Gravitasi Universal

Gaya tarik-menarik antar partikel yang bermassa di alam semesta. Menurut Newton, Gravitasi Universal ini dinyatakan dengan persamaan :

(sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Gravitasi)

dengan keterangan :
F adalah besar dari gaya gravitasi antara kedua massa titik tersebut
G adalah konstanta gravitasi = 6,67 x 10-11 N m2kg-2
m1 adalah besar massa titik pertama
m2 adalah besar massa titik kedua
r adalah jarak antara kedua massa titik

Percepatan Gravitasi

Adalah pengaruh sentripetal yang dialami gerak rotasi bumi terhadap gerak porosnya yang bergantung dari massa planet dan jari-jari planet.

Dinyatakan dengan :

Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Percepatan_gravitasi)

dengan keterangan :

  • G adalah konstanta gravitasi
  • M adalah massa bumi
  • m dalah mass obyek
  • r adalah jarak antara titik pusat massa bumi dengan titik pusat massa obyek

Pengukuran nilai percepatan gravitasi bumi

nasa.gov (sumber gambar : nasa.gov, http://wapedia.mobi/su/Gravitasi)

116 comments

  1. sdah mulai menerapkan persamaan2 tntang gravity, d phami dlu deh,,, biar tak linglung!? anggap sja ini uang yg d berikan utk d gunakan sebaik mungkin d esok hari

    Suka

  2. Gravitasi universal ya Pak!
    Ada Hubungan dengan gerak rotasi juga ya Pak?

    Suka

  3. Persamaan diatas didapat darimana Pak? maksudnya persamaan diturunkan dari apa dan bagaimana?

    Suka

  4. Bayang-bayang materi yg akan dipelajari!
    Gravity?
    Semoga dpt mempelajarinya dan lulus tuk gerak rotasinya!

    Suka

  5. Bahan belajar mudah didapatkan di blog Guru Fisika ini. Tinggallah kita memanfaatkannya!

    Suka

  6. Tulisan pak Rudy slalu fress tuk dipahami, dipelajari, diterapkan, dan dikomentari…ri! Mari…Mari…

    Suka

  7. Waow….Tak ada kata lagi yg dpt saya katakan” selain : trimakasih atas sgala usaha bpk mencerdaskan ank bangsa melalui blog ini. Dan kamilah yg hrs usaha mempelajarinya.

    Suka

  8. heri aja bingung pa lagie.. sya..

    ternyta sya lbih mending bapa yang ngajarin dri padfa ngertiin sendiri.. susah bgt..

    tragis deh jadinya…

    Suka

  9. Gravitasi Universal.

    mtri yg msih mnjdi bag dri mtri gravitasi.
    Nmun nmpak nya lbih meluas k` alm smsta.
    Dan erat hub. dgn ilmu astronomi.
    🙂

    Smga kta bsa mmpljari nya dgn baik.
    Smngt..

    Suka

  10. wah materi gravitasi unuversal ini psti sgt brhubungan dgn materi gerak rotasi..

    pak,materi ini juga akan diajarkan diruang B1 tdk?/
    wah hrs benar2 brkonsentrasi..spya bisa..

    Suka

  11. biar libur2 gini pak rudy tetap memberikan pelajaran..msekipun tdk secar langsung..hal ini mnunjukan bahwapak rudy memang benar2 dan sgt2 ingin mnjadikan siswa/i cerdas,.

    smoga qta smw mempunyai smngat utk trs belajar sprt pak rudy yg trus smngt utk mengajar..

    Suka

  12. pak materi ttg G.universal ada di materi dinamika kan??waduh,hrs nyiapin dri nih buat menerima matri baru..

    Suka

  13. pelajarn fisika mnjadikan qta mengenal ilmu astronomi..wah,kayax asyik ya pak kalo ikut olimpiade astronomi..pantesan heri demen..
    dgn melihat planet2 yg ada diatas mengingatkan saya bahwa kekuasan tuhan sungguh sgt luar biasa..

    Suka

  14. terimakasih Bos,,
    buat intro materi nya…
    ini sngat bergna….
    bagi kami semua….

    Suka

  15. Gravitasi Universal…
    kaya nya ne materi yang menyenangkan…..
    kaya di pelem2…
    hehe….
    jadi tambah semangat ne….

    Suka

  16. Wah ngeliat isi blog bapa yang satu ini…
    Mata saya langsung tertuju pada gambar planet ittu Pa…
    Wah keren ya……………

    Suka

  17. Wah Newton memang hebat ya………
    Bisa buat persamaan seperti itu…
    Kapan ya saya bisa sehebat Newton…….????

    Suka

  18. Pa,apakah bumi jiga punya percepatan tangensial.
    Itu lo percepatan yang arahnya menuju lintasan linear…????

    Suka

  19. Sepertinya materi ini menarik…..
    GRAVITASI UNIVERSAL….
    Jadi kiota bisa mempelajari hal2 yang tidak bisa kita lihat……..
    Kita jadi tau banyak tentang Bumi……………

    Suka

  20. Wah keren ya……..
    Dengan ilmu Fisika kita bisa mempelajari sesuatu yang abstrak tapi sebenarnya kita rasakan di bumi ini……….
    Kita bisa lebih ilmiah dech……….

    Suka

  21. Dengan masuknya kita ke jurusan Ilmu Alam…
    Kita dituntut untk bisa memahami hal2 yang tidak kelihatan tapi bisa kita rasakan seperti gaya gravitasi bumi…………..

    Suka

  22. Penting sekali kita mempelajari gaya gravitasi universal ini….
    Coba bayangkan kalo ga ada gaya gravitasi……..
    Hal ini pasti menarik bagi orang2 yang suka dengan ilmu astronomi…………………

    Suka

  23. Ilmu IPA memang memerlukan daya khayal yang tinggi….
    Kita harus bisa memahami sesuatu yang ga bisa kita liat….
    Susah sich….
    Tapi sepertinya menarik……………

    Suka

  24. Gaya gravitasi memang penting……..!!!
    Tapi apa sebenarnya ya defenisi gaya gravitasi yg sebenarnya atau yg detailnya…………
    Saya cuma tau kalo gaya gravitasi itu adlah gaya tarik bumi……………….

    Suka

  25. Menarik tuk dipelajari!

    Sungguh luar biasa jagad raya ini.

    Bagaimana konfigurasi planet2 yg tak saling menabrak?
    Bagaimana gaya tarik antarplanet?
    Wah, 1001 pertanyaanlah yg membuncah dikepala saya.
    Hanya 1 jawaban tuk sementara? Ya, Tuhan memang Maha Kuasa!

    Suka

  26. Gravitasi universal menarik banyak pejuang B1. Apalagi menyangkut alam semesta yang memiliki banyak keajaiban.
    Menakjubkan memang!

    Suka

  27. Walaupun tak ada mata pelajaran khusus astronomi tapi di Fisika kita juga akan mempelajari bagiannya yang sulit dan menarik!

    Suka

  28. Banyak siswa B1 yg ingin mempelajari gravitasi ini,, termasuk saya!
    Semoga di gerak rotasi lulus sehingga dapat melanjutkan ke gravitasi!

    Suka

  29. Dr comment tmn2 d ats kyx bnxk yg brmnt d olmpiade astronom!
    Ayo! Sm2 bljr!

    Suka

  30. Semoga dengan mempelajari pelajaran ini akan memberi sedikit modal bagi kita untuk menggapai cita di dunia yang fana ini…..
    We can Do this…
    YAAA-HAAA

    Suka

  31. D hrpkn dngn mmpljr mtr ini slh st dr pjuang B1 dpt mnjd slh 1 astronom Indonesia hingga dpt mnjd orng Indonesia per1 yg mngnjk bln! Knp g tdk?

    Suka

  32. wah gambar yg terpajang membuat saia tertarik pada materi ini….

    mudah”n saia dapat lolos pada materi yg sebelumnya agar dapat masuk pada materi ini…

    Suka

  33. Asyiikkk, dapat materi baru nie…
    Kelamaan liburan jd kgn sk0lahn n bljr brg temen”..
    He”…

    Suka

  34. Pelajaran fisika ini sangat menyenangkan..
    Karena, fisika brbda dg pljrn læn’y…
    YaiTu menghiTung keliling bumi, percptan, kecepatan dLl.

    Aplgi kalau enj0y mMplajari’y…
    Bs dg mudah msk otak pljrn’y..
    Pantesan sja para fisikawan sgt mencintai hal”yg berbau fisika, trnyta fisika memang mengasyikn…

    Suka

  35. Bumi itu memang luas…..
    banyak hal yang bisa dipelajari, baik luar maupun dalamnya….
    Tak heran, banyak orang selalu ingin tahu….

    tarik menarik ini kayaknya lebih kearah magnet bukan tarik tambang ya….

    Suka

  36. moga az buat pelajaran ini gak ada kendala apa-apa,,

    sehingga pemahaman materinya lebih mudah…

    Suka

  37. besar konstanta gravitasi dengan gravitasi bumi biasa tanpa kata konstanta memiliki besar dan muatan yg berbeda ya pa’???

    Suka

  38. Harii senin dah masuk skolah nie,, selasanya bertemu fisika lagi dech, dengan materi baru.
    seruu juga nie. tantangan menaklukkan materi gravitasi universal….
    semangat,, semangat..

    Suka

  39. emz..
    kyax mesti byk” menghayal neee…

    menghayalx ya ttg pelajaran ini laaah..
    jgn menghayal yg laen..

    Suka

  40. selasa kh qta mulae materi ini ???…
    apa ada tes awal juga mengenai materi ini ???

    Suka

  41. belajar gravitasi bumi mungkin ada yg ssah dan mudah…

    ssahx qlo ngitungx tu ud pke koma” sgala…

    Suka

  42. oo…materi baru nya gravitasi universal y pak…
    harus persiapan nech bljr nya….

    Moga aja entar saia cepet ngerti….^^
    Mohon bantuannya y pak….

    +GoDBLess+

    Suka

  43. wahh…waahh…

    masuk sekolah dengan materi baruu…!!

    gravitasi universal…
    mmm…… mudah2an cepat dimengerti….!!!!

    Suka

  44. oooo…jadi gravitasi universal itu gravitasi antar partikel di alam semesta ya pa?pa nanti jelasin juga ya pa tentang maksud dari ” pengaruh sentripetal yang dialami gerak rotasi bumi terhadap gerak porosnya yang bergantung dari massa planet dan jari-jari planet.”

    Suka

  45. waahh ternyta bhan bwt nid test mgkin smpe sni,hrus bljar giat niey untuk mnggu dpan.. Thx bwt bhannya Pak!! smoga tmbah bnyak mteri yg bs ddwnloiad fri blog bpak

    Suka

  46. Wah, dari apel yang jatuh sampai ke alam semesta. Fisika ternyata tak menganggap remeh hal kecil.Rasa ingin tahuku perlu diperdalam biar lebih tahu mengenai gravitasi bumi.

    Suka

  47. wah… bahan yg dipelajari tambah lg neh….

    tp mudah2an dgn bimbimngan bpk saya bisa memahami semua materi yg diberikan….

    Suka

  48. mulai minggu depan saya sdh harus berkutat dengan gravitasi lg neh….

    hehehehehe15

    Suka

  49. yang masih saya belum paham adalah, dari mana nilai konstanta gravitasi…
    mungkin hrus lebih banyak baca-baca buku…

    Suka

  50. KiTa haRus sIap ne bUat kembaLi beLajar. . .

    jaNgan mau ketiNggaLan sama yang lain. . .

    TeNtaNg maTeri GraVitasai UniVeRsaL. . .

    HaRus LuLus sesuai KKm. . . .

    GexiDa jaNGan mau kaLah dengan keLas Lain. . .

    gbU.

    Suka

  51. Bsk sdh kmbl mnempati ruang B1.

    Sgla prsiapan sprtx sdh d kms dngn apik.

    Ya, cnthx dngn mmpljr tpk d ats!

    Suka

  52. smster prtma ini nmpaknya kita bnyak mmpljari tntang gya yg brhbngan dngn grvtsi ya pak…

    klo gni brrt hrus bnar-bnar mnguasai tntng grvtasi….

    kita bljar mnganalisis tmpat kita tnggal ya pak…
    bumi tmpat kita brpijak….

    RAMI….

    Suka

  53. sya msih bngung pak dngan apa yg di mksud dngn G adalah knstanta grvtasi itu dan dri mna nlai 6,67 x 10-11 N m2kg-2 ni pak…???

    klo kita udaj prtmuan di sklah atau pun di les,,tlong di jlaskan dan di ajarkan ya pak….

    Suka

  54. klo kya gni,,sya hrus bnar-bnar mmpljri materi sblum-sblumnya yng brhbungan dngan grvitsi agar bsa lncar di mteri ini…..

    Suka

  55. ooouhh iya,,
    bsok khan udah mulai skolah,,jdi mulai jga lesnya ya pak….

    tlong ajarkan sya ya pak tntang pmbhasan-pmbhasan yng bru-bru ini……

    Suka

  56. HuMmM………
    M0h0n bantuannya ya pa’ supaya kami bisa memahaminya dengan baik….

    Suka

  57. grafitasi universal yaa….
    mohon bimbingan bapa deh biar nantinya bisa

    tpi pak, ini masih bersangkutan pa ga sma materi sblmnya??

    Suka

  58. materi ttg gravitasi univbersal in mulai dipelajarinya bsok atau kpn pa???
    klo blh ju2r sih ngeliat sekilas gtu msih agak bingung pa heheh….

    Suka

  59. gravitasi universal ya pak….
    pak tolong dijelasin
    klo lht gni
    sy krang ngerti
    neh pak!!!!!!!!!!!

    Suka

  60. fisika merupakan pelajaran yang ada di sekitar kita bayangkan aja gaya gravitasi yang tak kita liat bisa di jelaskan dan kita merasakannya

    Suka

  61. Susah buat saya memahaminya,soalnya otak saya kerjanya jadi lebih lambat kalau lihat materi pelajaran dalam bentuk tulisan aja.Saya biasanya baru ngerti kalau sudah dikasih penjelasan oleh guru plus latihan soal.

    Suka

  62. wah, jauh benar pak yang di bahas, memangnya setelah ini belajar tentang gravitasi universal ya pak????

    Suka

  63. wah, sepertinya memang harus di pahami dahulu supaya ga bingung… harus banyak-banyak baca buku nich tentang gravitasi…

    Suka

  64. Pada saat SMP hnya di jlskan bhwa dgn ad nya gya gravitasi smw bnda psti akn jtuh ke bawah..

    Namun di klas 11 ini akn bljr lbih dlm lgi..
    Dgn ad nya gru fisika..
    Saya ykin saya akn mngrti..
    Krna saya ju2r baru dgn bpa ,saya bsa mmhmi brtpa unik nya pel fisika ini.

    Suka

  65. tpi sya hrus bnar2 menguatkan pondasi saya d materi grak mlingkar dlu, krena ini psti sngt brhbngan dg materi gravitasi universal.terutama mnguasai fngsi diferensial dan penerapan rumus…

    Suka

  66. Trimakasih Pak!
    Materi baru yg bpk suguhkan semoga dpt dipelajari dngn baik!

    Suka

  67. Gaya gravitasi ini dipelajari pada semester ini ga Pa?
    Materi ini kan bisa dipelajari kalo dah lulus tentang materi Gerak Melingkar…
    Kalo ada yang nilainya ga memuaskan terusss…Gemana Pa???
    Apakah materi gerak melingkar akan dipelajari ulang…trusss kapan donk belajar tentang Gerak Gravitasi.???

    Suka

  68. Pa…..fISika ada Ujian Tengah Semesternya ga Pa????
    Kan katanya minggu depan akn diadakan UTS…
    Tapi ada guru yang ga melaksanakan UTS utk mata pelajarannya…
    Bagaimana dengan bapa?????

    Suka

  69. Hari Rabu kemaren kelas XI-IA 2(G_NEXIDA) mengikuti ujian fisika secara mendadak…
    Waduh Pa…..ga ada persiapan kemaren tu…
    Gawat nech…..
    Memang kita harus selalu siap sedia dalam mengikuti ujian mendadak….
    Walaupun ga ulangan harus tetap belajar di rumah……………

    Suka

  70. Semoga kita semua bisa melewati materi gerak melingkat dengan baik ya……..
    Supaya kita bisa masuk ke materi baru….
    Sepertinya materi baru ini menarik tapi susah……………
    He..he….

    Suka

  71. Hebat kalo kita bisa menguasai Matei tentang Gravitasi Universal ini…
    Kita bisa menganalisa gaya gravitasi yang ada di bumi…
    Kita jadi bisa lebih ahli di bidang astronomi…..
    Dunia ini memang menyimpan banyak sekali ILMU ALAM yang tak terduga dasyatnya……………..

    Suka

  72. Betapa senangnya Kalo kita berhasil dalam jurusan Ilmu Alam ini….
    Kita bisa menganalisa di dunia ini dengan suatu teori Alam bukan lagi hanya memake LOGIKA semata…..

    Suka

  73. apa penyebab terjadinya tarik-menarik antar partikel tersebut pak ??..
    apa ada hubungannya dengan gerak rotasi dan percepatan gravitasi bumi pak ??..

    Suka

  74. wah…
    bener deh…
    rumusnya sama kaya yang di astronomi dulu…
    saya juga udah mulai baca-baca pak…
    tapi ada beberapa hal yang masih belum dimengerti…
    tapi ntar deh waktu pelajarannya aja….

    Suka

  75. kayanya materi kali ini lebih rumit dari yang sebelum-sebelumnya yah pak….
    soalnya membutuhkan pemahaman yang kuat banget…
    dan memerlukan daya pikir yang lebih kuat untuk memahami rumus-rumusnya…
    saran saya pak,, kalo pelajaran yang begini enaknya dilengkapi dengan ilustrasi…
    soalnya, kalau sudah dapat bayangannya, akan lebih gampang menganalisis soal-soal yang dihadapi nantinya….

    Suka

  76. pengen lebih jelas tentang gravitasi secara tidak langsung memang harus mempelajari astronomi …

    mudah-mudahan waktunya cukup jika dibahas dengan metode diskusi interaktif …

    Suka

  77. pak sya kurang mengerti ttg gravitasi universal..apalagi wktu nyoba ngerjain soal2nya..

    pusing pak,,mohon bimbingannya ya pak rudy..

    Suka

  78. yang penting pelajari dulu, masalah mengerti semua orang pada mulanya juga bingung
    karena itu janganlah bingung dijadikan alasan pertama untuk belajar sebab alasan utama adalah ingin mencari tahu bukan bingung duluan …. 😀

    begitu ya sugestinya … jangan negatif dulu dong !

    Suka

  79. gravitasi sepertinya agak rumit…
    apa lagie dengan metode baru,, mudahan kami dapat mengerti dngan baik….

    Suka

  80. habis UTS besok,,, berarti qta lanjuttt ke gravitasi…

    moga az kelompoknya nggak diubah lagi.

    Suka

  81. keren….
    msuki otag dlu rumusnya,,hanyar dpahami bjur2…
    hmmmm…..
    biar ngarti,,soalnya unda ni kada tpi paham mslh rumus2

    Suka

  82. gerak universal ya pak..
    saya masih blum ngerti ne…
    mohon penjelasannya ya pak..

    Suka

  83. halo pak salam knap saya dilla dari SMA 26 di jakarta selatan.. ( yang habis terkena musibah jika bapak nonton TV) saya tau blog bapak dari anisa ipa5..

    bagus juga ya blognya.. bermanfaat

    wah wah … saya turut prihatin dengan musibah yang menimpa dilla, semoga segera berlalu .. terima kasih atas kunjungannya, walau didera suasana yang tidak menyenangkan 😛

    Suka

  84. terima kasih pada guru-guru fisika yang telah menyediakan situs ini untuk kami(pelajaR). dengan adanya situs ini, kami dapat manambah berbagai pengetahuan yang luas mengenai berbagai macam ilmu yang ada di fisika

    Suka

  85. pa kalo konstanta gravitasi asal mulanya gimana sih pa penasaran,semua kan harus ada asal mulanya saya kalo ngapalin harus dari akar gak bisa langsung percaya pakj mohon bantuannya ? terimakasih pa

    Suka

    • Belajar fisika bukan dengan cara menghafal tapi perbanyak membaca, azis bisa mulai dengan mencari gravitation eksperimen sebagai asal mulanya, saya belum menuliskan tersebut karena berkutat dengan persiapan ujian nasional yang cenderung memberi latihan. Btw sbg input masukan tetap saya pertimbangkan,

      Suka

Komentar ditutup.