Hari Ini

30092008015
Tatap mata saya - prihatin

Hari ini adalah minggu ke-2 kelompok-kelompok siswa mengajarkan teman-temannya.
Saya memperhatikan, cara kerja kelompok-kelompok ada yang canggih, ada yang sederhana, ada yang apa adanya saja, ada yang tampil polos (untung masih ada benang-benang berajut bukan berlanjut bagai tiada selembar benang pun 😆 )

Sudah ditampilkan mulai dari dinamika rotasi hingga kesetimbangan. Akhir bulan ini difokuskan hingga mencapai titik berat dan kesetimbangan benda tegar.

Namun yang masih membuat saya belum mengerti, koq makin hari makin bertambah pelan dan tempo alunannya melambat pada sebagian besar rombongan belajar di C1 (dahulu namanya B1) tidak sama seperti irama rumbha atau chacha di semester pertama, tetapi berirama maestoso dicampur salsa cuma semakin kurang darahnya.

Jika laporan para pembisik ini benar, bahwa telah ada masalah dengan komitmen dan semakin rendah tingkat konsistensi pembelajar muda. Maka Perlu kembali Bapa guru memberikan amaran bukan reward, bahwa apa yang telah dicapai di semester pertama bukan berarti gambaran sebenarnya yang pasti diterima pula di semester yang paling menentukan ini.

Analisis tabulasi dalam gerak motiv yang terekam dalam catatan profil Bapa untuk setiap anggota perguruan C1, malah menunjukkan ekspektasi yang cenderung degradatif pada semua lini gerak fisis anggota rombongan belajar mulai Pizza hingga gammabunta. Saya prihatin dan kuatir, rombongan-rombongan ini telah kehilangan entitas dan pride mereka – di samping masih rajin ngocol dan membuat drama komedi impulsif yang terjadi spontan seketika secara fleksibel dan elastik.

Keep moving forward itulah motto pas dipegang teguh pada semester ini. Saya sarankan anda menonton Meet the Robinson sebagai pembanding akan impian dan cita-cita serta sebagai latar belakang itulah latar belakang Bapa menjadi seorang guru Fisika di smada (sementara ini). Sambil mendengarkan lagu yang dinyanyikan oleh Monkey Majik (Tada Arigatou) sebagaimana disarankan oleh monkey advice (agnes ice)

Sebagai motivasi lainnya ada baiknya anda menonton Count of the Monte Christo

Once again, walaupun ini masih separuh perjalanan anda di semester genap yang belum genap. Hendaknya bangkitkan kembali semangat anda – sebab anda belum sampai separuh nafas-nya Dewa.

13 comments

  1. Gimana kabar?
    Lama gak saling kunjung dan kasih komen, nih.

    masih sehat-sehat saja, cuma lagi keliling kampung jadi nggak sempat keliling kabupaten 😀 .. saya akan membalas lawatan teman-teman lainnya 😀

    Suka

  2. Selamat pagi Pak Guru senang bisa blog walking kembali ke sitenya, banyak perubahan dan penuh ilmu. Jika Expectasi tinggi realitas berkurang , hal ini akan mengecewakan dan mengganggu jiwa, menurut para pakar kita jangan menaruh Expectasi yang terlalu besar sehingga jika realita tidak sesuai yang diharapkan tidak mengganggu jiwa. Demikian Pak Guru. Surprise untuk anda.

    Regards, agnes sekar

    surprise bu, 😆 bisa blog walking kemari lagi 😀

    Suka

  3. Hari ini sudah lumayan ekspektasinya, mudah-mudahan tidak menjadi ekstasi … grup axiaga ada beberapa yang saya titipi membelikan lumpia dan pisang molen mini yah lumayan untuk membangkitkan ekspektasi yang masih kurang.

    Lagi pula saya belum sampai taraf akan insanity 😆

    Suka

  4. titik berat, kesetimbangan benda tegar…hmmm jadi ingat sesuatu anything yang tidak pernah never tapi boleh jadi may be…yang jelas tidak mungkin impossible…

    😆 may be yes may be not guess 😀

    hav a nice day

    Suka

  5. Wah…pa….
    Saya akui di semester dua ini banyak godaannya…
    Saya sering malas2an dan tidak memanfaatkan waktu dengan baik…
    Entah kenapa…
    Tapi rasa malas itu selalu muncul dan susah untuk dihilangkan….

    rasa malas susah hilang namun bisa dikesampingkan 😀 … misalnya malas pipis dan malas boker 😀

    Suka

  6. Bapa pernah bilang kalo kami terlalu bangga pada hasil rapot kami di semester1…/….
    Perlu saya akui bahwa tak ada sedkit pun rasa puas di benak saya….
    Bukan karna nilai saya yang kurang tinggi…
    Tapi saya tidak puas karena menurut saya nilai yang saya peroleh pada rapot semester 1 bukanlah nilai saya yang sesungguhnya…
    Saya merasa nilai itu terlalu tinggi……
    Saya lebih suka nilai yang sedang tapi cukup memuaskan…. dareiada nilai tinggi yang amat teram,at silit untuk dipertahankan.,..

    Suka

  7. Semoga kami tidak terlena dengan nilai kami di semester1 kemaren…..
    Semoga nilai yang ada jadi motivasi kami di hari ini dan di hari2 berikutnya…

    Suka

  8. Yah,entah kenapa di semester 2 ini rasanya malah kayak kekurangan energi,Pak.Rasanya spirit di semester 1 mulai terkikis gitu…..

    Suka

  9. iya pak di semester 2 ini gak kyk semester 1. mgkin krn da pelajaran yg tambah sulit di semester 2 dibandingkan semester 1. mgkn jg krn cuaca yg kurang baik di semester 2 ini. akhir2 ini kan sering ujan pak shg bljr pun jd agk mlz2an dan guru2 juga gak datang.

    Suka

  10. padahal di semester 2 ini qta seharusnya lebih giat lg bljr krn di semester inilah penentuan pa qta dapat naik ke klz 3 atau ttp bertahan di klz 2.

    Suka

Komentar ditutup.