarang,,dimana semakin ‘besar’ nama partainya maka perilaku partai tersebut menjadi makin rumit,kompleks dan ‘sukar’ diprediksi untuk menentukan sikapnya apakah berkoalisi dengan partai a atau b,dsb…

    Suka

  29. mohon maaf sebelumnya pak,,karena sya mengrimkan templatenya ke yahoo mail,,,maka dari itu sya mengulang tuk mengirimkannya lagi ke alamat e-mail bapa di google..

    terima kasih sebelumnya…

    Suka

  30. Dari materi termodinamika,, pembahasan entropi menurut saya yg paling ribet dan agak berbelit-belit……..

    Tapi bukan belajar yaa namanya kalau mau enak terus,, pasti banyak kendala yg gak mudengnya………

    Semoga untuk kedepannya bisa lebih memahami dan mengerti lagi!!!

    Suka

  31. pa, ini alamat artikel saya:

    Suka

  32. buset..bnyk gt yg msti dipelajari pak..
    huhu.. ~,~

    jah ga jd deh pgn les onlen sma bapak,ortu berkhndak laen dgn alsn fulus lg dkit..apa mau dikata..
    tiiidddddaaaaakkkkkk.. ~o~

    Suka

  33. buset..bnyk gt yg msti dipelajari pak..
    huhu.. ~,~

    jah..ga jd deh pgn les onlen sma bapak,ortu berkhndak laen dgn alsn fulus lg dkit..apa mau dikata..
    tiiidddddaaaaakkkkkk.. ~o~

    Suka

  34. artikel saya hri ini pak..
    eheheheheheh.. ^^

    Suka

  35. kalo ngomongin bil.avogadro
    back to kimia lg…
    bil.tsb biasanya mncl kl kita mncari jmlh mol atau jmlh partikel
    sedang dalam fisika erat sekali hbngannya dgn jmlh mol dn prtikel….

    Suka

  36. Ini Link artikeL saya pak…..
    Trims……

    Suka

  37. waduuuh,,
    termodinamika yang mumet..

    karna terlalu menikmati banyak libur lalu,
    otak kurang panas..

    tes tadi pun cuma ingat sedikit rumus teori kinetik gas,,
    dari termodinamika cuma ingat rumus CP dan Q..
    ckckckck..

    Suka

  38. pak… barusan saya ngirim artikel ke e-mail bapa…
    apakah sdh masuk??
    apabila sdh masuk mohon dilihat y pak…

    Suka

  39. bapak, saya menyelesaikan 3 game sampai level 5 yaitu mafia wars, hero world dan world war…

    terima kasih.. πŸ™‚

    Suka

  40. Pak, ini artikel dari saya :

    Suka

  41. saya dapet artikel tentang Koordinat-koordinat termodinamika, matematika untuk termodinamika (diferensial fungsi variabel tunggal, diferensial fungsi variabel ganda, diferensial parsial.
    nah dari salah satu tulisan bapak di atas yaitu melalui penggambaran partikel berada pada koordinat dan memiliki variabel kecepatan (sebab perilaku partikel gas apabila dipanaskan maka gerak acak partikel semakin meningkat ~ gerak acak Brown),berarti matematika,kimia, dan fisika memag salin terkait erat yh pak…

    jadi satu ga paham, ga paham semuanya begitu pula sebaliknya 😦

    termodinamika agak rumit pak, cz ada hukum2 nya juga yang rumus2 nya banyak..

    heheh

    tapi dagh jadi tanggung jawab masuk IPA, jadi have fun aja πŸ™‚

    Suka

  42. Ya entropi seperti dunia kita ini yang tidak mampu sepenuhnya kita kuasai…
    memang seharusnya seperti itu agar manusia tidak merasa dirinya sempurna dan mau terus belajar demi masa depan planet ini

    Suka

  43. wew… bagus untuk dibaca dan dicermati, fisika memang ada korelasinya dengan kimia!! πŸ™‚
    bilangan avogadro, jumlah mol, senyawa, ikatan senyawa, etc
    banyak sekali hubungannya dgn kimia
    jadi, belajar fisika bisa dimodalitaskan untuk kimia πŸ’‘

    Suka

  44. asalkan ada kemauan pasti ada jalan…
    kalau kemauannnya adalah kemauan tidak ingin memahami pasti jalannya semakin mudah untuk di kick dari kepusing-pusingan πŸ™‚
    semangat teman2
    fire !! fire !! (emang kebakaran…) πŸ˜‰

    Suka

  45. Materi pelajarn itu memang lebih mudah kita pahami jika kita menafsirkan materi pelajaran kita itu dalam kehidupan kita sehari-hari…..
    Contohnya yang seperti pak rudy jelasin tadi siang…
    Termodinamika bisa kita sangkut pautkan dengan permasalahan sosial,poltik,petemana,pemilu,persahabatan dan sebagainya

    Suka

  46. cuma sekadar bacaan untuk mengingatkan…
    trims πŸ™‚

    Suka

  47. Memang benar pak..
    Sesuai dengan konsep termodinamika,energi dalam akan semakin bertambah atau meningkat jika ada usaha yang dikerjakan oleh sistemdan kalor yang diterima oleh sistem.
    Begitu juga dengan hidup kita kalo kita mau punya harta yang banyak kita harus berusaha keras dan bekerja dengan giat…..
    Kan uamng ga jatuh dari langit….

    Suka

  48. Pak saya udah mulai nulis artikel yang tentang ringkasan penjelasan bapa tadi….
    Penjelasan yang mengenai hubungan konsep termodinamika dengan kehidupan sehari2,.,….
    Kalo cara kita utk memahami materi pelajaran seperti itu pasti dech kita mudah nangkap materi pelajaran

    Suka

  49. Awalnya saya bingung tentang entropi…..
    Saya ga ngerti kok entropi bisa menimbulkan keteraturan tapi setelah tadi bapa telah jelaskan saya dah ngerti……
    Ga bisa saya bayangkan kalo di dalam hidup kita ini tidak terjadi suatu ketidakteraturan…..
    Ketidakteraturan memacu tiap individu untuk mrlakukan usaha guna meningkatkan taraf hidupnya….

    Suka

  50. Wah..saya tertarik pak main game yangbapa ceritakan…..
    Kayanya rame…
    Rencana minggu ini mau coba juga…
    He,,,he….
    Lumayan kan sabtu ga belajar tuch isunya….
    Main game sesekali…

    Suka

  51. Berarti kalo suhu meningkat entropinya semakin kecil ga pa??
    Kalo kita hubungkan antara entropi suhu dan kalor…..entropi berbanding terbalik dengan suhu…..
    Kalo suhu meningkat maka entropinya akan menurun begitu pula sebaliknya…
    Tapi Kalo pemahaman saya semakin tinggi suhu maka partikel akan bergerak lebih cepat sehingga menimbulkan ketidakteratutan di anatara partikel itu berati entropinya semakin besar.
    Saya jadi bingung…

    Suka

  52. Kalo dipikir2 kalo efisiensi mesin yang kita pelajari dalam termodinamika bisa kita bilang seperti loyalitas seseorang dalam mencapai sesuatu yang dicita2kannya….
    Yup!!!
    ternyata mudh menghubungkannya ya …..
    Dibuat seperti pengandaian….^_^

    Suka

  53. Saya dah ikutan les online…..
    Banyak juga yang telah partisipasi….
    Ternyata plan B ini merupakan siatu pilihan yang terbaik….

    Suka

  54. Saya baru buat artikel baru tentan kehidupan sehari2 saya……
    Ha..ha tapi masih diedit……
    lumayan bisa sekalian belajar buat sebuah tulisan…
    Sapa tau ada majalah yang mau nerbitin…
    Ha…ha

    Suka

  55. Tadi siang saya ketemu kakak kelas XII…
    Wah katanmya soal ujian nasionalnya susah….
    Apalagi matematika dan biologi…
    Katanya bentuk soalnya ga seperti yang telah diperkirakan,…..
    Trusss katanya tahun depan standar kelulusan naik…
    Bagaimana dengan kami pak???
    Bisa jantungan nechy sebelum ujian….
    Tekaanan batinnya lebih hebat daripada menghadapi bentuk soalnya…

    Suka

  56. O…ya/…
    Kelulusan anak kelas XII itu hanya ditentukan oleh ujian nasional….
    Atau ujian sekolah juga..????

    Suka

  57. Bentar lage akan diadakan perayaan hari Kartini..
    Tiap kelas harus ngirim perwakilannya……
    Ayo…GEXIDA persiapkan….

    Suka

  58. Bapak, saya tadi sudah mengirimkan tugas tafsiran ke email Bapak..

    Terima kasih.. πŸ™‚

    Suka

  59. entropi dan termodinamika ada hubungan nya ya pak…????

    ya klau plkaran fisika dan kimia mmang akn sllu brhubungan…
    tdak hnya k2 pljaran ini,,ttpi juga semua pljaran IPA psti akn sllu brhubngan….

    sdah pstinya stiap pljaran yang kia trima psti akn sllu brhbungan dengan khdupan kita…..
    ttpi trkdang apa yang tlah kita pljari itu tdak prnah kita terapkan dlam khdupan shri-hri kita….

    Suka

  60. artikel di luar fisika yang jadi favorit saya nih~

    Suka

  61. pak, karangan saya tentang penerapan termodinamika mencakup kehidupan sehari2~ banyak inspirasinya rupanya~

    Suka

  62. Pak ini juga alamt URL artikel saya tentang perbedaan pria dengan cowo…
    Kebetulan lagi rajin nulis jaddi bikin 2 artikel;….

    ^_^

    Suka

  63. dan

    pak ada tulisan di alamat tersebut

    Suka

  64. wah.. bkn hanya fisika dan kimia…
    termodinamika jg berhubungan dgn kehidupan sehari-hari…

    Suka

  65. Pak ini artikel tugas yang bapak beri…
    Semoga menyenangkan untuk dibaca…

    terima ksih….^^

    Suka

  66. pak, maaf terlambat ngirim laporan mingguannya karena komputer dirumah saya kemaren di pake seharian oleh teman bapak saya..
    ini laporannnya pak

    mohon maaf.

    Suka

  67. pak maaf ya numpang tanya, kalau 25 g sample gas metana pada 250 K dan pada 18.5 atm gas tersebut ditekan secara isotermal hingga tekanan menjadi 2.5 atm. Hitunglah perubahan entropi gas tersebut?
    maaf yaa pak, kalau bisa tolong di jawab πŸ˜€
    makasih πŸ™‚

    Entropi S adalah perbandingan dari perubahan kalor terhadap suhu mutlak. Jadi terlebih dahulu ditentukan perubahan kalor akibat 25 gram gas metana ditekan dari 18,5 atm menjadi 2,5 atm. Cari dahulu massa relatif metana CH4 = 16 gram/mol atau 16 kg/kmol. Tentukan volume semula dengan data awal yang 250 K. Setelah didapat volume awal. Anda gunakan hukum Boyle untuk menentukan volume keadaan ke-2. Selanjutnya perubahan kalor didapat dengan P1V1 ln (V2/V1) selanjutnya untuk menghitung entropi S = perubahan kalor dibagi dengan 250 K … semoga dapat memenuhi keinginan anda dengan petunjuk di atas

    Suka

Komentar ditutup.