Belajar Fisika dengan Excel

Berikut adalah tautan yang dapat anda ambil saat belajar Fisika menggunakan excel atau menjadi semakin lihay menggunakan excel saat belajar Fisika.(lakukan dengan klik kanan kemudian save file type as …. dan simpan dalam direktori khusus tentang pelajaran Fisika

  1. Bahan lain tentang Gravitasi dan semacamnya (dalam Bahasa Internasional)
  2. Petunjuk Menggunakan Excel sebagai alat bantu perhitungan percobaan Fisika dalam laboratorium (Bahasa Internasional) dalam pdf dibaca dengan adobe reader. (bisa didownload ke dalam telepon selulernya yang N82 ke atas)
  3. Bagi yang Mau belajar Excel dan supaya lihay menggunakan excel dalam penyelesaian persoalan perhitungan Fisika (bahasa internasional dalam html)
  4. Tutorial menggunakan excel dalam laboratorium fisika (bahasa Internasional dalam pdf)
  5. Tools dalam excel khusus membantu pelajaran Fisika (WP Tools)
  6. Yang sejalan dengan Bahan Pelajaran Fisika di Semester Ganjil Tahun 2008/2009 yang juga bahan kuliah fisika (dalam html)
  7. Analisis data Fisika menggunakan excel (dalam html)
  8. Gerak Proyektil atau gerak peluru dalam excel (dalam pdf)
  9. Berbagai macam aktivitas belajar fisika melalui web ini (dalam html)
  10. Presentasi Analisis Data menggunakan Excel (dalam powerpoint)
  11. Membuat grafik menggunakan excel 2007 (dalam pdf)
  12. Belajar dengan Excel 2007 dalam grafik benda jatuh bebas (html)
  13. Belajar Matematika dan Fisika (bahasa internasional)
  14. Kegunaan excel untuk hal-hal sains (bahasa internasional)


87 comments

  1. wuihh bermanfaat sekali tuh pak Belajar Fisika menggunakan Excel..

    Saya coba deh pak

    Suka

  2. hehehe

    akhirnya flash disk sya bs mnampunk data2 dri bahan bljr yg bp kasih..

    trim kasih pa..

    Suka

  3. hehehe untuk mnmabah smarak nya isi dari materi excel itu, sya boleh dunk menambah back2 di shett nya.. hehehe

    biar mnarik gitu pa..

    silakan ray hyujun

    Suka

  4. HmMm…….. BeLajar fisika kan banyak rumus2 dan perLu hitung-menghitung……… Jadi pr0gram exceL sangat bermanfaat buat kita……

    Suka

  5. wah banyak banget pak yang harus di coba, ntar saya coba satu persatu dan mudah-mudahan bisa semua….

    Suka

  6. tambah byk aja ya pak yang harus kami pelajari….
    tapi saya akan mencoba untuk mempelajri bahan2 yang dikasih bpk…

    Suka

  7. mudah-mudahan dengan belajar hal ini saya bisa dan teman-teman bisa lebih menguasai tentang exel dan bisa mengirimkan tugas secepatnya…n_n

    Suka

  8. gampang ja klo pak pke exel tu oleh langsung biu\sa ngitung sndiri kaya pake kalku

    Suka

  9. blajar fisika pake EKSEL???

    kyaknya asik jg tuh,,,

    minat saya di bidang fisika jd nambah deh pak,,,

    hehehe,,,,

    Suka

  10. wwaahhhh,,,,,
    banyak banget !!!
    heee

    makasih pak atas ilmunya,,bermanfaat sekali bagi kami!!
    ntar bakal dicoba.

    Suka

  11. wauw…
    banyak juga nih pak…
    oke deh ntar diambil semuanya n dipelajari…
    makasih ya pak…

    Suka

  12. waaaaw! banyakk bgtt!
    meski rada2 puyeng.. tapi dicoba deh tuk memahami! hehe
    makasih materinya pak 😀

    Suka

  13. tapi koq pake bahas inggris semua sih pak…
    jadi ada yang bingun deh…
    tapi ya udah deh ntar saya coba sambil buka-buka kamus…
    sekali lagi makasih pak…

    Suka

  14. Banyak sekaLi bahannya pa’………
    Harus dipeLajari sedikit2 biar dipahami……….

    Suka

  15. wawwww…
    banyag banged pak,,materix…
    mudah2an ajh bsa blajar sdikit2..
    heheheheheh:)

    Suka

  16. waduW…waduW

    blajar fsika pkai eXel lg pak..!!
    tmbah bnyak yg d plajari dnk
    Ok. Ok. saya cOba sdikit”…..

    ^,^

    Suka

  17. Pake excel gmn tuch! Wajib d coba!
    Pasti seru!
    Cepat mengerti pastinya.

    Suka

  18. wah asyik pak pake excel jadi tambah seru belajar fisikanya.saya akan berusaha mencoba untuk bisa.:)

    Suka

  19. banyak fungsi2 dalam excel untuk pembelajaran fisika baik itu untuk grafi dan perhitungan suatu data, contohnya fungsi math&trig yang sering saya gunakan. mudahan – mudahan dari tautan yang dikasih dapat dipelajari lebih dalam lagi fungsi2 khusus dalam excel untuk pembelajaran fisika walaupun kebanyakan memakai bahsa internasional.

    Suka

  20. bahan2 belajarnya udah sya ambil semua pak…
    sya siap untuk mempelajarinya pak, selama libur ini….

    Suka

  21. tapi byk bgt ya pak bahannya,,
    dari yang sya lihat masih byk yg blum sya mengerti…

    Suka

  22. pembelajaran dengan menggunakan excel akan memudahkan siswa dalam melakukan operasi – operasi hitungan secara otomatis sehingga tidak lagi secara manual, dengan memanfaatkan aplikasi yang sudah tersedia siswa tidak lagi terpaku dengan mencatat di buku walaupun hal tersebut juga perlu di lakukan tetapi porsinya berkurang misalnya mencatat di buku 30% penggunaan di excel 70%. Kemampuan siswa dalam menjalankan suatu aplikasi sangat di perlukan karena akan mempermudah pada saat proses pembelajaran

    Suka

  23. tapi kenapa pak pake b.Ing semua?
    kemampuan b.ing saya masih kurang bgt….
    jadinya sya hrs buka kamus dlu pak,,,

    Suka

  24. wah berguna banget ini…
    tapi harus translete indo dlu,

    saia takut nggak bisa

    Suka

  25. semoga dengan adanya tautan tersebut saia bisa jadi sedikit agak hebat dalam m.excel

    coz semua itu sangat diperlukan

    Suka

  26. tapi saia belom bisa masukin rumus2 pake excel…
    semoga dengan tautan itu saia bisa sedikit,,banyak juga nggak papa

    Suka

  27. wuih….
    bergunaa bgt ne,,,,
    bsa nambah ilmu….
    smoga sya bs menggunkan nya dengan baek….

    Suka

  28. wah banyak referensi utk belajar fisika sekaligus excel…
    ayo teman2, unduh aja mumpung diberi gratis 😉

    Suka

  29. ternyata fisika juga berhubungan pelajaran TIK…
    sekaligus belajar TIK sendiri (belajar mandiri gitu)…

    Suka

  30. ad yg baruuu ni,
    pake excel?
    patut di coba…

    makasi pak materi nyaaaaa

    sangat bermanfaat bagi kami….

    Suka

  31. slain mnmbah ilmu fisika,,
    kita jg makin lihai dgn excel nih..

    aminnn
    mohon bantuan nya ya pak…

    Suka

  32. Wuiih… Bgus tuh pak bljr fsika pke excel
    jd kt gak ush klo ngitung rms hrs pke alt htung..
    Jd kta gak psing2 mnghtung htngn yx rmit…
    Hrs dcoba tu pak..
    Sy hrp smua bs ngikutin dgn baek

    Suka

  33. Ayo tmen2 kta cb sukseskn bljr fsika dgn excel…
    Kn kta jg yx untng
    kt bs bljr fsika dgn baek n nmbh ilmu ttg excel..
    N gak gaptek..
    Bljr tuh yx kt tngguin

    Suka

  34. Tp kmi mhn bimbingannya agr dpt mensukseskn bljr excel dg bnr n sukses…

    Smoga smua dpt trlksna dgn baik..

    N kmi akn mncba mlkukn trbsn bapak dgn baek..

    Suka

  35. wAH….BERMANFAAT BANGET TUCH pA…
    mAKaSIH YA pA…BAPA MEMPERMUDAH KAMI UTK BELAJAR fisika…………….

    Suka

  36. sAYA SALUt DENGAN BAPA..WALAUPUN HARI LIBUR BAPA RAJIN MEmperbaharui blog bapa…
    Jadi kami sebagai murid2..ga malas dech utk belajar..
    Beda ama guru2 lain…KaLO MEREKA SICH LIbUR..LIbUR AJA…Pelajaran ga dipikrin…………

    Suka

  37. Kalo ada blog seperti ini …akan mempermudah kita dalam belajara..
    Seandainnya ada layanaan internet di rumah …Puasa Banget tuch/….
    Hiks..hiks………..

    Suka

  38. Situs2 atau tautan2 di atas jangan ampe diabaikan..
    Harus dibuka tuch..banyak tumpukan ilmu di dalamnya….Yakin dech………….
    So,tetap semangat ya………..

    Suka

  39. Pasti guru FISIKa yg ga gaptek di sekolah2 Palangkaraya hanya Pa Rudy Seorang..
    Emang SMADA TOP abis…
    Guru2nya berkualitas…
    (Walaupun hanya beberapa guru )………………

    Suka

  40. Semoga libur awal puasa ini memberikan berkah dan hikmah bagi kita terutama berkah adalam bidang pendidikan….
    Amin…………

    Suka

  41. Teknologi memang mempermudah kita dalam Dunia Pendidikan…
    Contohnya saja…ketika Pa ruyddy menyuruh kami membuat grafik… saya memilki banyak kesulitan..tapi kalo pake EXCEL..guampang banget………….

    Suka

  42. emang asyik belajar fisika dgn excel… klo ada soal yg banyak…kita bisa memanfaatkan excel!!!
    fisika membuat saya menjadi rajin mendalami ilmu excel

    Suka

  43. waktu itu kami ada di kasih tugas ama Mr.HIlkya utk mencari kecepatan sekitar 100-an lebih!!!
    karena saya malas menulis terlalu banyak saya berpikir utk menggunakan excel seperti yg dipraktikkan Mr.Hilkya…
    eh ternyata susah2 gampang ngerjainnya!!!

    Suka

  44. lebih suka baca buku panduan excel utk belajar tentang formulasinya…
    jadi tambah ilmu,,, ayo teman2 buruan juga belajar fisika versi excel

    Suka

  45. nggk bosan2 deh belajar fisika dgn teknologi yg canggih…
    dapat double pengetahuan kan,, excel ‘n fisika

    Suka

  46. saya mulai tertarik excel dgn fisika yaitu saat Mr.Hilkya mendemonstrasikannya di depan kelas!!!
    sangat cepat dan tetap… itulah asyiknya menggunakan excel apalagi di relasikan dngan fisika

    Suka

  47. Mister…yang saya unduh kebanyakan pake b.ing!!!
    ada nggk ya yg pake b.indo??!!

    Suka

  48. klo sekarang pke excel…
    utk kedepannya pake teknologi yg seperti apa lagi ya???
    lebih asyik pastinya

    Suka

  49. Seep pak!!!
    smua materinya sudah saya masukan dalam FD saya..
    tinggal belajar di rumah.,

    Suka

  50. Hmmm……….
    Luar biasa saya baru tau klu Exel bisa dibikin jadi keren kaya gitu…………
    CkCkCkCk…
    Tp kenapa bhs Inggris……….
    Mari Kita budayakan Bahasa Indonesia!!!
    Hehe tp bHs Inggris keren juga………

    Suka

  51. Manfaatkan teknologi yang ada dengan semaksimal mungkin…….
    Kapan ya kita bisa pakai teknologi hasil indo asli??????

    Suka

  52. Bhs.inggris………………….Uuuuuuuuuuuuuuuuhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhh

    Bhs.indo…………………..Yesssssssssssssssssssssss

    He 😀

    Suka

  53. kemarin saya baru coba ngerjain hasil proyek fisika pake excel 2007…
    akhirnya selesai juga (nggk tw klo ada yg salah),, asyik ‘n menarik deh pake excel

    Suka

  54. whaaaaa…..bnyk sekali bahan ajarnya pa….
    mkin mantaaap ajah….
    thanks pa….:D

    Suka

  55. kami tgGu yAa

    PaKkK???

    IDe2 PaK rUdY,,,,

    yG BrIliannn pakk…

    heheheheh toppp bot pak rudy,,,,,

    Suka

  56. bahan2 bljarr kita

    jga byakkk bngedd pakk

    ya…….

    hehehehhe

    reaksii nuklirrr….

    mMmMm kaya nya seruuuuu t pakkkk!!!!

    Suka

  57. kamii akann tgguu smua

    pelajaran yg bapakkk beriaknnnnn…..

    karna kaya nya

    seru222 pakk,,,,

    dan bikinn penasarann bgeddddddd

    Suka

  58. Kegunaan Excell

    untukk bahan2 sains…..

    wah22

    mantappp bgeddd pakk!!!!!!

    hikkzz….

    Suka

  59. memankk pakk

    teknologiii sudahh canggih,,,,,,,

    jdii appunn bisa d lakukann

    skarang????????

    Suka

  60. waw..surprise banget nih, bahan pelajaran sains jadi lebih mudah dan menyenangkan berkat kemajuaan teknologi yang sudah sangat maju..

    Suka

  61. belajar fisika denagn media excel jadi lebih mudah di mengerti pak, karena dengan excel semuanya jauh lebih jelas.

    Suka

  62. baguslah kalo misi sudah selesai dilaksanakan, excel hanya salah satu alat
    alat lainnya adalah kalkulator saintifik …
    memang harganya sekitar Rp 300 ribu, tapi lebih berguna dibandingkan sms doang yang buang pulsa 100 ribuan tiap bulan 😀

    Suka

  63. beh ini bwt biar g gaptek nih hihihi saya g terlaluu bisa excel untng ad informasi ini thanks pa

    Suka

Komentar ditutup.