Kisi-Kisi UN IPA SMP

Khusus untuk anak-anak kelas IX  atau kelas 3 – SMP/MTs atau yang sederajat ” yang mau berjuang di Ujian Nasional Tahun 2009″ – terutama untuk mata pelajaran IPA :

1. Melakukan pengukuran dasar secara teliti dengan menggunakan alat ukur yang sesuai
dan sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

  • Menentukan besaran fisika dan satuan yang sesuai.
  • Membaca alat ukur.

2. Menerapkan konsep zat dan kalor serta kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari.

  • Menentukan salah satu variabel dari rumus massa jenis \rho = \frac{m}{v} .
  • Menjelaskan pengaruh suhu dan pemuaian dalam kehidupan sehari-hari.
  • Menentukan salah satu variabel dari rumus kalor.

3. Menjelaskan dasar-dasar mekanika (gerak, gaya, usaha, dan energi) serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.

  • Membedakan jenis gerak lurus dan mengidentifikasi terjadinya gerak tersebut dalam kehidupan sehari-hari.
  • Menentukan variabel dari rumus tekanan pada suatu zat.
  • Menyebutkan perubahan energi pada suatu alat dalam kehidupan sehari-hari.
  • Menentukan besaran fisika pada usaha dan energi
  • Mengidentifikasi jenis-jenis pesawat sederhana serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.

4. Memahami konsep-konsep dan penerapan, getaran, gelombang, bunyi, dan optik dalam produk teknologi  ehari-hari.

  • Menentukan salah satu besaran fisika pada getaran dan gelombang.
  • Menjelaskan ciri dan sifat-sifat bunyi serta pemanfaatannya.
  • Menentukan berbagai besaran fisika jika benda diletakkan di depan lensa atau cermin.
  • Menentukan besaran-besaran pada alat optik dan penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari.

5. Memahami konsep kelistrikan dan kemagnetan serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.

  • Menjelaskan terjadinya gejala listrik statis serta menentukan jenis muatan.
  • Menentukan besarnya energi dan daya listrik dalam kehidupan sehari-hari.
  • Menentukan besaran fisika pada berbagai bentuk rangkaian listrik.
  • Menjelaskan cara pembuatan magnet serta menentukan kutub-kutub yang dihasilkan.

6. Memahami sistem tata surya dan proses yang terjadi didalamnya.

  • Menjelaskan karakteristik benda-benda langit dalam tata surya.
  • Menjelaskan keterkaitan pasang naik dan pasang surut dengan posisi bulan.

7. Menjelaskan ciri-ciri dan keanekaragaman makhluk hidup, komponen ekosistem serta interaksi antar makhluk hidup dalam lingkungan, pentingnya pelestarian makhluk hidup dalam kehidupan.

  • Mengidentifikasi ciri-ciri pada pengelompokan makhluk hidup.
  • Menjelaskan interaksi antarmakhluk hidup dalam ekosistem.
  • Menjelaskan usaha-usaha manusia untuk mengatasi pencemaran dan kerusakan lingkungan.
  • Mengidentifikasi usaha manusia dalam melestarikan makhluk hidup.

8. Mengaitkan hubungan antara struktur dan fungsi jaringan/organ-organ pada tumbuhan dan manusia.

  • Menentukan jenis tulang/sendi/otot pada alat gerak manusia beserta fungsinya.
  • Menjelaskan sistem pencernaan dan enzim-enzim yang berperan pada proses pencernaan.
  • Menjelaskan sistem peredaran darah pada manusia dan penyakit yang berhubungan dengannya.
  • Menjelaskan proses pada sistem ekskresi (ginjal).
  • Menjelaskan sistem saraf pada manusia.
  • Menjelaskan struktur dan fungsi jaringan/organ pada tumbuhan.
  • Menjelaskan respons tumbuhan terhadap pengaruh lingkungan luar.
  • Menjelaskan proses fotosintesis dan percobaanpercobaan tentang proses tersebut.

9. Mengaplikasikan konsep pertumbuhan dan perkembangan, kelangsungan hidup dan pewarisan sifat pada organisme serta kaitannya dengan lingkungan, teknologi dan masyarakat.

  • Menjelaskan konsep perilaku makhluk hidup untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya.
  • Menginterpretasikan hasil persilangan berdasarkan hukum Mendel.
  • Menjelaskan teknologi reproduksi yang tepat untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas organisme disertai dengan contohnya.
  • Menjelaskan pemanfaatan bioteknologi untuk kehidupan manusia.

10. Menjelaskan bahan kimia alami dan buatan yang terdapat dalam bahan makanan dan pengaruhnya terhadap kesehatan.

  • Menentukan bahan kimia pada makanan yang ditambahkan pada makanan.
  • Mendeskripsikan pengaruh zat adiktif/psikotropika pada tubuh kita.

14 comments

  1. wadohh. . . .
    tambah lengkap euy. . . .

    biar semakin banyak yang visited ke blog bpak. . . .

    Suka

  2. Wah materinya kayanya sulit tuch……
    Biasanya kebanyakan materi yang diujiankan berasal dari kelas X dan XI …..
    Yang udah kelas XII …pasti dech lupa semua ama materinya……

    makanya kelas XII jangan lembon dan lemot ,… serta harus berbaik-baik dengan adik kelas X dan kelas XI supaya bisa saling membantu 😀

    Suka

  3. Sebenarnya jika Pemerintah,sekolah,orang tua,dan siswa mau bekerja sama dalam menghadapi Ujian Nasional…
    Saya yakin dech Ujian Nasional yang ada di Indonesia bisa berhasil….
    Ujian Nasional-kan berfungsi untuk mengukur seberapa jauh kualitas pendidikan di Indonesia…..

    bagus, jika paradigma grace ini dipertahankan 😀

    Suka

  4. Sya yakin jika seluruh siswa di Indonesia mau berlatih dan trusss berlatih pasti dech pendidikan kita di Indonesia ini akan meningkat….
    LATIHAN kan KUNCI KESUKSESAN……

    Suka

  5. senang berbagi disini.Mari kita ajak teman-teman yang belum bergabung biar ngak kuper dan ketinggalan sama murid-muridnya,maju terus guru-guru Indonesia biar mutu pendidikannya ngk paling buntut lagi

    Suka

  6. oiA mkSh y??
    cZ dH buat kisI 2 nE jd Q biSa nyarI ‘n q biSa bElAjar>…………

    Suka

  7. saya boleh minta tolong kan kirimin soal tentang getaran gelombang dan energi beserta kunci jawabannya dong. saya lagi banyak tugas ni tolong ya!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    saya pikir-pikir dulu, untuk kelas berapa dan jenjang apa ?

    Suka

Komentar ditutup.